7 Tips Mengelola Sumber Belajar Digital untuk Kemudahan Pembelajaran

Tips and Tricks 29 Apr 2024

Perkembangan teknologi digital begitu pesat. Menimbulkan banyak perubahan dalam berbagai bidang kehidupan, termasuk dalam bidang pendidikan. Teknologi membuat proses pembelajaran semakin kaya. Kini sumber belajar semakin banyak, yaitu adanya sumber belajar digital.

Apa Itu Sumber Belajar Digital?

sumber: https://www.pexels.com/

Sumber belajar digital adalah media belajar yang selalu digunakan dalam proses kegiatan belajar, tanpa adanya batas ruang dan waktu. Biasanya materi pembelajaran dapat diunduh secara bebas oleh guru maupun siswa sebagai referensi pembelajaran.

Menurut Panen (2007:2) teknologi informasi (sumber belajar digital) adalah solusi bagi beragam masalah pendidikan. Hartoyo (2012:129) mengatakan pemanfaatan sumber belajar digital dalam pembelajaran dipercaya akan memberikan: (1) kenyamanan dan fleksibilitas; (2) kesempatan dan pengalaman belajar yang lebih efektif dan efisien; (3) sistem pendidikan yang berkualitas dan dinamis; dan (4) meningkatkan kualitas pribadi dan institusi.

Sumber belajar digital merupakan proses pembelajaran yang dilaksanakan atau didukung dengan penggunaan sarana atau materi pembelajaran digital. Sumber belajar digital pada umumnya dilaksanakan melalui internet, meski ada pula yang menggunakan teknologi lain seperti CD-ROM.

Jadi, sumber belajar digital berarti pembelajaran dengan menggunakan jasa bantuan perangkat elektronik seperti audio, video tape, transmisi satelit atau komputer.

Tujuan Menggunakan Sumber Belajar Digital

Teknologi merupakan salah satu media yang digunakan untuk menyampaikan dan mengembangkan ilmu pengetahuan yang bertujuan untuk memudahkan siswa dalam belajar dan meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran.

Ketika terjadi pandemi COVID-19, sumber belajar digital atau sumber belajar digital sangat berjasa dalam proses berjalannya pendidikan. Para siswa bisa tetap belajar di rumah dengan menggunakan sumber belajar digital ini.

Selain itu, penggunaan sumber belajar digital ini punya banyak tujuan, di antaranya, yaitu seperti :

  • Meningkatkan akses siswa untuk mendapatkan kesempatan belajar (increase access to learning opportunity) dan fleksibelitas siswa dalam kegiatan belajar. Dalam hal ini, sumber belajar digital mampu meningkatkan kesempatan belajar dan fleksibilitas siswa dalam belajar melalui berbagai sarana dan metode pembelajaran yang digunakan.
  • Meningkatkan kualitas pembelajaran (enhance general quality).
  • Mengembangkan keterampilan dan kompetensi (develop skill and competencies) yang dimiliki siswa, serta meningkatkan kemampuan digital siswa yang dibutuhkan dalam berbagai bidang ilmu pendidikan, profesi, dan jenjang karir mereka di masa depan kelak.
  • Mengakomodasi macam gaya belajar (to meet the learning styles/needs) yang dibutuhkan siswa.
  • Meningkatkan efektivitas dana (cost effectivinees), terutama pada tataran pendidikan menengah.

Karakteristik Sumber Belajar Digital

Adapun karakteristik dari sumber belajar digital yaitu antara lain:

  • Sumber belajar digital memanfaatkan jasa teknologi untuk dapat digunakan oleh guru dan siswa dalam proses kegiatan belajar. Dengan adanya jasa teknologi ini, guru dan siswa dapat dengan mudah berkomunikasi dengan sesama tanpa merasa dibatasi oleh hal-hal yang bersifat protokoler.
  • Sumber belajar digital menggunakan keunggulan komputer, di mana guru dan siswa dapat mengakses materi pembelajaran kapan dan di mana saja.
  • Sumber belajar digital memanfaatkan jadwal kegiatan pembelajaran, kurikulum, hasil belajar siswa, dan beberapa hal yang berkaitan dengan administrasi pendidikan, sehingga guru dapat melihat data tersebut setiap waktu.

Jenis Sumber Belajar Digital

sumber: https://www.pexels.com/

Model-model sumber balajar digital pada kegiatan pembelajaran daring terbagi ke dalam beberapa jenis. Adapun jenisnya yaitu sebagai berikut:

1. Web-Based Learning

Pembelajaran berbasis web-based learning yaitu di mana proses pembelajaran dilakukan melalui dalam jaringan dengan memanfaatkan Learning Management System. Proses kegiatan pembelajaran ini dilakukan melalui jarak jauh.

Seluruh proses komunikasi antara guru dan siswa dilakukan melalui LMS baik dengan sistem Synchronous dan Aynchronous. Proses kegiatan pembelajaran ini bergantung pada jaringan dan sistem LMS yang digunakan. Adapun sistem LMS yang paling banyak digunakan yaitu Moodle, hal ini dikarenakan Moodle bertipe open source dan dapat melakukan self hosting.

