7 Tips Pembelajaran Agar Anak Aktif Berkarya

edukasi 19 Jun 2023

Setiap anak sudah memiliki bakat dan minatnya masing-masing sejak masih kecil. Biasanya hal-hal kecil yang membuatnya tertarik sudah mereka tunjukkan sejak mereka sudah bisa berbicara dengan lancar dan juga sudah mampu beraktivitas dengan baik dengan kedua kakinya. Oleh karena itu, orang tua harus benar-benar memperhatikan ketertarikan anak sejak dini, sehingga ketika mereka sudah masuk sekolah dan aktif belajar, orang tua bisa berkonsultasi kepada guru maupun psikolog tentang bakat dan minat yang dimiliki anak, dan guru bisa menerapkan beberapa tips pembelajaran agar anak aktif berkarya di dalam kelas.

Dengan adanya tips untuk membuat anak lebih aktif dalam berkarya maka kemampuan akademik anak saja yang akan berkembang, tetapi juga kreativitas yang dimilikinya. Dalam hal ini, kreativitas sama pentingnya dengan kemampuan akademik, karena dengan kreativitas yang dimiliki seseorang, mereka bisa menciptakan inovasi-inovasi baru yang berguna bagi lingkungan masyarakat.

Namun, para orang tua dan guru tidak bisa memaksa anak untuk melakukan berbagai macam kegiatan yang dapat menunjang kreativitas anak, karena dapat menimbulkan gejala stres pada anak serta rasa tertekan karena semua harapan yang Anda berikan kepada mereka. Maka dari itu, doronglah semangat mereka dalam batas yang wajar, jangan terlalu berlebihan dan agresif menyuruh anak untuk melakukan berbagai macam kegiatan di luar jam sekolah. Hal tersebut dapat menambah beban belajar mereka di luar kemampuan mereka.

Pada tahap ini, orang tua dan guru bisa memberikan kesempatan bagi anak untuk bebas menyelami bakat dan minatnya sendiri. Peran orang tua dan guru, yaitu sebagai pembimbing dan pendukung anak ketika mereka sedang lelah dan hampir menyerah dengan mimpi, bakat dan minat yang selama ini mereka tekuni.

Dalam hal ini, orang tua bisa memasukkan anak-anaknya ke tempat kursus yang dapat memfasilitasi bakat mereka. Guru juga bisa memasukkan anak didiknya pada kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai dengan minat dan bakat anak. Anda bisa memberikan berbagai macam pelajaran yang dapat meningkatkan minat anak dalam berkarya di dalam kelas.

Manfaat Berkarya untuk Anak

Adapun beberapa manfaat yang bisa didapatkan anak dari aktif berkarya di sekolah maupun di rumah, sebagai berikut:

1. Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Salah satu manfaat yang didapatkan anak dari aktif berkarya, yaitu mereka dapat meningkatkan kemampuan kognitif serta daya ingat anak. Pernyataan ini didukung oleh suatu penelitian di mana dinyatakan bahwa sekitar 70 persen pasien yang menderita Alzheimer dan demensia yang mengikuti kelas seni menunjukkan suatu peningkatan baik dalam hal kognitif dan juga daya ingat mereka.

2. Mengurangi Stres

Beberapa penelitian mengatakan bahwa melakukan kegiatan yang kita sukai seperti membuat karya seni maupun hobi lainnya dapat meningkatkan produksi endorfin dan mengurangi stres yang dialami. Hal ini sangat penting untuk diketahui dan dilakukan anak saat belajar di kelas maupun di rumah. Selain dapat menghilangkan rasa cemas berlebihan, menghasilkan karya seni juga dapat menurunkan tekanan darah.

3. Merangsang Imajinasi dan Kreativitas

Membuat suatu karya dapat membangunkan otak sebelah kanan Anda dan juga dapat meningkatkan kreativitas serta imajinasi seseorang. Bukan hanya itu saja, tetapi dengan berkarya, Anda juga bisa melihat dunia dengan cara pandang yang berbeda sehingga meningkatkan kemampuan Anda dalam mengatasi suatu permasalahan dengan cara pandang yang kritis dan juga kreatif.

4. Meningkatkan Kemampuan Mata

Dengan aktif berkarya maka kemampuan Anda dalam memperhatikan sesuatu secara detail menjadi lebih meningkat. Kemampuan ini sangat bagus untuk dimiliki anak-anak, karena dengan begitu mereka bisa lebih peduli terhadap lingkungan sekitarnya.

5. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Biasanya seseorang akan merasa puas, bangga dan percaya diri dengan hasil karya yang mereka hasilkan dengan sendiri. Bentuk pencapaian yang diraih anak-anak selama kegiatan belajar tentu saja dapat meningkatkan rasa percaya diri mereka untuk tampil dan berani berkarya.

