7 Platform LMS yang Menyediakan Fitur Kuis Evaluasi Berbasis CBT

teknologi 19 Jul 2021

Perkembangan teknologi begitu cepat, tak terkecuali teknologi dalam bidang pendidikan. Dewasa ini banyak sekali teknologi pendidikan yang semakin membantu proses belajar mengajar. Salah satunya adaalah LMS (Learning Management System). LMS ini sangat membantu proses pembelajaran, salah satunya dengan menyediakan fitur kuis berbasis CBT.

Pengertian LMS

Anda pasti sudah sering mendengar istilah LMS. Apalagi di era pandemi seperti ini, dimana proses pembelajaran berlangsung secara online. LMS adalah salah satu bentuk pembelajaran yang dilakukan secara online.

Namun sebenarnya apa itu LMS? (LMS) adalah software yang dirancang untuk membuat, mendistribusikan, dan mengatur penyampaian konten pembelajaran. Melalui LMS ini guru bisa melakukan peran-peran mengajarnya dengan lebih efisien. Mulai dari proses perencanaan pembelajaran, melakukan pembelajaran hingga membuat evaluasi atas pembelajaran yang telah dilakukan.

LMS ini berbasis aplikasi, sehingga mempermudah guru dalam melakukan pembelajaran secara online. Tak hanya  memudahkan guru, LMS juga memberikan kemudahan kepada murid-murid untuk bisa mengakses pembelajaran dimana saja dan kapan saja.

LMS ini membantu guru membuat rencana pembelajaran, materi pembelajaran, evaluasi pebelajaran hingga dokumentasi setiap proses pembelajaran yang telah dilakukan. Guru juga bisa menggunakan beragam konten digital dalam proses pembelajarannya. Mulai dari e-book, suara, animasi juga video.

Fitur-Fitur LMS

Kemudahan penggunaan LMS dalam proses pembelajaran ini adalah karena beragam fitur-fitur yang dimilikinya. Berikut adalah beberapa fitur yang biasanya dimiliki oleh LMS.

1. Halaman antarmuka yang mudah diakses

Sebuah aplikasi LMS pasti memiliki fitur halaman antarmuka. Halaman antarmuka ini tidak hanya harus mudah diakses saja, tetapi juga harus memberikan penjelasan secara singkat yang mudah dipahami. Ini penting, sebab sebagai faktor penentu agar pengguna tertarik menggunakan LMS tersebut.

2. Pendaftaran online

LMS ini bisa diakses dengan melakukan pendaftaran secara online. Bagi murid, pendaftaran ini nantinya berfungsi untuk bisa melihat silabus pembelajaran yang sudah dibuat oleh guru.

Bagi LMS yang berbayar, dalam fitur pendaftaran tak hanya ada data diri yang harus diisi oleh para penggunanya, tetapi juga pilihan metode pembayaran.

3. Kelas digital

Setiap platform LMS selalu memiliki fitur kelas digital. Fitur ini sangat penting. Sebab melalui fitur inilah proses pembelajaran secara daring dilakukan. Di fitur kelas digital inilah guru memberikan pembelajaran kepada murid-muridnya.

4. Ruang diskusi

Ruang diskusi ini membuat pembelajaran online melalui LMS menjadi lebih interaktif. Melalui ruang diskusi ini, guru bisa berinteraksi langsung dengan murid. Murid bisa menanyakan materi yang belum bisa dipahami. Melalui ruang diskusi inilah, guru bisa mengetahui sejauh mana ketercapaian pembelajaran yang sudah dilakukan.

5. Kuis dan ujian online

Fitur ini menjadi sangat penting dalam proses pembelajaran menggunakan LMS. Fitur kuis dan ujian online ini membantu guru untuk melakukan proses evaluasi atas pembelajaran yang telah dilakukan.

Dengan fitur ini juga, LMS memudahkan guru dalam membuat soal, sekaligus mendistribusikan soal-soal kepada murid-muridnya.

6. Laporan

LMS juga memiliki fitur laporan. Fitur ini menjadi catatan dokumentasi atas pembelajaran yang telah dilakukan. Fitur ini juga membantu guru dalam melacak keaktifan siswa di kelas, mulai dari presensi kehadiran hingga tugas-tugas yang harus dikerjakan.

7 Patform LMS yang Menyediakan Fitur Kuis Evaluasi Berbasis CBT

Banyak sekali platform LMS yang bisa Anda pilih untuk proses pembelajaran daring Anda. Seperti 7 platform LMS berikut ini, yang menyediakan fitur kuis evaluasi berbasis CBT.

SEVIMA EdLink ini adalah LMS yang bisa membantu proses pembelajaran melalui layar ponsel. LMS asli Indonesia ini tak hanya menyaj ikan fitur kuis evakuasi berbasis CBT saja, tetapi juga bisa digunakan untuk menyampaikan materi pembelajaran.

