Cara Buat Kuis Publik Tanpa Pendaftaran di kejarcita.id

edukasi Sep 23, 2020

Penerapan pembelajaran jarak jauh atau belajar dari rumah saat ini tentu memerlukan kreativitas dan inisiatif dari seorang guru dalam menyiapkan dan mengorganisasikan pembelajaran agar menjadi lebih menarik dan efektif. Salah satu tahapan pembelajaran yang harus dilewati adalah proses evaluasi atau penilaian.

Umumnya pada pembelajaran konvensional, proses evaluasi dan latihan para murid menggunakan model tes objektif (esai dan pilihan ganda) yang berada di kertas ujian atau tes yang sudah disiapkan oleh Anda sebagai guru.

Tentu saja cara seperti itu akan sulit dilakukan ketika proses pembelajaran dilakukan jarak jauh. Para guru munkgin bisa saja mencetak lembar ujian dan kemudian diserahkan satu per satu ke rumah para murid maupun sebaliknya, para murid atau orangtuanya yang datang ke sekolah atau rumah guru untuk mengambil dan nantinya kembali mengumpulkan lembar latihan atau ujian tersebut.

Cara seperti di atas, tentunya sangat tidak efektif dan akan membuang banyak waktu baik untuk guru, murid, maupun para orangtua. Selain itu dengan keluar rumah dan melakukan kontak langsung antara murid dan guru juga akan memberikan peluang yang besar bagi penularan virus Covid-19.

Saat ini tentu saja untuk mencari alternatif lain tidaklah sulit, karena memang sudah banyak platform pembelajaran jarak jauh yang sudah disediakan gratis oleh pemerintah maupun layanan yang ditawarkan oleh swasta. Paltform pembelajaran yang disediakan kemdikbud diantaranya seperti rumah belajar yang menyediakan berbagai program dan layanan pembelajaran seperti perangkat pembelajaran, buku sekolah elektronik, bank soal,laboratorium maya, dan lainnya.

Selain itu kemdikbud juga melakukan kerjasama dengan platform teknologi pendidikan swasta untuk menguatkan dan melengkapi variasi ketersediaan sumber dan perangkat pembelajaran yang sudah ada.

Tentu saja dengan mengoptimalkan seluruh sumber belajar dan tool pembelajaran online yang sudah disediakan pemerintah akan semakin memudahkan Anda sebagai pendidik dalam merencanakan, mengorganisasikan dan melakukan penilaian pembelajaran.

Berkaitan dengan penilaian dan evaluasi pembelajaran, para guru selama ini juga banyak mengalami kesulitan dalam merencankan dan nenyusun kisi-kisi, butir soal, pedoman penskoran dan lainnya secara manual. Apalagi jika soal yang dikembangkan merupakan jenis soal HOTS (Higher Order Thinking Skill) yang membutuhkan pemahaman praktis dan saintifik yang mendalam terhadap materi tersebut.

Sehingga agar memudahkan Anda dalam mengembangkan butir soal untuk evaluasi para siswa, maka cara yang paling praktis dan mudah adalah dengan menggunakan bank soal yang sudah jadi dan siap dipakai.

Kejarcita.id Solusi Membuat Kuis dan Ulangan Online yang Praktis

Selain menggunakan platform seperti rumah belajar milik kemdikbud, yang memiliki fitur bank soal, Anda juga bisa mencoba layanan dan fitur yang dimiliki oleh kejarcita.id. kejarcita.id sendiri merupakan salah satu platform teknologi pendidikan yang memfokuskan fitur dan layanan pada penyediaan bank soal sekolah dan manajemen kuis dan ulangan online.

Menggunakan fitur buat kuis dan ulangan online di kejarcita.id bisa dilakukan secara gratis. Selain itu kelebihan lainnya adalah bank soal yang tersedia sangat banyak dan akan terus bertambah. Sampai artikel ini dipublikasi, jumlah bank soal yang dimiliki kejarcita.id untuk penggunaan dasar atau gratis adalah sebanyak lebih dari 25 ribu soal, sedangkan jika ditambah dengan bank soal premium totalnya adalah sebanyak lebih dari 3o ribu soal.

Dengan jumlah yang sebanyak ini tentu saja Anda tidak perlu lagi membuat dan mengembangkan butir soal pilihan ganda dari awal lagi. Selain itu dengan menggunakan fitur ini, Anda bisa mengatur jadwal latihan atau ujian, durasi waktu, jenis mata pelajarann, topik, kriteria penilaian, tingkat kesulitan soal, dan fitur berguna lainnya.

Kelebihan lainnya dengan membuat kuis dan ulangan online di kejarcita.id adalah Anda bisa membagikan kuis yang sudah dibuat ke grup Whatsapp atau Google classroom kelas Anda secara terbuka (open) kepada para murid. terbuka (open) di sini adalah para murid tidak perlu melakukan registrasi atau membuat akun terlebih dahulu untuk menajalankan dan mengerjakan kuis dan ulangan yang sudah Anda buat.

Cara Membuat Kuis Open di kejarcita.id

Anda sebagai guru tentu saja menginginkan proses KBM daring yang praktis namun tetap efektif. Hal ini termasuk juga ketika hendak merancang dan menjalankan proses penilaian atau evaluasi kepada para siswa.

Salah satu solusi pengorganisasian kuis dan ulangan online yang praktis adalah dengan menggunakan platform kejarcita.id. Menggunakan kejarcita.id hanya membutuhkan beberapa Langkah mudah dan cepat sebelum paket tes dan ulangan kemudian diserahkan kepada murid untuk dikerjakan. Begitupun sebaliknya, para murid bisa langsung melihat hasil skor, jawaban yang salah, pembahasan lengkap, dan ranking secara otomatis setelah mengerjakan semua soal tersebut.

