7 Bahan Ajar yang Bisa Dibuat Menggunakan Aplikasi Canva

teknologi 9 Feb 2022

Saat ini teknologi berkembang dengan pesat. Dengan kondisi seperti ini, guru dan siswa tidak memiliki batasan dalam mengembangkan dan meningkatkan kemampuannya. Misalnya pada guru, sudah seharusnya setiap guru memanfaatkan teknologi sebagai media dan bahan mengajarnya di kelas. Selain dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar, teknologi juga dapat membantu Anda dalam menyiapkan kegiatan belajar dan menerapkan KBM. Salah satu contoh kemajuan teknologi yang saat ini sering dimanfaatkan guru adalah aplikasi Canva, aplikasi desain grafis yang dapat membantu guru dalam membuat bahan ajar. Ada beberapa bahan ajar yang bisa dibuat menggunakan aplikasi Canva yang harus Anda ketahui.

Apa yang dimaksud dengan Canva? Canva adalah aplikasi bertujuan untuk membantu setiap pengguna dalam merancang berbagai jenis desain kreatif secara online. Aplikasi Canva membantu kita untuk mendesain poster, brosur, kartu ucapan, presentasi, cover buku, simbol, dan lain sebagainya. Selain itu, Canva tersedia dalam beberapa versi yaitu dalam versi web, Android dan juga iPhone. Dengan begitu, setiap pengguna yang memiliki teknologi (ponsel, komputer, laptop) dan jaringan internet bisa menggunakan Canva.

Cara Menggunakan Aplikasi Canva

Aplikasi Canva dapat membantu Anda dalam membuat desain dari yang paling sederhana hingga membutuhkan kreativitas yang tinggi sekalipun. Dalam menggunakan aplikasinya, Anda bisa melihat video tutorial dalam menggunakan aplikasi Canva di YouTube atau dengan memperhatikan beberapa penjelasan di bawah ini.

1. Masuk/Sign Up ke Aplikasi Canva

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu dengan memiliki akun Canva. Apabila Anda telah memiliki aplikasi Canva maka Anda bisa langsung sign up atau login. Adapun beberapa pilihan untuk memiliki akun Canva yaitu dengan menggunakan akun Facebook Anda, menggunakan Gmail, atau dengan registrasi dengan cara mengisi data pribadi Anda.

2. Memilih Kebutuhan Anda

Kemudian Anda dihadapkan pada situasi di mana Anda bisa memilih apa yang akan Anda butuhkan pada aplikasi tersebut, misalnya Anda adalah seorang guru, maka Anda membutuhkan Canva untuk desain bahan ajar yang akan digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

3. Memilih Jenis Desain yang Diinginkan

Setelah itu Anda bisa memilih layout desain graphic yang Anda inginkan. Aplikasi Canva memiliki banyak sekali jenis graphic dengan berbagai macam layout dengan dimensi yang sudah disesuaikan sebelumnya. Adapun beberapa contoh kategori yang disediakan oleh Canva yaitu social media posts, blogging, e-books, documents, marketing materials, event, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, Anda bisa memilih salah satu layout yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

4. Memilih Gambar yang Akan Digunakan

Setelah memilih jenis desain, maka selanjutnya akan terdapat lembar kerja yang berwarna putih yang merupakan wadah atau area desain yang akan Anda buat nantinya. Anda bisa menggunakan template ini sesuka hati Anda dan langkah pertama yang bisa dilakukan yaitu dengan meng-upload gambar yang akan Anda desain nanti.

5. Membuat Desain

Setelah itu Anda bisa membuat desain sesuai dengan keinginan Anda. Dengan aplikasi ini, Anda bisa menuangkan kreativitas yang Anda miliki.

Dalam aplikasi Canva terdapat banyak sekali fitur-fitur yang bisa membantu Anda dalam membuat desain. Dengan fitur-fitur tersebut, desain gambar yang Anda buat akan jauh lebih menarik.

7 Bahan Ajar yang Bisa Dibuat Menggunakan Aplikasi Canva

Berikut merupakan beberapa bahan ajar yang bisa dibuat menggunakan aplikasi Canva yang harus Anda ketahui.

7 Alat Pembelajaran Digital untuk Anak Belajar Mandiri
Di masa PJJ ini, anak perlu memiliki aplikasi digital yang memudahkan pembelajaran secara mandiri. Apa sajakah itu? simak di sini

1. Gambar

Gambar merupakan salah satu manfaat yang bisa didapatkan siswa dalam menggunakan aplikasi Canva. Untuk membuat gambar, Anda bisa memanfaatkan template atau jenis desain yang sudah disediakan Canva. Langkah selanjutnya Anda bisa menambahkan teks, efek, atau beberapa tools lain supaya gambar yang Anda hasilkan bisa lebih menarik.

