Tips Mengoptimalkan WhatsApp untuk KBM Online

teknologi Sep 08, 2020

Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) masih dilakukan secara daring atau online hingga sekarang. Hal ini bertujuan untuk menekan penyebaran virus Corona di sejumlah daerah di Indonesia melalui peniadaan kegiatan yang berpotensi memunculkan kerumunan. KBM dengan sistem pembelajaran jarak jauh ini memanfaatkan berbagai aplikasi pendukung untuk kelancaran pelaksanaannya seperti aplikasi chatting, video conference, lembar ujian online, kuis interaktif, dan aplikasi lainnya.

Dari sekian banyak aplikasi yang bisa digunakan sebagai penunjang belajar, aplikasi chatting merupakan yang paling dekat dengan masyarakat karena telah digunakan hampir setiap hari sebagai alat komunikasi jarak jauh, bahkan sebelum pandemi datang.

WhatsApp (WA) merupakan salah satu aplikasi chatting yang paling umum digunakan selama proses KBM online.

WA memiliki beberapa keunggulan seperti tampilan interface yang sederhana sehingga mudah dimengerti, dan penggunaan aplikasinya tidak menghabiskan kuota internet yang banyak.

Perlu diketahui oleh para guru bahwa fitur WA tidak hanya sebatas chat saja. WA memiliki beberapa fitur menarik yang dapat membantu guru dalam melaksanakan program KBM online. Mari kita lihat tips mengoptimalkan WA untuk KBM online di bawah ini.

Tips Mengoptimalkan WA untuk KBM Online

Pada artikel ini, kita akan membahas beberapa fitur yang ada pada aplikasi WA agar penggunaannya dapat optimal untuk pelaksanaan KBM online bagi guru dan siswa. Fitur-fitur tersebut diantaranya adalah voice note, attachment, description, notification, semat chat, search, favorite message, dan export chat.

Gunakan voice note (pesan suara) untuk sesi tanya jawab.

Jika di ruang kelas memungkinkan adanya interaksi langsung antara guru dan siswa, lalu bagaimana dengan proses KBM yang dilakukan secara online? Jawabannya adalah tetap bisa dilakukan. Proses interaksi tidak hanya bisa dilakukan melalui video conference, tetapi juga mampu diwujudkan pada aplikasi pesan singkat seperti WA.

WA memang tidak bisa melakukan panggilan video dengan banyak user. Bahkan pembaharuan terkini-nya hanya mampu melakukan panggilan video dengan 8 user saja. Akan tetapi, guru bisa memanfaatkan fitur voice note atau pesan suara untuk menghadirkan interaksi dengan murid agar KBM online tetap menjadi kelas yang ‘sehat’.

Sebagai contoh, guru dapat melakukan sesi tanya-jawab terkait materi ajar dengan siswa melalui fitur voice note. Melalui voice note, guru dapat mengetahui sejauh mana materi yang sudah dicerna siswa, lebih baik daripada ketikan. Hal ini dikarenakan voice note dikirim secara langsung sehingga apa yang diutarakan siswa adalah sesuatu yang memang ada di kepala mereka. Pengirimannya yang secara langsung tanpa bisa diedit juga membuat voice note menjadi salah satu solusi untuk meminimalisir kecurangan yang mungkin dilakukan siswa.

Manfaatkan attachment (lampiran) sebagai media belajar interaktif.

KBM online menuntut para guru untuk berpikir out of the box. Kondisi pandemi COVID-19 memang bukanlah kondisi yang biasa, sehingga guru harus memiliki banyak inovasi luar biasa dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh ini. Ketika KBM masih dilakukan di ruang kelas, guru mungkin dapat membuat penyampaian materi menjadi menarik melalui story telling dan gestur tubuh. Lalu cara apa yang bisa dilakukan pada KBM online yang wujudnya tak kasat mata ini?

Guru dapat menciptakan proses KBM yang menyenangkan dengan pemanfaatan media belajar interaktif seperti foto, video, serta audio. Dan semua itu bisa dilakukan melalui WA pada fitur attachment atau lampiran berlambang klip di samping kotak ketik. Guru dapat membuat kreasi bahan ajar yang disampaikan dengan media-media tersebut agar kelas tidak membosankan bagi murid. Atau guru dapat mencari bahan ajar interaktif dari platform belajar online seperti kejarcita.id lalu mengirimkannya ke grup kelas di WA.

Mengisi kolom description (deskripsi) untuk pembaharuan jadwal.

Salah satu kelebihan dari KBM online yaitu waktu yang fleksibel bagi guru dan siswa. Akan tetapi, hal ini dapat menjadi bumerang jika tidak diatur dengan benar. Terkadang ada saja siswa yang masih lupa dengan jadwal dan ada juga guru yang mengganti jadwal secara mendadak.

