Ingin membuat komik pembelajaran? Berikut 7 tipsnya!

edukasi Nov 06, 2020

Inovasi di bidang pendidikan terus melaju seiring dengan bidang lain. Dalam membuat media pembelajaran, para tenaga pendidik kini bisa menggunakan komik. Jika di zaman dahulu komik hanya menjadi konsumsi untuk hiburan, kini ia turut bermanfaat di ranah edukasi masyarakat. Tidak heran jika banyak bermunculan buku-buku komik pembelajaran. Bentuknya pun tidak hanya print out, namun juga banyak yang digital.

Melihat fakta ini, apakah Anda juga tertarik membuat komik pembelajaran? Atau jangan-jangan masih kebingungan dalam menyusunnya? Tepat sekali Anda membaca artikel ini. Ada 7 tips membuat komik pembelajaran yang menarik dan edukatif.

1. Masukkan Unsur Humor

Pada dasarnya komik memang mengandung banyak sekali unsur humor. Namun ketika membuat sebuah komik pembelajaran, tidak lantas unsur ini kemudian dihilangkan. Komik harus tetap menghibur dan memicu rasa ketagihan pembaca untuk terus membacanya. Apalagi dalam cerita yang dikhususkan untuk mendukung pendidikan.

Contoh sederhana bisa Anda lihat di majalah anak-anak seperti Bobo. Terdapat segmen komik di dalamnya yang edukatif. Anda dapat menjadikan ia salah satu referensi untuk membuat komik khusus anak didik di sekolah dasar. Selipkan humor yang ada dalam komik. Upayakan untuk senatural mungkin agar penyampaian pesan tepat sasaran.

2. Selipkan Materi dalam Percakapan Tokoh

Komik pembelajaran tentu harus bermuatan materi sesuai dengan kurikulum pendidikan. Masukkan materi-materi sulit ke dalam percakapan tokoh. Cara ini adalah tips agar anak bisa mendapat referensi lebih banyak untuk memahami hal baru. Jika penjelasan Anda secara langsung tidak membuatnya paham, maka dengan media komik mungkin saja lebih mudah baginya. Terlebih bagi anak yang memiliki kecerdasan visual, media ini sangat menunjang proses belajar.

Sebuah penelitian juga mengungkapkan bahwa komik dapat meningkatkan minat belajar anak. Selain itu, ia juga mendorong mereka untuk sering membaca. Menggunakan komik pembelajaran adalah langkah yang tepat dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

3. Menggunakan Bahasa Santai

Gaya bahasa sangat berpengaruh terhadap dampak dari sebuah media. Dikarenakan komik yang dibahas kali ini bertujuan untuk mengedukasi para pelajar, maka bahasa santai yang dianjurkan. Media pembelajaran ini sifatnya lebih fleksible. Siswa dapat membacanya kapanpun dan dimanapun. Bisa jadi mereka membaca saat rebahan, menjelang tidur, bermain bersama teman, dan lain sebagainya.

Penggunaan bahasa yang ringan akan mudah dicerna. Mereka tidak akan merasa terbebani ketika menikmati komik yang Anda buat. Berbeda jika bahasanya rumit dan kaku, bisa dipastikan efek dari media yang Anda buat akan menyimpang dari tujuan. Oleh sebab itu teliti lah dalam memilih kata-kata.

4. Membuat Visual yang Menarik

Sisi dari komik yang paling unggul adalah visualnya. Kendati pun demikian, tidak sedikit komik-komik yang memuat gambar membosankan. Pemilihan warna, bentuk tulisan, bentuk tokoh di dalamnya sangat lah penting. Butuh perencanaan yang matang untuk membuatnya. Sebaiknya Anda tidak sendirian dalam menyusun media ini.  Apalagi jika Anda tidak punya skill menggambar.

Merencanakan membuat komik pembelajaran dengan pihak sekolah akan lebih memudahkan Anda. Semua guru bisa berkolaborasi, terutama dalam menciptakan visual yang menarik. Apa saja elemen yang akan dimasukkan pada gambar, latar tempat mana yang menjadi pilihan, semua itu harus diperhatikan.