2. Presentasi

Selain itu, Canva bisa membantu Anda dalam membuat presentasi. Maksud dari membuat presentasi, Anda bisa memanfaatkan desain dan template yang disediakan. Selanjutnya Anda bisa menambahkan transisi dari bahan presentasi yang telah dibuat lewat aplikasi Power Point. Untuk membuat presentasi yang menarik dengan menggunakan Canva, Anda bisa menonton video tutorial yang terdapat di YouTube.

3. Video

Hal lain yang bisa Anda lakukan yaitu membuat video pembelajaran. Adapun beberapa contoh video pembelajaran menarik yang bisa Anda cari di YouTube sebagai referensi dalam membuat video pembelajaran. Dalam membuat video pembelajaran, perhatikan durasi video, kepadatan isi materi yang dijelaskan dalam video dan kreativitas guru dalam membuat video pembelajaran yang menarik.

4. E-book

Selain itu, Anda bisa memanfaatkan Canva dalam membuat desain cover e-book. Untuk membuat desain tersebut, Anda bisa memilih kategori desain sampul dan perhatikan gambar yang akan Anda gunakan dan teksnya. Dengan begitu, cover e-book yang ingin Anda buat telah selesai. Apabila Anda ingin membuat cover yang menarik, Anda bisa mencari beberapa referensi cover buku yang sesuai dengan keinginan Anda. Selain itu, Anda juga memastikan bahwa gambar yang akan digunakan dalam membuat cover harus gratis dan tidak mencuri hak cipta gambar, karena Anda akan terlibat masalah jika tidak memperhatikan kepemilikan hak cipta.

5. Modul

Bahan ajar lain yang bisa dibuat dengan menggunakan Canva yaitu membuat modul. Adapun pengertian dari modul yaitu suatu bahan ajar yang disusun sistematis dan menarik serta bisa mencakup isi materi pembelajaran, metode belajar yang digunakan, dan evaluasi belajar. Dengan menggunakan aplikasi Canva, modul yang akan Anda buat jauh lebih menarik. Untuk membuat modul dengan bantuan aplikasi Canva, Anda bisa menonton beberapa referensi video tutorial yang terdapat pada YouTube.

6. Brosur

Brosur tidak hanya berisi iklan saja, tetapi brosur juga bisa dijadikan sebagai bahan ajar praktis yang sederhana tetapi menarik perhatian siswa. Oleh karena itu, Anda memerlukan Canva dalam membuat desain brosur. Pastikan bahwa desain dan gambar yang Anda gunakan menarik, simpel dan tidak berlebihan. Karena jika Anda terlalu berlebihan dalam membuat brosur, Anda dapat menurunkan maksud atau isi dari brosur tersebut.

7 Platform LMS yang Menyediakan Fitur Kuis Evaluasi Berbasis CBT
LMS adalah software yang dirancang untuk membuat, mendistribusikan, dan mengatur penyampaian konten pembelajaran.

7. Leaflet

Contoh bahan ajar lain yang bisa Anda buat dengan menggunakan Canva yaitu leaflet. Adapun pengertian dari leaflet yaitu bahan ajar cetak yang hampir mirip dengan brosur. Hal yang membedakan leaflet dengan brosur yaitu adanya lipatan dan penjelasan yang terdapat pada leaflet lebih detail dan lengkap. Dengan menggunakan Canva, leaflet yang akan Anda buat lebih kreatif karena banyaknya macam template dan jenis desain yang disediakan.

Demikianlah penjelasan mengenai aplikasi Canva dan kegunaan Canva dalam membuat beberapa bahan ajar yang bisa dibuat menggunakan aplikasi Canva yang harus Anda ketahui. Dalam membuat bahan ajar, Anda harus memastikan bahwa materi yang akan disampaikan tidak terlalu lebar, tetapi cukup jelas dan mudah dimengerti siswa.

Selain itu, Anda juga harus memerhatikan proses kegiatan belajar dan metode belajar yang akan Anda gunakan dalam menggunakan bahan belajar tersebut, supaya hasil yang dihasilkan bisa lebih maksimal. Dengan begitu tujuan pembelajaran bisa tercapai dan kemampuan akademik siswa bisa meningkat.

Agnes Meilina

content writer - content creator - reviewer books

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.