10 Rekomendasi Buku Bacaan untuk Anak SD

parenting 30 Nov 2020

Buku adalah jendela dunia. Pasti kamu tidak asing lagi dengan pepatah itu, ‘kan? Kita sudah mengenal pepatah ini semenjak sekolah dasar dan memang benar adanya kalau dengan membaca kita bisa lebih mengenal dunia. Mengapa? Karena dengan membaca buku kita bisa mendapatkan informasi lebih dan semakin membuka wawasan kita tentang berbagai hal seperti ilmu pengetahuan, sosial, budaya, politik, ekonomi dan aspek-aspek lainnya. Namun, dalam membaca buku kita juga harus menyesuaikan bahan bacaan tersebut dengan usia pembaca. Nah, pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai rekomendasi buku bacaan yang cocok untuk anak SD.

Sebelum membahas tentang rekomendasi buku, terlebih dahulu Anda harus mengetahui apa saja sih manfaat yang didapatkan anak dari membaca buku. Berikut adalah penjelasannya.

Manfaat Membaca Buku

Tidak ada satu pun kegiatan yang memiliki manfaatnya, terutama dalam membaca buku. Banyak sekali penelitian bahkan pendapat masyarakat menyatakan bahwa seseorang yang gemar membaca buku pastinya berwawasan luas dan mampu untuk bersikap kritis baik saat berpikir ataupun berbicara. Berikut adalah beberapa manfaat dari membaca buku yang perlu Anda ketahui, yaitu sebagai berikut.

1. Menambah Wawasan

Apakah kamu pernah mendengar pepatah “buku adalah jendela dunia”? Makna dari pepatah tersebut yaitu dengan membaca buku kita bisa menemukan berbagai macam informasi dan wawasan yang berasal dari penjuru dunia. Misalnya seperti saat para remaja asyik membaca novel remaja yang berisikan petualangan di negeri seberang. Walaupun dia belum pernah pergi mengunjungi negeri tersebut, dia sudah bisa mengenalnya karena novel yang telah dia baca. Banyak sekali manfaat yang didapatkan dari membaca buku, salah satunya kita bisa mengenal dunia dengan sangat dekat.

2. Mengurangi Rasa Stress

Setelah melakukan segala macam rutinitas yang begitu menjemukan, tidak jarang kebanyakan orang akan merasa stress akibat lelah yang berlebihan. Kata lelah yang terdapat pada konteks ini bukan hanya lelah secara fisik, tetapi juga batin. Dengan membaca buku selama beberapa menit, rasa stress tersebut dapat ditekan dan kemudian secara perlahan akan berangsur membaik. Beberapa penelitian juga telah menunjukkan bahwa dengan membaca buku pikiran dapat menjadi lebih santai dan ampuh untuk menurunkan rasa tingkat stress yang terdapat di dalam diri setiap orang.

3. Menstimulasi Mental

Kegiatan membaca buku dapat membantu dan meningkatkan kinerja otak supaya tetap kuat dan sehat. Tidak jarang orang yang gemar membaca buku tidak mudah untuk melupakan sesuatu dan memiliki ingatan yang kuat. Kegiatan ini juga dapat membantu kinerja otak supaya dapat bekerja dengan baik dan benar. Selain itu, beberapa penelitian juga telah menunjukkan bahwa kegiatan membaca buku dapat mencegah terjadinya penyakit Alzheimer dan demensia. Bukankah sangat bagus?

4. Melatih Kemampuan Menganalisa

Seseorang yang gemar membaca buku cenderung menjadi memiliki pemikiran yang lebih kritis. Dalam membaca buku kita tidak hanya berhadapan dengan banyaknya rangkaian kata saja, tetapi pembaca juga diminta untuk memahami konflik, bagaimana konflik dapat terbentuk dan solusi dari konflik yang tercipta. Oleh karena itu, dengan membaca buku kemampuan anak dalam menganalisa dan berpikir menjadi lebih meningkat dan tajam.

5. Menambah Kosakata

Semakin banyak anak-anak membaca buku, maka semakin banyak pula kosakata yang mereka miliki. Kemampuan ini dapat membantu anak Anda untuk bisa menyampaikan pendapat dengan bahasa yang benar, tepat serta lugas. Apabila hal itu terjadi, anak-anak akan menjadi lebih percaya diri dan bisa berkembang dengan  baik di kelas,

Setelah mengetahui beberapa manfaat yang dapat diterima anak ketika membaca buku, kali ini kita akan membahas mengenai rekomendasi buku bacaan yang cocok untuk anak SD. Apa saja? Berikut penjelasannya.

1. The Giving Tree

Buku yang ditulis Shel Silverstein ini menceritakan tentang persahabatan antara seorang anak laki-laki dengan sebatang pohon apel. Persahabatan anak laki-laki dengan pohon apel terus berjalan baik hingga anak laki-laki tersebut tumbuh dewasa. Mereka berdua sudah seperti keluarga yang saling menyayangi. Buku ini memiliki makna yang sangat bagus, mengajarkan tentang nilai pengorbanan dan kasih sayang kepada orang tua. Buku ini tidak terlalu tebal, bahkan bisa dibilang tipis, sangat cocok dengan anak SD.

2. The Secret Garden

Buku yang ditulis oleh Frances Hodgson Burnett yang diterbitkan pada tahun 1911 ini menceritakan tentang seorang gadis kecil yang berumur sepuluh tahun di mana dia hidup tanpa kasih sayang kedua orang tuanya. Saat itu, ibunya meminta semua orang untuk terus menuruti permintaan putrinya, Mary Lennoc, supaya dia tidak berisik dan akhirnya Mary tumbuh menjadi seorang anak yang manja. Dikarenakan suatu kejadian, Mary kehilangan ibunya dan pindah ke rumah pamannya dan di sanalah Mary mengetahui sebuah kebun rahasia. Buku ini sudah beberapa kali diadaptasikan ke dalam bentuk film. Buku ini mengandung nilai persahabatan yang begitu menyentuh hati, sangat bagus untuk dibaca anak SD.

