7 Tips Efektif Mengatur Waktu Bagi Guru Selama PJJ

edukasi Apr 05, 2021

Ada pepatah yang mengatakan bahwa waktu adalah uang. Lantas, bukankah akan sangat tidak adil rasanya kalau kita mengabaikan waktu yang dipunya dengan hal-hal yang too much dan tidak efektif? Hal ini akan sangat berpengaruh pada pribadi, rutinitas setiap hari, dan bahkan sampai pada kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah.

Dengan mengatur waktu yang Anda miliki, kegiatan yang Anda lakukan akan jauh lebih efisien dan efektif, apalagi untuk Anda yang memiliki profesi sebagai seorang guru. Lantas bagaimana tips efektif mengatur waktu bagi guru selama PJJ? Apakah jauh berbeda dengan kegiatan belajar mengajar secara langsung? Yuk, simak penjelasan di bawah ini.

Cara mengatur waktu saat kegiatan belajar mengajar secara langsung dan pembelajaran berbasis online tidak jauh berbeda. Agar Anda bisa melakukannya secara maksimal, Anda harus benar-benar menumbuhkan niat dan tekad dalam diri Anda, karena itu sangat berpengaruh pada proses yang akan Anda lakukan di kemudian hari.

Dengan adanya manajemen waktu yang teratur, kegiatan-kegiatan yang akan Anda lakukan di kemudian hari dan seterusnya akan jauh lebih ringan, serta Anda tidak akan mengalami sistem kebut tugas dalam satu malam atau mengalami malam-malam panjang untuk menyelesaikan deadline. Maka dari itu, cara ini pun dapat menghindari Anda dari stress yang berlebihan. Tentu saja hal ini bukan hanya berlaku pada guru saja, tetapi juga pada siswa yang kerap kali menjunjung sistem kebut semalam atau bisa dikatakan sebagai pecinta deadliners.

Sebelumnya, apakah kamu tahu apa yang dimaksud dengan manajemen waktu? Manajemen waktu adalah proses untuk merencanakan dan mengendalikan berapa banyak waktu yang akan dihabiskan untuk melakukan beberapa kegiatan tertentu. Dalam hal ini, manajemen waktu sangat bermanfaat bagi seseorang untuk dapat menyelesaikan lebih banyak kegiatan dalam periode waktu yang lebih singkat, serta dapat menurunkan stress yang terdapat di dalam diri dan dapat membantu Anda untuk menjadi lebih sukses di kemudian hari.

Sukses? Apakah itu benar? Ya, tentu saja. Apabila Anda berhasil mengatur waktu Anda dengan baik, tentunya Anda akan mencapai semua tujuan dan rencana yang telah Anda rancang sebelumnya. Hal ini juga berlaku pada kegiatan belajar mengajar di kelas. Dengan adanya manajemen waktu yang tepat, siswa akan mendapatkan lebih banyak pengetahuan dan mendapatkan hasil belajar yang maksimal. Sedangkan apabila Anda tidak bisa mengatur waktu Anda dengan benar, semua rencana yang telah Anda rancang akan tidak tercapai, dan Anda akan mengalami gejala stress karena tidak berhasil mencapai yang Anda inginkan.

Kemampuan untuk mengatur waktu secara efektif memang sangat penting, apalagi di saat pembelajaran berbasis online yang saat ini masih berlangsung. Dengan adanya manajemen waktu yang tepat, kegiatan belajar akan mengarah ke jenjang yang lebih positif serta dapat meningkatkan kemampuan akademik siswa. Berikut merupakan beberapa manfaat yang Anda dapatkan apabila bisa mengatur waktu dengan baik ketika sedang mengajar.

5 Alasan Peran Orang Tua Lebih Penting dari Guru dalam Mendidik Anak
Pendidikan adalah kunci utama setiap orang supaya bisa menjadi seseorang yang sukses di masa depannya. Dalam mendapatkan pendidikan yang baik dan bermutu terdapat peran orang tua dalam mendidik anak.

Manfaat Mengatur Waktu dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM)

1. Memiliki Banyak Waktu

Dengan adanya manajemen waktu, Anda akan mendapatkan waktu ekstra yang dapat dihabiskan di beberapa waktu luang. Anda dapat bermain games atau melakukan kuis yang dapat meningkatkan semangat siswa Anda dalam belajar.

2. Memiliki Banyak Peluang

Dengan mengelola waktu dengan baik, Anda juga akan memiliki lebih banyak peluang daripada waktu yang terbuang untuk beberapa kegiatan yang tidak penting. Dengan adanya manajemen waktu, siswa Anda juga akan merasa terinspirasi untuk melakukan hal yang sama, sehingga sifat tersebut bisa menjadi dasar mereka untuk menjadi seseorang yang berhasil di kemudian hari.

