Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Fase F

capaian pembelajaran 10 Okt 2023

A. Rasional Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Literasi merupakan ilmu pengetahuan yang mengajarkan peserta didik mengenai kemampuan berbahasa, bersastra, dan berpikir. Jika ditilik dari kegunaannya, semua bidang kajian, bidang kehidupan, dan kehidupan sosial selalu menggunakan kemampuan literasi dalam pelaksanaannya. Saat ini, literasi adalah kemampuan yang sangat penting untuk digunakan dalam kegiatan belajar dan dunia kerja. Oleh karena itu, penting bagi peserta didik untuk serius dalam mempelajari materi Bahasa Indonesia yang membahas tentang kemampuan literasi.

Dalam penerapannya, kemampuan literasi dikembangkan ke dalam beberapa aspek, seperti pembelajaran menyimak, membaca dan memirsa, menulis, berbicara, dan mempresentasikan suatu informasi dengan penggunaan bahasa yang tepat. Model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia ini, yaitu pedagogi genre. Model pembelajaran ini memiliki empat tahapan, yaitu penjelasan untuk membangun konteks, pemodelan, pembimbingan, dan pemandirian. Di samping model pembelajaran tersebut, pembelajaran Bahasa Indonesia juga dapat dikembangkan dengan model-model pembelajaran lain, asalkan sesuai dengan Capaian Pembelajaran.

Capaian Pembelajaran Biologi Fase F
Biologi adalah pembelajaran yang mengkaji tentang fenomena kehidupan dan makhluk hidup yang berkaitan dengan struktur, fisiologi, morfologi, ruang hidup, serta asal mula dan distribusinya

B. Tujuan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Dengan mempelajari Bahasa Indonesia, peserta didik dapat mengembangkan:

  1. Sikap akhlak yang mulia, seperti menggunakan bahasa Indonesia yang santun;
  2. Sikap mengutamakan dan menghargai bahasa Indonesia yang merupakan bahasa resmi negara Republik Indonesia;
  3. Kemampuan peserta didik dalam berbahasa dengan berbagai jenis teks multimodal yang akan digunakan untuk berbagai jenis konteks pembelajaran;
  4. Kemampuan literasi peserta didik yang akan digunakan dalam kegiatan belajar dan di dunia kerja kelak;
  5. Rasa percaya diri yang dapat mengekspresikan sikap mandiri, bertanggung jawab, dan mau bergotong royong;
  6. Rasa peduli terhadap budaya Indonesia dan lingkungan sekitarnya; serta
  7. Rasa peduli dan mau berkontribusi sebagai warga Indonesia dan dunia yang demokratis dan memiliki rasa keadilan.

C. Karakteristik Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Pembelajaran Bahasa Indonesia akan menjadi modal peserta didik untuk melaksanakan proses kegiatan belajar dan memulai dunia kerja. Hal ini disebabkan pembelajaran Bahasa Indonesia akan berfokus pada kemampuan literasi peserta didik. Saat ini, kemampuan literasi akan menjadi indikator kemajuan dan perkembangan anak-anak Indonesia.

Dengan mempelajari Bahasa Indonesia, peserta didik akan dibina dan dibantu untuk mengembangkan rasa percaya dirinya sebagai seseorang yang memiliki kemampuan dalam berkomunikasi, pemikir yang kritis, kreatif, dan imajinatif, serta menjadi warga negara Indonesia yang dapat menguasai literasi digital dan informasional. Melalui pembelajaran Bahasa Indonesia ini, guru akan membina dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan kemampuan literasi peserta didik yang dapat mendukung keberhasilan mereka dalam dunia pendidikan dan dunia kerja.

Pembelajaran Bahasa Indonesia akan membentuk keterampilan peserta didik dalam berbahasa reseptif (menyimak, membaca dan memirsa), dan keterampilan peserta didik dalam berbahasa produktif (berbicara dan mempresentasikan, serta menulis). Dengan adanya pengembangan keterampilan dan kompetensi ini, diharapkan guru dapat membentuk peserta didik agar memiliki kemampuan literasi yang tinggi serta berkarakter Pancasila.

Area Pembelajaran

Kemampuan

Sub-Kemampuan

Bahasa

Reseptif

Menyimak

Membaca dan Memirsa

Produktif

Berbicara dan Mempresentasikan

Menulis

Elemen

Deskripsi

Menyimak

Menyimak adalah kemampuan peserta didik menerima, memahami, dan memaknai informasi yang didengar dengan sikap yang baik agar dapat menanggapi mitra tutur. Proses yang terjadi dalam menyimak mencakup kegiatan seperti mendengarkan dengan konsentrasi, mengidentifikasi, memahami pendapat, menginterpretasi tuturan bahasa, dan memaknainya berdasarkan konteks yang melatari tuturan tersebut. Komponen-komponen yang dapat dikembangkan dalam menyimak di antaranya kepekaan terhadap bunyi bahasa, sistem isyarat, kosakata, struktur bahasa (tata bahasa), makna, dan metakognisi.