Adapun berikut tahapan dalam membuat kuis open di kejarcita.id :

1.    Anda masuk ke laman kejarcita.id dan kemudian log inmenggunakan akun yang sudah didaftarkan sebelumnya. Apabila belum mendaftar atau membuat akun, maka silakan registrasi terlebih dahulu di (kejarcita.id/users/sign_up).

2.    Setelah masuk ke laman utama kejarcita.id, silakan klik menu (modul) ‘kuis’.

3.    Pada menu ‘Kuis’ akan tampak daftar soal yang pernah dibuat. Pada bagian kanan, terdapat dua pilihan jenis kuis, yaitu ‘Latihan’ dan ‘Ulangan’. Perbedaan utamanya adalah ‘Latihan’ tidak ada batasan waktu dan bisa diakses kapanpun oleh para murid, sementara ‘Ulangan’ sebaliknya.

4.    Silakan Anda pilih salah satu, misalnya pada kasus ini kita pilih ‘Ulangan’. Setelah klik ‘Ulangan’ Anda langsung masuk ke laman pengisian kriteria kuis.

5.    Silakan isi kolom ‘‘Tingkat’, ‘Grup’, centang kolom ‘Untuk umum’, ‘Jadwal mulai’ dan ‘Jadwal selesai’, ‘Mata pelajaran’, ‘Topik’, ‘Jumlah soal’, dan ‘Tingkat kesulitan’, sesuai dengan isi soal (kuis) yang ingin dibuat.

6.    Setelah mengisi semua bagian kuis. Selanjutnya tekan tombol ‘Buat’ yang terdapat di bawah layar.

7.    Setelah menekan tombol ‘Buat’ akan tampak layar utama. Kuis yang baru dibuat akan muncul pada urutan paling atas.

8.    Silakan klik ‘Lihat’ untuk mengecek kuis tersebut agar memastikan tidak ada kekeliruan.

9.    Pada laman “Lihat’ kuis tersebut ada dua tab yaitu ‘Ringkasan’ dan ‘Pertanyaan’. Silakan pilih ‘Pertanyaan’ untuk melihat kembali soal yang sudah dibuat tadi.

10. Pada layar ‘pertanyaan’ ini akan tampak daftar soal yang sudah dibuat otomatis oleh sistem sesuai kriteria yang diisi pada kolom ‘Soal’ sebelumnya. Apabila ada soal yang ingin diganti, maka hanya perlu tekan tombol ‘Edit Pertanyaan’ pada pojok kanan atas.

7 Strategi Mencari Sumber Belajar Terbaik Untuk Homeschooling
Berikut akan diberikan beberapa strategi bagi Anda para orangtua yang hendak menyiapkan dan mencari sumber belajar terbaik untuk Homeschooling yang akan dijalankan untuk anak-anak Anda.

11. Apabila ingin menghapus soal silakan tekan ‘hapus’ sedangkan untuk menambahkan silakan cari soal yang ingi ditambahkan lalu kemudian tekan tombol ‘Tambah’ yang ada pada bagian kanan soal.

12. Pada laman ‘Latihan’pastikan jumlah soal sesuai dengan kriteria awal. Apabila Anda menentukan 10 soal, maka pada daftar kuota soal yang dibuat juga harus berjumlah (10/10), setelah sudah dipastikan semua, selanjutnya tekan’Rilis’.

13. Setelah menekan tombol ‘Rilis’ akan muncul laman utama ‘Kuis’, selanjutnya untuk membagikan soal ulangan yang sudah dibuat tadi, maka Anda hanya perlu menekan tombol ‘Bagikan’ pada bagian kanan kolom ulangan/kuis.

14. Selanjutnya akan muncul link URL kuis Anda. Silakan tekan tombol ‘Salin ke Papan Klip’ untuk membagikan link ulangan/kuis tersebut ke Google Classroom atau grup kelas Whatsapp Anda.

15. Selanjutnya Para murid hanya perlu menklik link tautan kuis yang sudah Anda bagikan tersebut. Setelah menklik, para murid langsung masuk ke laman utama mengerjakan soal. Kemudian murid terlebih dahulu perlu mengisi nama dan setelah itu tekan ‘mulai’ untuk langsung mengerjakan setiap soal. Ketika menekan ‘mulai’, maka durasi waktu juga akan langsung berjalan otomatis, sehingga perlu dikerjakan dengan cepat dan tepat.

Untuk melihat panduan lengkap mengenai cara membuat kuis open di kejarcita.id, maka silakan lihat pada link berikut: cutt.ly/kuisopenpanduan.

Itulah cara praktis membuat kuis open menggunakan fitur kejarcita.id. dengan menggunakan fitur membuat kuis dan ulangan online seperti yang dimiliki kejarcita.id, proses penilaian dan evaluasi pembelajaran Bapak/Ibu akan semakin praktis, efekfif, dan efisien.

Cara Akses Bank Soal Gratis di kejarcita.id
Platform teknologi pendidikan lain yang baru berkembang seperti kejarcita.id. kejarcita.id mengkhususkan layanan dan fiturnya pada penyediaan bank soal sekolah dan manajemen kuis dan ulangan online.

Anda tidak perlu lagi membuat soal dari awal, serta melakukan penghitungan skor secara manual karena dengan sistem penghitungan otomatis, seluruh hasil skor dan peringkat murid langsung keluar setelah soal kuis tersebut dikerjakan. Tentu saja dengan cara ini akan lebih menghemat waktu dan tenaga. Jadi cobalah sekarang fitu kuis di kejarcita.id.

Afandi Madjid

Educational Technology & Content Developer

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.