Panduan Guru Menggunakan Kejarcita.id untuk PJJ

edukasi Des 23, 2020

Di tengah pandemi Covid-19 yang sedang terjadi saat ini sangat tidak memungkinkan bagi siswa untuk belajar secara tatap muka. Opsi utama yang diberikan pemerintah dalam permasalahan ini yaitu dengan menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ). Dalam pelaksanaan sistem pembelajaran jarak jauh, guru dan siswa melakukan kegiatan belajar mengajar di rumah masing-masing tanpa tatap muka secara langsung. Untuk melancarkan kegiatan pembelajaran, Kejarcita memiliki beberapa fitur yang dapat membantu guru dalam mengajar. Oleh karena itu, pada kesempatan ini kita akan membahas tentang panduan guru menggunakan kejarcita.id supaya dapat kegiatan belajar mengajar selama PJJ diterapkan dapat berjalan dengan baik.

Sebelumnya, apakah yang dimaksud dengan pembelajaran jarak jauh? Pembelajaran jarak jauh (PJJ) merupakan pelatihan yang diberikan kepada peserta didik yang tidak dapat berkumpul bersama atau melakukan pembelajaran secara tatap muka sehingga memutuskan untuk menjalankan kelas virtual. Dalam penerapannya, pembelajaran jarak jauh menggunakan teknologi elektronik seperti komputer dan laptop dan teknologi berbasis internet. Karena perkembangan teknologi semakin canggih di setiap tahunnya, kegiatan pembelajaran jarak jauh tidak menimbulkan masalah yang begitu besar. Selain itu, pembelajaran jarak jauh dapat dilakukan di mana dan kapan saja, sehingga guru dan siswa tidak kesulitan dan menjadi lebih fleksibel dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran.

Mungkin beberapa orang beranggapan bahwa sistem pembelajaran jarak jauh ini merupakan metode baru, sayangnya tidak. Pendidikan jarak jauh sudah digunakan di Amerika Serikat pada tahun 1892 ketika Universitas Chicago sedang meluncurkan program pembelajaran jarak jauh pertama kali dan diterapkan pada perguruan tingkat tinggi. Sistem pembelajaran jarak jauh ini terus berkembang di setiap tahunnya dengan menggunakan berbagai macam teknologi komunikasi dan informasi, seperti televisi, radio, satelit dan internet. Selanjutnya pada tahun 1996, John Bourne, mengembangkan Asychronous Learning Network Web yang merujuk pada kemampuan dalam memberikan pendidikan kapan dan di mana saja melalui koneksi internet.

Pembelajaran jarak jauh sangat bagus untuk diterapkan kepada orang-orang yang sudah beranjak dewasa, di mana mereka sudah menginjak bangku perguruan tinggi. Berbeda dengan anak-anak yang masih sekolah dasar, mereka masih membutuhkan bimbingan orang tua dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh. Selain itu, mereka masih belum cukup dewasa dalam mengendalikan diri untuk tetap belajar dengan tenang. Selama penerapannya, terdapat beberapa kasus yang menyatakan bahwa terdapat beberapa siswa yang tertidur selama pembelajaran sedang belajar dan tidak fokus selama kegiatan belajar, maka dari itu ketika pembelajaran sedang berlangsung orang tua harus mengawasi mereka dengan baik.

Dalam proses pembelajarannya, sistem pembelajaran jarak jauh dapat disampaikan dengan menggunakan teknologi. Berikut merupakan beberapa teknologi yang dapat digunakan siswa selama pembelajaran jarak jauh, yaitu:

1. Google Classroom

Salah satu aplikasi andalah Google yang dapat menunjang dunia pendidikan menjadi lebih baik lagi yaitu Google Classroom. Google Classroom dapat diakses dengan gratis, tanpa biaya apapun. Aplikasi ini sangat bagus dan mudah untuk digunakan oleh guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Selain dapat menjadi wadah sebagai tempat pengumpulan tugas, Google Classroom dapat membantu guru dalam memberikan pengumuman dan tugas melalui Google Classroom.

2. Edmodo

Aplikasi Edmodo lebih terfokus dalam menyediakan platform yang berguna untuk membantu kegiatan belajar tanpa menggunakan kertas. Sehingga bentuk tugas yang diberikan guru berbentuk digital, begitu juga saat siswa ingin mengumpulkan tugasnya yang juga berbentuk digital. Dengan adanya aplikasi Edmodo, orang tua dapat melihat langsung bagaimana perkembangan proses belajar mengajar anak-anak mereka. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur “Raport Virtual” yang di mana berisi ringkasan nilai-nilai siswa selama proses pembelajaran dalam kurun waktu tertentu.

3. Televisi

Pada awal-awal penerapan sistem pembelajaran jarak jauh, pemerintah bekerjasama dengan televisi dalam menyiarkan materi pembelajaran. Materi pembelajaran yang disampaikan melalui televisi berbentuk audio visual yang menarik perhatian setiap siswa. Selain itu, setelah materi telah disampaikan, akan terdapat beberapa latihan soal yang diberikan. Proses pembelajaran ini sangat membantu siswa yang mengalami tidak memiliki koneksi internet yang bagus di rumahnya.

