Ingin Merekam Layar untuk Kebutuhan Pembelajaran? Berikut 7 Rekomendasi Aplikasi Perekam Layar Terbaik

teknologi Okt 23, 2020

Perkembangan teknologi saat ini sudah semakin canggih, dimana semuanya bisa dilakukan dengan mudah dan praktis hanya dengan menggunakan smartphone atau laptop. Anda bisa melakukan apa saja melalui smartphone, mulai dari berbelanja secara online, belajar secara online, memotret hingga merekam layar.

Setiap orang bisa merasakan kemudahan menggunakan smartphone, salah satunya guru. Dimana pada saat pemberian materi atau penjelasan, guru bisa menjelaskannya melalui smartphone lalu direkam layar dan diberikan kepada murid. Pasalnya saat ini sudah banyak aplikasi perekam layar untuk kebutuhan belajar yang bisa dicoba.

7 Rekomendasi Aplikasi Perekam Layar Terbaik

Aplikasi perekam layar pada smartphone memudahkan Anda untuk merekam gambar atau video dengan hasil layar dan suara berkualitas HD. Aplikasi ini bisa menyimpan apa saja, mulai dari membuat video tutorial pada smartphone, menyimpan aktivitas video call serta memberikan materi pelajaran kepada murid. Adapun berikut ini merupakan 7 rekomendasi aplikasi perekam layar terbaik yang dapat Anda ketahui, di antaranya yaitu:

1. DU Recorder

DU Recorder merupakan salah satu aplikasi perekam layar terbaik dengan ukuran yang cukup ringan. Aplikasi ini mempunyai tampilan yang cukup sederhana serta terbebas dari iklan. Kegunaan aplikasi ini bukan hanya untuk merekam layar dengan hasil kualitas tinggi, tetapi juga bisa untuk melakukan editing atau live streaming.

Aplikasi ini bisa langsung digunakan tanpa harus melakukan root terlebih dahulu. Karena banyak kegunaannya, maka tak heran jika aplikasi ini sudah digunakan oleh banyak orang dari berbagai kalangan. Bahkan aplikasi ini juga memiliki lebih dari 20 bahasa. Namun DU Recorder meninggalkan watermark pada hasil rekamannya.

DU recorder dapat diaplikasikan pada sistem operasi Android minimal 5.0 lollipop ke atas. Adapun ukuran aplikasi ini yaitu 11 MB. Fitur lainnya yang terdapat pada aplikasi ini yaitu pause atau resume, facecam dengan kamera depan, shake to stop, external sound recorder, built-in GIF maker, tap tracking, video dan image editor, dan lain sebagainya.

2. Screen Recorder

Aplikasi rekam layar untuk kebutuhan belajar yang bisa Anda gunakan selanjutnya yaitu screen recorder. Aplikasi ini dikelola oleh NLL dan memiliki banyak keunggulan, salah satunya gesture goyang yang menandakan jika ingin memulai atau memberhentikan aktivitas perekaman.

Aplikasi rekam ini cukup ringan, mudah digunakan serta memiliki tampilan desain yang menarik. Namun bagi pemilik Android 4.4 KitKat atau seri dibawahnya, Anda harus melakukan root terlebih dahulu sebelum menggunakan aplikasi ini.

3. Super Screen Recorder

Super Screen Recorder merupakan aplikasi rekam layar yang memiliki fitur unggulan seperti pembuatan animasi gif serta fitur facecam. Dimana pada saat merekam layar, Anda bisa menampilkan wajah Anda di layar tersebut. Sehingga saat memberikan materi pembelajaran kepada murid, akan lebih maksimal. Anda juga bisa merekam aktivitas layar dengan berbagai pilihan kualitas rekaman tanpa batas waktu.

Super screen recorder juga memiliki fitur watermark pribadi, sehingga hasil perekaman layar Anda tidak dapat diklaim orang. Karena memiliki banyak keunggulan, maka tak heran jika ukuran aplikasi ini cukup berat pada ada smartphone Anda.

4. Perekam Layar Mobizen

Perekam layar mobizen merupakan aplikasi rekam layar yang berkualitas. Bahkan pada tahun 2016, aplikasi ini sempat mendapatkan langsung dari google sebagai app terbaik. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa menentukan kualitas video yang akan direkam serta terdapat pula fitur editing video dan fitur facecam yang bisa Anda coba.

Aplikasi ini bisa memberikan hasil rekam layar pembelajaran Anda semakin menarik untuk dilihat. Anda juga bisa memilih kualitas terbaik saat rekam layar, seperti full HD 1080p, 60 fps dan bitrate 12 Mbps

Namun kekurangan dari aplikasi ini yaitu memakan RAM yang cukup besar serta terdapat watermark khusus yang hanya dapat disingkirkan dengan mengaktifkan mode tertentu.

