7 Cara Menerapkan Aturan dalam Kelas Ketika PJJ

edukasi Jan 27, 2021

Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) merupakan sistem pendidikan yang harus dijalankan saat ini. Meskipun siswa sekolah di rumah masing-masing, tetap ada peraturan kelas yang berlaku. Guru diharuskan merancang peraturan baru disesuaikan dengan kondisi selama pandemi.

Peraturan-peraturan tersebut bertujuan untuk membuat kegiatan PJJ kondusif. Target pendidikan harus terus diupayakan untuk tercapai dalam situasi apapun.  Tentu peran aktif guru dan orang tua akan sangat berpengaruh. Untuk menerapkan aturan dalam kelas ketika PJJ, maka Anda dapat melakukan cara-cara berikut ini:

1. Bekerja sama dengan Wali Siswa

Hubungan antara guru dan orang tua siswa harus dibina dengan baik. Kerjasama di antara keduanya memberikan dampak yang sangat signifikan pada anak. Maka di situasi yang mengharuskan PJJ ini, kerja sama Anda dengan wali siswa sangat dibutuhkan.

Lakukan sosialisasi pada mereka tentang semua peraturan yang akan diberlakukan di kelas. Paparkan secara detail apa saja yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan. Pada saat berdiskusi dengan orang tua mengenai peraturan, Anda tidak hanya menyampaikan saja. Namun memberi kesempatan kepada mereka jika ada peraturan yang memberatkan.

Kedua belah pihak harus sama-sama setuju agar proses pelaksanaan PJJ tidak terhambat. Komunikasi yang baik serta keterbukaan adalah kunci untuk saling bekerja sama dalam satu visi.

2. Menjelaskan Situasi Kepada Siswa

Baik guru maupun wali siswa berkewajiban untuk memberikan penjelasan kepada anak tentang situasi pandemi ini. Tunjukkan pada mereka bahwa sekolah dari rumah adalah hal yang baik untuk dilakukan. Virus korona yang belum juga hilang dapat menyebabkan sakit jika mereka sering berkumpul dengan teman di sekolah.

Dengan penjelasan yang komunikatif, anak akan lebih menerima untuk tetap belajar meskipun dari rumah masing-masing. Semua peraturan yang ditetapkan oleh guru pun akan lebih mudah diterapkan selama kelas daring berlangsung.

3. Memberikan Contoh Disiplin

Setelah aturan dibuat dan disepakati oleh semua pihak yang bersangkutan, Anda harus menjadi orang pertama yang disiplin. Berikan contoh yang baik kepada siswa dan walinya untuk patuh pada aturan. Jika Anda tidak mematuhinya, tentu akan sulit memaksimalkan kelas PJJ.

Dengan adanya peraturan tersebut tentu juga mendukung proses mengajar Anda. Tanpa adanya kedisiplinan, Anda bisa jadi kelabakan. Apalagi ada banyak hal yang harus diperbaharui untuk beradaptasi pada sistem yang baru.

Jangan lupa untuk terus menjaga kesehatan diri. Hal ini sangat penting guna kelancaran kegiatan belajar mengajar. Kehadiran Anda begitu berarti dalam progress belajar siswa. Orang tua pun pastinya mengandalkan kepiawaian dan cekatan Anda sebagai guru.

4. Konsisten pada Kesepakatan Bersama

Konsistensi juga menjadi kekuatan dalam menerapkan aturan di kelas. Apapun yang telah disepakati bersama orang tua selama PJJ harus dilaksanakan. Semisal ada yang melanggar, maka harus mendapat sanksi yang sesuai. Jangan sampai ada yang diistimewakan atau dianaktirikan.

Sekali saja terjadi ketidaksesuaian, maka kepercayaan orang tua pada Anda berkurang. Mereka menjadi susah untuk respek dan malas untuk bekerjasama. Jika hal demikian terjadi, maka kelas daring yang tidak mudah ini semakin rumit dijalankan.

Pastikan untuk teliti pada setiap kelas yang Anda ampu. Hal yang peru diingat adalah dengan adanya peraturan ini jangan sampai lupa pada esensi pembelajaran. Jalankan dengan serius namun santai.

