Berikut 7 Kanal Youtube yang Menyediakan Konten Dongeng Edukatif untuk Anak

parenting Okt 26, 2020

Dewasa ini, media online menjadi primadona dalam penyebaran rantai informasi di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Informasi tersebut tersebar dengan sangat masif dan mampu menjangkau semua lokasi yang tersedia jaringan tanpa terkecuali. Media online tak lepas dari isi informasi dalam berbagai wujud yang kita sebut sebagai ‘konten’. Konten inilah yang menjadi dasar penentu sebuah informasi yang disebarkan adalah benar dan bermanfaat untuk banyak orang, bukan sebaliknya.

Kemajuan teknologi harus diimbangi dengan literasi media agar seseorang mampu mengklasifikasikan konten positif dan konten negatif yang akan dikonsumsi. Tidak jarang, orang-orang yang terpapar konten negatif disebabkan literasi media yang mereka dapatkan kurang memadai. Anak-anak pun menjadi golongan yang paling rentan terhadap pendistribusian konten negatif melalui media online.

Hal ini tentu tidak mengherankan, mengingat anak-anak merupakan makhluk visual. Anak-anak akan mencontoh sesuatu yang dilihatnya sehari-hari, sehingga sebaik-baiknya sesuatu yang dilihat mereka adalah hal yang positif agar berdampak baik bagi dirinya dan lingkungan. Jika anak melihat suatu hal berkonotasi negatif maka tidak menutup kemungkinan ia akan mencontohnya juga dalam kehidupan bermasyarakat.

Oleh karena itu, sangat penting bagi orang tua untuk mengajarkan literasi media pada anak agar mereka dapat mensortir secara mandiri terkait jenis konten yang layak mereka konsumsi.

Salah satu cara yang dapat dilakukan para orang tua untuk mengajarkan literasi media yaitu memberikan konten edukatif kepada anak melalui gawai pintar mereka. Konten edukatif merupakan konten yang memiliki unsur mengedukasi atau dapat memberi ilmu pengetahuan kepada masyarakat, termasuk anak-anak. Karena itulah, konten edukatif sudah pasti bernilai positif dan kaya akan manfaat.

Sekarang sudah banyak konten edukatif yang tersebar di media online sehingga orang tua tidak perlu membuatnya sendiri. Ada beragam pilihan yang dapat dipilih, mulai dari konten tulisan, gambar, audio, hinga video yang mudah ditemukan di media online seperti blog, Spotify, dan YouTube.

Dari ketiganya, YouTube merupakan platform yang memiliki paket lengkap. YouTube mampu menggambungkan konten edukasi berupa tulisan, gambar, audio hingga video. Interface yang sederhana tetapi modern membuat penggunanya menjadi terampil hanya dalam satu kali pemakaian.

Ada beragam jenis konten edukatif untuk anak yang dapat orang tua temukan di YouTube. Khusus untuk anak berusia dini, banyak ahli parenting yang menyarankan dongeng sebagai sarana pengasuhan orang tua dan media edukasi.

Dongeng merupakan bentuk cerita tradisional atau cerita yang disampaikan secara turun-temurun dari nenek moyang. Dongeng memiliki banyak manfaat yaitu untuk mengembangkan imajinasi anak dan sarana menanamkan nilai-nilai etika dan kehidupan kepada anak. Imajinasi membantu anak untuk berpikir kreatif dalam menghadapi dan memecahkan masalah yang ia hadapi. Melalui karakter pada dongeng, anak dapat belajar tentang nilai-nilai kejujuran, rasa empati, rendah hati, saling tolong-menolong, dan nilai-nilai kehidupan lainnya.

Kali ini, penulis akan membagikan 7 kanal YouTube yang menyediakan konten dongeng edukatif untuk anak. Diantaranya yaitu:

  1. Dongeng Kita

Dongeng Kita merupakan salah satu kanal YouTube yang fokus menyediakan konten dongeng edukatif untuk anak. Banyak kisah rakyat yang sudah diangkat dalam kanal YouTube ini, mulai dari asal usul kota Surabaya, cerita lutung kasarung, hingga cerita bawang merah bawang putih yang dahulu kita dengan dari orang tua di masa kecil.

Kanal YouTube ‘Dongeng Kita’ tak hanya menampilkan dongeng nusantara, tetapi juga memperkenalkan anak tentang kebudayaan daerah tersebut. Mulai dari baju adat masing – masing daerah, lagu daerah, yang keseluruhannya disatukan dalam bentuk video animasi. Anak-anak pun dapat melafalkan lagu tersebut karena teks lirik lagu juga tersedia dalam video.

2. kejarcita

kejarcita merupakan kanal YouTube milik kejarcita.id, yaitu salah satu platform belajar online terbaik di Indonesia. Platform ini dikembangkan oleh PT Nota Kejar Cita sejak tahun 2017. Tak hanya YouTube, kejarcita memiliki website yang berisi kumpulan materi belajar dan latihan soal bernama ‘kejarcita.id’.

