Cara Mengatasi Siswa yang Sering Terlambat

edukasi 15 Mei 2023

Seorang pelajar tidak hanya dituntut untuk belajar dalam meningkatkan kemampuan akademiknya saja, tetapi siswa juga harus mempelajari cara bersikap, berbicara, dan disiplin terhadap diri sendiri. Salah satu kendala yang sering dilakukan siswa di sekolah, yaitu terlambat ke sekolah. Bisa dikatakan bahwa di setiap harinya ada saja siswa yang terlambat masuk kelas. Lantas bagaimana cara mengatasi siswa yang sering terlambat? Anda bisa menemukan solusinya di sini.

Setiap sekolah memiliki kebijakan masing-masing tentang peraturan yang telah ditetapkan. Peraturan yang telah ditetapkan sekolah disebut sebagai tata tertib. Tata tertib di sekolah bisa berjalan dengan baik jika peraturan-peraturan tersebut ditaati oleh setiap warga sekolah, baik kepala sekolah, guru, staf, dan juga peserta didik. Selain itu, keberhasilan proses belajar siswa di kelas dipengaruhi oleh terlaksananya tata tertib tersebut.

Jika siswa dapat menaati tata tertib dengan baik maka keberhasilan proses belajar mengajar di kelas akan meningkat. Tidak hanya berhasil dalam proses belajar saja, ketaatan siswa dalam melaksanakan tata tertib juga dapat membentuk karakteristik siswa menjadi lebih disiplin dan bertanggung jawab. Dengan adanya peraturan yang dibuat sekolah, guru dapat mengontrol tingkah lalu siswa.

Kendati demikian, beragam bentuk pelanggaran kerap terjadi di lingkungan sekolah dan banyak dilakukan oleh siswa, salah satunya adalah datang terlambat ke sekolah. Ada banyak hal yang dapat menyebabkan siswa bisa datang terlambat, baik faktor dari dirinya sendiri maupun faktor lainnya.

Apa Penyebab Siswa Bisa Datang Terlambat ke Sekolah?

Ada banyak faktor yang dapat menjadi penyebab kenapa siswa bisa terlambat datang ke sekolah, seperti kena macet di jalan, terlambat bangun, dan jarak sekolah yang jauh dari rumah, serta terbatasnya kendaraan umum membuat siswa menjadi kesulitan untuk sampai tepat waktu. Walaupun begitu, datang terlambat ke sekolah sudah termasuk pelanggaran tata tertib sekolah yang sering dilakukan siswa.

Jarak rumah yang jauh dan terbatasnya kendaraan umum tidak akan menjadi kendala yang besar jika siswa sudah niat untuk masuk ke sekolah tepat waktu. Di sini, siswa dilatih untuk bisa disiplin waktu maupun manajemen keuangan yang baik.

Akibat Siswa Datang Terlambat

Setiap perilaku pasti menimbulkan konsekuensi tersendiri, termasuk perilaku siswa sering terlambat ke sekolah. Akibat dari siswa sering datang terlambat ke sekolah, yaitu:

1. Mendapatkan Hukuman

Ketika siswa datang terlambat, pihak sekolah akan memberikan hukuman dan peringatan. Hukuman dan peringatan tersebut diberikan kepada siswa dengan tujuan agar siswa jera dan tidak terlambat lagi. Hukuman yang biasanya diberikan guru ketika siswa terlambat, yaitu seperti membersihkan lapangan sekolah, merapikan perpustakaan, dan diberikan sanksi untuk tidak mengikuti jam mata pelajaran yang pertama. Hindari pemberian hukuman yang bersifat kekerasan fisik.

2. Ketinggalan Pelajaran

Karena mendapatkan punishment atau hukuman, siswa menjadi ketinggalan pelajaran. Dengan begitu, siswa harus menyediakan waktu tambahan buat mempelajari materi yang ketinggalan tersebut. Hal ini tentunya dapat menghambat perkembangan siswa dalam menyerap pengetahuan baru yang diajarkan oleh guru.

3. Jadwal jadi Berantakan

Ketika terlambat, siswa cenderung memiliki perasaan buruk karena sudah lelah dihukum dan motivasi buat belajar menjadi menurun. Berdasarkan pernyataan ini dapat dilihat bahwa terlambat dapat mengacaukan jadwal yang sudah dibuat siswa dengan baik.

Terlambat datang ke sekolah tidak hanya merugikan pihak siswa saja, tetapi guru juga harus mencari cara agar siswa yang terlambat tersebut tidak ketinggalan pelajaran. Proses belajar yang harusnya sudah mau selesai menjadi lebih terlambat jika siswa sering melewatkan jam pelajaran. Hal ini dapat menganggu sistem belajar yang telah disusun guru dengan baik.

Meningkatkan Kecakapan Literasi dan Minat Baca Anak Sejak Dini
Meningkatkan kecakapan literasi anak sejak dini sangat penting dilakukan sebagai modal bagi anak untuk menghadapi masa depan lebih baik.