5. Alur Misterius

Unsur yang tidak kalah penting adalah alur cerita yang disajikan dalam komik. Menjadi menarik jika cerita tersebut tidak mudah ditebak. Siswa akan antusias untuk membacanya hingga akhir. Sama halnya dengan cerpen dan novel, komik tidak akan seru tanpa alur yang misterius. Perbanyaklah referensi dengan membaca komik-komik lain yang memiiki kualitas bagus. Lalu hal yang perlu diingat, komik lain yang Anda baca haruslah bermuatan edukasi.

Untuk menghasilkan alur misterius, Anda juga perlu berlatih secara rutin. Melakukan trial and error sebanyak yang Anda bisa. Selain itu, jika memungkinkan, minta lah masukan dari komikus lain yang menghasilkan karya bergenre pendidikan. Dengan begitu, pesan yang disampaikan secara implisit menjadi sangat menghibur dan bermakna.

6. Melibatkan Siswa

Melibatkan siswa dengan menggunakan nama-nama mereka dalam komik akan berdampak positif. Keinginan dan rasa penasaran siswa bisa meningkat dua kali lipat ketika menemukan namanya sendiri saat membaca. Sisi emosional juga akan dilibatkan agar semakin seru. Siswa bahkan tidak hanya membaca untuk dirinya sendiri, namun juga akan menceritakannya ke orang lain.

Hal semacam ini perlu diterapkan untuk mendukung efektfitas media pembelajaran melalui komik. Prosesnya yang panjang dan rumit tidak akan sia-sia jika target pembacanya senang dan teredukasi. Mereka akan menyerap pesan dari komik secara alami. Tanpa melalui paksaan, ingatan akan lebih awet dalam pikiran. Oleh karena itu semaksimal mungkin, libatkan siswa Anda. Semakin menarik jika mereka juga ikut membuat alur cerita.

Ingin Merekam Layar untuk Kebutuhan Pembelajaran? Berikut 7 Rekomendasi Aplikasi Perekam Layar Terbaik
Aplikasi perekam layar pada smartphone memudahkan Anda untuk merekam gambar atau video dengan hasil layar dan suara berkualitas HD. Aplikasi ini bisa menyimpan apa saja, mulai dari membuat video tutorial pada smartphone, menyimpan aktivitas video call serta memberikan materi pelajaran kepada murid.

7. Manfaatkan Situs Komik Online

Pembuatan komik pembelajaran tidak lah mudah. Namun jika Anda ingin membuat komik sederhana dengan karakter yang bukan buatan sendiri, manfaatkanlah situs online. Banyak sekali kanal pembuatan komik free access secara online yang menawarkan fitur-fitur mudah. Anda hanya perlu menyiapkan skrip dialog yang akan dimasukkan. Beragam karakter sudah tersedia. Anda tinggal memilih dan melakukan mix and match.

Tips ini berlaku hanya jika Anda ingin membuat komik dalam selembar atau dua lembar. Kemudian mempostingnya ke media sosial yang juga terhubung dengan murid Anda. Aktifitas tersebut menjadi trik jitu untuk mengedukasi anak saat di rumah. Perbanyaklah mengutak-atik internet untuk memperoleh referensi situs komik yang mudah dan kece.

Berikut 7 Tips Penting Memanfaatkan Facebook sebagai Alternatif Media PJJ
PJJ dilakukan dengan memanfaatkan beragam bentuk teknologi informasi dan komunikasi. PJJ juga memnafaatkan media sosial dalam pelaksanaannya. Salah satu sosial media yang dimanfaatkan dalam PJJ adalah facebook.

Membuat komik pembelajaran tidak hanya untuk mendidik siswa. Anda juga mendapatkan banyak manfaat dengan membuatnya. Apabila Anda punya skill menggambar, pembuatan komik ini bisa menjadi terapi dan media hiburan. Anda bukan saja akan berhasil dalam menyampaikan materi di kelas. Kesenangan pribadi serta kepuasan dalam mengajar bisa diperoleh.

Maka dari itu teruslah semangat mengembangkan media-media pembelajaran untuk kebaikan kita bersama. Kiprah dalam dunia pendidikan akan lebih abadi melalui komik pembelajaran yang Anda rancang sendiri. Maksimalkan tips-tips di atas untuk menghasilkan kualitas komik yang dicintai banyak orang. Semoga tips dari kami membantu. Selamat mencoba!

Miela Baisuni

Freelance content writer & social media specialist, traveller.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.