8 Tips Mudah Meningkatkan Literasi Anak di Kelas

teaching 29 Mei 2021

Di tengah perkembangan teknologi yang semakin pesat dan canggih, bisa kita lihat bahwa kesadaran akan betapa pentingnya membaca di kalangan anak kecil sampai dewasa semakin menurun. Padahal banyak sekali keuntungan yang akan kita dapatkan dari membaca sebuah buku. Dengan membaca, Anda bisa memperoleh banyak sekali informasi secara detail maupun tersirat. Selain itu, kegiatan membaca adalah cara yang paling efektif untuk menggali ingatan-ingatan yang sebelumnya kita miliki atau bisa dikatakan sebagai cara untuk me-recall memori yang kita miliki. Beberapa ahli juga pernah mengatakan bahwa dengan membaca seseorang akan terhindar dari demensia, yaitu kerusakan pada sistem syaraf yang mana salah satu dampaknya yaitu penurunan daya ingat. Namun, apa tips mudah meningkatkan literasi anak di tengah era digital seperti ini?

Nah, sebelumnya apakah kamu tahu apa yang dimaksud dengan literasi?

Pengertian literasi menurut laman Wikipedia yaitu literasi merupakan sebuah kemampuan dan keterampilan yang dimiliki seseorang dalam membaca, menulis, menghitung sampai memecahkan sebuah permasalahan di dalam kehidupan sehari-hari.

Tujuan Literasi

Bisa dikatakan bahwa literasi selalu bersinggungan dengan kemampuan dan keterampilan seseorang dalam berbahasa. Setiap kegiatan pasti memiliki tujuannya masing-masing. Hal ini juga berlaku pada literasi. Berikut merupakan tujuan dari adanya kegiatan literasi.

1. Dapat Menciptakan dan Mengembangkan Budi Pekerti

Membaca buku sama halnya dengan mencari pengalaman. Sama halnya pada jenis-jenis buku, ada buku pelajaran yang sering digunakan siswa sebagai pedoman dalam belajar, ada buku nonfiksi seperti tips untuk belajar, berkarya dan self improvement¸ dan buku fiksi seperti buku dongeng, kumpulan cerpen, puisi, sajak, dan novel. Banyak sekali pengalaman yang didapatkan dari membaca sebuah buku. Dengan membaca buku siswa juga dapat mengembangkan budi pekerti yang baik di dalam dirinya.

2. Dapat Menciptakan Budaya Membaca

Di tengah perkembangan zaman yang saat ini serba digital, budaya membaca dikatakan hampir menghilang. Bahkan bisa dikatakan banyak sekali anak muda saat ini yang membaca kalimat panjang saja sudah malas. Dengan adanya strategi pembelajaran yang diterapkan Kemendikbud, yaitu mengenai meningkatkan literasi anak bangsa, sangat diharapkan bahwa kegiatan tersebut dapat membangun kembali budaya membaca di Indonesia.

3. Dapat Meningkatkan Wawasan

Pernah mendengar ungkapan buku adalah jendela dunia? Ya, ungkapan itu benar adanya. Dengan membaca, Anda akan meningkatkan wawasan yang dimiliki. Hal ini tentunya sangat bermanfaat bagi siswa. Selain itu, dengan kegiatan membaca Anda juga dapat menghindari siswa dari berbagai macam informasi hoaks yang bertebaran di internet. Salah satu manfaat dari membaca yaitu meningkatkan ketajaman seseorang terhadap sebuah informasi, sehingga bisa dipastikan bahwa seseorang yang gemar membaca tidak akan mudah mempercayai informasi yang bertebaran di internet sebelum memastikan kebenaran informasi tersebut.

4. Dapat Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis

Selain itu, dengan literasi siswa juga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Hal ini dapat terjadi karena siswa telah dilatih untuk membaca buku dan menemukan banyak informasi dari buku-buku yang telah dibacanya. Dengan begitu tanpa disadari kemampuan berpikir siswa akan semakin meningkat dan berkembang.

5 Strategi untuk Melatih Anak Mengenali Hoaks dan Misinformasi di Internet
Kata hoax adalah berasal dari Bahasa Inggris dan kini kerap muncul di berbagai media. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), hoaks atau hoax adalah berita bohong atau berita tidak bersumber.

5. Dapat Meningkatkan Kepekaan Seseorang Terhadap Orang Lain

Dengan literasi, kepekaan siswa terhadap seseorang juga dapat dilatih. Misalnya seperti memahami berbagai macam karakter seseorang, tingkah laku, sikap dan cara mereka memandang dan menghargai kita. Semua hal itu akan didapatkan siswa dari kegiatan literasi tersebut.

Tips Meningkatkan Literasi Anak di Kelas

Adapun tips atau cara yang bisa Anda terapkan di dalam kelas untuk meningkatkan literasi anak yaitu sebagai berikut.

