Seberapa Pentingkah Tugas? Bagaimana Jika Guru Tidak Memberi Tugas?

edukasi 26 Des 2020

Tugas sekolah adalah sesuatu yang harus dikerjakan oleh siswa atas perintah guru yang mengajar dalam mata pelajaran tertentu. Tugas sekolah dapat diberikan untuk setiap individu maupun kelompok (tugas kelompok). Penanggung jawab tugas individu adalah dirinya masing-masing, sedangkan penanggung jawab tugas kelompok adalah ketua kelompok yang ditunjuk secara musyawarah dan mufakat.

Pemberian tugas sekolah atau PR, bukan semata-mata untuk dikerjakan siswa, tetapi ada tujuan dan harapan tertentu dimana siswa bisa menambah waktu belajarnya. Seorang pelajar memiliki kewajiban belajar, mereka harus menggunakan waktunya sebaik mungkin untuk belajar dan mengerjakan tugas yang diberikan guru.

Meski memiliki maksud dan tujuan yang baik, namun pelaksanaannya terkadang memberikan dampak yang berbeda. Tugas bukan hanya melatih kemampuan siswa dan menambah waktu belajarnya, melainkan membebani siswa. Lantas, Apakah tugas sekolah itu penting untuk anak atau hanya membebani mereka? Dan bagaimana jika guru tidak memberikan tugas? Simak ulasannya dalam artikel ini.

Tujuan Pemberian Tugas Sekolah

Sebelum menilai apakah tugas sekolah itu penting, ada baiknya jika Anda mengetahui tujuan pemberian tugas, di antaranya sebagai berikut:

  • Agar Siswa Tetap Belajar di Rumah

Pemberian tugas sekolah bertujuan agar siswa tetap belajar di rumah. Hal tersebut sangat baik untuk meningkatkan kemampuan siswa, di mana mereka dapat mengulas kembali pelajaran yang telah di pelajari, sehingga mereka akan lebih ingat materi tersebut. Hal tersebut dinilai lebih baik dibandingkan anak membuang waktu ketika berada di rumah.

  • Membiasakan Siswa Membaca

Dengan adanya tugas sekolah, siswa akan membaca buku untuk mengerjakannya. Semakin banyak tugas yang diberikan, siswa akan semakin terbiasa membaca buku, bukan hanya di sekolah tetapi saat di rumah. Melalui membaca, siswa akan mendapatkan wawasan atau materi pelajaran yang lebih banyak, mereka juga akan semakin memahami bahkan mengingat materi pelajaran tersebut.

  • Agar Tidak Keluyuran di Luar Rumah

Ketika siswa berada di luar sekolah, maka kegiatannya bukan lagi tanggung jawab Anda sebagai guru. Sehingga mereka bebas untuk melakukan apa saja dan dimana saja. Namun, hal tersebut terdengar seperti Anda melepas tanggung jawab, padahal kegiatannya di luar akan berdampak pada perilakunya di sekolah.

Dengan memberikan tugas sekolah, Anda bisa mencegah siswa agar tidak keluyuran ke luar rumah dan melakukan hal yang tidak baik.

  • Untuk Mendapatkan Nilai yang Bagus Jika Ada Ulangan Mendadak

Memberikan tugas kepada siswa dinilai efektif agar mereka dapat nilai yang bagus ketika Anda mengadakan ulangan mendadak. Bukan hanya itu, siswa yang terbiasa mengerjakan tugas juga akan mudah mengerjakan soal ujian, sehingga nilai yang mereka dapatkan cukup memuaskan. Berbeda dengan siswa yang malas dan jarang mengerjakan tugas, mereka akan kesulitan mengerjakan ujian karena tidak terbiasa menjawab soal-soal.

7 Tip Mengajarkan Pentingnya Pendidikan untuk Masa Depan Anak
Mungkin anak-anak pernah bertanya, “ Kenapa sih, semua anak harus sekolah?”, “Untuk apa PR itu, bukankah kita sudah belajar di sekolah?”
  • Melatih Siswa Bertanggung Jawab

Tujuan pemberian tugas sekolah selanjutnya yaitu untuk melatih siswa bertanggung jawab dan disiplin. Sikap tersebut memberi dampak baik di masa depan, dimana mereka dapat menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan penuh tanggung jawab. Jika siswa tidak dilatih dari sekarang, sikap tersebut akan sulit dibentuk ketika dewasa. Jadi tak ada salahnya bagi siswa untuk mengerjakan tugas sekolah.

  • Meningkatkan Prestasi Akademik

Tugas sekolah yang diberikan secara bertahap akan meningkatkan prestasi akademik siswa. Mereka akan menambah waktu belajar untuk mengerjakan tugas di rumah. Semakin sering siswa latihan soal, semakin mudah bagi mereka untuk menjawab soal-soal ujian yang akan datang. Tugas sekolah juga membantu siswa mengembangkan sikap serta mengeksplorasi kegiatan belajar untuk meningkatkan hasil akademis.

