7 Alasan Melanjutkan Penggunaan Platform Online Setelah PJJ Berakhir

edukasi Nov 21, 2020

Saat ini pembelajaran jarak jauh sedang diterapkan pada hampir seluruh institusi pendidikan. Hal ini dilakukan karena Indonesia sedang dilanda pandemi global COVID-19.

Kebijakan BDR sendiri sudah diterapkan sejak bulan maret lalu. Sampai sejauh ini setelah diterapkan selama lebih dari sembilan bulan ternyata banyak hambatan yang dihadapi oleh guru, murid, bahkan orangtua.

Kendati demikian Mendikbud selalu optimis pembelajaran jarak jauh bisa dilanjutkan pasca pandemi berakhir. Menurut Nadiem Makarim pemanfaatan teknologi dalam kegiatan belajar-mengajar akan menjadi hal yang penting dan mendasar di masa mendatang.

"Pembelajaran jarak jauh, ini akan menjadi permanen. Bukan pembelajaran jarak jauh pure saja, tapi hybrid model.

Menurut Nadiem dengan adanya penerapan hybrid dan manajemen sistem daring dalam pembelajaran mengharuskan para guru dan orangtua untuk mencoba beradaptasi dan bereksperimen memanfaatkan teknologi untuk kegiatan belajar.

"Walau sekarang kita semua kesulitan beradaptasi dalam PJJ, tapi belum pernah dalam sejarah Indonesia kita melihat jumlah guru, kepala sekolah dan orangtua yang mencoba bereksperimen dengan teknologi. Jadi ini merupakan sebuah tantangan dan kedepan akan menjadi suatu kesempatan untuk kita," kata Nadiem seperti dikutip dari kompas.com.

Berdasarkan pernyataan Mendikbud pada beberapa kesempatan itu memberikan sinyal bahwa PJJ dan pemanfaatan platform daring akan menjadi bagian dari proses KBM dimasa mendatang. Dengan adanya dukungan teknologi dan platform daring diharapkan akan mampu mempermudah dan mempercepat kegiatan pembelajaran.

Pemerintah juga selama penerapan BDR sudah mengeluarkan berbagai program dan kebijakan, seperti banyak mengeluarkan sumber belajar dan layanan pembelajaran daring. Sebut saja seperti rumah belajar kemdikbud, guru berbagi, modul daring, dan lainnya.

Artinya dengan kesiapan sumber belajar daring yang sudah lebih baik dan beragam ini membuka peluang adanya penerapan pembelajaran hybrid secara lebih mudah dan terintegrasi dimasa mendatang.

Guru juga yang sudah terbiasa dengan pembelajaran daring kedepannya dapat mengkombinasikan model ini dengan pembelajaran konvensional sehingga diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan efektifitas pembelajaran.

Berikut beberapa alasan mengapa penggunaan platform daring perlu untuk tetap dimanfaatkan meskipun setelah pandemi berakhir.

1. Fleksibel & Praktis

Pembelajaran daring yang dijalankan secara jarak jauh memungkinkan adanya fleksibiltas pembelajaran. Guru ketika ingin menyampaikan materi dan penugasan bisa melalui berbagai platform daring, seperti melalui WAG atau Google Classroom.

Begitupun dengan para siswa ketika ingin mengerjakan dan mengirimkan hasil tugas kepada guru bisa dilakukan dari jarak jauh dengan cara yang sama sehingga lebih praktis. Guru dan siswa juga dapat mengatur waktu pembelajaran lebih fleksibel dan bisa dilakukan dari rumah masing-masing.

2. Menjangkau Lebih Luas

Adanya PJJ memungkinkan seluruh siswa dan guru dapat mengakses sumber belajar meskipun berbeda daerah dan pulau. Sumber belajar yang sudah ditambahkan pada platfrom dan ruang penyimpanan daring dapat diakses oleh semua murid selama tersedia jaringan internet.

Selain itu dengan adanya PJJ memungkinkan para guru dan murid bisa berkomunikasi dengan sesama guru dan murid yang berada di wilayah yang berbeda secara cepat dan mudah. Adanya pembelajaran daring membuat  sekat jarak dan juga waktu bukan lagi sebagai penghalang.

3. Lebih Hemat Biaya dan Waktu

Belajar dengan memanfaatkan berbagai platform pembelajaran daring terutama yang gratis tentu saja dapat lebih menghemat biaya pembelajaran Anda dan para murid. Anda bisa mengakses berbagai sumber belajar daring hanya dengan koneksi internet.

Berbeda ketika Anda menggunakan pembelajaran konvensional di mana banyak biaya yang harus dikeluarkan seperti ongkos transportasi, membeli buku paket, fotokopi modul dan lembar kerja, seragam dan lainnya.

Selain itu dengan adanya belajar daring memungkinkan Anda bisa menghemat lebih banyak waktu karena tidak perlu pergi ke sekolah dan menunggu jadwal pergantian jam. Semua bisa langsung dilakukan dari rumah masing-masing.

