7 Contoh Media Pembelajaran Audiovisual

teaching 30 Agt 2023

Dalam proses mengajar, banyak perangkat atau bahan ajar yang akan dibutuhkan oleh guru. Pemanfaatan perangkat ajar akan mendukung proses pembelajaran sehingga tujuan dan capaian yang diharapkan dapat terwujud.

Salah satu perangkat ajar yang sangat dibutuhkan guru ialah media pembelajaran. Tanpa adanya media pembelajaran, tentunya guru akan membutuhkan proses dan usaha lebih sulit dalam menyampaikan materi.

Pengertian Media Pembelajaran

Media pembelajaran untuk anak SD
Media pembelajaran untuk anak. Sumber: pexels.com

Menurut Sadiman (2008:7), media pembelajaran merupakan segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima pesan. Penyampaian pesan ini yang dimaksud sebagai merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat, serta konsentrasi dari siswa. Dengan demikian, siswa dapat belajar dengan baik.

Media pembelajaran adalah alat, materi, atau media yang digunakan untuk memfasilitasi proses pembelajaran. Media ini dapat membantu siswa atau peserta didik untuk memahami dan menguasai materi pelajaran. Dapat diartikan media pembelajaran sebagai sarana yang digunakan guru untuk menyampaikan suatu materi.

Media pembelajaran bertujuan untuk membuat pengajaran lebih menarik, interaktif, dan efektif. Ini karena media dapat menggabungkan berbagai elemen visual, audio, serta teks. Secara umum, manfaat dari penggunaan media pembelajaran ialah memperlancar interaksi antara guru dan siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Contoh Media Pembelajaran

Guru memiliki beberapa pilihan media pembelajaran yang dapat digunakan dalam proses kegiatan belajar di kelas. Penggunaan media pembelajaran ini tentu harus disesuaikan dengan materi yang disampaikan juga karakteristik dari peserta didik.

Nah, berikut ini beberapa macam media pembelajaran yang umum digunakan:

Macam-macam media pembelajaran. Sumber: kejarcita.id

Media Visual

  • Gambar dan Ilustrasi: Gambar dan ilustrasi dapat membantu memvisualisasikan konsep yang diajarkan.
  • Grafik dan Diagram: Grafik dan diagram digunakan untuk memvisualisasikan data atau hubungan antara informasi.
  • Foto: Foto digunakan untuk memberikan contoh nyata atau ilustrasi dari konsep yang diajarkan.

Media Audio

  • Rekaman Audio: Rekaman suara atau narasi dapat membantu menjelaskan konsep yang sulit dipahami hanya dengan teks.
  • Musik dan Lagu: Musik dan lagu bisa digunakan untuk membangkitkan suasana atau membantu mengingat informasi.

Media Audiovisual

  • Video: Video dapat menyampaikan informasi dengan cara yang visual dan dinamis. Video pendek, presentasi animasi, dan materi pembelajaran berbasis video populer digunakan oleh pendidik.
  • Animasi: Animasi dapat menjelaskan konsep yang kompleks dengan cara yang sederhana dan menarik.

Media Teks

  • Buku dan Bahan Bacaan: Buku teks, buku pelajaran, dan materi bacaan memberikan informasi dalam bentuk tulisan.
  • Slide Presentasi: presentasi berbasis slide seperti PowerPoint bisa digunakan untuk menyajikan informasi secara terstruktur.
Variasi Media dalam Pembelajaran Kolaboratif untuk Meningkatkan Hasil Belajar
Pembelajaran kolaboratif menekankan fokus yang berpusat terhadap peserta didik sesuai dengan teori pembelajaran sosial dan pandangan sosio kontruktivis terkait pembelajaran

Media Interaktif

  • Aplikasi dan perangkat lunak: aplikasi pembelajaran atau perangkat lunak interaktif memungkinkan siswa berpartisipasi aktif dalam pembelajaran.
  • Simulasi: Simulasi digunakan untuk menggambarkan situasi nyata dan membantu siswa memahami konsep melalui eksperimen virtual.

Media Objek Nyata

  • Model dan Reproduksi: Model fisik dari objek atau struktur dapat membantu memvisualisasikan dalam skala yang lebih mudah dipahami.
  • Benda nyata: Menggunakan objek nyata sebagai media, misalnya alat-alat laboratorium atau objek sehari-hari yang terkait dengan konsep yang diajarkan.

Media Online atau Digital

  • Website Edukatif: Situs web yang menyediakan materi pembelajaran, video, dan sumber belajar lainnya.
  • Platform E-Learning: Platform pembelajaran daring yang memungkinkan akses ke materi, tugas, dan interaksi dengan instruktur dan sesama siswa.

Media Papan Tulis dan Flipchart

Media tradisional seperti papan tulis atau flipchart tetap digunakan untuk menjelaskan konsep secara langsung di depan kelas.

Pilihan media pembelajaran harus didasarkan pada tujuan pembelajaran, karakteristik siswa, dan materi yang diajarkan. Penggunaan beragam media pembelajaran dapat membantu memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda dan membuat pembelajaran lebih menarik dan efektif.

Dalam artikel kali ini, kita akan membahas lebih lanjut mengenai media pembelajaran audiovisual sebagai berikut.