  • Membangun Inisiatif dan Kreatif Siswa

Tanpa disadari, tugas sekolah atau pekerjaan rumah yang diberikan guru dapat membangun inisiatif dan kreatifitas siswa. Ada beragam tugas yang bisa Anda berikan kepada siswa untuk melatih kreatifitas mereka, misalnya tugas menggambar, menulis dan lainnya.

Seberapa Pentingkah Tugas Sekolah?

Setelah mengetahui tujuan pemberian tugas sekolah, kita dapat menyimpulkan bahwa tugas penting bagi perkembangan siswa. Melalui tugas sekolah, siswa dilatih memanajemen waktu dengan baik, Di mana mereka akan membagi waktu untuk belajar, bermain dan beristirahat, mereka juga akan menyesuaikan waktu mengerjakan tugas sekolah dengan jadwal yang dibuatnya. Tugas sekolah juga mendorong kedisiplinan dan kemandirian siswa. Mereka akan belajar mengerjakan pekerjaan secara mandiri dengan baik.

Dengan adanya tugas sekolah, siswa akan lebih percaya diri atas kemampuan mereka. Sebagai guru, Anda bisa memberikan apresiasi atas pekerjaan yang dilakukan siswa. Komentar positif dari guru meningkatkan motivasi dalam diri siswa untuk belajar lebih giat lagi. Siswa juga akan mendengar dan mengikuti instruksi yang Anda berikan untuk menyelesaikan tugas mereka.

Tugas juga dapat dikatakan tidak penting apabila tugas tersebut tidak memberi pengaruh apapun bagi kemampuan anak. Jangan memberikan tugas yang tidak sesuai dengan materi yang Anda ajarkan, karena hal tersebut akan menyulitkan siswa.

Panduan Guru Menggunakan Kejarcita.id untuk PJJ
Dalam pelaksanaan sistem pembelajaran jarak jauh, guru dan siswa melakukan kegiatan belajar mengajar di rumah masing-masing tanpa tatap muka secara langsung. Untuk melancarkan kegiatan pembelajaran, Kejarcita memiliki beberapa fitur yang dapat membantu guru dalam mengajar.

Tugas sekolah atau pekerjaan rumah juga bukan sebuah hukuman, Anda tidak perlu memberikan tugas dalam jumlah yang besar, karena hal tersebut tidak terasa manfaatnya dan hanya membebankan siswa. Tugas terlalu menumpuk tidak baik bagi anak, mereka tidak bisa mengeksplor dirinya selain mengerjakan tugas yang Anda berikan, mereka juga akan merasa lelah karena terus-menerus mengerjakan tugas. Oleh sebab itu, pastikan Anda memberikan tugas yang proporsional, sesuai dengan usia, kemampuan dan mentalnya agar terasa manfaatnya.

Bagaimana Jika Guru Tidak Memberi Tugas?

Tugas sekolah memang mengandung pro dan kontra pada setiap diri siswa, di mana ada yang bisa merasakan manfaatnya, namun ada pula yang hanya bisa merasakan bebannya. Sebagai guru, Anda memiliki wewenang untuk memberi tugas kepada murid sebagai salah satu cara untuk memotivasi mereka tetap belajar, baik di sekolah maupun di rumah. Dengan adanya tugas, diharapkan siswa dapat lebih disiplin, bertanggung jawab dan pintar membagi waktu. Namun, bagaimana jadinya jika guru tidak membagi tugas?

Tidak memberi tugas bagi siswa bukan solusi tepat untuk mengurangi beban mereka sebagai seorang pelajar. Justru hal tersebut membuat siswa semakin malas belajar dan hanya mengandalkan materi pelajaran di sekolah. Siswa juga tidak akan meluangkan waktunya untuk belajar di rumah.

Jika Anda tidak pernah memberi tugas kepada siswa, mereka tidak akan terbiasa mengerjakan soal dan tidak memahami materi pelajaran dengan baik. Alhasil, ketika ujian dilaksanakan, nilai mereka tidak memuaskan. Hal yang harus Anda lakukan yaitu dengan memberikan tugas yang menyenangkan bagi siswa, agar tugas tersebut tidak menjadi beban.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda ketahui mengenai tujuan pemberian tugas sekolah, seberapa pentingnya tugas sekolah bagi siswa, serta dampak yang terjadi ketika Anda tidak memberi tugas. Pastikan tugas yang Anda berikan memberi pengaruh baik bagi anak serta tidak memberikan beban.

Epin Supini

Penulis yang memiliki banyak mimpi

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.