Hingga artikel ini diluncurkan, dongeng yang tersedia dalam kanal YouTube ‘kejarcita’ berjumlah 17 buah yang seluruhnya bersumber dari cerita rakyat Indonesia. Anak pun dapat memperkaya wawasannya tentang dongeng nusantara dengan cara yang mengasyikkan. Durasi video yang cukup singkat membuat anak-anak dijamin anti bosan ketika menyaksikannya.

Beberapa judul dongeng yang telah diangkat yaitu Kisah Si Pitung, Legenda Nyi Roro Kidul, hingga Malin Kundang. Tak hanya menyajikan dongeng dalam bentuk animasi video, ‘kejarcita’ juga menyelipkan pertanyaan interaktif seputar watak tokoh, inti kisah, serta amanat yang terkandung dalam setiap dongeng. Hal ini tentunya sangat baik untuk mengasah kemampuan anak dalam menyimak dan memahami sebuah cerita.

3. Indonesian Fairy Tales

Sesuai dengan namanya, ‘Indonesian Fairy Tales’ adalah salah satu kanal YouTube yang berfokus pada konten dongeng untuk anak-anak. Dongeng yang tersedia sebagian besar merupakan kisah mancanegara yang disadur ke dalam bahasa Indonesia, seperti Wanita Cantik dan Monster (Beauty and The Beast), Si Bebek Buruk Rupa (The Ugly Duckling), Jack dan Pohon Kacang (Jack and The Beanstalk), hingga Aladdin dan Lampu Ajaib (Aladdin and The Magic Lamp).

Selain menerjemahkan kisah rakyat mancanegara ke dalam bahasa Indonesia, kanal YouTube ini juga menyediakan playlist dongeng ragam bahasa yang berasal dari kanal YouTube berbeda yang mencakup hingga 20 bahasa.

4. Riri Cerita Anak Interaktif

Kanal YouTube ke-empat yang menyajikan konten dongeng edukatif untuk anak yaitu ‘Riri Cerita Anak Interaktif’. Pada channel ini tersedia cerita rakyat maupun fabel (cerita tentang kehidupan hewan yang berperilaku menyerupai manusia). Cerita rakyat yang disajikan seperti Timun Mas dan Buto Ijo, Sangkuriang, Asal Usul Danau Toba, hingga Roro Jonggrang. Kanal YouTube ini juga memiliki cerita orisinil mereka sendiri yaitu ‘Kampung Pelangi’.

5. Cerita Kartun Anak Anak Indonesia

Kanal YouTube selanjutnya yaitu ‘Cerita Kartun Anak Anak Indonesia’. Channel ini menyediakan konten dongeng edukatif yang merupakan saduran cerita mancanegara ke dalam bahasa Indonesia. Cerita-cerita tersebut yaitu Putri Salju, Cinderella, Rapunzel, Putri Duyung, hingga Pinokio.

6. Okidokido Indonesian

‘Okidokido Indonesian’ adalah kanal YouTube yang juga menyediakan konten dongeng edukatif untuk anak. Sama Seperti channel ‘Indonesian Fairy Tales’ dan Cerita Kartun Anak Anak Indonesia’, channel‘Okidokido Indonesian’ juga menyadur dongeng luar negeri seperti Peter Pan, Pollyanna, Manusia Kue Jahe, dan Tiga Babi Kecil. Dongeng yang disajikan sangat detail sehingga memiliki durasi video yang rata-rata di atas 10 menit.

Bagaimana Mengelola Pembelajaran yang Adaptif, Fleksibel dan Akomodatif
Sekolah dari rumah bukan berarti memindahkan proses belajar di sekolah dengan sama persis. Tetapi butuh penyesuaian. Saat sekolah dari rumah pembelajaran diharapkan bisa lebih adaptif, fleksibel dan akomodatif.

7. Indonesian Moral Stories

Kanal YouTube yang ke – 7 yaitu ‘Indonesian Moral Stories’. Channel ini menyediakan konten dongeng edukatif untuk anak yang didominasi oleh fabel, yaitu cerita tentang kehidupan hewan yang berperilaku menyerupai manusia. Beberapa judul yang tersedia pada kanal YouTube ‘Indonesian Moral Stories’ yaitu Gagak dan Ular, Keledai dan Serigala, Telur Emas dan Bebek, Harimau dan Rubah, serta judul-judul lainnya. Walaupun berfokus pada fabel, channel ini juga memiliki cerita bertokoh manusia seperti Sihir Penyihir serta Dewi Hutan dan Harta Karun.

Ingin Merekam Layar untuk Kebutuhan Pembelajaran? Berikut 7 Rekomendasi Aplikasi Perekam Layar Terbaik
Aplikasi perekam layar pada smartphone memudahkan Anda untuk merekam gambar atau video dengan hasil layar dan suara berkualitas HD. Aplikasi ini bisa menyimpan apa saja, mulai dari membuat video tutorial pada smartphone, menyimpan aktivitas video call serta memberikan materi pelajaran kepada murid.

Demikian artikel mengenai 7 kanal YouTube yang menyediakan konten dongeng edukatif untuk anak. Ikuti blog.kejarcita.id untuk mendapatkan kumpulan artikel seputar pendidikan jarak jauh, usaha sosial dan inovasi teknologi.

Anisa Cahyani

"Perempuan yang gemar merangkai kata menjadi tulisan dan juga pemburu matahari terbenam."

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.