5 Konten Kreator yang Membuat Konten Inspiratif Ini Cocok Ditayangkan di Kelas

teknologi 17 Nov 2021

Teknologi saat ini berkembang dengan pesat hampir di segala bidang. Pendidikan juga tak lepas dari perkembangan teknologi ini. Siswa tidak hanya menerima, namun dalam proses pendidikan mereka dituntut untuk berperan aktif di dalamnya.

Sebagai seorang pendidik, tentu diharapkan dapat berkreasi dengan segala fasilitas dan pengetahuan yang dimilikinya. Media pembelajaran yang digunakan pun berasal dari berbagai sumber. Youtube pun dapat menjadi salah satu sumber pembelajaran. Orang bebas mengekspresikan dirinya sesuai dengan minat dan bakat mereka masing-masing. Tidak sedikit apa yang ditayangkan di Youtube memberikan inspirasi bagi orang lain, selain juga ada ilmu yang didapat. Ilmu, motivasi, kisah inspirasi ataupun berita menjadikan orang yang menontonnya menjadi tergugah dan mengambil manfaat di dalamnya.

Siapa saja konten kreator inspiratif yang cocok ditayangkan di kelas? Berikut 5 konten kreator yang dapat menjadi pilihan, antara lain:

1. Dhar Mann

Pria dengan nama Dharminder Mann ini adalah lelaki keturunan India yang lahir di Amerika setelah orang tuanya bermigrasi ke Amerika Serikat. Selain seorang pengusaha, Dharminder juga merupakan seorang pembuat film.

Saluran Youtube miliknya bertajuk “Dharmann” merupakan penggabungan dari namanya. Kanal Youtube miliknya telah memiliki 13 juta pengikut. Dharminder dan timnya memproduksi video-video pendek yang memuat pesan moral, dengan harapan pesan moral ini dapat membawa kebaikan bagi orang lain dan tersebar ke seluruh dunia. Video-video pendek buatannya banyak bercerita tentang kehidupan, bisnis, dan hubungan antar manusia. Tayangan konten di Youtubenya telah ditonton lebih dari 27 juta kali.

Video-video yang dibuatnya terinspirasi dari kisah sukses maupun kegagalan yang dialaminya. Pengalaman tersebut bisa jadi juga dialami oleh orang lain, sehingga dengan demikian orang lain dapat mengambil pelajaran atau hal positif dari film yang mereka tonton.

Dharmann sendiri mengharapkan film-film yang dibuatnya tidak hanya berupa cerita, namun dapat mengubah hidup. Unggahan videonya setiap hari Senin, Selasa, Rabu, dan Kamis.

2. Sisi Terang

Sisi Terang adalah kanal Youtube yang membahas tentang pengetahuan yang berada di sekitar kita. Pembahasan video dengan bahasa yang ringan dan santai menjadikan konten yang dilihat menjadi lebih mudah untuk dipahami. Selain menambah pengetahuan, Sisi Terang juga menawarkan kanal untuk menghibur pemirsanya.

Pembahasan tentang penemuan sains terbaru, penjelajahan ruang angkasa, misteri yang membuatmu berpikir, kisah nyata mengejutkan, kesehatan dan kebugaran, ujian dan teka-teki seru, atau kiat-kiat berguna untuk perkembangan diri, psikologi, hubungan, gawai, atau hanya rutinitas sehari-hari semuanya menjadi mudah untuk dipahami.

Bahkan ada tips dan trick yang membantu mencari cara termudah dalam menghadapi hidup. Bahkan tidak sedikit, penonton berkata “Aah, ternyata hal ini bisa juga menjadi solusi.” Contohnya saja “Bagaimana Cara Mendinginkan Kamar Tanpa AC?”

Atau di video yang lain kita disuguhkan  tentang Palung Mariana. Apakah selama ini kita tahu apa itu Palung Mariana? Apa yang ada di dalamnya? Berapa kedalamannya? Kita diajak berpikir dan menambah pengetahuan dengan cara yang menyenangkan.

Kalau masih belum puas, ada teka-teki yang dijamin mengajak orang untuk berpikir dan mencari jawabannya. Mulai dari operasi matematika sederhana yang berkaitan dengan logika sampai dengan tes kepribadian semua ada.

3. Merry Riana

Merry Riana, siapa yang tidak mengenalnya. Seorang motivator yang dikenal dengan buku biografinya yang berjudul “Mimpi Sejuta Dolar” dan terbit di tahun 2011. Bagaimana pengalaman selama hidup di Singapura telah membentuk pribadinya menjadi tangguh dan menjadi dasar untuk menapak menuju jalan kesuksesan. Kesuksesan yang telah diraihnya, ingin disebarkannya ke seluruh masyarakat Indonesia.

