10 langkah Mudah dan Cepat Memulai Podcast

teknologi Agt 28, 2020

Anda telah mengenal Podcast? Podcast merupakan rekaman audio internet yang dapat didengar oleh banyak orang, berisi beragam informasi hingga digemari oleh kalangan muda untuk menambah pengetahuan. Istilah Podcast pertama kali digunakan oleh pengguna iPod. Podcast merupakan akronim dari iPod dan broadcasting. Podcast muncul pada tahun 2005, tapi mulai berkembang pada tahun 2011. Perusahaan Apple adalah  yang memopulerkan konsep Podcast hingga kini bisa didengar melalui smartphone apa pun.

Podcast memiliki cara kerja yang  mirip dengan radio sehingga Anda dapat mendengarkannya seperti mendengar radio. Format dan konten Podcast berbentuk audio, meski saat ini sudah ada dalam bentuk video.

Anda dapat memilih siapa dan topik apa yang ingin didengar mirip seperti Anda memilih stasiun radio. BBC merupakan salah satu media asing yang mulanya adalah radio. BBC telah menggunakan podcast untuk merekam dan menyebarluaskan informasi.

Perbedaan mendasar antara radio dan Podcast adalah dari segi investasi. Membuat podcast tidak memerlukan investasi besar dan mudah dilakukan. Selain itu, Podcast umumnya berbentuk rekaman, tidak ada iklan, tidak ada selingan lagu, bebas memilih topik yang ingin didengar, dan dapat didengarkan kapan dan dimana saja. Anda juga bisa meminta pemberitahuan ketika muncul episode baru dari channel favorit. Tidak ada jadwal siaran seperti radio. Podcast yang sudah Anda dengar, juga bisa dihapus sehingga tidak memenuhi memori handphone.

Kelebihan utama Podcast dibanding radio adalah adanya ratusan kategori dan ribuan Podcast yang bisa dipilih sesuai dengan minat dan hobi Anda, seperti seni, bisnis, komedi, pendidikan, games dan hobi, pemerintahan dan politik, kesehatan, anak dan keluarga, musik, agama, kesehatan, ilmu pengetahuan, kebudayaan, olahraga, rekreasi, teknologi, televisi, film, bisnis, pengembangan diri, dan sebagainya.

Podcast tidak mengandalkan frekuensi melainkan media atau platform seperti Spotify, Podcast Addict, Apple Podcast, Google podcast, Anchor, Soundcloud dan lainnya.

Masyarakat Indonesia kian antusias dengan kehadiran Podcast. Hal ini memancing munculnya podcaster, panggilan untuk pembuat Podcast Indonesia yang menyediakan konten menarik untuk didengar, seperti Sudut Pandang, Subjective, Makna Talks, Podcast Awal Minggu, So Mad About Life, Rapot, dan Do You See What I See.

Anda tertarik menjadi podcaster? Berikut 8 langkah mudah dan cepat untuk memulai Podcast.

1.Tetapkan Tujuan

Tetapkan tujuan Anda. Hal ini penting agar Anda dapat membangun image, membidik target pendengar, memberikan konten yang bermakna, dan fokus. Podcast bagi freelancer, pebisnis, atau podcaster yang memandang Podcast sebagai hobi tentu berbeda. Tujuan akan memotivasi Anda untuk terus melanjutkan podcasting.

2.  Membidik Pendengar

Tujuan yang tepat akan memudahkan Anda membidik target pendengar. Podcast bisnis akan membidik orang-orang yang tertarik bisnis, pengelolaan keuangan, investasi, fintech, dan lainnya. Membuat tema Podcast sesuai keahlian yang dimiliki, akan lebih memudahkan Anda, meskipun konten tersebut bersifat hiburan.

3.  Berikan Alasan agar Podcast Anda Didengar

Berikan nilai tambah pada Podcast Anda. Rencanakan untuk membuat lebih dari 10 konten yang potensial dan disukai target. Pilih topik yang dapat dibahas atau dibicarakan panjang lebar sehingga tidak kehabisan pembahasan saat rekaman.

4.  Pilih Nama Acara Anda

Pilih nama acara yang mudah ditemukan dan diingat oleh target konten Anda. Bila nama yang dipilih tidak secara langsung menggambarkan isi konten, Anda dapat menambahkan deskripsi dalam nama acara tersebut. Tentu Anda tidak ingin bila nama yang dipilih, memiliki konten menarik, tapi tidak ada target konten yang dapat menemukannya. Selain itu, nama acara yang dipilih harus juga mudah Anda ucapkan.