1. Menumbuhkan Kesadaran Betapa Pentingnya Membaca pada Anak

Untuk saat ini bisa dikatakan bahwa kesadaran siswa akan betapa pentingnya membaca semakin menurun. Anda bisa melihatnya dari cara siswa dalam menjawab soal ujian yang disediakan dalam bentuk kalimat panjang. Biasanya siswa akan merasa kesulitan ketika soal yang diberikan panjang, seperti pada pelajaran Bahasa Indonesia atau soal cerita yang terdapat di salam pelajaran Matematika. Kesulitan yang dialami siswa yaitu sulitnya menemukan informasi penting yang terdapat di dalam soal, sehingga mereka tidak bisa menemukan cara penyelesaian atau solusi dari soal tersebut.

2. Membudayakan Kegiatan Membaca di Kelas dan Sekolah

Sekolah bisa dijadikan sebagai tempat untuk membudayakan kegiatan membaca. Seluruh guru bisa saling bekerja sama dalam menerapkan pembelajaran berbasis literasi di sekolah. Dalam hal ini, guru menyajikan materi dengan secukupnya saja, kemudian siswa bertugas dalam mengembangkan materi tersebut. Selanjutnya tugas Anda sebagai guru yaitu membimbing siswa dalam proses pembelajaran tersebut. Kegiatan literasi ini cocok diterapkan saat pelajaran Bahasa Indonesia, karena kompetensi dasar yang terdapat di dalam pelajaran Bahasa Indonesia yaitu termasuk membaca dan menulis.

3. Membimbing Anak Melalui Sebuah Permainan Literasi

Dalam hal ini Anda bisa mengajak dan membimbing siswa Anda untuk bermain susun balok alfabet, permainan membaca, mewarnai, menghitung atau melakukan sebuah ekspresimen sains sederhana. Atau Anda bisa mengajak siswa di kelas untuk berani tampil di depan kelas untuk menceritakan pengalaman mereka selama liburan. Kegiatan ini bisa Anda terapkan setelah di akhir mata pelajaran. Dengan begitu kegiatan pembelajaran pun tidak akan membosankan.

4. Mengoptimalkan Peran dan Fungsi Perpustakaan Sekolah

Dalam meningkatkan literasi anak di kelas, peran perpustakaan sangat penting. Oleh karena itu, pihak sekolah dan seluruh guru harus saling bekerja dalam memperbaiki dan memaksimalkan peran perpustakaan dalam membangun budaya literasi di sekolah. Hal yang bisa Anda lakukan yaitu dengan menambahkan berbagai macam jenis koleksi buku, memperbaiki tatanan buku dan dekorasi perpustakaan agar terlihat lebih rapi dan indah. Pastikan bahwa perpustakaan di sekolah Anda menarik dan nyaman untuk ditempati seluruh siswa.

5. Memberikan Reward pada Siswa Berupa Buku

Di dalam kegiatan belajar biasanya guru selalu akan memberikan reward dan punishment kepada siswa. Apabila biasanya Anda memberikan makanan atau reward dalam bentuk lain kepada siswa Anda di kelas, untuk saat ini biasakan untuk memberi buku sebagai hadiah kepada mereka. Dengan begitu, secara tidak langsung Anda memiliki inisiatif untuk mengajak siswa Anda untuk membaca buku.

6. Membentuk Komunitas Membaca

Dengan adanya komunitas membaca, siswa bisa berkumpul dan berdiskusi dengan berbagai macam jenis buku yang telah mereka baca. Komunitas membaca ini akan sangat bermanfaat bagi siswa Anda nantinya dalam mencari dan menemukan referensi buku bacaan bagus dan terbaru seputar buku yang mereka sukai.

7. Membiasakan Siswa untuk Menulis Buku Harian

Literasi anak tidak hanya menyangkut kegiatan membaca saja, tetapi kegiatan menulis juga termasuk ke dalam literasi. Biasakan siswa Anda untuk menulis yang mana bisa dimulai dari menulis buku harian. Dengan begitu mereka akan semakin terampil dalam menumpahkan apa yang mereka rasakan dan merangkai kata yang terdapat di dalam pemikirannya.

7 Tips Memanfaatkan Blog dalam KBM Daring
Biasanya blog berisikan tentang informasi pendidikan, materi pembelajaran, pembahasan soal, informasi-informasi tentang pengetahuan umum, dan bahkan cerita yang dikarang oleh penyuka sastra.

8. Membuat Kegiatan Membuat Karya Tulis

Selanjutnya Anda bisa mengadakan beberapa macam kegiatan untuk membuat karya tulis di kelas atau di sekolah. Dengan begitu siswa yang awalnya memiliki kemampuan dalam bidang literasi dapat menunjukkan kemampuan dan keterampilan yang dimilikinya di depan umum. Selain itu, cara ini juga dapat memancing dan memotivasi siswa lainnya untuk melakukan kegiatan yang sama, seperti menulis puisi, membaca puisi dan kegiatan literasi lainnya.

Itulah 8 tips mudah meningkatkan literasi anak yang harus Anda ketahui. Meningkatkan literasi bangsa sangat penting untuk saat ini, yang mana Anda tahu bahwa di masa sekarang siswa lebih akrab dengan ponsel dan media sosial yang memang menarik.

Agnes Meilina

Gemar membaca buku dan menulis di malam hari.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.