10 Fitur PowerPoint agar PPT Mengajar Anda Menarik!

teknologi 7 Des 2021

Berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk membuat bahan presentasi lewat PowerPoint? Pada umumnya, untuk membuat bahan presentasi dengan menggunakan Ms. PowerPoint tidak membutuhkan waktu yang cukup lama. Hal ini dapat terjadi karena PowerPoint memiliki berbagai macam fitur yang dapat membantu kita dalam mengoperasikan aplikasi tersebut. Adapun 10 fitur PowerPoint yang dapat membuat PPT menarik yang bermanfaat untuk Anda. Apa saja fitur-fitur tersebut? Simak penjelasan di bawah ini, ya.

PowerPoint merupakan software yang digunakan untuk merancang bahan presentasi dalam bentuk slide. Dengan adanya aplikasi ini, seseorang akan lebih mudah dalam membuat presentasi yang dibuat secara sederhana, menarik, bahkan profesional yang mana digunakan sebagai bahan pembelajaran di kelas maupun di depan umum.

Fungsi PowerPoint

Setiap program aplikasi yang dibuat tentu saja diciptakan dengan tujuan yang jelas, begitu juga dengan PowerPoint. Aplikasi PowerPoint ini memiliki beberapa fungsi yang dapat berguna bagi Anda. Berikut merupakan penjelasannya.

- PowerPoint dapat memudahkan para pengguna untuk mengatur materi yang akan disampaikan.

- PowerPoint dapat membuat audience menjadi lebih memahami materi presentasi yang sedang ditampilkan. Hal ini dapat terjadi karena dalam pengguna menampilkan poin-poin utama dalam slide yang ditampilkan.

- PowerPoint dapat membuat penyajian materi menjadi lebih berkesan dan menarik. Untuk membuat bahan presentasi menjadi lebih berkesan dan menarik yaitu dengan memanfaatkan animasi-animasi atau fitur-fitur yang terdapat pada PowerPoint. Namun, sangat disarankan kepada para pengguna untuk menggunakan animasi dengan cara yang tidak berlebihan, supaya presentasi tetap berjalan dengan baik dan fokus para audience tetap kepada materi, bukan pada animasi yang diberikan.

Kelebihan PowerPoint

Berikut ini merupakan beberapa kelebihan powerpoint;

1. Memudahkan Pengguna dalam Membuat Slide Presentasi

Salah satu kelebihan yang paling berdampak oleh para pengguna yaitu dengan adanya PowerPoint, pengguna menjadi lebih mudah dalam membuat slide presentasi. Dengan aplikasi ini, pengguna bisa menyiapkan presentasi yang sederhana, menarik dan bahkan profesional dalam jangka waktu yang tidak lama.

2. Memiliki Berbagai Macam Tools

Hal lain yang didapatkan dari menggunakan PowerPoint yaitu adanya berbagai macam tools yang dapat membuat slide presentasi menjadi lebih menarik. Keberadaan fitur-fitur yang terdapat pada PowerPoint dapat membantu Anda dalam menyisipkan fitur suara, video yang sudah di-import, foto, dan lain sebagainya.

3. Memiliki Fitur Kolaborasi

Rutinitas yang begitu padat kerap kali membuat seseorang menjadi kesulitan dalam menyelesaikan sesuatu dengan waktu dan kondisi yang tepat. Oleh karena itu, tidak jarang seseorang akan melanjutkan pekerjaannya dengan menggunakan media (komputer/laptop) yang berbeda. Fitur kolaborasi yang terdapat pada PowerPoint bisa Anda gunakan untuk mengedit materi presentasi secara bersamaan dari komputer yang berbeda. Dengan begitu pekerjaan Anda akan jauh lebih cepat dan mudah.

4. Template PowerPoint Bervariasi

Hal lain yang Anda dapatkan dari menggunakan PowerPoint yaitu Anda bisa memilih desain template yang Anda inginkan. Dalam hal ini template PowerPoint berguna untuk membuat tampilan presentasi menjadi lebih menarik dengan background yang tentu saja bervariasi. Fitur ini adalah salah satu dari 10 fitur PowerPoint yang dapat membuat PPT menarik.

7 Pembelajaran Digital untuk Guru guna Memudahkan KBM
Pembelajaran digital sangat bermanfaat bagi guru dan murid. Inovasi sistem belajar ini memberi ruang & definisi lebih luas dari belajar itu sendiri.

5. Dapat Di-export ke dalam Bentuk PDF

Selain itu, PowerPoint memiliki satu fitur yang bisa digunakan untuk meng-export file yang sudah dibuat ke dalam bentuk PDF. Fitur ini dapat memudahkan Anda jika ingin mem-print file materi presentasi.

6. Memiliki Fitur Authoring yang Sangat Advanced

Kelebihan lain yang didapatkan dari menggunakan PowerPoint yaitu adanya fitur Authoring yang sangat advanced. Fitur ini adalah solusi yang dapat Anda gunakan untuk memproteksi dokumen yang Anda miliki dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, itulah yang dimaksud dengan fitur Authorisasi. Dalam hal ini pengguna dapat menandai atau memberikan kata sandi sampai mengenkripsi file yang telah dibuat.