6 Tips Mencegah Anak Mengalami Masalah Komunikasi Setelah PJJ
Intensitas komunikasi secara langsung yang dilakukan dengan orang lain tentu semakin sedikit ketika anak sekolah daring. Oleh karena itu dibutuhkan pencegahan agar anak tidak menjadi pasif dalam hal berbicara.

5. Bantu Siswa untuk Fokus Belajar

Apa hubungan poin ini dalam penerapan peraturan PJJ? Jika semua siswa fokus belajar secara online, tentu peraturan yang diberlakukan akan lebih mudah dipatuhi. Siswa maupun orang tua tidak akan merasa keberatan dengan adanya aturan tersebut.

Bayangkan bagaimana jika Anda hanya fokus pada persiapan bahan ajar tanpa mempertimbangkan psikologis anak. Semua yang Anda persiapkan akan sia-sia tanpa adanya pastisipasi aktif mereka. Saling ketergantungan ini harus bersinergi dengan baik.

Lakukan komunikasi dan interaksi dengan siswa Anda sesering mungkin. Selain itu tanyakan juga progress pertumbuhan anak selama di luar kelas kepada orang tuanya. Kedekatan emosional Anda dengan peserta didik sangat mendukung pada keberhasilan pembelajaran di kelas.

6. Buat Suasana yang Menyenangkan

Membuat suasana yang menyenangkan dalam kelas adalah sebuah keharusan. Segala apapun yang dilakukan dengan rasa senang, tentu proses dan hasilnya akan lebih memuaskan. Kesenangan ini tidak hanya untuk siswa, akan tetapi juga untuk guru.

Mengajar dengan perasaan yang tidak rileks tentu menjadi suatu hambatan pembelajaran.

Hindari memforsir tenaga dan pikiran Anda secara berlebihan. Lakukan refreshing otak dan badan untuk diri Anda sendiri. Kreatifitas bisa terasah karena kondisi yang sehat dan pikiran yang fresh. Mood Anda untuk mengajar siswa juga akan lebih terkendali. Dengan begitu peraturan-peraturan yang diberlakukan pun akan terlaksana dengan baik.

7. Memberi Reward

Cara berikutnya yakni mengapresiasi siswa dan orang tua yang disiplin aturan. Langkah ini dilakukan agar siswa yang lain menjadi termotivasi untuk melakukan hal yang sama. Bahkan mereka berlomba-lomba mematuhi aturan dengan antusias.

Tidak hanya peserta didik, Para wali murid akan lebih respek dengan adanya reward ini. Tidak mudah meluangkan waktu dan bersabar membantu guru mensukseskan program sekolah daring. Perjuangan mereka dalam mendampingi putra putrinya selama PJJ patut diapresiasi.

Peraturan apapun yang menjadi kesepakatan bersama antara siswa, guru, dan orang tua adalah sebuah ikhtiar untuk kemajuan pendidikan. Penerapannya memang tidak akan selalu berjalan mulus. Akan selalu ada hambatan dan rintangan. Namun Anda harus terus optimis dengan segala kondisi yang terjadi.

10 Tips Menjalin Hubungan Erat dengan Murid Selama PJJ
Keberhasilan murid Anda bisa dikatakan 30 persen berkat Anda, selebihnya karena kemampuan yang mereka asah selama ini. Hubungan yang baik antar guru dengan murid akan menciptakan kedekatan hati, sehingga tujuan dari kegiatan pembelajaran dapat dicapai dengan maksimal.

Ketentuan yang Anda buat sebagai penguat proses sekolah daring harus terus diupayakan. Sebab peraturan ini bagian dari perjuangan setiap tenaga pengajar. Memberikan pendidikan yang baik adalah suatu amal jariyah yang akan selalu bermanfaat hingga akhir hayat. Semoga tips dalam artikel ini dapat membatu Anda menjalankannya lebih mudah.

Miela Baisuni

Freelance content writer & social media specialist, traveller.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.