Alasan Penggunaan Laptop Penting Bagi Guru

teknologi 25 Jan 2021

Kemajuan teknologi saat ini membawa perubahan yang lebih baik bagi kehidupan manusia, tak terkecuali pada bidang pendidikan.dengan adanya teknologi dalam proses belajar mengajar di kelas, maka pembelajaran akan bergerak sesuai kebutuhan zaman. Dalam hal ini, guru memiliki peran sebagai fasilitator yang berani memanfaatkan teknologi.

Kemajuan teknologi di sekolah ditandai dengan penggunaan komputer atau laptop, printer serta akses internet bagi guru. Dengan adanya alat tersebut, guru juga bisa melakukan aktivitas mengajarnya lebih mudah.

Sebagai media belajar, laptop mempunyai peran penting dalam proses pembelajaran yaitu untuk memberi dukungan proses komunikasi interaktif antara siswa dan guru serta menyiapkan bahan pembelajaran. Menurut Robert Taylor, setidaknya terdapat tiga peran laptop dalam pendidikan yaitu tutor, tutee dan tool.

Tutor artinya pengajar atau pendekatan yang berbentuk laptop, di mana melalui laptop siswa bisa mendapatkan materi pembelajaran. Tutee merupakan simulasi pada suatu keadaan khusus sistem yang digunakan untuk berinteraksi pada siswa, sedangkan tool laptop merupakan alat untuk memudahkan proses pengajaran serta pembelajaran seperti penjadwalan, pengolahan data nilai siswa, beasiswa dan lainnya.

Alasan Laptop Penting Bagi Guru

Tahukah kalian laptop sangat penting bagi kehidupan kita terutamanya guru? Guru pada zaman sekarang sudah harus memiliki laptop. Mereka juga dituntut untuk dapat menggunakan dan mengoperasikannya. Ada banyak sekali alasan yang menjadikan laptop itu penting bagi guru, di antaranya sebagai berikut:

1. Kecanggihan Teknologi Semakin Maju

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya bahwa penggunaan laptop menjadi salah satu kemajuan teknologi yang berada di sekolah. Teknologi yang semakin maju membuat guru semakin harus lebih kreatif dalam memanfaatkannya.

Laptop adalah salah satu contoh benda hasil kecanggihan teknologi tersebut. Guru dituntut belajar dan belajar untuk lebih kreatif dan lebih maju. Sehingga mereka harus bisa menggunakan laptop dengan baik dan benar.

2. Sebagai Media untuk Belajar Mengajar

Pembelajaran semakin lama semakin maju. Banyak hal yang dapat dilakukan guru dengan menggunakan laptop. Guru dapat membuat power point atau mempresentasikan materi berupa tulisan, gambar maupun video melalui perantara laptop yang menyambung ke LCD. Sehingga nantinya materi tersebut bisa ditampilkan melalui layar.

Metode belajar seperti ini juga tidak membuat murid bosan belajar sehingga mereka dapat menerima pelajaran lebih baik dibandingkan metode yang biasa-biasa saja. Bukan hanya itu, tanpa disadari hal ini juga mengajarkan siswa untuk bisa memanfaatkan penggunaan laptop dengan baik.

7 Tips Memanfaatkan Blog dalam KBM Daring
Blog juga bisa dimanfaatkan dalam pembelajaran di sekolah, apalagi dalam pembelajaran berbasis online yang sedang diterapkan saat ini. Lalu bagaimana tips memanfaatkan blog dalam KBM daring?

3. Membuat Guru Semakin Kreatif Dalam Pengajaran

Kreativitas seorang guru sangat dibutuhkan dalam proses kegiatan belajar mengajar. Saat ini Anda bisa berkreasi lebih mudah dengan adanya kecanggihan teknologi.

Melalui laptop dan akses internet, Anda bisa lebih kreatif memvariasikan model pembelajarannya. Anda juga dapat membuat materi dengan video pembelajarannya sendiri. Jadi Anda dapat memiliki berbagai konsep mengenai model penyampaian materi yang akan diajarkan.

4. Memudahkan Pekerjaan Guru

Seperti yang diketahui sebelumnya, kecanggihan teknologi memudahkan aktivitas manusia, tak terkecuali dalam dunia pendidikan. Dengan adanya laptop, guru dapat menginput nilai para peserta didik dengan mudah. Terlebih saat ini sudah banyak sistem yang memudahkan Anda dalam melakukan apapun.

Guru tidak lagi menulis raport manual menggunakan tangan. Mereka dapat mengetiknya di laptop dan nanti bisa langsung dicetak serta dibagikan langsung ke wali murid.