5. AZ Screen Recorder

Aplikasi Az Screen Recorder merupakan aplikasi rekam layar yang dapat digunakan dengan mudah bahkan bagi pemula sekalipun. Keunggulan aplikasi ini yaitu tidak memberikan watermark khusus serta bisa langsung digunakan tanpa harus melakukan root Android. Namun sayangnya, aplikasi ini memiliki ukuran yang cukup besar. Bahkan dapat menimbulkan glitch pada waktu tertentu.

Tampilan aplikasi ini cukup sederhana dengan berbagai kustomisasi yang bisa Anda coba. Az Screen Recorder dapat digunakan untuk sistem operasi Android minimal 5.0 Lollipop ke atas. Adapun ukuran aplikasi ini yaitu 17.4 MB yang dapat memenuhi RAM Android Anda.

Saatnya Go Digital untuk Proses Belajar Mengajar
Banyak yang berpendapat bahwa go digital dalam dunia pendidikan dilakukan akibat hadirnya pandemi COVID-19. Padahal, jauh sebelum pandemi COVID-19 datang, sesungguhnya kita sudah perlahan memanfaatkan konsep digitalisasi yang ada.

6. Background Video Recorder

Background Video Recorder merupakan aplikasi rekam layar hp yang dapat membantu Anda untuk merekam aktivitas latar belakang, dengan pilihan untuk mematikan atau mengaktifkan suara kamera. Namun, jika Anda menggunakan aplikasi ini untuk kebutuhan belajar seperti pemberian materi, tentu Anda harus mengaktifkan fitur suara kamera.

Aplikasi yang berukuran 5.4 MB ini dapat digunakan pada sistem Android 5.0 Lollipop ke atas. Aplikasi ini memiliki banyak fitur yang berguna bagi Anda, seperti melanjutkan perekaman saat layar hp mati atau kau membuat jadwal untuk merekam. Aplikasi ini juga dapat digunakan hanya dengan mengklik satu pintasan atau widget video saja.

Adapun kelebihan dari aplikasi rekam layar yang satu ini yaitu mudah digunakan dan tampilan sederhana, memiliki berbagai pilihan bahasa bagi penggunanya, serta hasil perekaman rahasia dan terjadwal. kekurangan pada aplikasi ini yaitu terdapat batas perekaman sekitar 30 menit atau sebesar 4 GB, pada perangkat tertentu aplikasi ini kurang smooth, serta membutuhkan pengaturan khusus pada sistem Android terbaru.

7. Screen Recorder With Facecam & Screenshot Capture

Screen Recorder with facecam and screenshot capture merupakan aplikasi yang dapat memaksimalkan hasil perekaman layar pada hp Anda. Aplikasi ini bisa digunakan untuk apa saja, misalnya merekam layar bermain game, live streaming, video tutorial, hingga kebutuhan belajar. Aplikasi ini tidak akan memenuhi penyimpanan Anda, karena ukurannya sangat ringan yaitu 3 MB saja. Selain itu, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk semua perangkat smartphone tanpa harus melakukan root terlebih dahulu.

Adapun kelebihan dari aplikasi Screen Recorder with facecam and screenshot capture ini yaitu memiliki fitur facecam, menggunakan gestur shake untuk memulai atau mengakhiri perekaman layar, serta terdapat berbagai kualitas video yang bisa Anda pilih. Namun kekurangannya yaitu ada banyak iklan yang mengganggu kenyamanan Anda.

Ini Caranya Menggunakan Teknologi Pendidikan dengan Tepat
Penerapan teknologi untuk pendidikan terdiri dari rangkaian proses panjang yang hulu-nya berasal dari pemerintah dan guru lalu bermuara ke siswa. Tetapi dalam perjalanannya, apakah penggunaannya sudah tepat? Penggunaan secara tepat dapat semakin memaksimalkan peran dari teknologi itu sendiri.

Itulah 7 rekomendasi aplikasi perekam layar hp yang berkualitas dan bisa memudahkan Anda untuk merekam layar. Aplikasi tersebut bisa didapatkan secara gratis, Anda bisa memilih aplikasi tersebut sesuai kebutuhan. Jangan lupa untuk disesuaikan dengan sistem operasi serta kapasitas memori pada hp Anda untuk mendukung pengunduhan aplikasi tersebut. Gunakan aplikasi perekam layar ini untuk hal yang bermanfaat dan tidak merugikan orang lain. Semoga bermanfaat.

‌‌

Epin Supini

Writerpreuner.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.