3. Dapat Mewujudkan Tujuan Pembelajaran

Selain itu, dengan mengatur waktu dengan baik selama kegiatan belajar mengajar (KBM) sedang berlangsung, tujuan pembelajaran yang sudah Anda tetapkan sebelumnya akan tercapai dan terpenuhi dengan tepat waktu. Dengan begitu siswa Anda juga akan mendapatkan hasil yang maksimal dalam pembelajarannya.

Setelah mengetahui manfaat dari mengatur waktu atau manajemen waktu dengan baik, mari kita lihat bagaimana cara agar Anda dapat mengatur waktu dengan baik selama PJJ sedang berlangsung.Setelah mengetahui manfaat dari mengatur waktu atau manajemen waktu dengan baik, mari kita lihat bagaimana cara agar Anda dapat mengatur waktu dengan baik selama PJJ sedang berlangsung. Berikut penjelasannya.

7 Tips Efektif Mengatur Waktu Bagi Guru Selama PJJ

1. Menetapkan Tujuan Pembelajaran

Terlebih dahulu Anda harus menetapkan tujuan dari pembelajaran yang akan Anda lakukan saat KBM nanti. Tujuan ini akan sangat berpengaruh pada arah dan langkah yang ingin Anda lakukan untuk kali pertama. Untuk penerapannya Anda bisa memulainya dengan membuat RPP seperti biasa. Usahakan Anda telah membuatnya dengan baik sehingga ketika kegiatan belajar mengajar Anda dapat berlangsung dengan baik.

2. Menentukan Prioritas

Setelah itu, Anda dapat menentukan prioritas dari tugas yang akan Anda berikan kepada siswa. Berikanlah tugas yang sesuai dan dapat meningkatkan pemahaman topik pembelajaran yang sedang Anda ajari tadi. Anda tidak perlu memberikan banyak tugas untuk membuat mereka paham, karena tidak jarang siswa akan merasa jenuh dengan banyaknya tugas yang harus mereka kerjakan di setiap harinya.

3. Menetapkan Batas Waktu untuk Menyelesaikan Tugas

Dengan adanya Anda menetapkan batasan waktu untuk menyelesaikan tugas, Anda dapat membantu siswa Anda untuk menjadi lebih fokus dalam belajar dan menyelesaikan masalah. Selain itu, Anda juga dapat membimbing siswa Anda untuk menjadi lebih produktif dan disiplin waktu.

4. Rehat Sejenak

Anda dan siswa Anda juga membutuhkan waktu untuk istirahat. Apabila Anda memaksakan diri Anda untuk terus beraktivitas, Anda akan kehilangan fokus dan pada akhirnya akan membuat diri Anda sendiri menjadi sakit. Oleh karena itu, Anda juga harus mempertimbangkan waktu untuk istirahat. Dengan istirahat, pikiran Anda akan menjadi lebih jernih dan lebih termotivasi ketika sedang mengajar, begitu juga dengan siswa Anda.

5. Mengatur Tenggat Waktu dengan Baik dan Rasional

Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan kalender dan daily planner untuk mengatur waktu dalam jangka panjang. Anda dapat menulis tenggat waktu untuk tujuan pembelajaran yang ingin Anda capai, serta tenggat waktu untuk pengumpulan tugas yang akan Anda berikan kepada siswa Anda.

6. Tidak Melakukan Kegiatan yang Berlebihan

Selanjutnya, sangat penting bagi Anda untuk tidak melakukan beberapa kegiatan yang berlebihan, misalnya saat di mana Anda melakukan perbincangan sederhana yang tidak sesuai dengan topik pembelajaran. Usahakan untuk mengatur dan melakukan kegiatan pembelajaran dengan seefektif mungkin.

6 Kanal Youtube yang Membahas Konsep Materi Pelajaran Dengan Prinsip HOTS
Higher Order Thinking Skill (HOTS) merupakan metode pembelajaran yang kekinian. Konsep yang diusung selalu mengarahkan siswa pada kemampuan berpikir kritis.

7. Merencanakan Kegiatan ke Depannya

Tips terakhir yaitu Anda harus memastikan kegiatan atau ide-ide apa saja yang dapat Anda lakukan di kemudian hari. Dengan adanya berbagai macam pemikiran seperti itu, Anda dapat meningkatkan kualitas Anda dalam melakukan kegiatan pembelajaran di hari-hari selanjutnya.

Setelah mengetahui beberapa tips efektif mengatur waktu bagi guru selama PJJ, kegiatan belajar mengajar yang biasanya tidak memenuhi target dan harapan, perlahan-lahan akan membaik dan meningkat di kemudian hari. Selain itu, dengan adanya pengaturan waktu ketika mengajar, siswa Anda akan menjadi lebih teratur dan tidak mengalami ketertinggalan materi pembelajaran. Semangat.

Agnes Meilina

Gemar membaca buku dan menulis di malam hari.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.