4. Bisa Diakses Siapa Saja

Adanya KBM online memungkinkan proses pembelajaran bisa diikuti oleh siapa saja tanpa dibatasi status sosial, umur, dan domisili. Sehingga pembelajaran daring bisa membuka kesempatan bagi setiap orang bisa belajar dan mendapat pengajaran yang sama.

Seorang ibu rumah tangga bisa belajar ilmu digital marketing atau anak SMA bisa belajar ilmu komunikasi visual yang dipelajari mahasiswa ilmu komunikasi di tingkat perguruan tinggi.

Semua bisa dilakukan karena akses informasi dan pengetahuan saat ini semakin terbuka dan tersedia gratis di internet. Banyak juga platform pembelajaran daring yang menyediakan paket pembelajaran bersertifikat secara gratis kepada umum.

5. Dapat Didokumentasi

Pada metode pembelajaran daring siswa tidak perlu mencatat manual Salinan materi yang diberikan guru. Demikian juga bagi para guru ketika hendak memberikan materi tidak harus mencetak untuk memperbanyak Salinan materi dan penugasan.

Guru hanya perlu merekam, memfoto, maupun men-scan materi atau tugas yang hendak diberikan kepada siswa. Setelah itu foto-foto tersebut dapat digabung dan bisa langsung dikirim kepada para siswa melalui WA, email, dan lainnya.

Selain tidak harus mencetak, dengan mendokumentasi secara digital file yang sudah discan tersebut tidak dapat rusak dan hilang kecuali dihapus. Dengan begitu selain dapat menghemat biaya cetak, para murid juga bisa memanfaatkan file tersebut untuk dipelajari dikemudian hari.

6. Pengalaman Belajar Menyenangkan

Anak generasi saat ini sangat erat dan dekat dengan teknologi, gawai, dan internet. Sehingga bisa dipastikan pembelajaran online dengan menggunakan berbagai perangkat dan platform daring sangat diminati oleh sebagaian besar siswa.

Tidak heran apabila para guru bisa menyiapkan pengelolaan kelas daring yang menarik dan kreatif, tentu akan membuat para murid akan menjadi nyaman dan fun, sehingga akan menciptakan pengalaman pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna.

Dengan variasi media dan sumber belajar yang lebih beragam dan menarik membuat para siswa juga tidak merasa cepat bosan.

7. Ramah Lingkungan

Banyak dampak positif dengan tetap dilanjutkannya pemanfaatan PJJ dan penggunaan platformonline sebagai sumber dan sarana belajar.

Ketika Anda belajar dari rumah setidaknya sudah mengurangi mobilitas kendaraan di jalan yang menjadi salah satu penyebab polusi. Belajar daring juga membuat Anda tidak terlalu banyak menggunakan kertas dan bisa mendukung gerakan paperless.

Semua sumber belajar termasuk medianya bisa Anda akses atau pakai langsung secara virtual melalui gawai dan platform online yang digunakan.

Tentu saja masih banyak manfaat dan alasan mengapa pembelajaran daring serta penggunaan platform online perlu digunakan terus meskipun saat pandemi telah berakhir.

5 Hal Baik yang Dapat Guru Lakukan agar PJJ Sukses
Sekolah dan guru harus mempersiapkan semua aspek dalam pembelajaran online, mulai dari peningkatan kemampuan guru dalam mengajar, fasilitas, dan teknologi, serta bersinergi dengan orang tua.

Terpenting, mulailah dari sekarang membiasakan diri dalam menggunakan dan mengelola aktivitas pembelajaran dengan platform dan sumber belajar daring. Sehingga pembelajaran yang dijalankan juga akan lebih sesuai dengan karakteristik peserta didik.

5 Cara yang Bisa Dicoba Guru Untuk Meningkatkan Keterampilan Dalam Bidang Pembelajaran Virtual
Untuk memulai mempelajari mengenai pengelolaan PJJ tentu saja saat ini bisa dilakukan dengan berbagai cara dan platform. Ada berbagai jenis pelatihan, workshop, konferensi, lokakarya, dan jenis lainnya baik dalam format daring maupun secara konvensional yang bisa dicoba.

Bapak/Ibu bisa memanfaatkan kejarcita.id sebagai salah satu platform pembelajaran daring. terdapat berbagai macam fitur yang berguna untuk kebutuhan pembelajaran daring Anda dan murid.

Seperti akses rangkuman materi, worksheet, video pembelajaran interaktif, pengumuman, absensi, sampai fitur membuat kuis dengan memanfaatkan bank soal yang disediakan kejarcita.id. Anda bisa memilih jumlah, topik, dan tingkat kesulitan soal secara otomatis.

Terdapat juga fitur koreksi otomatis hasil kuis siswa, sehingga Anda tidak perlu mengoreksi setiap jawaban kuis/ulangan dari siswa secara manual.

Afandi Madjid

Educational Technology & Content Developer

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.