Pentingnya Taksonomi Bloom pada Merdeka Belajar

edukasi 14 Nov 2021

Saat ini yang semakin berkembang dan bergerak maju bukan hanya teknologi saja, tetapi dunia pendidikan turut mengalami perkembangan, salah satu bentuk dari perkembangan dunia pendidikan yaitu merdeka belajar. Pada kesempatan ini, program merdeka belajar ini siswa maupun mahasiswa memiliki kebebasan untuk memilih bidang yang mereka sukai atau yang ingin dipelajari. Di tengah program merdeka belajar ini, adapun pentingnya taksonomi bloom pada merdeka belajar yang harus Anda ketahui. Apa saja? Simak penjelasan di bawah ini.

Apa yang dimaksud dengan taksonomi bloom?

Taksonomi bloom adalah suatu struktur hirearki yang dapat mengidentifikasi kemampuan setiap individu yang dimulai dari tingkat paling rendah hingga kemampuan tingkat tinggi yang dimiliki individu. Adapun penerapan taksonomi bloom ini sudah digunakan sejak tahun 1950-an yang pada saat itu digunakan pada evaluasi belajar siswa. Saat ini, taksonomi bloom yang digunakan sudah versi revisi dari model taksonomi bloom sebelumnya.

Level/Tingkatan Taksonomi Bloom

Berikut merupakan tingkatan yang terdapat pada taksonomi bloom, antara lain:

- Level 1: Remembering

Pada tingkatan ini, siswa diharapkan dapat mengingat konsep pembelajaran yang telah diaplikasikan atau yang telah dijelaskan oleh guru.

- Level 2: Understanding

Pada tingkatan ini, siswa diharapkan dapat memahami konsep pembelajaran, misalnya seperti dapat membuat penafsiran dari konsep yang dijelaskan, memberikan contoh, meringkas, menyimpulkan, hingga dapat menjelaskan konsep belajar yang telah dipelajari.

- Level 3: Applying

Pada tingkatan ini, siswa diharapkan sudah dapat melakukan ataupun menggunakan prosedur yang dimiliki konsep belajar untuk diterapkan dalam kehidupan nyata.

- Level 4: Analyzing

Pada tingkatan ini, siswa berkesempatan untuk mulai mengembangkan dan mengaplikasikan pemahaman yang mereka miliki tentang materi pembelajaran. Selain itu, siswa sudah mampu untuk menyelesaikan beberapa permasalahan serta menemtukan bagian-bagian yang bisa dijadikan solusi dari permasalahan tersebut.

- Level 5: Evaluating

Pada tingkatan ini, siswa dapat membuat penilaian maupun kritik berdasarkan kriteria pembelajaran.

- Level 6: Creating

Pada tingkatan ini, siswa sudah memiliki kemampuan dan keterampilan kognitif. Pada kesempatan ini, siswa sudah bisa memberikan hasil belajar, mulai mampu membuat perencanaan ataupun memproduksi sesuatu yang baru.

Apakah taksonomi bloom penting untuk diterapkan?

Pada situasi saat ini, yaitu ketika program merdeka belajar diterapkan taksonomi bloom digunakan untuk menentukan level kognitif siswa. Dengan demikian guru bisa lebih mudah untuk menentukan materi pembelajaran siswa, pemetaan konsep dalam kegiatan belajar yang akan dijelaskan secara e-learning, serta taksonomi bloom juga berfungsi sebagai standar dari pencapaian hasil belajar siswa.

Adapun 3 ranah yang terdapat pada taksonomi bloom mengenai tujuan pendidikan, yaitu sebagai berikut:

1. Kognitif

Ranah kognitif dalam taksonomi bloom akan berfokus pada perilaku siswa yang menekankan kepada kemampuan intelektual mereka. Perilaku siswa akan menunjukan bagaimana kemampuan berpikir mereka serta kecerdasan yang mereka miliki.

2. Afektif

Ranah afektif ini akan berfokus pada perilaku siswa yang menekankan sisi emosional dan perasaan yang mereka miliki. Sebagai contoh dari ranah ini yaitu seperti minat, bakat, sikap dan cara siswa untuk beradaptasi dengan lingkungannya.

3. Psikomotorik

Selanjutnya ranah psikomotorik ini akan berfokus pada perilaku siswa dalam mengaplikasikan sesuatu (hal-hal yang berkaitan dengan kemampuan motorik). Sebagai contoh, ranah ini akan meninjau bagaimana kemampuan olahraga siswa, dan lain sebagainya.

Fungsi Epistemologi dalam Dunia Pendidikan
Epistemologi adalah cabang filsafat yang berkaitan erat dengan asal, sifat, karakter, dan jenis pengetahuan.

Bagaimana Cara Menggunakan Taksonomi Bloom?