5.  Merencanakan Jadwal, Durasi, dan Jumlah Episode

Kapan jadwal yang tepat untuk melakukan Podcast? Jadwal terbaik adalah yang dapat Anda penuhi dengan teratur dan disiplin. Buatlah jadwal yang rutin meskipun Anda hanya mampu melakukannya satu kali dalam satu bulan. Konten berkualitas yang Anda hasilkan setiap bulan akan lebih baik dibandingkan kualitas biasa saja setiap minggu.

Membuat konten dalam bentuk season atau serial akan membantu Anda. Buatlah 6-12 episode dalam setiap season dengan tema tertentu. Beri jeda. Luncurkan season baru dengan tema berbeda dengan proses yang sama. Hindari jeda yang terlalu lama agar pendengar Anda tidak kehilangan momentum.

Durasi Podcast bergantung pada konten. Umumnya, setiap episode berlangsung sekitar 20 hingga 45 menit yang dikategorikan sebagai durasi “sweet spot“. Namun, durasi setiap episode dapat disesuaikan dengan konten dan pendengar Anda.

Berilah nama setiap episode Podcast Anda dengan nama yang tepat. Nama yang tepat memudahkan pendengar mencari berdasarkan nama episode.

6.  Memilih Format Podcast

Format Podcast dapat Anda pilih dan sesuaikan dengan tujuan. Format pun dapat Anda ubah sesuai episode yang telah ditentukan sebelumnya. Secara umum, format yang dapat Anda gunakan adalah monolog (solo), menggunakan bantuan co-host, wawancara, atau format khusus seperti, roundtable (satu host reguler bersama sejumlah tamu), dokumenter, dan docu-drama (campuran antara dokumenter dan drama).

7.  Mulai Merekam

Setelah seluruhnya siap, saatnya Anda rekaman! Tentu sangat baik jika Anda memiliki alat perekam yang memadai dan canggih seperti microphone berkualitas baik, mixer, dan lainnya. Namun, jika Anda belum memilikinya, jangan urungkan niat untuk membuat Podcast. Merekam menggunakan aplikasi perekam yang ada di smartphone juga dapat dilakukan.

Sebelum Anda memulai rekaman, ada baiknya mengenal script dan mempersiapkannya agar memudahkan Anda menyampaikan poin penting acara tersebut.

8. Produksi Podcast

Langkah selanjutnya adalah produksi. Saat inilah Anda perlu mengedit, menyatukan audio yang berbeda, menambahkan musik atau efek, serta memastikan seluruh Podcast Anda sesuai dengan tujuan. Gunakan software sesuai dengan kemampuan Anda. Seiring berjalannya waktu, Anda akan menemukan software yang sesuai untuk meningkatkan kualitas konten. Bila Anda menambahkan musik atau efek, pastikan musik yang Anda gunakan legal dan telah memiliki izin.

9.  Sampul (Cover Art)

Sama seperti memilih judul. Sampul yang menarik sangat penting agar Podcast Anda menarik untuk dibuka saat bersaing bersama ribuan Podcast lainnya. Sampul dapat Anda buat menggunakan aplikasi yang umum seperti Canva. Ukuran ideal sampul adalah 1400 x 100 piksel dalam format jpg atau png dengan ukuran di bawah 500KB.

10.  Publikasi Podcast

Saat rekaman telah siap, saatnya Anda publikasikan Podcast tersebut. Anda  memerlukan akun hosting Podcast atau host media untuk menyimpan rekaman dan memungkinkan pendengar mendengarkan, mengunduh, dan berlangganan Podcast tersebut. Host media akan membantu Anda mengirimkan podcast ke berbagai platform yang didukung seperti Apple Podcast, Sportify dan lainnya.

Hosting gratis dapat menjadi opsi bagi pemula, seperti Podbean, Buzzsprout, Spreaker, Podiant dan Anchor. Layanan gratis ini memiliki keterbatasan fitur dan kapabilitas. Bagi yang telah memiliki pengalaman, Anda dapat membuat situs web sendiri dengan membeli web hosting terpisah.

Latihan Soal SD dengan Salah Satu Platform KBM Online Terbaik
Latihan soal SD maupun jenjang lainnya saat ini bisa dilakukan dengan berbagai cara dan medium. Salah satu cara yang paling mudah dan menyenangkan adalah dengan memanfaatkan layanan pembelajaran daring.

Nah, demikian langkah mudah dan cepat untuk memulai profesi sebagai podcaster. Anda tertarik mencobanya?

Enni Kurniasih

"Penulis, blogger, pemerhati pendidikan dan parenting"

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.