7 Situs Penyedia Jurnal Pendidikan yang Bisa Diakses Gratis

edukasi 13 Mei 2021

Dalam kegiatan pembelajaran, guru harus memiliki berbagai macam sumber belajar yang dapat membantu proses kegiatan belajar menjadi lebih optimal. Dalam hal ini, biasanya sumber belajar yang digunakan guru untuk mengajar yaitu buku BSE dari pemerintah, buku referensi lain, video pembelajaran, PPT, film, website dan tidak jarang para guru akan mencari sumber belajar tambahan yang didapat dari berbagai macam jurnal pendidikan. Namun, sayangnya tidak semua situs yang dapat memberikan jurnal pendidikan yang bisa diakses gratis. Kebanyakan anda akan menemukan situs yang berbayar.

Sebelumnya apa yang dimaksud dengan jurnal? Berdasarkan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) jurnal merupakan catatan harian dan atau majalah yang khusus memuat artikel dalam bidang ilmu tertentu. Apabila Anda melihat penjelasan sebelumnya, dapat diketahui bahwa arti jurnal tersebut masih dipandang secara umum. Hal yang perlu Anda tahu yaitu jurnal dibedakan menjadi dua, yaitu jurnal ilmiah dan jurnal akuntansi.

Nah, untuk kali ini kita akan membahas tentang jurnal pendidikan yang mana bagian dari jurnal ilmiah. Jurnal ilmiah merupakan karya atau suatu tulisan yang berisi informasi tentang hal-hal ilmiah yang biasanya harus diteliti terlebih dulu. Biasanya jurnal ilmiah dibuat oleh para guru, dosen dan mahasiswa yang ingin melakukan penelitian. Selain itu, jurnal ilmiah juga sering disebut dengan jurnal akademik.

Jenis-Jenis Jurnal Ilmiah

Adapun jenis-jenis dari jurnal ilmiah ini terdiri dari berbagai macam. Apa saja? Berikut penjelasannya;

1. Jurnal Penelitian

Jurnal penelitian bisa juga disebut sebagai jurnal laporan penelitan. Jurnal ini adalah hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti (penulis jurnal). Biasanya seorang peneliti membutuhkan waktu yang cukup lama dalam melakukan penelitian. Penelitian yang dilakukan pun berbagai macam, ada penelitian tentang hasil belajar siswa, penelitian tentang sosial budaya, penelitian tentang alam dan lain sebagainya.

2. Jurnal Cetak

Jenis jurnal ini biasanya dibuka untuk para dosen, mahasiswa dan peneliti yang tertarik untuk melakukan penelitian. Biasanya pengumuman tersebut akan dilakukan dengan cara terbuka, misalnya seperti lewat internet dan media informasi lainnya.

3. Jurnal Online

Anda bisa menemukan jenis jurnal ini di situs internet.

4. Jurnal Lokal

Jenis jurnal ini bisa didefinisikan sebagai jurnal yang dalam pembuatannya dibuat oleh beberapa peneliti yang berasal dari instansi yang sama.

5. Jurnal Nasional

Jenis jurnal ini sudah ditulis di dalam ruang lingkup nasional. Para peneliti biasanya akan melakukan pemeriksaan terlebih dulu di negara asal.

6. Jurnal Internasional

Pada umumnya jurnal ini ditulis dengan bahwa internasional, yaitu bahasa Inggris. Namun, telah ditemukan bahwa tidak semua jenis jurnal Internasional ditulis dengan bahasa Inggris, melainkan ditulis oleh para penulis yang berasal dari luar negeri yang berasal dari Universitas yang ada di seluruh dunia.

Adapun tujuan dari dibuatnya jurnal yaitu untuk melakukan sebuah identifikasi, penilaian dan juga pencatatan mengenai suatu dampak atau kejadian yang timbul dari ada tindakan yang dilakukan oleh seseorang. Sama hal nya dengan jurnal pendidikan, maka tujuan yang terdapat di dalam jurnal tersebut yaitu untuk mengetahui perkembangan di dalam bidang pendidikan. Misalnya seperti ketika Anda ingin mengetahui model pembelajaran apa yang cocok untuk diterapkan pada suatu materi pembelajaran, maka Anda bisa mencari dan mengetahui solusinya dari sebuah jurnal pendidikan.

Namun, bagaimana cara Anda bisa membacanya? Mudah saja, Anda cukup mencari di situs internet, jangan lupa untuk ketik kata kunci yang cocok dengan apa yang sedang ingin Anda cari. Selain itu, Anda juga harus tahu bahwa tidak semua situs yang ada di internet yang tidak memberikan akses gratis untuk membaca jurnal pendidikan. Lantas, bagaimana cara untuk bisa membaca jurnal pendidikan yang bisa diakses gratis itu? Berikut penjelasannya.

Seberapa Pentingkah Tugas? Bagaimana Jika Guru Tidak Memberi Tugas?
Pemberian tugas sekolah atau PR, bukan semata-mata untuk dikerjakan siswa, tetapi ada tujuan dan harapan tertentu dimana siswa bisa menambah waktu belajarnya.