7 Kegiatan Seni yang Bisa Membantu Meningkatkan Kreativitas Siswa di Kelas
Tips meningkatkan kreativitas siswa dengan kegiatan seni. Apa saja kegiatan seni di sekolah? Guru memiliki andil besar untuk mengembangkan kreativitas siswa melalui proses pembelajaran.

7 Tips Pembelajaran Agar Anak Aktif Berkarya

Adapun beberapa tips pembelajaran agar anak aktif berkarya di dalam kelas. Berikut penjelasannya.

1. Membuat Strategi Belajar

Salah satu tips yang harus diperhatikan oleh setiap guru ketika ingin melakukan proses belajar, yaitu memperhatikan dan membuat strategi belajar yang cocok untuk anak didiknya. Misalnya jika Anda ingin meningkatkan kreativitas anak dalam berkarya maka Anda harus bisa membuat strategi belajar yang dapat memenuhi tujuan belajar tersebut, misalnya dengan menerapkan model Project Based Learning. Apa itu Project Based Learning? Project Based Learning merupakan metode pembelajaran yang mampu mendorong pengetahuan dan keterampilan siswa melalui pembuatan proyek, baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan sesuai masalah yang ada.

2. Menciptakan Ruang Belajar yang Kondusif

Untuk menstimulasi imajinasi dan kreativitas anak, sebagai guru dan juga orang tua Anda harus bisa menyesuaikan ruang belajar anak yang kondusif, tidak membosankan dan bisa membuat anak nyaman serta semangat dalam belajar dan juga berkarya. Anda bisa menambahkan lukisan-lukisan yang indah, tanaman yang segar, memperhatikan bias cahaya yang masuk ke dalam ruangan, kondisi udara yang masuk, serta suhu ruangan yang baik untuk anak. Dengan begitu, anak-anak bisa makin aktif dan tidak merasa terganggu ketika sedang asyik berkarya atau belajar di dalam ruangan tersebut.

3. Memberi Kebebasan untuk Bereksplorasi

Pada umumnya, anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi terhadap segala macam hal yang baru ditemuinya, termasuk dalam menghasilkan suatu karya yang berpengaruh secara luas, seperti yang mereka lihat di beberapa siaran televisi, surat kabar, maupun media sosial. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk memberikan mereka kebebasan untuk bereksplorasi dan mempelajari banyak hal-hal baru yang ada di sekelilingnya.

Jangan terlalu sering memberikan larangan dan bahkan memaksa mereka untuk melakukan sesuatu, padahal mereka tidak menyukai hal tersebut. Dalam hal ini, Anda memiliki peran sebagai pembimbing dan motivator mereka dalam pembuatan karya yang bermanfaat bagi umum.

4. Sering Melakukan Praktik daripada Teori

Kita bisa karena terbiasa. Kamu pernah mendengar ungkapan tersebut, ‘kan? Ungkapan tersebut menjelaskan bahwa banyaknya latihan-latihan yang sering dilakukan anak secara konsisten dan bertahap, seperti melakukan praktik pembuatan karya, karena mereka sudah terbiasa dalam berkarya maka kemungkinan besar mereka juga akan bisa dan karya yang dihasilkannya makin berkembang dengan baik.

5. Memberikan Pengalaman Baru

Anda juga bisa menceritakan beberapa pengalaman yang pernah Anda lalui. Percayalah bahwa pengalaman tersebut bisa menjadi salah satu motivasi anak didik Anda untuk berkembang dan terus berkarya. Pengalaman yang dibagikan disesuaikan dengan kendala maupun fokus dari anak Anda dalam berkarya.

6. Mengisi Waktu Senggang untuk Tampil di Depan Kelas

Hal lain yang dapat dilakukan, yaitu melatih anak didik Anda untuk tampil di depan kelas. Berkarya tidak hanya berhubungan dengan seni saja, tetapi juga berani tampil di depan umum dengan penuh percaya diri. Sehingga dengan melatih anak didik Anda tampil di depan kelas, maka Anda sudah selangkah lebih maju dalam mempersiapkan mereka untuk lebih yakin dalam menunjukkan karya-karya terbarunya.

8 Tips Mudah Meningkatkan Literasi Anak di Kelas
Literasi selalu bersinggungan dengan kemampuan dan keterampilan seseorang dalam berbahasa. Ini tips meningkatkan literasi

7. Memberikan Pujian atau Apresiasi

Hal terakhir yang bisa Anda lakukan, yaitu berikanlah mereka pujian saat mereka menunjukkan kreativitas atau karyanya. Bentuk pujian dan apresiasi yang Anda berikan kepada mereka, terasa sangat berarti dan membuat mereka semakin percaya diri untuk terus berkarya. Maka dari itu, berikanlah pujian dan hargailah apa yang telah mereka hasilkan, walaupun hasilnya belum maksimal.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai tips pembelajaran agar anak aktif berkarya di dalam kelas. Semoga bermanfaat dan teruslah memberikan mereka semangat untuk terus berkarya bagi masyarakat luas.

Agnes Meilina

content writer - content creator - reviewer books

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.