Pandemi Covid-19 ini memaksa kita untuk tetap stay at home demi menghindar dari kerumunan di luar rumah serta menerapkan social distancing, pemerintah menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh. Namun, dalam penerapannya, sistem pembelajaran ini tidak sepenuhnya dapat diterima oleh masyarakat karena terbatasnya teknologi yang mereka punya serta koneksi internet yang kurang memadai di daerah rumahnya. Oleh karena itu, kejarcita memberikan solusi yang dapat membantu guru dan siswa dalam melakukan PJJ.

Panduan Guru Menggunakan Kejarcita.id untuk Pembelajaran Jarak Jauh

1. Membuat Akun

Langkah pertama yaitu dengan membuat akun di kejarcita.id. Anda bisa memperhatikan apa saja data-data yang perlu Anda isi. Pastikan bahwa Anda tidak lupa dengan e-mail serta password dari akun Anda.

2. Memilih Tipe Pengguna

Selanjutnya Anda memilih guru sebagai pengguna. Apabila Anda ingin mendaftarkan siswa Anda, maka tipe pengguna yang akan Anda pilih yaitu siswa.

3. Mengisi Kode Rujukan

Apabila Anda memiliki teman yang bekerja di tim kejarcita.id, Anda dapat menggunakan kode rujukan yang mereka miliki, sehingga nanti Anda akan mendapatkan keuntungan yang lebih ketika Anda ingin memiliki akun yang premium.

4. Nikmati Fitur-Fitur yang Terdapat di Kejarcita.id

Setelah Anda memiliki akun kejarcita.id, Anda dapat menikmati berbagai macam fitur yang sangat berguna dalam proses kegiatan belajar mengajar Anda. Berikut merupakan fitur-fitur yang dapat digunakan yaitu:

a. Manajemen Latihan Soal & Ujian Otomatis

Manajemen latihan soal & ujian otomatis adalah fitur unggulan yang disediakan oleh kejarcita.id. Sebagai penggunaan dasar, Anda dapat langsung mencoba fitur ini, yaitu seperti membuat latihan soal secara mandiri atau diambil dari bank soal yang dimiliki kejarcita.id. Selain itu, Anda dapat menjadwalkan waktu untuk Anda latihan beserta durasi, serta rincian mata pelajaran dan topik yang akan diujikan.

Cara Akses Bank Soal Gratis di kejarcita.id
Platform teknologi pendidikan lain yang baru berkembang seperti kejarcita.id. kejarcita.id mengkhususkan layanan dan fiturnya pada penyediaan bank soal sekolah dan manajemen kuis dan ulangan online.

b. Mengakses Materi Video Pembelajaran Interaktif

Selain itu terdapat fitur untuk mengakses video pembelajaran yang interaktif. Untuk saat ini tim kejarcita.id sudah memiliki lebih dari 400 video yang ke depannya akan semakin bertambah. Video pembelajaran yang disediakan kejarcita.id begitu beragam dan sangat menarik. Salah satu contohnya, yaitu pada salah satu video yang mengangkat topik ‘serba tahu’ yang membahas tema dan materi secara detail dan mendalam, tetapi dikemas dengan bahasa yang mudah dipahami serta tampilan animasi yang diberikan begitu interaktif.

Cara Buat Kuis Publik Tanpa Pendaftaran di kejarcita.id
Menggunakan fitur buat kuis dan ulangan online di kejarcita.id bisa dilakukan secara gratis. Selain itu kelebihan lainnya adalah bank soal yang tersedia sangat banyak dan akan terus bertambah.

c. Mengakses Rangkuman Materi & Worksheet

Fitur lain yang dapat diakses oleh guru yaitu rangkuman materi dan worksheet satu lembar yang dapat digunakan sebagai bahan ajar untuk menyampaikan materi pembelajaran dan pegangan siswa untuk dibaca maupun sebagai bahan latihan di rumah. Selain itu, Anda juga dapat mengunduh lembar rangkuman dan worksheet ini apabila dibutuhkan dalam kebutuhan pembelajaran. Tim kejarcita.id telah menyediakan lebih dari 100 dokumen yang bisa diakses secara gratis dan akan terus bertambah di setiap tahunnya.

Setelah melihat panduan guru menggunakan kejarcita.id, Anda tidak akan merasa kesulitan dalam mengakses berbagai macam fitur yang telah disediakan tim kejarcita.id. Keunggulan yang didapat dari menggunakan kejarcita.id yaitu menyediakan platform berbasis online yang mudah diakses dan sebagian fiturnya dapat diakses secara gratis. Maka dari itu, apabila Anda menggunakan kejarcita.id, proses kegiatan belajar mengajar Anda dengan siswa Anda dalam sistem pembelajaran jarak jauh akan menjadi lebih mudah, cepat, dan efektif.

Agnes Meilina

Gemar membaca buku dan menulis di malam hari.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.