Merry menyadari bahwa kebaikan dapat tersebar dengan berbagai media. Apabila sebelumnya kebaikan disebarkan melalui buku atau seminar motivasi saja, maka Merry merasa itu tidaklah cukup. Maka kemudian Merry membuat kanal Youtube yang bertajuk “Merry Riana”, karena ia yakin bahwa kebaikan dapat disebarkan melalui konten kreatif yang positif. Di dalam kanal ini, Merry membahas tentang motivasi diri, kata mutiara, pengalaman pribadinya atau pun narasumber yang diundangnya.

Merry berusaha mencapai resolusi yang telah ia tetapkan, yaitu menciptakan dampak positif di dalam kehidupan jutaan orang di Indonesia. Merry berharap bahwa motivasi, perbincangannya dengan narasumber yang diundangnya dapat memberikan motivasi, inspirasi dan kekuatan bagi penontonnya untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

4. Darwis Triadi

Sang maestro fotografi, Darwis Triadi pun tak ketinggalan membuka kanal Youtube. Pria yang dikenal bertangan dingin di bidang fotografi ini banyak menjadikan selebritis dan para model sebagai objek jepretan kameranya.

Darwis Triadi bergabung pada Youtube sejak tahun 2017. Video yang diunggahnya telah ditonton lebih dari 8 juta orang. Video yang diunggahnya tentu tidak jauh-jauh dari topik fotografi, mulai dari fotografi jalanan, tutorial, podcast maupun materi-materi fotografi mulai yang sederhana hingga yang njelimet.

Darwis mengajarkan fotografi bukan merupakan hal yang sulit. Bahkan dengan perkembangan gawai yang semakin canggih, suatu hasil foto yang indah pun dapat didapatkan.

Kanal ini membantu fotografer pemula atau orang awam untuk memahami teknik fotografi secara detail. Teknik-teknik fotografi pun dijelaskannya dengan bahasa yang ringan dan mudah dimengerti. Melalui kanal youtubenya, Darwis mengajak penontonnya untuk berkreasi untuk menghasilkan potret yang indah dan artistik dengan menggunakan peralatan yang sederhana. Yang terpenting adalah berani untuk mencoba, tanpa harus takut salah.

5. Saham dari Nol

Investasi adalah pengetahuan untuk meningkatkan kekayaan di masa depan. Hal ini sangat penting untuk diajarkan agar seseorang mampu merancang keuangannya di masa depan. Investasi apa saja yang dapat dipilih, apa resiko yang dapat terjadi selama berinvestasi, berapa jangka waktunya, bagaimana caranya adalah hal-hal yang perlu diketahui ketika seseorang akan melakukan investasi.

7 Keterampilan Hidup yang Harus Diajarkan Orangtua Kepada Anak
Setiap orangtua pasti menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Orangtua juga bisa mendukung dan mengajarkan keterampilan pada anak untuk masa depannya.

Saham dari Nol merupakan media edukasi saham bagi pemula. Orang masih awam dengan investasi saham. Seseorang yang ingin berinvestasi di bidang saham dapat mempelajari keahlian apa saja yang harus diasah agar apabila berinvestasi di bidang saham siap untuk menerima apapun resikonya. Segala investasi tentu ada resiko yang harus ditanggung. Pengetahuan yang memadai akan membantu seseorang untuk memperkecil resiko dari investasi saham.

Di masa mendatang investasi saham dapat menjadi pilihan agar seseorang bebas finansial. Tentu saja dibarengi dengan pengetahuan, skill dan psikologis yang terencana dengan matang.

7 Tips Menumbuhkan Budaya Menulis Anak dengan Menyenangkan
Membaca dan Menulis adalah kegiatan yang selalu ada dalam sebuah jenjang pendidikan. Kegiatan ini sangat menyenangkan bagi sebagian anak.

Demikianlah 5 konten kreator yang membuat konten inspiratif yang cocok ditayangkan di kelas. Konten yang berisi ilmu pengetahuan, hiburan, motivasi dan kisah inspiratif membuat siswa menjadi lebih memahami materi tidak secara textbook saja, namun juga melalui media pembelajaran yang lainnya, dalam hal ini melalui video. Diharapkan pesan dari konten kreator dapat tersampaikan kepada siswa dengan baik, yaitu nilai kebaikan dan pengetahuan sebagai bekal dalam menjalani hidup.

Enni Kurniasih

"Penulis, blogger, pemerhati pendidikan dan parenting"

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.