7 Tips Agar Mengerjakan Latihan Soal Jadi Menyenangkan

edukasi Jun 16, 2020

Latihan bertujuan untuk membiasakan diri dengan berbagai kemungkinan yang ada. Salah satunya yaitu berlatih mengerjakan soal-soal latihan. Selain membiasakan diri dengan soal-soal yang mungkin akan muncul dalam ujian, mengerjakan latihan soal juga bertujuan untuk mengulang kembali bahan ajar yang diberikan guru di sekolah.

Kelas formal di sekolah umumnya dilaksanakan selama 5 hari dalam satu minggu dari pagi hingga petang. Mau tidak mau, kita harus menyisihkan waktu di luar jam kelas tersebut untuk mengulang kembali materi yang didapat dalam wujud berlatih soal-soal. Sehingga sudah pasti sebagian waktu kita dihabiskan untuk belajar. Proses yang dilakukan secara berulang-ulang, termasuk kegiatan belajar, lambat laun akan menimbulkan rasa bosan.

Lalu, bagaimana cara mengatasi rasa bosan saat belajar? Tenang saja, penulis akan memberikan 7 tips agar mengerjakan latihan soal jadi menyenangkan untuk kamu yang memiliki masalah serupa. Simak rangkuman berikut ya!

Tips Mengerjakan Latihan Soal Jadi Menyenangkan

Pada artikel kali ini, penulis akan menjelaskan tips mengerjakan latihan soal jadi menyenangkan. 7 tips ini dapat dilakukan untuk mengusir rasa bosan yang melanda. Tips-tips tersebut yaitu:

Tanamkan Pola Pikir “Belajar Itu Menyenangkan”

Pola pikir atau mindset adalah pandangan mental seseorang yang mempengaruhi pendekatan orang tersebut dalam menghadapi suatu fenomena. Pola pikir juga dapat disimpulkan sebagai sekumpulan kepercayaan atau cara berpikir yang mempengaruhi perilaku dan sikap seseorang.

Pola pikir dapat menentukan tingkat keberhasilan hidup, karena cara berpikir yang kita percayai akan menuntun kita untuk mewujudkan kepercayaan tersebut, terlepas hal itu adalah pola pikir positif atau negatif.

Sebagai contoh, ketika kita menanamkan mindset bahwa belajar merupakan kegiatan yang membosankan. Saat kita meyakini hal tersebut sebelum mencobanya, kamu akan tergiring dengan opini dirimu sendiri bahkan sedari awal. Jangankan mengerjakan latihan soal, melihat tumpukan buku dan alat tulis saja akan membuatmu gusar. Kamu sudah kehilangan minat untuk melakukannya.

Oleh karena itu, kamu harus menanamkan pola pikir bahwa belajar merupakan kegiatan yang menyenangkan. Pasti akan cukup sulit pada awalnya, terutama ketika kamu sudah meyakini mindset yang berlawanan seperti di paragraf sebelumnya. Namun kamu dapat merubahnya dengan memikirkan hal-hal positif yang akan kamu dapatkan ketika kamu belajar sebagai pemacu semangat. Saat kamu belajar, kamu berlatih mengerjakan soal-soal yang mungkin saja akan menjadi materi ujian. Kamu pun berpotensi untuk mendapatkan nilai maksimal atau bahkan memiliki peluang besar untuk menjadi yang terbaik di kelas.

Menyiapkan Strategi Belajar

Layaknya di medan perang, belajar pun harus memiliki strategi untuk mencapai tujuan. Tidak mau kan, kalau kerja kerasmu saat belajar menjadi sia-sia? Strategi belajar membantumu fokus untuk menguasai pelajaran. Tak hanya itu saja, membuat strategi belajar juga dapat mengatasi rasa bosan, sehingga mengerjakan latihan soal pun jadi terasa menyenangkan.

Ada lima macam strategi belajar yang biasa penulis lakukan dan dapat kamu terapkan. Diantaranya yaitu: 1) Memilih jam-jam tertentu untuk belajar, 2) Memperkirakan lama waktu yang dibutuhkan untuk menguasai sebuah topik pembelajaran, 3) Mengelompokkan subjek pelajaran yang sangat disukai dengan subjek yang kurang diminati, 4) Membuat perencanaan terhadap soal-soal rumit dan soal-soal mudah, 5) Beristirahat ketika lelah.

Mendengarkan Musik Menghilangkan Stress

Sebagian orang beranggapan bahwa mendengarkan musik sambil belajar dapat meningkatkan fokus atau konsentrasi. Mengapa demikian? Mengerjakan latihan soal seringkali dikaitkan dengan kegiatan yang membosankan dan menimbulkan stress. Menurut hellosehat.com, mendengarkan musik dapat meningkatkan hormon dopamin yang bertanggung jawab atas perasaan bahagia dan menurunkan hormon kortisol yang menjadi pemicu stress. Itu sebabnya segala macam gejala stress yang menyertai saat mengerjakan latihan soal dapat mereda selama kamu mendengarkan musik.

Penelitian tentang jenis musik yang cocok untuk didengarkan sambil belajar memang belum ada. Teori yang sudah ada hanya sebatas pembuktian bahwa alunan suara musik yang lebih stabil dengan volume yang tidak terlalu keras dapat membantu, terlepas apapun genre-nya. Tetapi, penulis menyarankan bahwa musik yang didengar sebaiknya disesuaikan dengan aktivitas yang kamu lakukan. Sebagai contoh, kamu dapat memutar musik dengan tempo lambat jika butuh efek menenangkan.