Membaca dan Memirsa

Membaca adalah kemampuan peserta didik untuk memahami, memaknai, menginterpretasi, dan merefleksi teks sesuai tujuan dan kepentingannya untuk mengembangkan sikap, pengetahuan, keterampilan, dan potensinya. Memirsa merupakan kemampuan peserta didik untuk memahami, memaknai, menginterpretasi, dan merefleksi sajian cetak, visual dan/atau audiovisual sesuai tujuan dan kepentingannya untuk mengembangkan sikap, pengetahuan, keterampilan, dan potensinya. Komponenkomponen yang dapat dikembangkan dalam membaca dan memirsa di antaranya kepekaan terhadap fonem, huruf, sistem isyarat, kosakata, struktur bahasa (tata bahasa), makna, dan metakognisi. 

Berbicara dan Mempresentasikan

Berbicara adalah kemampuan peserta didik untuk menyampaikan gagasan, tanggapan, dan perasaan dalam bentuk lisan dengan santun.

Mempresentasikan merupakan kemampuan memaparkan gagasan atau tanggapan secara fasih, akurat, bertanggung jawab, mengajukan dan/atau menanggapi pertanyaan/pernyataan , dan/atau menyampaikan perasaan secara lisan sesuai konteks dengan cara yang komunikatif dan santun melalui beragam media (visual, digital, audio, dan audiovisual).

Komponen-komponen yang dapat dikembangkan dalam berbicara dan mempresentasikan di antaranya kepekaan terhadap bunyi bahasa, sistem isyarat, kosakata, struktur bahasa (tata bahasa), makna, dan metakognisi.

Menulis

Menulis adalah kemampuan menyampaikan gagasan, tanggapan, dan perasaan dalam bentuk tulis secara fasih, akurat, bertanggung jawab, dan/atau menyampaikan perasaan sesuai konteks.

Komponen-komponen yang dapat dikembangkan dalam menulis di antaranya penggunaan ejaan, kosakata, kalimat, paragraf, struktur bahasa , makna, dan metakognisi dalam beragam jenis teks. 

Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Fase F (Kelas XI dan XII SMA/MA/Paket C)

Di akhir Fase F, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa yang akan digunakan untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan pembelajaran, konteks sosial, akademis, dan dunia kerja. Peserta didik juga telah mampu memahami, mengolah, menginterpretasi, dan mengvaluasi berbagai jenis tipe teks yang membahas tentang topik yang beragam. Peserta didik juga telah mampu mengkreasi gagasan dan pendapat untuk berbagai tujuan.

Capaian Pembelajaran Sosiologi Fase F
Sosiologi adalah pembelajaran yang mengkaji tentang masyarakat dan segala kompleksitasnya, serta hal-hal yang membentuknya, mengkaji tentang interaksi sosial dan dampaknya

Peserta didik mampu berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan berbahasa yang akan melibatkan banyak orang. Selain itu, di fase F ini peserta didik juga telah mampu menulis berbagai jenis teks untuk merefleksi dan mengaktualisasi diri agar selalu berkarya, namun tetap mengutamakan penggunaan bahasa Indonesia di berbagai media untuk memajukan peradaban bangsa.

Elemen

Capaian Pembelajaran

Menyimak

Peserta didik mampu mengevaluasi berbagai gagasan dan pandangan berdasarkan kaidah logika berpikir dari menyimak berbagai jenis teks (nonfiksi dan fiksi) dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara; mengkreasi dan mengapresiasi gagasan dan pendapat untuk menanggapi teks yang disimak.

Membaca dan Memirsa

Peserta didik mampu mengevaluasi gagasan dan pandangan berdasarkan kaidah logika berpikir dari membaca berbagai tipe teks (nonfiksi dan fiksi) di media cetak dan elektronik. Peserta didik mampu mengapresiasi teks fiksi dan nonfiksi.

Berbicara dan Mempresentasikan

Peserta didik mampu menyajikan gagasan, pikiran, dan kreativitas dalam berbahasa dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara secara logis, sistematis, kritis, dan kreatif; mampu menyajikan karya sastra secara kreatif dan menarik. Peserta didik mampu mengkreasi teks sesuai dengan norma kesopanan dan budaya Indonesia. Peserta didik mampu menyajikan dan mempertahankan hasil penelitian, serta menyimpulkan masukan dari mitra diskusi.

Menulis

Peserta didik mampu menulis gagasan,pikiran, pandangan, pengetahuan metakognisi untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, dan kreatif. Peserta didik mampu menulis berbagai jenis karya sastra. Peserta didik mampu menulis teks refleksi diri. Peserta didik mampu menulis hasil penelitian, teks fungsional dunia kerja, dan pengembangan studi lanjut. Peserta didik mampu memodifikasi/mendekonstruksikan karya sastra untuk tujuan ekonomi kreatif. Peserta didik mampu menerbitkan tulisan hasil karyanya di media cetak maupun digital.  

Itulah contoh dari Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Fase F. Semoga bermanfaat!

Agnes Meilina

content writer - content creator - reviewer books

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.