Serunya Berlatih Soal di kejarcita.id Bersama Teman

edukasi 26 Jun 2020

Kegiatan belajar tidak ubahnya menjadi sesuatu yang membosankan bagi sebagian besar siswa. Oleh karenanya, kebanyakan dari mereka tidak betah untuk belajar lama-lama. Hal itu tambah berat ketika anak belajar sendirian tanpa ditemani oleh orang tua ataupun guru. Akhirnya, hasil dari kegiatan belajar tidak dapat dimaksimalkan.

Namun, orang tua tidak perlu khawatir dengan fenomena yang demikian karena ada banyak hal yang bisa dilakukan. Ada banyak cara untuk membuat kegiatan belajar menjadi menyenangkan, salah satunya adalah memotivasi anak untuk belajar bersama teman.

Belajar bersama atau belajar kelompok dinilai menjadi solusi untuk membuat kegiatan belajar lebih menyenangkan dan lebih mudah dipahami.

Belajar kelompok juga sangat disarankan karena dapat membantu anak untuk mengasah kemampuan bersosialisasi. Lebih jauh dari itu, ada banyak manfaat belajar kelompok lainnya yang perlu Anda, sebagai orang tua atau guru, ketahui.

Manfaat Belajar Kelompok Bersama Teman

Memotivasi anak, terutama di usia sekolah dasar, memang butuh cara-cara tersendiri. Anak usia SD belum bisa berinisiatif untuk belajar seperti usia sekolah menengah. Anak juga kerap moody ketika diminta untuk belajar, bahkan tidak jarang anak menunjukkan banyak tingkah agar bisa menghindar dari kegiatan belajar. Oleh karena itu, memotivasi anak untuk belajar kelompok bersama teman adalah salah satu pilihan yang cerdas.

Tentu bukan tanpa sebab kenapa belajar kelompok sangat dianjurkan, berikut beberapa manfaat belajar kelompok bersama teman.

1. Meningkatkan semangat belajar

Satu manfaat yang sangat berarti dari belajar kelompok adalah membuat semangat belajar bisa menjadi meningkat. Saat belajar bersama teman, teman yang bersemangat dapat menularkan semangatnya pada yang lain. Selain itu, sesama anggota kelompok bisa saling berpacu dalam belajar seperti membahas soal dan sebagainya. Belajar kelompok akan lebih menyenangkan dibandingkan dengan belajar sendirian.

2. Meningkatkan pemahaman dan penguasaan materi

Belajar bersama teman juga akan membantu anak meningkatkan pemahaman dan penguasaan materi lho. Materi yang dipelajari bisa materi yang sudah diajarkan oleh guru di sekolah. Artinya, anak mengulang kembali materi sehingga pemahamannya akan materi tersebut jadi lebih baik. Meskipun tidak tertutup kemungkinan untuk mempelajari materi baru. Lagi pula itu bukan hal yang sulit karena materi dan pembahasan bisa ditemukan dengan mudah di internet.

3. Saling membantu meningkatkan kemampuan belajar

Ketika ada seorang teman yang lebih paham dengan materi, ia bisa membantu temannya yang kurang paham. Hal ini tidak hanya meningkatkan kemampuan belajar dari teman yang diajari, tetapi yang mengajari juga akan semakin paham dan meningkat kemampuan belajarnya. Ilmu yang diajarkan pada orang lain akan lebih melekat pada diri seseorang yang mengajarkan itu.

4. Berdiskusi dengan teman

Perkembangan dunia pendidikan membuat anak dituntut untuk menguasai keterampilan berpikir tingkat tinggi atau High Order Thinking Skills (HOTS). HOTS menuntut anak untuk bisa berpikir kritis, kreatif dan inovatif. Luarannya adalah agar anak bisa menyampaikan pendapat hingga berdiskusi dan beradu argumen. Belajar bersama teman akan membuka ruang bagi anak untuk berdiskusi dengan teman sehingga tujuan HOTS tercapai.

5. Melatih tanggung jawab

Tidak seperti belajar sendirian yang bisa dilakukan dengan santai, belajar kelompok membuat anak memiliki tanggung jawab. Setiap anggota kelompok mesti aktif dan berkontribusi terhadap kelompok. Ada amanah yang membuat sikap bertanggung jawab anak menjadi terlatih.

Dalam belajar bersama teman, ada banyak hal yang bisa dilakukan seorang anak. Salah satu hal yang sangat disarankan adalah belajar membahas soal bersama teman. Sebaiknya membahas soal bertipe HOTS agar kemampuan anak lebih terasah. Nah, soal latihan SD dan soal HOTS SD dapat ditemukan di kejarcita.id, lengkap dengan pembahasannya.

Berlatih Soal di kerjacita.id Bersama Teman

Kejarcita.id adalah situs belajar online yang memuat ribuan puluhan ribu soal dan pembahasan gratis untuk latihan di sekolah maupun di rumah. Tak hanya memuat soal dan pembahasannya, kejarcita juga memberikan layanan tanya-jawab dengan tutor berpengalaman jika ada permasalahan seputar belajar.