SEVIMA EdLink ini juga bisa digunakan untuk jenjang perguruan tinggi. Beberapa fitur yang dimiliki LMS ini antara lain : presensi online, video pembelajaran, jadwal pembelajaran, ruang diskusi dan laporan.

SEVIMA EdLink ini bisa diakses di website melalui smartphone android maupun IOS.

2. Moodle

Moodle (Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment)  ini adalah platform LMS yang memudahkan pembelajaran offline menjadi online. Moodle ini adalah ruang kelas digital yang memungkinkan murid mengakses beragam materi pembelajaran.

Fitur-fitur yang terdapat di Moodle antara lain materi pembelajaran, kuis, jurnal elektronik dan lain sebagainya. Dan pastinya juga terdapat fitur kuis evaluasi berbasis CBT. Moodle ini bisa diakses melalui website. Juga tersedia dalam bentuk aplikasi di android dan IOS.

3. Google Classroom

Google Classroom adalah salah satu platform LMS yang lumayan banyak digunakan. Layanan Google Classroom ini dirilis oleh G Suite for Education dan dapat diakses secara gratis sejak tahun 2014.

Google Classroom juga memiliki banyak fitur yang mendukung proses pembelajaran secara online, seperti pemberian materi, kuis dan komunikasi dua arah.

Google Classroom ini terintegrasi dengan produk layanan dari Google lainnya, seperti Google Drive, Docs, Sheets, Slides, Calendar, dan Gmail. Ini tentu sangat membantu menjalankan pembelajaran online secara lebih efektif.

Keunggulan dari platform ini adalah bisa membuat guru mengecek plagiasi tugas murid. Sehingga membuat murid untuk selalu mengerjakan tugasnya secara mandiri dan orisinil.

4. Edmodo

Edmodo ini termasuk LMS yang sudah lama ada. Edmodo ini sudah ada sejak tahun 2008. Meski begitu, Edmodo ini selalu melakukan inovasi sehingga tidak kalah dengan LMS yang baru mucul akhir-akhir ini.

Platform LMS ini juga memberikan murid dan guru bisa berinteraksi secara global. Bisa melakukan pembelajaran bersama murid dan guru di seluruh dunia.

Edmodo memiliki acara tahunan EdmodoCon, sebuah konferensi yang dihadiri oleh para pengajar-pengajar profesional dari seluruh dunia. Menariknya lagi, Edmodo juga memberikan orangtua untuk mengetahui bagaimana perkembangan belajar anak secara langsung.

Orangtua murid bisa melihat perkembangan anak-anak mereka dengan mengakses situs Edmodo dan mengklik tab I’m a parent. Kemudian, orangtua siswa dapat melihat perkembangan anak mereka dengan melacak kode induknya.

5. Schoology

Schoology adalah LMS yang sudah ada sejak 2009. Selain menyediakan fitur kuis evaluasi berbasis CBT, Schoology juga punya beragam fitur menarik lainnya. Dua fitur menarik yang dimiliki oleh Schoology adalah Extend Class Time dan Analytic.

Melalui fitur Extend Class Time, siswa dapat belajar secara mandiri dan berkelompok. Sedangkan fitur Analytic ini memberikan kemudahan bagi guru untuk mengontrol aktivitas siswa selama aktif di layanan itu.

6. Ruang Kelas

Ruang Kelas adalah platform LMS produk dari Ruangguru. Meski baru muncul, Ruang Kelas ini memiliki fitur yang sangat lengkap. Pembelajaran yang diberikan guru melalui platform LMS ini berupa video dan materi pembelajaran.

Tak hanya itu, Ruang Kelas juga menyajika banyak bakn soal yang bisa diakses oleh murid untuk lebih memahami materi.

7 Sumber belajar digital yang disediakan gratis untuk pembelajaran
Ada banyak platform edutech atau sumber belajar digital yang bisa membantu kegiatan belajar mengajar lebih mudah.

7. Kejarcita

Kejarcita adalah platform LMS yang memiliki banyak bank soal yang bisa dimanfaatkan sebagai pendalaman materi. Kejarcita memiliki banyak fitur menarik yang sangat mendukung proses pembelajaran secara online. Mulai dari Kejar Materi, Kejar HOTS, Kejar Soal dan Paket Ngajar.

7 Jenis Media Video Pembelajaran yang Bisa Dipakai dalam KBM
Media pembelajaran video digunakan untuk merangsang pola pembelajaran siswa supaya dapat menunjang keberhasilan yang maksimal.

Keunggulan dari Kejarcita ini adalah LMS dengan bank soal nomor satu di Indonesia.

Demikian 7 platform LMS yang meyediakan fitur kuis evaluasi CBT. Anda bisa memilih platform mana yang paling cocok untuk membantu Anda melakukan proses pembelajaran secara online.

Dian Kusumawardani

"Pengajar di BKB Nurul Fikri dan Konselor Menyusui"

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.