Peran Guru BK untuk Mencegah Pergaulan Bebas Remaja

teaching 21 Jan 2024

Guru BK (Bimbingan Konseling) adalah seorang pendidik yang bertugas dalam memberikan bimbingan dan konseling kepada peserta didik. Guru BK berperan penting dalam membantu peserta didik dalam mengembangkan kemampuan belajarnya, menjadi tempat curhat, menangani masalah pribadi peserta didik, serta berperan dalam memberikan bimbingan dalam berbagai aspek kehidupan peserta didik.

Selain itu, guru BK juga bertanggung jawab dalam menyelesaikan kasus-kasus yang melibatkan peserta didik di lingkungan sekolah, serta membantu peserta didik dalam menangani masalah sosial atau konflik yang muncul. Guru BK memiliki keterampilan khusus untuk menyelesaikan kasus-kasus tersebut.

Guru BK juga dapat membantu peserta didik yang sulit beradaptasi di lingkungan sekolah, termasuk kesulitan dalam mencari teman dan keinginan untuk pindah sekolah. Dalam menjalankan tugas-tugas ini, guru BK berperan penting dalam memberikan dukungan, arahan, dan bimbingan kepada peserta didik untuk mengatasi tantangan dan mencapai perkembangan yang optimal di berbagai aspek kehidupan peserta didik.

Peran Guru BK untuk Mencegah Pergaulan Bebas Remaja

sumber: https://www.pexels.com/

Guru BK memiliki peran penting dalam mencegah pergaulan bebas remaja. Mereka dapat membantu siswa mengembangkan kemampuan belajar, menjadi tempat curhat, menangani masalah pribadi, serta memberikan bimbingan dalam berbagai aspek kehidupan siswa. Selain itu, guru BK juga dapat menangani perilaku pergaulan bebas yang terjadi di kalangan remaja sekolah dengan melakukan pendekatan kepada peserta didiknya yang melakukan kenakalan tersebut dan akan memanggil orang tuanya, kemudian memberikan hukuman sesuai dengan peraturan sekolah yang berlaku, misalnya dalam bentuk skorsing.

Berikut ini merupakan peran guru BK untuk mencegah pergaulan bebas remaja.

1. Berkomunikasi dengan Siswa

Hal pertama yang harus dilakukan sebagai guru ketika ada siswa yang terkena masalah atau butuh bantuan adalah dengan berkomunikasi dengan mereka. Guru BK bisa melakukan komunikasi secara pribadi dengan memanggil siswa ke ruangan BK. Guru juga harus bisa menjaga keamanan dan rahasia siswa supaya siswa lain kali tidak akan ragu memberitahu permasalahannya.

Saat guru bisa membuat siswa terbuka dan percaya kepadanya, maka akan jadi lebih mudah untuk mengajari siswa mengenai karakter. Dengan begitu, siswa akan terhindar dari pergaulan bebas karena karakternya baik.

2. Sebagai Mediator

Peran guru BK supaya bisa mencegah pergaulan bebas siswa di sekolah adalah sebagai mediator antara pihak sekolah dengan orangtua siswa. Dengan ini, guru dan orang tua bisa saling memberikan update mengenai kegiatan dan perilaku siswa di sekolah. Kerja sama ini akan sangat membantu mengatasi kendala dan permasalahan siswa di sekolah.

Saat ada siswa mengalami masalah di sekolah, lebih mudah untuk guru dan orang tua mencari solusi untuk masalah juga. Jadi di sini, sekolah selain memiliki tanggung jawab untuk mendidik siswa juga memiliki tanggung jawab kepada orang tua.

3. Ruang BK yang Nyaman

Di mata siswa, ruang BK bisa dibilang adalah sebagai "pengadilan" untuk siswa yang bermasalah. Sudah saatnya stigma tersebut dihilangkan supaya tidak jadi pengaruh buruk dan siswa tidak lagi merasa takut memasuki ruang BK. Guru BK harus bisa ruang BK terasa nyaman dan aman supaya proses bimbingan dan konseling jadi rileks dan tenang.

Peran Guru BK di Sekolah untuk Perkembangan Siswa
Jika Anda seorang guru BK, Anda pasti pernah mengikuti pelatihan konseling atau berpengalaman memberi konseling pada orang lain. Pengalaman tersebut sebagai bekal bagi Anda untuk mengatasi siswa yang membutuhkan konseling.

Ruang BK juga bukan hanya jadi tempat untuk siswa yang bermasalah, tetapi juga untuk siswa yang ingin belajar mengenai karakter. Kalau mereka merasa nyaman, mereka mau belajar mengenai karakter supaya lebih baik lagi dan terhindar dari pergaulan bebas.

4. Menjadi Pendengar yang Baik

Saat siswa mengalami kesulitan dan menceritakan masalah yang ia hadapi, sebagai guru BK harus bisa jadi pendengar yang baik. Hal tersebut juga merupakan tujuan utama dari bimbingan konseling (BK) di sekolah.

