Trik Sulap Sederhana untuk Ice Breaking Online Learning

teaching 14 Des 2021

Online learning atau daring telah menjadi kegiatan yang tidak asing semenjak pandemi. Seperti inilah salah satu wujud kenormalan baru dalam pembelajaran. Saat ini kita diakrabkan dengan aplikasi seperti Zoom ataupun Google Meet yang terlebih dahulu dikenalkan dengan Google Class Room atau biasa disingkat GCR.

Aplikasi-aplikasi tersebut merupakan trend wadah untuk kita bertemu dengan para sahabat, mentor, tutor atau pun guru dan murid. Saking seringnya kita menggunakan aplikasi berbasis video dengan banyak jendela ini terkadang membuat kita agak bosan. Apalagi jika hanya berisi diskusi, tanya jawab atau pun pemberian instruksi yang sifatnya hanya satu arah dari awal hingga akhir.

Jika sudah seperti ini keadaannya, bisa dibayangkan apabila yang kita undang masuk ke dalam aplikasi itu adalah anak-anak usia sekolah TK, sekolah dasar atau pun sekolah menengah. Sudah pasti mereka akan diam saja melihat ke kamera atau asyik sendiri tanpa melihat kamera bahkan ada yang hanya memajang profil diri tanpa berinteraksi. Wah, kelas daring menjadi garing, nih.

7 Trik Ice Breaking Online Learning

Agar tidak ditinggal penggemar alias audience atau peserta didik, bisa kita cobakan beberapa trik sulap sederhana berikut ini, ya. Dijamin pada kegiatan on camera nanti kita akan jadi makin seru. Berikut ini tujuh ice breaking berupa trik sulap sederhana yang dikombinasikan dengan sains untuk anak pada pembelajaran daring:

1. Susu Misterius

Kita pasti tidak asing ya dengan minuman berkarbonasi yang sering dijumpai di gerai minuman toko swalayan. Nah, ternyata minuman ini jika dicampurkan dengan bahan lain bisa berubah warna, lho. Yuk, kita coba. Pertama siapkan air minum berkarbonasi dengan warna gelap (coke). Masukkan air tersebut ke dalam botol transparan atau bening secukupnya, tujuannya agar anak bisa melihat secara langsung perubahan yang akan terjadi dalam botol tersebut. Kemudian tuang dengan air susu, sedikit demi sedikit hingga air berkarbonasi tadi berubah warna menjadi keruh bahkan agak bening. Mudah bukan?

2. Kekuatan Kulit Jeruk

Siapa sih yang tidak kenal dengan buah kaya vitamin C ini? Bisa dipastikan kita semua menyukai buah jeruk dengan berbagai jenisnya, ya. Nah, untuk trik sulap kali ini kita akan menggunakan jeruk yang memiliki kulit agak tebal, seperti jeruk baby atau ada yang menyebutnya jeruk potong. Persiapkan balon berisi air, letakkan pada posisi menggantung. Kemudian potong kulit jeruk hingga sedikit mengenai daging buahnya. Selanjutnya dekatkan kulit ke balon dan peraskan sampai mengenai balon tersebut kemudian ... daar! Balon akan meletus sehingga air akan membuncah keluar dan momen inilah yang ditunggu untuk membuktikan kepada anak-anak bahwa balon benar-benar pecah.

3. Topan dalam Gelas

Ketika memasuki musim penghujan sering kali kita mendapati berita adanya angin topan, angin puting beliung dan beragam nama angin yang berasal dari beberapa daerah di Indonesia. Pernahkah kita mencari tahu bagaimana angin topan itu terjadi? Nah, kita bisa tunjukkan sulapnya kepada anak-anak tanpa harus mengajak mereka mengejar topan yang di luar sana, pasti menakutkan dan berbahaya, ya. Pertama isi gelas dengan air sebanyak kurang lebih 3/4 bagian. Kedua siapkan magnet ladam atau magnet yang berbentuk huruf U sebanyak dua buah. Ketiga posisikan kedua magnet masing-masing di sebelah kanan dan kiri gelas.

Pertunjukkan dimulai, pegang kedua magnet agak dekat di sisi kanan dan kiri gelas. Biarkan magnet bekerja, tunggu beberapa saat dan air akan mulai bergerak ke kanan dan kiri seolah-olah saling bertabrakan. Setelah beberapa saat akan muncul pusaran dari atas permukaan air yang diakibatkan dari air bertabrakan hingga berputar-putar di dalam gelas. Perkirakan pergerakan air cukup membuat anak-anak melihat topan dalam gelas dan jauhkan magnet jika air mulai bergerak naik karena dapat menyebabkan air tumpah dari gelas.