Pengertian Media Pembelajaran Audiovisual

Media Pembelajaran Audiovisual menggabungkan elemen audio (suara) dan visual (gambar atau video) untuk menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih menarik dan efektif. Pendekatan ini memungkinkan pengguna untuk belajar melalui dua indera sekaligus: pendengaran dan penglihatan. Media audiovisual sangat populer dalam pendidikan karena kemampuannya untuk menyampaikan informasi dengan cara yang lebih menyenangkan, beragam, dan mudah dimengerti oleh berbagai jenis pembelajar.

Karakteristik Siswa yang Menggunakan Media Pembelajaran Audiovisual

Media pembelajaran audiovisual sangat cocok untuk berbagai karakteristik siswa karena menggabungkan elemen visual dan audio untuk meningkatkan pemahaman dan keterlibatan dalam proses pembelajaran. Berikut ialah beberapa karakteristik siswa yang bisa diuntungkan oleh penggunaan media pembelajaran audiovisual.

- Visual Learners (Pembelajar Visual)

Siswa yang lebih mudah memahami informasi melalui gambar, diagram, grafik, dan visualisasi grafis akan sangat diuntungkan oleh media pembelajaran audiovisual yang menampilkan elemen visual yang kuat.

- Auditory Learners (Pembelajar Auditori)

Siswa yang lebih baik belajar melalui pendengaran akan merasa nyaman dengan media pembelajaran audiovisual yang mengandalkan suara, rekaman audio, podcast, atau dialog dalam video.

- Pembelajar Kinestetik

Meskipun media pembelajaran audiovisual lebih cenderung menargetkan aspek visual dan auditori, ada cara untuk melibatkan siswa kinestetik juga, misalnya dengan menyajikan tugas-tugas atau aktivitas interaktif setelah menonton materi audiovisual.

- Motivasi dan Minat

Media pembelajaran audiovisual bisa menarik minat siswa melalui penggunaan efek visual dan audio yang menarik. Media pembelajaran ini dapat membantu siswa dalam meningkatkan motivasi belajar.

Pembelajaran yang Diversifikasi

Media audiovisual memungkinkan guru untuk menyajikan informasi dengan berbagai cara, termasuk narasi, visualisasi, gambar, dan konten lainnya. Ini membantu guru untuk menyediakan variasi dalam pengajaran yang bermanfaat bagi berbagai karakteristik siswa.

Pentingnya Pengalaman Visual dan Audio

Siswa saat ini umumnya terbiasa dengan media seperti video dan audio dari berbagai sumber. Penggunaan media ini dalam pembelajaran bisa membuat pengalaman belajar lebih relevan dan menarik bagi mereka.

Penting untuk diingat bahwa setiap siswa memiliki preferensi belajar yang berbeda-beda. Oleh karena itu, kombinasi media pembelajaran yang beragam, termasuk audiovisual, teks, interaktif, dan lainnya, dapat membantu menciptakan pengalaman belajar yang lebih inklusif dan responsif terhadap kebutuhan beragam siswa.

Contoh Media Pembelajaran Audiovisual

Contoh media pembelajaran berupa video pembelajaran dari kejarcita.id. Sumber: Channel youtube kejarcita.id

Video Pembelajaran

Video yang menyajikan informasi melalui kombinasi suara, gambar, dan gerakan. Video dapat berupa presentasi, tutorial, dokumenter, dan lainnya. Ada banyak video pembelajaran yang diunggah ke Youtube, salah satu channel yang bisa akses ialah kejarcita.id.

Podcast

Rekaman audio yang berisi diskusi, ceramah, wawancara, atau konten edukatif lainnya yang bisa didengarkan oleh peserta didik.

Presentasi Audiovisual

Penggunaan slide presentasi (seperti PowerPoint) yang dilengkapi dengan narasi suara untuk memberikan informasi.

Animasi Edukatif

Animasi yang diciptakan khusus untuk menjelaskan konsep-konsep atau menggambarkan proses-proses tertentu.

Simulasi Berbasis Video

Video yang menggambarkan situasi atau proses tertentu, memberikan kesempatan untuk melihat bagaimana sesuatu bekerja dalam konteks nyata.

Audiobook

Buku yang diubah menjadi rekaman audio, memungkinkan pendengar untuk belajar sambil mendengarkan.

Pembelajaran Problem Based Learning melalui Aplikasi Edmodo
Pembelajaran Problem Based Learning melalui aplikasi Edmodo merupakan salah satu model pembelajaran yang fleksibel dalam pembelajaran daring maupun luring dengan menggunakan e-learning

Video Interaktif

Video yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan konten, misalnya dengan mengklik tautan atau pilihan di dalam video.

Webinar dan Live Streaming

Acara langsung yang disiarkan melalui internet sering kali menggabungkan presentasi visual dengan narasi langsung.

Keuntungan dari media pembelajaran audiovisual meliputi meningkatnya daya ingat, pemahaman, dan keterlibatan peserta didik. Namun, penting untuk merancang konten dengan baik agar elemen audio dan visual berkolaborasi dengan efektif, ya.

Insani Miftahul Janah

Trying. Learning. Then Doing.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.