Sebagai langkah antisipasi terjadinya miskomunikasi jadwal kelas, kolom description atau deskripsi merupakan solusi yang bisa diterapkan guru. Kolom deskripsi muncul ketika kita meng-klik profil grup. Guru dapat memperbaharui kolom deskripsi secara berkala sesuai jadwal KBM online yang ditetapkan. Dengan penggantian secara berkala ini, diharapkan sudah tidak ada lagi siswa yang tertinggal kelas online menggunakan alasan lupa jadwal karena jadwal sudah terpajang jelas di grup kelas.

Bunyikan notification (notifikasi) dan sematkan grup chat.

Tips selanjutnya akan berguna bagi guru dan siswa dalam menemukan grup chat kelas secara cepat, yakni menggunakan fitur sematkan chat. Fitur ini membuat percakapan yang ingin kita sematkan berada di tiga deret teratas chat WA. Walaupun ada pesan masuk lainnya, chat tersebut tidak akan tertumpuk ke bawah, sehingga tidak ada alasan chat grup kelas telah tenggelam oleh chat-chat lain. Selain itu, guru dan siswa dapat menyalakan fitur notificationatau notifikasi pada chat grup agar tidak tertinggal info penting.

Tandai materi penting dengan favorite message (pesan favorit).

Kelebihan yang dimiliki aplikasi chatting yaitu percakapan yang terjadi dapat tersimpan secara otomatis di memori penyimpanan, tidak seperti video conference yang harus di-record terlebih dulu jika ingin menyimpan bahan ajarnya. Tetapi kelebihan ini juga menjadi sebuah kekurangan karena pesan yang lama dalam sebuah chat akan tertumpuk oleh pesan-pesan baru, terutama untuk grup dengan jumlah anggota yang cukup banyak. Kita cukup kesulitan jika harus men-scroll untuk mencari materi yang disampaikan beberapa hari lalu.

Situasi ini dapat dihadapi dengan memanfaatkan fitur favorite message atau pesan favorit. Fitur favorite message memungkinkan kita untuk menandai percakapan-percakapan penting dalam suatu chat. Percakapan itu kemudian terkumpul dalam suatu ruang sehingga kita bisa melihat percakapan apa saja yang sudah kita beri tanda favorit berbentuk bintang tersebut tanpa perlu men-scroll chat. Kita dapat menggunakan fitur ini untuk menandai modul belajar atau lembar nilai ujian.

10 langkah Mudah dan Cepat Memulai Podcast
Podcast memiliki cara kerja yang mirip dengan radio sehingga Anda dapat mendengarkannya seperti mendengar radio. Format dan konten Podcast berbentuk audio, meski saat ini sudah ada dalam bentuk video.

Masukkan kata kunci pada search (pencarian) untuk menemukan materi.

Selain menggunakan fitur favorite message, kita juga dapat memanfaatkan fitur search atau pencarian untuk menemukan topik belajar yang diinginkan. Pada setiap sesi belajar, guru dapat membuat sebuah kata kunci. Kata kunci tersebut kemudian bisa diketikkan di kolom search jika suatu saat kita ingin menemukan kembali percakapan yang sudah terlewat itu.

Sebagai contoh, guru memulai kelas matematika dengan tagar #BilanganBulat untuk membahas topik Bilangan Bulat. Hal tersebut akan memudahkan guru untuk mereview kelas yang sudah terlaksana serta menemukan berkas-berkas penting seperti lembar ujian dan lembar nilai pada sesi yang dimaksud. Fitur ini juga bisa membantu murid untuk menemukan materi belajar yang dibutuhkan hanya dengan memasukkan tagar tersebut ke kolom pencarian.

Export chat untuk menyalin percakapan ke e-mail.

Salah satu kendala dalam pelaksanaan KBM online melalui aplikasi chatting yaitu terpakainya memori penyimpanan ponsel, terutama jika bahan ajar yang diberikan berupa video, foto, atau modul soft file. Beberapa ponsel yang beredar di pasaran tidak memiliki memori internal yang memadai. Oleh karena itu, kita dapat menyiasatinya dengan menggunakan fitur export chat.

Export chat atau ekspor chat memungkinkan kita untuk menyalin percakapan ke e-mail. Hal ini sangat berguna jika guru mengadakan sesi tanya-jawab dan ingin menyimpan isi percakapan tersebut di tempat lain tetapi ingin membersihkan WA secara berkala agar memori ponsel tidak cepat habis.

Langkah Mudah dan Cepat untuk Memulai Media Belajar dengan Kanal YouTube
Saat ini memulai media belajar semakin mudah. Ada kanal Youtube yang bisa dimanfaatkan. Nah bagaimana ya cara yang mudah dan cepat untuk membuat media belajar dengan kanal YouTube?

Demikian artikel mengenai tips mengoptimakan WA untuk KBM online. Ikuti blog.kejarcita.id untuk mendapatkan kumpulan artikel seputar pendidikan jarak jauh, usaha sosial dan inovasi teknologi.

Anisa Cahyani

"Perempuan yang gemar merangkai kata menjadi tulisan dan juga pemburu matahari terbenam."

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.