10 Tips Menjalin Hubungan Erat dengan Murid Selama PJJ

edukasi Des 08, 2020

Sebagai seorang guru, Anda tidak hanya dituntut untuk mendidik dan membimbing murid Anda dalam kegiatan pembelajaran saja, tetapi Anda juga dituntut untuk mengetahui dan menguasai seluruh persoalan yang terdapat dalam sistem pendidikan dan pembelajaran.

Selain itu, sebagai seorang guru yang baik, Anda harus mampu memaksimalkan potensi belajar setiap murid, dan untuk mengetahui apakah murid yang Anda didik tersebut sudah memiliki potensi dan memahami isi pembelajaran, Anda harus memiliki hubungan yang erat dengan mereka.

Dalam penerapannya, Anda harus mengetahui beberapa tips menjalin hubungan erat dengan murid karena apa yang Anda lihat tidak semudah membalikkan telapak tangan. Anda memiliki proses yang cukup memakan waktu untuk membangun hubungan yang erat dengan murid Anda. Namun, seberapa lama Anda bisa membangun hubungan yang baik dengan murid Anda tergantung bagaimana Anda menjalaninya.

Kerap kali kita lupa, bahwa dalam membantu murid untuk mendapatkan nilai akademis yang maksimal ada peran guru yang turut campur dalam membimbingnya.

Keberhasilan murid Anda bisa dikatakan 30 persen berkat Anda, selebihnya karena kemampuan yang mereka asah selama ini.

Hubungan yang baik antar guru dengan murid akan menciptakan kedekatan hati, sehingga tujuan dari kegiatan pembelajaran dapat dicapai dengan maksimal. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk dapat menciptakan suasana kelas yang nyaman dan menyenangkan untuk setiap murid di dalam kelas.

Adapun manfaat yang didapatkan dari membangun hubungan yang erat antara murid dengan guru, yaitu sebagai berikut:

Manfaat Membangun Hubungan yang Erat Antara Guru dengan Murid

1. Membantu Murid dalam Mengasah Bakatnya

Dengan memiliki hubungan yang baik dengan guru, murid dapat berkomunikasi dari hati ke hati. Kerap kali murid merasa cemas dan tidak benar-benar mengerti tentang dirinya sendiri. Oleh karena itu, murid membutuhkan seseorang yang dapat membimbingnya, salah satunya yaitu guru. Sebagai seorang guru, pasti Anda akan lebih peka dengan setiap murid yang telah Anda ajarkan. Dengan melihat bagaimana nilai kemampuan akademis mereka, keterampilan serta sikap dan perilaku mereka selama di kelas, Anda bisa peka dengan bakat yang mereka miliki. Dengan begitu, Anda dapat membantu murid Anda untuk mengasah bakat yang mereka miliki.

2. Menjadi Termotivasi

Tanpa Anda sadari, perhatian kecil yang Anda berikan kepada murid Anda di kelas bisa saja sebuah anugerah dan motivasi terbesar mereka dalam mencapai cita-citanya. Dengan begitu Anda dapat membantu Indonesia dalam menciptakan penerus bangsa yang berprestasi.

3. Merasa Terlindungi dan Disayang

Tidak jarang kita akan mendengar kabar yang tidak bagus mengenai keluarga yang broken home. Mayoritas anak-anak yang menjadi korban dari keluarga broken home akan memilih jalan yang tidak baik dan pada akhirnya akan mendapatkan penyesalan. Namun, apabila Anda bisa menempatkan posisi sebagai orang tua dan sahabat yang murid Anda punya ketika mereka kehilangan semangat hidup, Anda sudah menyelamatkan sebagian dari hidup murid Anda. Maka tidak jarang kita akan mendengar murid-murid yang mencari gurunya setelah mereka sukses. Mereka ingin menunjukkan bahwa mereka bisa berhasil karena dukungan yang Anda berikan selama mereka bersekolah.

Dengan begitu, Anda bisa memahami bahwa sangat penting bagi guru untuk memiliki hubungan yang baik dan erat terhadap seluruh muridnya di kelas terutama di tengah pembelajaran jarak jauh (PJJ) seperti ini. Selain dapat meningkatkan kemampuan akademis mereka, hubungan tersebut dapat berpengaruh terhadap perkembangan mental dan peningkatan rasa percaya diri yang mereka miliki. Berikut merupakan penjelasan tentang tips menjalin hubungan erat dengan murid.

10 Tips Menjalin Hubungan Erat dengan Murid Selama PJJ

1. Memberikan Apresiasi

Ketika murid Anda mendapatkan peringkat di kelas atau memenangkan lomba yang diadakan sekolah, berikanlah apresiasi sebagai bentuk Anda bangga terhadap pencapaian mereka. Anda tidak harus memberikan barang yang mahal, Anda bisa memulainya dengan hal kecil, seperti mengucapkan selamat, berterima kasih saat mereka telah menolong Anda, dan mungkin bisa saja Anda memberikan mereka hadiah berupa alat tulis sebagai bentuk dukungan Anda supaya mereka bisa belajar lebih giat lagi.