Berbagai aplikasi yang disediakan di laptop dapat mempermudah kerja guru. Aplikasi Office (microsoft word, power point, dan sebagainya) misalnya dapat digunakan guru dalam membuat materinya. Guru juga bisa mencari-cari materi dari internet atau buku-buku online melalui aplikasi mozila, google crom, google book, dan lainnya. Guru juga dapat copy-paste materi tersebut atau bisa mengeditnya sebelum materi disampaikan ke murid-muridnya.

5. Pembelajaran Lebih Kontekstual dan Berarti

Guru dan peserta didik dalam hal ini, sama-sama belajar berbagai materi yang berhubungan dengan dunia nyata (real). Guru akan terdorong mencari sumber-sumber belajar yang lebih menarik. Para peserta didik pun akhirnya terdorong untuk lebih aktif dan kreatif.

6. Pembelajaran Lebih Efektif dan Efisien

Mengapa penggunaan laptop bisa mengefektifkan dan mengefisienkan pembelajaran? Karena pembelajaran bisa direncanakan dengan baik, tepat waktu, dan jelas pencapaiannya. Anda bisa menyiapkan materi pelajaran dalam bentuk apapun, PowerPoint, video maupun bacaan materi. Lalu saat proses pembelajaran dimulai, Anda bisa langsung menyampaikan materi yang disiapkan dengan waktu yang ditentukan.

7. Sebagai Tempat Penyimpanan yang Efisien

Sebagai guru tentu Anda memiliki banyak file atau dokumen yang berkaitan dengan kegiatan belajar bukan? Mulai dari absensi kelas, penilaian siswa, materi pelajaran dan lainnya. Dokumen tersebut dan susunan penting dan harus disimpan sebaiknya.

Manfaat menggunakan laptop yaitu sebagai penyimpanan. Laptop dapat menyimpan banyak sekali berkas dalam bentuk file. Sehingga, guru dapat menyimpan segala macam berkas baik itu materi pembelajaran, perangkat pembelajaran, dan sebagainya dengan aman.

7 Tips Menerapkan Model Discovery-Inquiry Learning dalam KBM
Model discovery-inquiry learning merupakan model pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam memahami konsep pembelajaran dan melatih kemampuan siswa dalam menemukan hasil dari pemecahan masalah.

8. Sebagai Sarana Komunikasi Jarak Jauh

Banyak sekali fasilitas untuk komunikasi yang dapat digunakan di dalam laptop. Guru dapat menggunakan webcam untuk berbicara jarak jauh.  Guru juga dapat mengirim surat dengan email atau menulis kata-kata lewat chating. Selain itu juga guru dapat mengirim gambar atau file lewat berbagai fitur yang disediakan di laptop dan semua itu pastinya harus nyambung ke internet.

Terlebih saat ini kegiatan belajar mengajar yang dilakukan secara online semakin masif. Penggunaan laptop dan akses internet sangat dibutuhkan untuk bisa tetap mengajar dengan baik meskipun terhalang jarak.

9. Sebagai Jendela Guru Melihat Dunia Luar

Adanya laptop yang tersalur oleh internet, pastinya memudahkan guru dalam mendapatkan berbagai informasi. Guru akan mengetahui banyak hal mengenai model pembelajaran, literatur-literatur dari berbagai sumber, dan informasi seputar pendidikan lainnya.

Bahkan, Anda juga bisa membagikan informasi seputar pendidikan melalui internet. Pasalnya saat ini banyak sekali platform yang bisa digunakan untuk mendapatkan informasi dan lainnya, mulai dari Google, YouTube, dan berbagai aplikasi media sosial.

10. Sebagai Interaksi Online Guru dengan Siswa

Situasi pandemi saat ini mengharuskan guru melakukan pembelajaran online untuk peserta didiknya. Guru melakukan pembalajaran online dengan media laptop yang tersambung internet. Aplikasi-aplikasi yang digunakan untuk pembelajaran tersebut seperti zoom, google classroom dan sebagainya.

Setelah pandemi usai dan kegiatan belajar mengajar dilakukan di kelas, penggunaan laptop juga masih bisa digunakan untuk berinteraksi, khususnya ketika Anda ingin memberi tugas dan materi tambahan kepada murid.

Itulah 10 alasan mengapa penggunaan laptop sangat penting bagi guru. Hal ini juga menuntut guru untuk bisa menggunakan teknologi dengan baik, sehingga menjadi guru yang modern dan tidak buta teknologi. Anda juga bisa memberikan pengalaman belajar yang berbeda dan menyenangkan dengan beragam variasi atau metode pembelajaran untuk merangsang semangat siswa.

Epin Supini

Penulis yang memiliki banyak mimpi

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.