7. Memiliki Fitur Cloud Service

Fitur Cloud Service digunakan sebagai default penyimpanan sebelum pengguna menyimpan berkas tersebut ke local storage.

10 Fitur PowerPoint agar PPT Mengajar Anda Menarik

Adapun berbagai macam fitur PowerPoint yang dapat Anda gunakan untuk membuat kegiatan pembelajaran menjadi lebih menarik. Berikut penjelasannya.

1. Slide Size

Fitur slide size dapat membantu Anda dalam memilih size (ukuran) yang sesuai dengan tujuan Anda. Misalnya Anda ingin membuat materi pembelajaran untuk presentasi, maka slide size sudah disetting secara otomatis, yaitu 16:9. Sedangkan jika tujuan Anda dalam membuat slide di PowerPoint untuk postingan media sosial, maka pilihlah rasio 1:1 atau custom slide size 38,1 x 38,1 cm.

2. Layout

Setelah memilih slide size, maka Anda akan dipertemukan dengan fitur lain yang dapat membantu Anda dalam membuat materi pembelajaran, yaitu fitur layout. Dalam PowerPoint, Anda bisa memilih desain layout yang sesuai dengan materi yang akan dipresentasikan. Selain itu, Anda juga bisa membuat desain layout sendiri yaitu dengan memilih layout blank. Pada kesempatan ini, Anda bisa berkreasi sendiri dengan desain layout yang akan dipakai.

3. Slide Master

Fitur slide master dapat Anda gunakan untuk mengatur warna dan font yang akan digunakan dalam slide secara otomatis, supaya warna dan font yang digunakan dalam materi yang akan disampaikan bisa sama dari slide pertama hingga slide terakhir.

4. Template Warna

Fitur template warna dapat membuat materi pembelajaran yang akan dibuat menjadi lebih harmoni dan menarik. Apabila Anda ingin memilih template warna yang sesuai dengan keinginan Anda, pilihlah menu design < klik tanda panah kecil di menu variants < kemudian pilih color. Anda juga bisa membuat warna custom jika Anda ingin memilih sendiri.

5. Distribute Row/Column

Selain itu, terdapat fitur distribute row/column yang digunakan untuk merapikan tabel yang ada. Pada kesempatan ini, jika materi pembelajaran yang akan Anda sampaikan masih belum rapi, maka Anda bisa menggunakan fitur ini.

6. SmartArt

Fitur ini akan membantu Anda dalam membuat grafis dan chart. Dengan fitur ini, pekerjaan Anda akan jauh lebih efektif karena PowerPoint sudah menyediakan beragam diagram dan chart yang bisa Anda pakai dalam pembelajaran. Pada kesempatan ini, Anda hanya harus memilih diagram dan chart yang sesuai dengan materi yang akan diajar.

7. Tema

Selain itu, PowerPoint juga menyediakan fitur tema yang dapat Anda pakai secara gratis. Jika Anda merasa bosan dan ingin menggunakan tema yang berbeda, maka Anda bisa menggunakan tema yang premium ataupun menggunakan tema gratis dari web yang menyediakan tema PowerPoint.

8. Insert

Ada beberapa kesempatan di mana dalam presentasi materi Anda akan membutuhkan foto-foto atau video pembelajaran. Anda tidak perlu khawatir, karena PowerPoint sudah menyediakan fitur insert, di mana foto atau video pembelajaran yang akan dipakai bisa dimasukkan ke dalam materi presentasi tersebut dengan mengarahkan kursor ke menu ‘insert’.

9. Morph

Fitur ini dapat membantu Anda dalam mengubah teks, gambar, bahkan bentuk 3D menjadi suatu animasi. Namun, fitur ini dapat ditemukan di seri Microsoft PowerPoint 2016 ke atas. Dengan fitur ini, materi pembelajaran yang akan disampaikan bisa menjadi lebih hidup dan menarik.

7 Alat Pembelajaran Digital untuk Anak Belajar Mandiri
Di masa PJJ ini, anak perlu memiliki aplikasi digital yang memudahkan pembelajaran secara mandiri. Apa sajakah itu? simak di sini

10.  Aksesibilitas

Dengan menggunakan fitur ini, Anda bisa dibantu dalam menemukan kesalahan pada presentasi, sehingga Anda bisa jauh lebih mudah dalam menyunting materi tersebut. Selain menyebutkan kesalahan dalam dokumen yang Anda buat, fitur ini juga menyiapkan alasan mengapa Anda harus memperbaiki dokumen tersebut. Fitur ini bisa Anda temukan pada seri Microsoft PowerPoint 2016 ke atas.

Demikianlah penjelasan mengenai PowerPoint dan 10 fitur PowerPoint yang dapat membuat PPT menarik. Semoga informasi ini dapat membantu Anda dalam pembuatan PPT untuk mengajar di kelas.

Agnes Meilina

content writer - content creator - reviewer books

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.