Trik Mengerjakan Soal Latihan SD Sambil Mendengarkan Musik
Benarkah musik bisa meningkatkan motivasi dan konsentrasi belajar ? jika benar, bagaimana cara yang ideal mendengarkan musik kepada anak sambil mengerjakan latihan soal dan tugas ?

Membuat Suasana Nyaman untuk Belajar

Kenyamanan mungkin bukan faktor utama, tetapi dapat menjadi faktor pendukung yang maksimal. Pengertian kenyamanan diri adalah multitafsir, karena semuanya bergantung kepada pilihan masing-masing. Sedangkan nyaman merupakan suatu keadaan telah terpenuhinya kebutuhan dasar manusia.

Banyak faktor yang dapat menjadi penunjang untuk mendapatkan kenyamanan saat belajar. Salah satunya yaitu mencari tempat favorit atau merancang ruangan itu sendiri. Sebagai contoh, jika kamu merasa lebih fokus belajar di perpustakaan maka disarankan untuk mengunjunginya. Atau jika kamu lebih suka belajar lesehan di lantai daripada di meja belajar maka dapat kamu sesuaikan kondisinya di rumah. Carilah suasana terbaik yang sekiranya dapat meningkatkan semangat saat mengerjakan latihan soal.

Menggunakan Metode Belajar Yang Unik

Pernahkah kalian menggunakan metode yang berbeda dari biasanya saat belajar? Jika pernah, metode seperti apa yang kalian gunakan? Penulis memiliki tiga metode belajar yang dapat memudahkan dalam mengerjakan latihan soal.

Pertama, kamu dapat mengubah materi hafalan menjadi sebuah lagu. Hal tersebut akan membuatmu mudah untuk mengingatnya sehingga tidak mengalami kendala saat mengerjakan soal. Kedua, kamu dapat menjadikan materi belajarmu sebuah permainan. Sebagai contoh, kamu bisa memanfaatkan flashcards untuk saling menebak rumus fisika bersama teman. Ketiga, kamu dapat memanfaatkan platform latihan soal digital seperti KEJARCITA.ID. Soal-soal yang dimiliki beraneka ragam sehingga kamu tidak akan bosan akibat mengerjakan latihan soal yang itu-itu saja.

Menyiapkan Camilan Kesukaan

Apakah ada yang menolak kudapan? Tentu saja tidak. Ketika kamu sudah mengerjakan latihan soal dengan sekuat tenaga, kamu juga harus ingat untuk memberikan perutmu asupan ya! Keberadaan cemilan mungkin terdengar tidak penting, tetapi pikiran akan mudah hilang konsentrasi ketika perut tidak terisi. Camilan yang disarankan pastinya harus sehat agar kamu mendapat bahan bakar tenaga yang maksimal. Kudapan ringan yang tinggi protein dan serat akan membuatmu tetap kenyang. Makan di sela-sela belajar juga menjadi kegiatan penghilang rasa bosan dan pastinya menyenangkan.

Memberi Hadiah untuk Diri Sendiri

Sangat banyak orang yang belajar mati-matian demi meraih cita-cita. Tetapi tidak semua orang dapat menghargai proses yang telah dilaluinya. Banyak cara agar kita terus konsisten menjalani rencana yang sudah dibuat untuk menggapai kesuksesan, salah satunya yaitu memberikan diri sendiri sebuah hadiah.

Setelah proses panjang yang kita lalui, kita layak untuk mengapresiasi diri. Misalnya, kamu sudah bekerja keras untuk mengerjakan latihan soal sebanyak tiga bab pelajaran dan kamu berjanji akan membelikan dirimu satu loyang pizza. Atau kamu ingin jalan-jalan ke pantai jika kamu berhasil memecahkan soal matematika yang sangat rumit. Niscaya kamu akan semakin bersemangat ketika berusaha memecahkan target-target belajar selanjutnya. Mengerjakan latihan soal pun terasa sangat menyenangkan.

Tips Membuat Soal Latihan Sendiri di Rumah
Kemajuan teknologi memungkinkan murid untuk menyerap ilmu dari berbagai sumber. Termasuk media online yang kini sangat mudah dijangkau dan menjadi sumber utama penyebaran informasi secara cepat. Tidak sulit tetapi tidak juga mudah untuk membuat soal latihan sendiri di rumah.

Sesuatu yang kamu tanam adalah hal yang kamu tuai. Begitu pula jika ingin mengerjakan latihan soal menjadi menyenangkan. Rasa senang itu ada ketika kamu berusaha untuk menciptakannya, bukan berharap dapat berubah dengan sendirinya. Yakinkan dirimu terlebih dulu bahwa mengerjakan latihan soal memanglah menyenangkan. Setelah itu, kamu dapat menciptakan rasa senang tersebut dengan melakukan beragam upaya seperti contoh-contoh di atas. Terus semangat dalam mengerjakan latihan soal ya!

Demikian artikel mengenai 7 tips agar mengerjakan latihan soal jadi menyenangkan. Ikuti blog.kejarcita.id untuk mendapatkan kumpulan artikel seputar pendidikan jarak jauh, usaha sosial dan inovasi teknologi.

Anisa Cahyani

"Perempuan yang gemar merangkai kata menjadi tulisan dan juga pemburu matahari terbenam."

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.