4. Melting Ice

Membuat minuman dengan dicampur es batu kala musim panas sangat menyegarkan. Tapi pernahkan kita menyaksikan adegan slow motion es yang meleleh? Kita akan perlihatkan kepada anak-anak sulap sederhana bagaimana minyak dapat membuat es meleleh dengan perlahan. Siapkan olive oil dan baby oil.

Tuang olive oil terlebih dahulu ke dalam gelas hingga memenuhi setengahnya. Kemudian tuang baby oil hingga bertambah seperempat gelas, dan tidak perlu diaduk. Selanjutnya masukkan satu ice cube atau potongan es ukuran sedang disesuaikan dengan gelasnya. Perhatikan, es akan meleleh secara perlahan dan dapat diamati oleh anak bagaimana tetes demi tetes es mencair dalam oil tersebut.

5. Plastik Melayang

Trik sulap yang satu ini bisa menstimulasi anak-anak untuk menyukai sains. Kita pasti pernah belajar tentang listrik statis. Ya, betul. Penggaris yang digosok-gosokkan ke bahan kain wol dapat menyebabkan terjadinya listrik statis. Sekarang kita akan berikan trik sulap yang sedikit berbeda. Siapkan potongan plastik, bisa plastik bekas kantong belanjaan atau kresek. Kemudian siapkan pula balon yang sudah ditiup berukuran sedang.

Setelah semua siap, sekarang kita dapat gosok-gosokkan secara bergantian antara balon dan plastik ke bagian rambut kita. Bisa digosokkan ke bagian atas rambut tidak perlu terlalu lama. Setelah plastik dan balon telah teraliri arus listrik, saatnya beraksi! Pegang balon dengan salah satu tangan kemudian tangan yang lain meletakkan potongan plastik di atas balon.

Terlihat balon dan potongan plastik yang tidak bisa saling menempel dan potongan plastik akan terus melayang-layang mengikuti kemanapun balon digerakkan. Menarik bukan?

7 Alat Pembelajaran Digital untuk Anak Belajar Mandiri
Di masa PJJ ini, anak perlu memiliki aplikasi digital yang memudahkan pembelajaran secara mandiri. Apa sajakah itu? simak di sini

6. Kubis Ajaib

Cairan bening dicampur larutan warna ungu bisa menjadi warna warni? Apakah bisa? Jawabannya bisa banget. Kali ini kita ajak anak-anak untuk melihat sulap dari bahan pewarna alami yaitu kubis warna ungu. Kubis ini sudah banyak dijual di pasar tradisional, lho. Siapkan seperempat atau setengah kubis ungu (sesuaikan saja dengan besar kecilnya ukuran kubis) dan air kurang lebih 250 ml – 300 ml.

Tuang air ke dalam gelas blender, kemudian masukkan kubis ungu yang sudah dipotong-potong. Blender hingga benar-benar hancur merata. Selanjutnya siapkan beberapa gelas kecil masing-masing ukuran 30 ml – 55 ml (bisa menggunakan gelas sloki bayi atau gelas shot).

Masing-masing gelas berisi air sprite, air soda, air gula, air cuka, dan air biasa. Setelah dituang ke dalam gelas-gelas tersebut akan terlihat perubahannya dari air yang bening menjadi bermacam warna. Wah, menarik sekali!

5 Konten Kreator yang Membuat Konten Inspiratif Ini Cocok Ditayangkan di Kelas
Youtube menjadi salah satu platform konten video yang banyak diakses banyak orang. Ada banyak konten edukasi di Youtube yang bisa ditayangkan di kelas.

7. Floating Cans

Percobaan sains selalu menarik untuk diamati. Pernahkah kalian berenang di laut? Pasti semakin menyenangkan jika kita bisa berenang. Trik sulap kali ini juga akan memberikan pembelajaran kepada anak-anak bahwa berenang di laut lebih mudah mengapung daripada di air kolam renang biasa. Persiapannya mudah saja, yaitu wadah transparan untuk menampung  air dalam jumlah agak banyak.

Bisa menggunakan aquarium bekas berukuran kecil, kemudian siapkan empat kaleng minuman bersoda. Isi wadah transparan atau aquarium dengan air biasa, dan masukkan juga empat kaleng minuman tadi. Setelah itu tuang garam secukupnya hingga kaleng-kaleng tersebut mengapung.

Seru bukan trik sulap yang melibatkan sains untuk anak-anak selama pembelajaran daring! Apalagi jika kita mengemasnya dengan interaktif dan didukung dengan aksi-aksi dramatis yang membuat anak-anak semakin penasaran. Selamat mencoba.



Enni Kurniasih

"Penulis, blogger, pemerhati pendidikan dan parenting"

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.