7 Situs Penyedia Jurnal Pendidikan yang Bisa Diakses Gratis

Berikut ini merupakan beberapa situs penyedia jurnal gratis yang bisa Anda akses, di antaranya yaitu:

1. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia atau yang biasa disebut dengan Perpusnas adalah suatu Lembaga Pemerintah Nonkementrtian yang bertugas dalam bidang perpustakaan yang di mana fungsinya yaitu sebagai perpustakaan pembina, perpustakaan penelitian, perpustakaan pelestarian, perpustakaan rujukan dan pusat dari jejaring perpustakaan yang terletak di daerah Ibu Kota Indonesia. Perpusnas ini sudah berdiri sejak 17 Mei 1980.

Apabila Anda penasaran dengan bagaimana bentuk dan isi perpustakaan nasional ini, Anda dapat datang langsung ke gedung fasilitas layanan perpusnas yang terletak di Jalan Medan Merdeka Selatan, Nomor 11, Jakarta. Selain itu, sebagian besar kantornya juga berada di Jalan Salemba Raya, Nomor 28A. Selain itu, ada fakta menarik yang harus Anda tahu, yaitu pada tanggal 14 September tahun 2017 silam, Presiden Joko Widodo telah meresmikan Gedung Fasilitas Layanan Perpusnas yang baru adalah perpustakaan nasional tertinggi yang ada di dunia! Di mana gedung tersebut memiliki ketinggian sebenar 126,3 meter yang terdiri dari 27 lantai, sudah termasuk parkir bawah tanah atau yang biasa disebut dengan basement.

Di tengah perkembangan zaman yang semakin pesat, kini Anda tidak hanya bisa meminjam buku dengan bentuk fisik dan juga tidak harus datang ke perpustakaan itu secara langsung untuk meminjam buku. Anda bisa mengakses banyak buku yang ada di perpustakaan nasional dengan menggunakan komputer atau ponsel. Caranya sangat mudah dan gratis, Anda tinggal membuka PlayStore kemudian mencari aplikasi perpusnas dan mendownload aplikasi tersebut.

Usahakan untuk mengingat akun yang Anda punya. Nah, walaupun saat ini perpusnas bisa diakses secara online dan gratis, bukan berarti buku yang tersedia hanya sedikit dan terbatas. Nyatanya di situs milik perpusnas ini berisi banyak buku pelajaran, novel, cerpen, puisi, jurnal nasional dan internasional yang mana bisa Anda akses secara gratis.

2. Portal Garuda Publikasi Indonesia Index

Portal Garuda Publikasi Indonesia Index ini menyimpan dan menyediakan lebih dari 5000 jurnal online yang dapat Anda akses secara gratis. Di situs ini Anda bisa mengindeks jurnal, abstrak, serta peningkatan standar publikasi jurnal ilmiah yang ada di Indonesia.

3. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia atau biasa disebut dengan LIPI ini merupakan lembaga yang menaungi berbagai macam penelitian ilmiah milik pemerintah Indonesia. Di situs ini, Anda bisa mengakses jurnal ilmiah secara gratis dan bisa turut serta menerbitkan jurnal yang Anda punya yang mana akan diterbitkan oleh Lembaga pendidikan, Lembaga penelitian dan lain sebagainya.

4. Google Scholar

Google Scholar atau Google Cendekia merupakan layanan yang disediakan Google untuk mencari materi-materi pembelajaran berupa teks yang terbentuk dari berbagai macam format publikasi, yang mana bisa mencakup jurnal pendidikan dan jurnal ilmiah.

5. Biomed Central

Biomed Central adalah salah satu situs yang menyediakan akses jurnal khusus jurusan Biologi atau jurusan Farmasi. Sehingga bisa dikatakan bahwa situs ini sangat cocok untuk Anda yang mengajar dan atau berada di dalam ruang lingkup bidang biologi dan juga perobatan.

6. Directory of Open Access Journals (DOAJ)

Directory of Open Access Journal atau disingkat dengan DOAJ ini merupakan situs yang menyediakan lebih dari 20.000 jurnal ilmiah yang bisa Anda akses dengan gratis.

5 Inspirasi Alat Pembelajaran Edukatif (APE) untuk Pelajaran IPA SD
PA atau ilmu sains terkadang sulit dipahami jika tidak ada penggambaran riil dari materi yang diajarkan, terutama bagi siswa SD yang sangat mengandalkan visual untuk mempelajari suatu hal. Oleh karena itu, APE mampu menjadi solusi untuk memudahkan proses belajar siswa SD.

7. Economics

Seperti namanya, Economics adalah situs yang menyediakan jurnal ekonomi, seperti ekonomi makro, mikro, kebijakan ekonomi, dan lain sebagainya. Sehingga bisa dikatakan bahwa situs ini sangat cocok untuk mahasiswa Ekonomi, guru dan dosen ekonomi.

Berdasarkan penjelasan tentang situs yang menyediakan jurnal pendidikan yang bisa diakses gratis di atas, situs manakah yang sudah pernah Anda akses? Seperti membaca buku, usahakan untuk tidak menggunakan situs haram atau tidak ilegal sebagai sumber belajar Anda. Dengan begitu, tidak ada pihak-pihak tertentu yang merasa rugi.

Agnes Meilina

Gemar membaca buku dan menulis di malam hari.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.