Capaian Pembelajaran Biologi Fase F

capaian pembelajaran 9 Okt 2023

A.  Rasional Mata Pelajaran Biologi

Pembelajaran Biologi adalah pembelajaran yang mengkaji tentang fenomena kehidupan dan makhluk hidup yang berkaitan dengan struktur, fisiologi, morfologi, ruang hidup, serta asal mula dan distribusinya. Dalam penerapannya, Biologi tidak hanya sekadar mengkaji tentang makhluk hidup dan proses kehidupan saja, tetapi juga mengkaji tentang perubahan makhluk hidup dari msa ke masa serta inovasi teknologi biologi.

Pembelajaran Biologi diterapkan untuk memahami, mengatasi, dan mengelola tantangan SDA, kualitas lingkungan, kesehatan dan penyakit, pencegahan dan penanggulangan penyakit, serta penggunaan teknologi biologi yang akan dihadapi masyarakat pada abad ke-21. Dalam penerapannya, Biologi digunakan untuk mempertahankan keanekaragaman hayati, kelestarian ekosistem, kesejahteraan manusia dan organisme lain beserta populasinya, serta keberlanjutan sumber daya hayati yang dimiliki Indonesia.

Proses kegiatan belajar yang dilakukan peserta didik menggunakan pendekatan kontekstual dan inkuiri yang seluruh kegiatan pembelajarannya berpusat pada peserta didik. Pada kesempatan ini, peserta didik akan diberi pengalaman belajar sehingga peserta didik dapat menyelesaikan masalah yang ada di kehidupan sehari-hari melalui kinerja ilmiah yang dimulai dari menemukan masalah, menyusun hipotesis, merancang percobaan, melakukan percobaan, menganalisis data, menarik kesimpulan, dan mengomunikasikan hasil percobaan. Kegiatan ini akan berimplikasi pada kesiapan peserta didik untuk menghadapi kehidupannya.

Materi yang dibahas dalam pembelajaran Biologi pada tingkat SMA mencakup keanekaragaman makhluk hidup dan peranannya, virus, ekosistem, perubahan lingkungan, biologi sel, sistem organ tubuh, evolusi, dan genetika serta membahas tentang pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup, dan inovasi biologi. Pengenalan tingkat kehidupan ini dapat membantu peserta didik untuk menyelesaikan masalah dan menggunakan keterampilannya dalam proses kegiatan belajar.

B. Tujuan Mata Pelajaran Biologi

Melalui pembelajaran Biologi, peserta didik dapat:

  1. Mensyukuri berkat yang diberikan Tuhan dan menghormati makhluk hidup dan menjaga lingkungan sekitarnya;
  2. Menghormati keragaman budaya, pendapat, dan karakteristik lingkungan;
  3. Mampu berkomunikasi dan berkolaborasi etika dan norma yang berlaku;
  4. Memahami sistem kehidupan yang saling berinteraksi, memahami aliran materi dan energi, serta pertahanan dan perubahannya;
  5. Memahami dinamika ekosistem;
  6. Memahami perkembangan pengetahuan Biologi dari masa ke masa;
  7. Memahami isu permasalahan Biologi di lingkungan sekitar;
  8. Menghasilkan gagasan baru sebagai hasil dari adaptasi, adopsi, modifikasi, atau kreasi yang berdasarkan hasil eksperimen; dan
  9. Mampu merencanakan dan melakukan penelitian, seperti mengumpulkan dan menganalisis data kualitatif maupun kuantitatif, serta interpretasi bukti.
Capaian Pembelajaran Ekonomi Fase F
Dengan mempelajari Ekonomi, peserta didik mampu menghargai sumber daya alam yang ada di Indonesia dan memanfaatkannya secara efisien dan bertanggung jawab, memahami masalah ekonomi dan menyelesaikannya secara efisien dan bertanggung jawab

C. Karakteristik Mata Pelajaran Biologi

Pembelajaran Biologi di Fase F mencakup materi mengenai struktur sel, bio-proses dalam sel, genetika, evolusi, sistem organ tubuh manusia, struktur, fisiologi pada manusia, pertumbuhan dan perkembangan, serta mengenai inovasi teknologi biologi. Merujuk pada pembelajaran Biologi yang berkaitan pada hakikat Sains sebagai proses dan produk, maka pembelajaran Biologi memiliki dua elemen yang mencakup:

1. Pemahaman Biologi; dan

2. Keterampilan Proses.

Elemen

Deskripsi

Keterampilan Proses

Keterampilan saintifik yang mencakup

o    mengamati,

o    mempertanyakan dan memprediksi,

o    merencanakan dan melakukan penyelidikan,

o    memproses dan menganalisis data dan informasi,

o    mengevaluasi dan merefleksi dan

o    mengomunikasikan hasil

Pemahaman Biologi

Mencakup materi keanekaragaman hayati dan peranannya, virus dan peranannya, perubahan lingkungan, ekosistem, bioteknologi, biologi sel, sistem organ pada manusia, evolusi, genetika, pertumbuhan dan perkembangan, serta inovasi teknologi biologi. 

Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Biologi Fase F (Kelas XI dan XII SMA/MA/Program Paket C)

Di akhir fase F pembelajaran Biologi, peserta didik telah memiliki kemampuan dalam mendeskripsikan bioproses yang terjadi di dalam sel, serta mampu menganalisis kaitan struktur organ tubuh pada sistem organ dengan mengetahui fungsinya serta kelainan atau gangguan yang muncul pada sistem organ tersebut. Selain itu, peserta didik juga telah mampu menerapkan konsep dari pewarisan sifat, pertumbuhan dan perkembangan dalam kehidupan sehari-hari dan mampu mengevaluasi gagasan baru mengenai evolusi.

Konsep yang dipelajari dan diterapkan pada peserta didik akan membantu mereka dalam menyelesaikan masalah kehidupan yang akan diselesaikan dengan keterampilan proses secara mandiri. Penyelesaian masalah yang peserta didik kerjakan akan menciptakan suatu ide atau produk yang dapat mengatasi permasalahan tersebut. Hal ini dapat dilakukan peserta didik karena mereka telah mempelajari kinerja ilmiah dan prosil pelajar Pancasila.

Capaian Pembelajaran Kimia Fase F
Pada pembelajaran Kimia, peserta didik akan memahami struktur dan proses kimia yang berguna untuk memenuhi kebutuhan ekonomi, lingkungan dan sosial di dunia yang terus berkembang

Elemen

Capaian Pembelajaran

Pemahaman Biologi

Pada akhir fase F, peserta didik memiliki kemampuan mendeskripsikan struktur sel serta bioproses yang terjadi seperti transpor membran dan pembelahan sel; menganalisis keterkaitan struktur organ pada sistem organ dengan fungsinya serta kelainan atau gangguan yang muncul pada sistem organ tersebut; memahami fungsi enzim dan mengenal proses metabolisme yang terjadi dalam tubuh; serta memiliki kemampuan menerapkan konsep pewarisan sifat, pertumbuhan dan perkembangan, mengevaluasi gagasan baru mengenai evolusi, dan inovasi teknologi biologi. 

Keterampilan Proses

1. Mengamati

Mampu memilih alat bantu yang tepat untuk melakukan pengukuran dan pengamatan. Memperhatikan detail yang relevan dari objek yang diamati.

2. Mempertanyakan dan memprediksi

Merumuskan pertanyaan ilmiah dan hipotesis yang dapat diselidiki secara ilmiah.

3. Merencanakan dan melakukan penyelidikan

Peserta didik merencanakan dan memilih metode yang sesuai berdasarkan referensi untuk mengumpulkan data yang dapat dipercaya, mempertimbangkan resiko serta isu-isu etik dalam penggunaan metode tersebut. Peserta didik memilih dan menggunakan alat dan bahan, termasuk penggunaan teknologi digital yang sesuai untuk mengumpulkan serta mencatat data secara sistematis dan akurat.

4. Memproses, menganalisis data dan informasi Menafsirkan informasi yang didapatkan dengan jujur dan bertanggung jawab. Menggunakan berbagai metode untuk menganalisa pola dan kecenderungan pada data. Mendeskripsikan hubungan antar variabel serta mengidentifkasi inkonsistensi yang terjadi. Menggunakan pengetahuan  ilmiah untuk menarik kesimpulan yang konsisten dengan hasil penyelidikan.

5. Mengevaluasi dan refleksi

Mengevaluasi kesimpulan melalui perbandingan dengan teori yang ada. Menunjukkan kelebihan dan kekurangan proses penyelidikan dan efeknya pada data. Menunjukkan permasalahan pada metodologi dan mengusulkan saran perbaikan untuk proses penyelidikan selanjutnya.

6. Mengomunikasikan hasil

Mengomunikasikan hasil penyelidikan secara utuh termasuk di dalamnya pertimbangan keamanan, lingkungan, dan etika yang ditunjang dengan argumen, bahasa, serta konvensi sains yang sesuai konteks penyelidikan. Menunjukkan pola berpikir sistematis sesuai format yang ditentukan.

Itulah contoh dari Capaian Pembelajaran Biologi Fase F. Apabila Anda ingin mengetahui contoh Capaian Pembelajaran lainnya, kunjungi website Kejarcita.id. Semoga bermanfaat!

Agnes Meilina

content writer - content creator - reviewer books

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.