Biasanya, siswa yang sedang bingung atau memiliki permasalahan membutuhkan pendengar untuk mencurahkan dan mendengarkan isi hati mereka. Dengan menjadi pendengar yang baik, siswa bisa jadi sedikit berkurang beban beratnya yang selama ini ditanggung sendiri. Dengan memiliki orang yang bisa diajak berbicara, mereka jadi punya tempat pelampiasan yang baik dan bukan dengan salah bercerita dan salah pergaulan di luar sana.

5. Menasihati Tanpa Menggurui

Salah satu hal yang pastinya dilakukan oleh setiap guru BK adalah untuk memberikan nasihat yang baik. Pastikan dalam memberi nasihat, jangan sampai terlalu menggurui. Siswa bisa menjadi keras hati dan malah tidak nyaman bercerita kepada guru BK.

Jadi yang perlu diingat adalah untuk tidak menghakimi siswa dan masalahnya. Tidak ada siswa yang harus dianggap buruk mengenai pilihan yang diambil. Berikan nasihat yang bijak agar siswa bisa mengambil nilai-nilai baiknya.

6. Pengembangan Siswa

Guru BK harus bisa menciptakan lingkungan belajar yang kondusif untuk memfasilitasi perkembangan peserta didik dalam karakternya. Oleh karena itu, program bimbingan harus sistematis dan berkesinambungan. Ini supaya peserta didik mencapai perkembangan karakternya dan tidak jatuh ke pergaulan bebas.

7. Memberikan Motivasi pada Siswa

Seorang guru BK harus mampu menjadi motivator belajar bagi siswa. Dengan memberikan motivasi kepada siswa, diharapkan ia akan jadi penyemangat dan pemacu siswa untuk jadi lebih baik lagi. Selain itu juga dengan motivasi tersebut, siswa jadi terbuka matanya untuk tidak jatuh ke pergaulan bebas.

Lalu bagaimana cara guru BK mengidentifikasi siswa yang melakukan pergaulan bebas?

Guru BK dapat mengidentifikasi siswa yang melakukan pergaulan bebas melalui beberapa cara. Pertama, guru BK dapat mengamati perubahan perilaku siswa, seperti perubahan dalam penampilan, perilaku, dan prestasi akademik. Kedua, guru BK dapat melakukan wawancara dengan siswa secara individual untuk mengetahui lebih lanjut tentang masalah yang dihadapi siswa.

Ketiga, guru BK dapat meminta informasi dari guru mata pelajaran atau wali kelas tentang perilaku siswa di kelas. Keempat, guru BK dapat meminta informasi dari orang tua siswa tentang perilaku siswa di rumah. Dengan cara-cara tersebut, guru BK dapat mengidentifikasi siswa yang melakukan pergaulan bebas dan memberikan bimbingan dan konseling yang tepat untuk membantu siswa mengatasi masalah tersebut.

Guru BK dapat memberikan berbagai hukuman kepada siswa yang melakukan pergaulan bebas, seperti berikut.

- Pemahaman dan Empati

Guru BK harus menunjungkan empati terhadap siswa yang melakukan pergaulan bebas dan mencoba memahami alasan di balik perilaku tersebut.

- Arah dan Panduan

Guru BK dapat memberikan arah dan panduan kepada siswa yang melakukan pergaulan bebas, untuk membantu mereka memecahkan masalah dan mengambil keputusan yang bertanggung jawab.

- Konseling dan Bimbingan

Guru BK dapat memberikan konseling dan bimbingan kepada siswa yang melakukan pergaulan bebas untuk membantu mereka mengatasi masalah dan mengembangkan kemampuan mereka.

- Solusi dan Alternatif

Guru BK dapat memberikan solusi dan alternatif kepada siswa yang melakukan pergaulan bebas, untuk membantu mereka menemukan cara yang tepat untuk mengatasi pergaulan bebas.

Strategi Tepat yang Mesti Dilakukan Guru BK untuk Mengatasi Permasalahan pada Siswa
Guru BK profesional harus bisa menguasai materi bimbingan yang dikemas menyenangkan (joyfull guidance), agar interaksi antara guru BK dengan siswa dapat berjalan dengan nyaman, saling membutuhkan serta dapat merefleksikan kebutuhan jiwa

- Kesadaran dan Penghargaan

Guru BK dapat membantu siswa mengharga pergaulan bebas dan mengembangkan kesadaran tentang dampak perilaku tersebut terhadap mereka dan pada lingkungan sekolah.

Dengan memberikan hukuman ini, guru BK dapat membantu siswa mengatasi pergaulan bebas dan mengembangkan kemampuan mereka untuk menjadi individu yang mandiri dan mencapai keputusan dengan tanggung jawab.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.