Sederhananya, kejar cita adalah solusi teknologi untuk dunia pendidikan yang dikembangkan oleh PT Nota Kejar Cita, yang sudah berdiri sejak tahun 2017 lalu. Kami adalah badan usaha sosial yang memiliki visi memberikan kesempatan pendidikan yang merata untuk semua anak Indonesia. Anak-anak di Indonesia bisa mengakses secara soal dan pembahasan secara gratis di situs kejarcita. Baik untuk dipelajari sendiri apalagi berlatih soal bersama teman.

Nah, berikut ini beberapa keunggulan berlatih soal bersama teman di kejarcita.id.

1. Pendaftaran sangat mudah

Pendaftaran akun kejarcita.id dapat dilakukan dengan mudah. Terdapat dua jenis akun yaitu gratis (free) dan berbayar (premium). Anda dapat memilih mendaftarkan akun gratis untuk mencoba layanan kejarcita.id dan mengakses kumpulan soal dan pembahasannya. Selain itu, akun premium akan memberikan fasilitas ekstra dengan tambahan soal dan pembahasan premium serta bebas bertanya pada tutor. Silahkan sesuaikan dengan kebutuhan anak atau siswa.

2. Bisa diakses dengan gratis

Soal-soal di kejarcita.id dapat diakses dengan gratis lho. Tidak hanya soal, materi pun dapat diunduh dengan gratis dan mudah di situs kerjacita.id. Hal ini akan sangat membantu anak dalam belajar, baik belajar secara individu atau bahkan belajar bersama teman.

3. Pembahasan lengkap dengan videonya

Pembahasan soal tidak hanya berupa teks melainkan juga dibahas dengan video. Adanya video pembahasan soal ini akan membuat anak-anak lebih mudah paham tentang cara menyelesaikan sebuah soal.

4. Tersedia soal-soal bertipe HOTS

Belajar bersama teman di kejarcita.id jadi semakin menyenangkan dan seru karena terdapat berbagai soal tipe HOTS yang bisa dikerjakan atau dibahas bersama oleh anak dan teman-temannya. Soal-soal tingkat tinggi ini akan mengasah kemampuan anak untuk berpikir kritis, kreatif dan inovatif.

5. Tersedia kuis untuk menguji pemahaman materi

Kejarcita juga memuat berbagai kuis dengan berbagai materi yang bisa membantu anak dan temannya mengevaluasi pemahaman mereka terhadap sebuah materi. Kuis-kuis ini dapat diakses dengan gratis juga lho. Terdapat batas waktu pengerjaan kuis yang akan membantu anak belajar memanajemen waktu dalam sebuah tes.

Trik Mengerjakan Soal Latihan SD Sambil Mendengarkan Musik
Benarkah musik bisa meningkatkan motivasi dan konsentrasi belajar ? jika benar, bagaimana cara yang ideal mendengarkan musik kepada anak sambil mengerjakan latihan soal dan tugas ?

6. Berbagai pilihan mata pelajaran dan jenjang pendidikan

Terdapat materi dan soal-soal berbagai mata pelajaran di kejarcita.id seperti Matematika, Bahasa Inggris, IPA, IPS, Bahasa Indonesia dan sebagainya. Hal ini membuat anak dan teman belajarnya bisa memilih mata pelajaran mana yang ingin dipelajari bersama. Lebih lanjut, materi dan soal-soal yang tersedia juga mencakup jenjang sekolah dasar hingga sekolah menengah.

7. Akses premium yang murah

Akses premium tentu akan memberikan fasilitas yang lebih baik bagi anak atau siswa. Kabar baiknya, akun premium kejarcita.id bisa didaftarkan dengan harga yang terjangkau. Akun tipe premium akan memberikan akses pada soal-soal tipe HOTS yang akan lebih mengasah kemampuan berpikir anak atau siswa.

7 Tips Agar Mengerjakan Latihan Soal Jadi Menyenangkan
Latihan bertujuan untuk membiasakan diri dengan berbagai kemungkinan yang ada. Salah satunya yaitu berlatih mengerjakan soal-soal latihan.

Berlatih soal bersama teman memang menyenangkan, tetapi anak bisa mendapatkan keseruan yang lebih jika bisa mendiskusikan soal dan menonton video pembahasannya sekaligus. Sebagai badan usaha sosial yang memiliki perhatian akan kemajuan pendidikan di Indonesia, kejarcita.id memberikan kemudahan bagi anak untuk berlatih soal bersama. Kami menyediakan kumpulan materi, soal dan video pembahasan yang dapat membantu proses belajar anak. Maka dari itu, yuk rasakan serunya berlatih soal di kejarcita.id bersama teman.

Fadli Hafizulhaq

Narablog yang memiliki perhatian terhadap dunia pendidikan dan menetap di kota Padang.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.