2. Computer-Based Learning

Computer-Based Learning adalah proses pembelajaran dilakukan menggunakan komputer. Proses kegiatan pembelajaran ini dilakukan secara mandiri oleh siswa dengan menggunakan komputernya masing-masing. Biasanya proses kegiatan belajar ini diterapkan oleh siswa kelas menengah yang melakukan praktikum komputer.

Tugas dari guru adalah membuat pembelajaran dalam bentuk aplikasi atau sistem belajar dalam sebuah CPU dan tugas dari siswa adalah menuntaskan tugas-tugas yang ada dalam aplikasi tersebut. Dalam proses kegiatan pembelajaran ini, hampir tidak ada interaksi antara siswa.

3. Virtual Education

Virtual education adalah proses pembelajaran yang dilakukan di mana siswa tidak bertemu dengan guru. Guru membuat bahan-bahan ajar dalam bentuk virtual seperti manajemen LMS atau video pembelajaran.

4. Digital Colaboration

Digital colaboration merupakan proses kegiatan belajar yang menggabungkan beberapa kelas yang berbeda ke dalam satu kelas. Adapun tujuan dari kelas ini yaitu untuk menyelesaikan suatu proyek yang membutuhkan dua ahli dan berasal dari ahli yang berbeda.

Tips Mengelola Sumber Belajar Digital

Sumber belajar digital menjadi pilihan utama untuk saat ini. Sebab para siswa masih banyak yang belum bisa melakukan pembelajaran tatap muka secara langsung. Nah tentunya, sumber belajar digital yang digunakan harus tepat agar mendukung proses pembelajaran.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat digunakan untuk mengelola sumber belajar digital, yaitu di antaranya:

1. Menganalisa Kemampuan Siswa

Penting bagi guru untuk menganalisa kemampuan siswa, terutama sebelum sumber balajar digital dimulai. Misalnya seperti membuat soal-soal untuk pretest, sehingga Anda dapat mengidentifikasi kemampuan siswa di awal kegiatan belajar.

Hal ini bertujuan agar konten pembelajaran yang Anda sampaikan setara dengan kemampuan mereka. Tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah, sehingga setiap siswa dapat merasa senang dalam kegiatan belajar tersebut melalui sumber balajar digital yang Anda gunakan.

2. Membuat Konten Sumber Belajar Digital yang Relevan

Penting bagi Anda untuk membuat konten belajar yang relevan dengan mata pelajaran yang akan diajarkan. Pada kesempatan ini, Anda harus berfokus pada yang ingin disampaikan. Lebih fokus lebih bagus, sehingga siswa akan semakin mudah memahami konten yang dibagikan.

3. Membuat Konten Belajar yang Menarik

Agar proses kegiatan belajar menjadi lebih menarik dan menyenangkan, Anda dapat menyisipkan beberapa humor agar konten menjadi lebih ceria dan unik.

4. Menyertakan Analogi sebagai Contoh Nyata

Materi yang disampaikan akan lebih mudah dipahami siswa jika contoh yang diberikan terasa dekat dengan siswa. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menyertakan beberapa cerita atau analogi sebagai contoh nyata pada materi sumber belajar digital yang sedang diajarkan.

5. Masukkan Elemen Manusia

Agar proses kegiatan belajar terasa lebih nyata, penting bagi Anda untuk memasukkan "elemen manusia" dalam konten sumber belajar digital. Misalnya, seperti memasukkan beberapa foto atau gambar, atau ilustrasi dan video pembelajaran.

7 Situs Penyedia Jurnal Pendidikan yang Bisa Diakses Gratis
7 situs penyedia jurnal gratis yang bisa Anda akses sebagai tambahan sumber materi pembelajaran

6. Menggunakan Sumber Multimedia

Untuk mempermudah pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran, Anda dapat menggunakan multimedia. Dalam pelaksanaannya, sebagian siswa akan lebih mudah memahami materi dengan melihat video pembelajaran, serta sebagian lainnya akan lebih mudah memahami materi jika ditambahkan beberapa contoh soal atau dengan melalui diskusi kelompok.

7 Tips Memanfaatkan Bahan Ajar Digital dalam PTM Terbatas
Bahan ajar digital sangat diperlukan ketika melaksanakan model pembelajaran blended learning selama PTM terbatas, agar siswa yang menjalankan KBM online juga bisa mendapatkan materi pelajaran dengan jelas.

7. Menyediakan Latihan Soal

Agar proses kegiatan belajar menjadi lebih bermakna, Anda dapat menyiapkan beberapa soal yang dapat menguji pemahaman siswa. Dengan adanya latihan soal tersebut, Anda dapat mengetahui apakah proses kegiatan belajar tersebut berjalan dengan baik, atau masihkah ada hambatan yang perlu dibenahi.

Demikanlah penjelasan mengenai sumber belajar digital beserta tips mengelolanya. Semoga bermanfaat!

Dian Kusumawardani

"Pengajar di BKB Nurul Fikri dan Konselor Menyusui"

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.