Keputusan pemerintah untuk mulai menerapkan merdeka belajar membuat para pendidik untuk mulai menerapkan taksonomi bloom dalam proses kegiatan belajar siswa. Pentingnya taksonomi bloom pada merdeka belajar dapat dilihat dari alasan mengapa taksonomi bloom penting untuk diterapkan, yaitu karena taksonomi bloom dapat membantu guru untuk melihat dan menentukan level kognitif siswa. Dengan penentuan level tersebut, guru akan lebih mudah dalam membuat konsep belajar dan menentukan rancangan proses kegiatan belajar siswa. Adapun langkah-langkah yang harus digunakan guru dalam menerapkan taksonomi bloom yaitu sebagai berikut:

1. Menentukan Tujuan Pembelajaran

Hal pertama yang harus ditetapkan guru sebelum menerapkan taksonomi bloom yaitu menentukan tujuan pembelajaran. Adapun tujuan pembelajaran yang dibuat guru harus sesuai dengan kemampuan siswa dan sesuai dengan materi pembelajaran saat itu.

2. Menentukan Kompetensi Pembelajaran

Setelah guru telah menetukan tujuan pembelajaran serta sudah mengenali kemampuan siswa, maka langkah selanjutnya yaitu guru harus menentukan kompetensi apa yang ingin mereka capai. Dalam menentukan kompetensi tersebut, guru harus memahami serta memperhatikan kemampuan kognitif siswa, supaya mereka tidak merasa terbebani dan siswa tidak berhasil memberikan yang maksimal dalam kegiatan belajarnya.

3. Menentukan Ranah Kemampuan Intelektual Siswa

Langkah selanjutnya yaitu guru harus menentukan ranah kemampuan intelektual siswa. Ranah kemampuan intelektual tersebut harus sesuai dengan kompetensi pembelajaran.

· Ranah kognitif: ranah kognitif pada tingkatan taksonomi ini berkaitan tentang kemampuan siswa dalam memahami, mengingat, menerapkan, dan menganalisis sesuatu.

· Ranah psikomotorik: Ranah psikomotorik pada tingkatan taksonomi ini berkaitan dengan kemampuan siswa dalam beradaptasi, kreativitas siswa, serta perilaku siswa (tindakan siswa selama proses kegiatan belajar berlangsung).

· Ranah afektif: ranah afektif pada tingkatan taksonomi ini berkaitan dengan respon siswa, karakter siswa, serta nilai (kemampuan) yang dimiliki siswa.

4. Menggunakan Kata Kunci Yang Tepat

Pada kesempatan ini, kata kerja kunci ini berfungsi untuk membantu guru dalam menjelaskan materi pembelajaran.

5. Menentukan Media Pembelajaran

Kemudian langkah terakhir yaitu dalam penerapan taksonomi bloom yaitu media pembelajaran yang akan dipakai. Dalam hal ini, media belajar yang dipakai guru harus sesuai dengan taksonomi bloom. Pilihlah media belajar yang dapat dilihar siswa dengan jelas.

Alasan Taksonomi Bloom Penting pada Merdeka Belajar

Adapun beberapa alasan penting mengapa pemerintah ingin menerapkan konsep merdeka belajar saat ini. Berikut adalah penjelasannya:

1. Merdeka Belajar Dapat Mengembangkan Pola Pikir Siswa

Konsep merdeka belajar yang ingin diterapkan pemerintah berfokus pada pengembangan kognitif siswa. Dengan demikian, siswa akan ditantang untuk mampu berpikir secara kritis serta memiliki kemampuan analisis yang baik. Berdasarkan tujuan yang ingin dicapai pemerintah dapat dilihat bahwa penerapan taksonomi bloom pada merdeka belajar adalah keputusan yang bijaksana.

2. Meningkatkan Kecerdasan Siswa

Pada tahun 2019, ranking PISA Indonesia berada pada urutan 74 dari 79 negara. Berdasarkan hasil surveri tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan kognitif anak-anak di Indonesia masih tergolong rendah. Dengan adanya konsep merdeka belajar ini, pemerintah berharap bahwa kemampuan kognitif siswa di Indonesia akan semakin terlatih.

Strategi Guru dalam Mengajar sesuai Kompetensi Siswa
Guru memiliki peran penting dalam pilar pendidikan untuk menciptakan generasi Indonesia. Guru harus bisa mengajar sesuai kompetensi siswa.

3. Inovasi Tingkat Pendidikan

Konsep merdeka belajar adalah bentuk dari inovasi pemerintah terhadap dunia pendidikan. Konsep merdeka belajar ini menuntut siswa untuk menyelesaikan berbagai macam permasalahan yang mereka hadapi, baik masalah tersebut dalam bentuk teori maupun proyek. Selain itu, konsep ini akan membawa siswa untuk bisa belajar mengaplikasikan teori/materi pembelajaran yang sudah dipelajari ke dalam kehidupan nyata. Siswa akan belajar untuk mampu membuktikan teori yang sudah dipelajari, bukan hanya sekadar menghafal materi pembelajaran saja.

Pentingnya taksonomi bloom pada merdeka belajar dapat dilihat dari penjelasan di atas. Demikianlah penjelasan mengenai taksonomi bloom serta keputusan pemerintah untuk menerapkan konsep merdeka belajar.

Agnes Meilina

content writer - content creator - reviewer books

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.