Cara Mengatasi Siswa yang Sering Terlambat

Tidak ada masalah yang tidak dapat diselesaikan. Hal ini juga berlaku untuk siswa yang sering terlambat. Adapun beberapa cara mengatasi siswa yang sering terlambat yang bisa ditetapkan guru dalam proses belajar. Berikut penjelasannya:

1. Berkomunikasi dengan Orang tua dan Siswa

Jika siswa sering terlambat datang ke sekolah, ada baiknya pihak guru berkomunikasi atau berdiskusi dengan orang tua dan siswa yang terlambat tersebut. Apakah penyebabnya karena jarak rumah yang terlalu jauh, kendaraan yang terbatas untuk pergi ke sekolah, atau karena siswa sering begadang dan akhirnya terlambat bangun.

Pada kesempatan ini, guru dan orang tua akan berdiskusi dan mencari solusi yang tepat terhadap permasalahan ini. Tidak hanya memberikan teguran kepada siswa yang terlambat, guru juga meminta pihak orang tua untuk memberikan motivasi dan pendampingan  untuk membuat siswa lebih disiplin di rumah maupun di sekolah.

2. Penegakan Disiplin Sekolah

Hendaknya guru piket lebih tegas dalam menegakkan kedisiplinan untuk siswa yang terlambat. Hal yang bisa dilakukan guru, yaitu mendata siswa yang terlambat, memproses keterlambatan tersebut, dan mengambil tindakan yang tepat. Dalam hal ini, guru harus bertindak tegas agar siswa sadar akan apa yang diperbuatnya.

3. Menumbuhkan Kesadaran Diri pada Siswa

Hukuman dan pemberian sanksi baiknya diberikan kepada siswa yang telah sering terlambat. Apabila siswa terlambat untuk pertama kali, guru bisa memberikan teguran dan pengarahan yang dapat membuat siswa tersebut sadar tentang betapa pentingnya mematuhi tata tertib sekolah.

Seperti halnya penyakit, lebih mudah untuk mencegah daripada mengobati, seperti itulah dalam mendidik siswa. Menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya mematuhi tata tertib pada siswa akan lebih efektif daripada memberikan hukuman atau sanksi yang tidak tepat pada mereka yang mana pemberian sanksi belum tentu dapat membuat siswa menjadi jera dan tidak mengulangi perilaku tersebut kembali.

4. Memberikan Sanksi Tegas Bagi Siswa yang Terlambat

Jika siswa yang baru pertama kali terlambat akan diberikan pengarahan maka siswa yang terus melanggar tata tertib sekolah atau terlambat datang akan diberikan sanksi. Dalam pemberian sanksi tersebut guru harus melihat dan mempertimbangkannya dengan matang.

Apakah siswa tersebut terus mengulangi kesalahan yang sama karena kondisinya yang kurang baik atau karena siswa tersebut tidak bisa diingatkan atau diberi teguran? Sanksi yang diberikan harus sesuai dan tegas dengan kesalahan yang telah mereka buat, supaya siswa bisa jera dan takut untuk mengulanginya kembali. Sanksi yang diberikan pada siswa bisa seperti pengurangan nilai, pemberian denda, membersihkan lingkungan sekolah selama beberapa hari, dan lain sebagainya.

Cara Mengajarkan Mengatur Emosi pada Murid
Emosi adalah suatu perasaan yang dimiliki setiap orang. Emosi berperan penting di dalam kehidupan seseorang.

5. Memberikan Apresiasi untuk Siswa yang Mematuhi Tata Tertib Sekolah

Jika yang terlambat dan melanggar tata tertib sekolah akan diberi sanksi maka siswa yang tidak pernah masuk ke dalam daftar siswa yang terlambat datang ke sekolah akan diberikan apresiasi atau penghargaan. Pemberian apresiasi tersebut dibuat untuk menggerakkan hati setiap siswa agar memberikan perlakuan yang sama dan tidak terlambat lagi. Bentuk dari apresiasi tersebut bisa berupa hadiah atau nilai tambahan. Dengan cara ini, guru dapat meminimalisir tingkat siswa yang terlambat ke sekolah di setiap harinya.

Perilaku terlambat datang ke sekolah sudah seperti permasalahan utama yang sering dialami siswa. Penjelasan tentang cara mengatasi siswa yang sering terlambat diharapkan dapat meminimalisir angka siswa yang datang terlambat ke sekolah.

Jika siswa masih sering terlambat datang ke sekolah, guru dapat meminta bantuan guru BK untuk memberikan bimbingan dan konseling untuk setiap siswa yang bermasalah. Peran orang tua juga penting dalam memberikan pendampingan dan bantuannya dalam memberikan contoh perilaku disiplin di rumah, terutama dalam manajemen waktu.

Dengan menerapkan pendekatan yang tepat, siswa akan lebih leluasa dalam mengungkapkan permasalahan yang mereka alami sehingga mereka tidak menjadi terlambat datang ke sekolah. Bisa dikatakan bahwa solusi yang diberikan tidak sepenuhnya dapat membuat siswa menjadi tidak pernah datang terlambat lagi ke sekolah, tetapi paling tidak solusi yang diberikan di atas dapat meminimalisir keterlambatan siswa di setiap harinya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda!

Agnes Meilina

content writer - content creator - reviewer books

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.