3. Matilda

Buku yang ditulis oleh Roald Dahl yang terbit pada tahun 1988 ini sudah diadaptasikan ke layar lebar dan begitu populer pada masanya. Buku ini menceritakan tentang Matilda Wormwood, seorang bocah cilik yang berumur empat tahun dan sangat genius. Matilda sangat gemar membaca buku, dia menghabiskan harinya di perpustakaan umum untuk membaca. Sayangnya dia tidak tumbuh di keluarga yang harmonis dan menyayangi dirinya. Kedua orang tuanya sibuk dengan urusan masing-masing. Sosok Matilda yang begitu cerdas, tidak penakut dan senang membantu orang lain bisa dijadikan contoh bagi anak-anak Anda.

4. Charlotte’s Web

Buku yang ditulis oleh E.B White yang terbit pada tahun 1952 ini begitu populer dan paling banyak dicari. Buku ini menceritakan tentang seorang anak yang bernama Fern yang memelihara seekor anak babi yang hendak dibunuh ayahnya. Anak babi tersebut diberi nama Wilbur oleh Fern. Fern merawatnya dengan penuh kasih hingga Wilbur sudah tumbuh besar sampai di suatu ketika ayahnya meminta Fern untuk menjual Wilbur kepada pamannya karena porsi makanan Wilbur sudah bertambah banyak. Perjalanan Fern, Wilbur dan teman-teman barunya begitu menyentuh hati. Persahabatan mereka yang begitu tulus membuat banyak sekali pembaca yang menyukai buku ini.

5. Tales of a Fourth Grade Nothing

Buku karangan Judy Blume ini menceritakan tentang Peter Hatcher, seorang siswa kelas 4 SD yang tidak disayang oleh kedua orang tuanya. Keseharian Peter yang mengandung banyak pesan dan nilai moral sangat bagus untuk dibaca oleh anak Anda di rumah.

6. Seribu Kucing untuk Kakek

Buku karya Pak Raden ini menyampaikan kisah yang begitu menarik dan dekat dengan kehidupan sehari-hari. Nilai-nilai moral yang terkandung di dalamnya sangat cocok untuk anak-anak Anda. Walaupun ilustrasi yang terdapat di dalam buku tidak berwarna, tutur katanya yang sangat naratif dan imajinatif tidak mengurangi pesona buku ini sama sekali.

7. Dru dan Kisah Lima Kerajaan

Buku karya Clara NG dan diilustrasikan oleh Renata Owen begitu bagus dan patut dikoleksi oleh Anda. Buku ini menceritakan tentang petualangan seorang anak perempuan pemberani yang bernama Dru. Pengalaman Dru dalam berpetualang memberi banyak pelajaran bagi para pembacanya. Selain itu, buku ini juga mengandung unsur budaya Indonesia yang begitu memikat.

8. 100 Cerita Rakyat Nusantara

Buku ini merupakan kumpulan cerita rakyat yang mengandung unsur-unsur nusantara yang sebaiknya dikenal oleh anak-anak. Dengan mengenalkan cerita rakyat kepada anak-anak sejak dini, Anda dapat menanamkan rasa nasionalisme dan cinta kepada negerinya sendiri. Selain itu, cerita rakyat ini mengandung pesan moral yang bagus bagi anak-anak.

Berikut 7 Kanal Youtube yang Menyediakan Konten Dongeng Edukatif untuk Anak
Ada beragam jenis konten edukatif untuk anak yang dapat orang tua temukan di YouTube. Khusus untuk anak berusia dini, banyak ahli parenting yang menyarankan dongeng sebagai sarana pengasuhan orang tua dan media edukasi.

9. Buku Dongeng Karangan H.C. Andersen

H.C. Andersen atau Hans Christian Andersen dikenal sebagai pencipta dongeng anak-anak yang begitu menarik. Beberapa dongeng karya H.C. Andersen yang masih dikenal sampai sekarang yaitu Little Mermaid dan Itik Buruk Rupa atau Snow Queen. Dengan mengenalkan buku dongeng kepada anak-anak Anda dapat membuat anak-anak menjadi lebih imajinatif dan masa anak-anaknya menjadi lebih indah.

Ingin membuat komik pembelajaran? Berikut 7 tipsnya!
Jika di zaman dahulu komik hanya menjadi konsumsi untuk hiburan, kini ia turut bermanfaat di ranah edukasi masyarakat. Tidak heran jika banyak bermunculan buku-buku komik pembelajaran. Bentuknya pun tidak hanya print out, namun juga banyak yang digital.

10. Narnia

Siapa sih yang tidak mengenal Narnia? Buku ini sudah diadaptasikan menjadi film layar lebar dan sangat menarik perhatian dan minat anak-anak hingga orang dewasa. Kisahnya yang begitu menarik dan mengandung nilai kekeluargaan yang begitu kental membuat kisah ini selalu menjadi favorit setiap orang.

Sebagai orang tua, Anda harus lebih selektif dalam memilih buku bacaan kepada anak-anak Anda. Beberapa buku di atas merupakan rekomendasi buku bacaan yang sangat cocok untuk anak-anak SD bahkan sampai mereka beranjak dewasa. Dalam memilih buku bacaan, Anda harus memperhatikan nilai-nilai moral yang terkandung di dalamnya dan juga gaya bahasa penulis dalam buku tersebut.

Agnes Meilina

Gemar membaca buku dan menulis di malam hari.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.