Meningkatkan Kecakapan Literasi dan Minat Baca Anak Sejak Dini

parenting 18 Apr 2022

Mengembangkan atau meningkatkan kecakapan literasi anak sejak dini sangat penting dilakukan sebagai modal bagi anak untuk menghadapi masa depan lebih baik. Kecakapan literasi bukan sekadar membaca, tetapi juga meningkatkan membaca dan menulis, mengenalkan kosakata yang baik, memahami berbagai ide atau informasi, berpikir kritis, dan analisis yang baik.

Manfaat Berliterasi

Satu cara untuk meningkatkan kecakapan literasi yaitu dengan membaca buku sejak dini atau berliterasi. Adapun berikut ini merupakan beberapa manfaat membaca atau berliterasi bagi anak, yaitu:

1. Meningkatkan kualitas hubungan orang tua dan anak

Tidak ada patokan khusus untuk mengenalkan pentingnya membaca pada anak, akan tetapi hal ini semakin cepat mengajarkan pada anak pentingnya membaca. Akan memberikan peningkatan kualitas hubungan antara orang tua dan anak, semakin sering orang tua memberi pengetahuan tentang membaca pada anak. Kualitas hubungan yang dihasilkan akan semakin baik, apalagi jika kegiatan membaca ini dilakukan sejak dini.

2. Meningkatkan kosakata anak

Semakin banyak anak membaca buku sejak dini, maka akan semakin banyak kosakata yang akan mereka temui. Hal ini dapat membuat anak lebih kreatif dan inovatif, semakin banyak kosakata yang dimiliki anak akan semakin bagus untuk masa depan mereka. Maka dari itu pentingnya membaca sejak dini, agar anak memiliki banyak pengetahuan.

3. Mendorong anak memiliki rasa haus pada ilmu

Pembentukan karakter anak sejak dini dapat dilakukan dengan cara membaca sejak dini, dengan mengajarkan anak membaca sejak dini akan menjadi pembentukan karakter suka membaca. Dan haus terhadap ilmu pengetahuan, hal ini akan mendorong anak menjadi anak yang cerdas di masa depan. Banyak hal yang akan anak dapat jika dia suka membaca, mulai dari kosakata baru yang mungkin tidak didapatkan saat di rumah.

4. Melatih kepercayaan diri pada anak

Kepercayaan diri memang harus dibangun sejak dini oleh orang tua. Dengan mengajarkan budaya membaca sejak dini, akan menumbuhkan karakter anak yang percaya diri dan cerdas, karena mereka memiliki pengetahuan yang dapat dibagikan dengan teman-temannya. Hal ini akan membentuk karakter anak yang percaya diri, selain itu percaya diri adalah keterampilan yang sangat dibutuhkan saat anak sudah memasuki jenjang sekolah.

5. Menjadi kegiatan bermain yang bermanfaat

Di era seperti saat ini, gadget sudah menjadi momok bagi banyak orang. Anak lebih menyukai gadget daripada buku, berbeda dengan era sebelum-sebelumnya. Pentingnya mengenalkan anak budaya membaca sejak dini adalah untuk menghindarkan anak dari gadget. Dan menjadikan membaca sebagai kegiatan bermain yang bermanfaat bagi anak.

Meningkatkan Kecakapan Literasi dan Minat Baca Anak Sejak Dini

Berikut ini merupakan beberapa cara yang bisa dilakukan orang tua untuk meningkatkan kecakapan literasi dan minat baca anak sejak dini:

1. Kenalkan buku sejak dini

Meningkatkan minat baca anak tidaklah mudah dan instan. Untuk orang tua dengan anak balita, kenalkanlah buku sedini mungkin kepada mereka. Ini akan membuat anak nantinya terpola untuk tertarik dan menikmati buku.

Anak yang lebih cenderung dikenalkan kepada buku, perkembangan otaknya akan lebih aktif sejak kecil. Mereka juga akan memiliki perbendaharaan bahasa yang banyak dan tentu saja lebih cepat bisa membaca daripada dengan anak yang tidak dikenalkan dengan buku.

2. Beri buku dengan isi yang ringan

Untuk meningkatkan literasi dan minat baca anak, pilihlah buku dengan isi yang ringan dan mudah dipahami. Anak akan jadi malas membaca kalau buku berisi konten yang terlalu berat dan sulit dipahami.

Untuk memulai membiasakan membaca pada anak, mulailah dengan buku dengan topik yang mereka suka dan berisi pengetahuan. Misalnya tentang keindahan alam, hewan peliharaan, atau robot yang dipenuhi dengan warna dan berbagai gambar.

3. Membacakan dongeng

Tips yang bisa dilakukan orang tua adalah dengan membiasakan membacakan dongeng. Lebih baik bila dilakukan sebelum anak tidur. Dengan membacakan dongeng untuk anak, daya imajinasi anak jauh lebih aktif karena sistem saraf otak anak akan terkoneksi dengan sel saraf yang lain. Ini terbukti bila dibandingkan dengan anak yang tidak dibiasakan dibacakan dongeng oleh orang tuanya.

Saat membacakan dongeng untuk anak, pastikan benar-benar memilih cerita yang memiliki pesan moral yang positif karena akan mempengaruhi pikiran mereka saat tidur. Penggunaan bahasa pada cerita sangatlah penting karena bahasa adalah cerminan dari kita. Pikiran anak-anak juga masih lugu dan polos, jadi bahasa negatif bisa mempengaruhi dirinya.

4. Sediakan banyak buku di rumah

Di rumah, usahakan orang tua menyediakan buku-buku bacaan untuk anak. Buku bukan hanya dalam bentuk buku cerita saja, bisa juga seperti komik, majalah, ensiklopedia, atau buku bacaan lain yang relevan untuk anak. Buku yang berwarna dan bergambar akan membantu anak untuk lebih menikmati membaca.

Ini juga akan membuat anak tidak jadi cepat bosan dan punya berbagai pilihan bacaan yang bisa disesuaikan dengan mood-nya. Supaya tidak bosan juga, coba buat perpustakaan mini di dalam rumah.

5. Ajak anak membeli buku

Ajak anak saat ingin membeli buku. Biarkan mereka memilih buku mana yang mereka inginkan sesuai dengan preferensi dan kesukaan mereka. Biarkan mereka nantinya yang bertanggung jawab membaca dan menyelesaikan buku yang telah mereka pilih. Ajari juga untuk menyisihkan uang tabungan mereka dengan membeli buku untuk menambah pengetahuan.

6. Mengunjungi perpustakaan

Salah satu cara mengembangkan minat baca anak adalah dengan mengunjungi dan jalan-jalan ke perpustakaan bersama. orang tua juga bisa mendaftarkan anak menjadi anggota perpustakaan supaya mereka semakin rajin membaca.

Semakin banyak perpustakaan yang bisa dikunjungi, maka diharapkan mampu meningkatkan minat baca anak. Selain itu, dengan semakin banyaknya perpustakaan umum, jumlah orang yang tertarik untuk membaca buku juga jadi meningkat.

7. Jadi panutan bagi anak

Anak adalah peniru yang ulung. Untuk membuat anak bisa menyukai membaca, orang tua harus menjadi panutan yang bagi mereka dengan menyukai membaca juga. Membaca buku adalah hal baik yang bisa diturunkan ke anak.

Rutinlah membaca buku di depan anak. Setelah itu juga, bahas isi buku dengan anak apalagi yang mereka sukai. Kalau anda enjoy membaca buku, mereka juga akan melihat dan saat mereka membaca mereka menjadi bahagia juga.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.