2. Menjadi Teman Diskusi

Akan ada saat di mana murid Anda akan mendapat masalah dan semangat belajar mereka menjadi menurun. Di situlah Anda mengambil sikap sebagai teman untuk berdiskusi. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui permasalahan mereka sehingga Anda bisa turut memberikan mereka solusi terhadap masalah yang mereka punya.

3. Menjadi Pendengar yang Baik

Ketika sedang mengalami masalah, tidak selamanya kita membutuhkan solusi untuk merasa baik dari sebelumnya. Terkadang kita membutuhkan seseorang untuk menjadi seorang pendengar yang baik. Pendengar yang baik artinya mereka tidak memberikan komentar, seseorang yang akan memberikan pundak tanpa menilai dan berkomentar pada setiap keluh kesah yang diucapkan.

4. Selalu Berpikiran Positif

Pikiran positif adalah model dasar bagi setiap guru untuk berinteraksi dengan seluruh muridnya. Dengan pemikiran yang positif seperti itulah hubungan antara Anda dengan murid Anda bisa berjalan dengan baik. Selain dapat belajar untuk saling menghargai, Anda juga bisa banyak memahami bentuk dari perbedaan dan latar belakang setiap murid.

5. Komunikasi

Komunikasi adalah kunci dari menciptakan hubungan yang baik. Maka dari itu, sangat penting bagi Anda untuk memiliki komunikasi yang baik dengan setiap murid Anda. Dengan begitu, hubungan tersebut akan terjalin tanpa sadar.

6. Bersikap Semangat dan Antusias

Sikap semangat dan antusias merupakan wujud dari sikap kegembiraan seorang guru. Dengan respon yang Anda berikan, murid-murid akan merasa tersentuh dan turut memberikan respon yang positif kepada Anda.

7. Ramah dan Murah Senyum

Sikap ramah adalah tanda di mana Anda adalah orang yang menyenangkan dan bersahabat. Apalagi Anda tipe guru yang murah senyum, maka Anda tidak akan kesulitan dalam menciptakan hubungan yang menyenangkan dengan murid-murid Anda.

8. Jangan Pernah Berkata Kasar

Pernah mendengar sebuah pepatah yang mengatakan bahwa mulut adalah harimaumu? Ya, pepatah itu benar adanya. Di suatu waktu Anda akan berada di posisi di mana Anda mendapatkan masalah yang rumit dan Anda tidak dalam mood yang baik. Dengan keadaan yang seperti itu, memang sulit bagi Anda untuk bisa menahan diri supaya tidak emosi dan melampiaskannya kepada anak murid Anda. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk tidak pernah berkata kasar di depan kelas dan di depan murid Anda. Perkataan kasar bisa menjadi sebuah boomerang yang akan mematikan perasaan murid Anda tanpa Anda sadari.

Haruskah Anak Tetap Belajar Walaupun Sedang Sakit
Sebagai orang tua tentu Anda yang lebih tahu dan paham kondisi anak . Apakah anak harus lebih banyak istirahat atau masih bisa mengikuti kegiatan PJJ dengan segala tugasnya.

9. Penuh Cinta

Sudah merupakan kodrat manusia untuk diperlakukan dengan penuh rasa cinta begitu juga dengan murid-murid Anda di kelas. Oleh karena itu, dalam berkomunikasi dengan murid, sebagai seorang guru Anda harus mampu untuk menempatkan murid Anda layaknya anak kandung sendiri supaya Anda dapat menumbuhkan kontak batin antara orang tua dengan anaknya. Dengan perasaan tersebutlah Anda dapat membangun hubungan yang erat dengan murid Anda.

5 Tips Menumbuhkan ‘Love Quotient (LQ)’ di Rumah
Para pendidik juga harus memberikan pembelajaran tentang pendidikan karakter yang sama pentingnya dengan kemampuan intelektual. Salah satu yang dapat Anda ajarkan kepada anak Anda yaitu dengan menumbuhkan love quotient.

10.  Empati

Empati merupakan penghargaan tertinggi yang dimiliki seorang guru bagi murid. Sikap empati merupakan kesediaan guru untuk memberikan perhatian yang lebih kepada muridnya. Dengan begitu mereka juga bisa turut merasakan perhatian yang telah Anda berikan kepada mereka. Dalam proses pembelajaran, tingkat kepedulian seorang guru kepada murid adalah inti dari seluruh rangkaian kegiatan pembelajaran.

Dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ) ini memang sangat penting bagi guru untuk bisa membangun hubungan yang lebih erat kepada muridnya. Hal ini dikarenakan mereka menjadi lebih mudah pesimis dan semangatnya dalam belajar menjadi menurun. Dengan mengetahui beberapa tips menjalin hubungan erat dengan murid selama PJJ, Anda dapat menerapkannya dengan baik.

Agnes Meilina

Gemar membaca buku dan menulis di malam hari.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.