Pentingnya Guru Menyusun Kisi-kisi Soal

teaching 6 Apr 2024

Ketika menjelang ujian, banyak siswa yang mencari dan meminta kisi-kisi soal kepada gurunya. Memang ada beberapa guru yang memberikan kisi-kisi soal kepada siswa, namun ada pula yang tidak, karena alasan tersendiri. Sebagai guru, tahukah anda bahwa menyusun kisi-kisi soal ujian cukup penting.

Secara sederhana, kisi-kisi soal adalah kerangka atau poin-poin materi yang dibuat menjadi soal dalam ujian siswa. Kisi-kisi soal bukan untuk melilitkan guru dalam membuat soal itu sendiri, tetapi justru membantu guru dalam membuat soal yang baik, terencana dan sesuai dengan standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pelajaran serta indikator pencapaian. Dengan begitu, guru akan lebih mudah membuat soal yang sesuai dengan kemampuan siswa dan membantu dalam penyebaran soal yang merata.

Biasanya, kisi-kisi soal juga dibagikan kepada siswa sebelum menjelang ujian, ini tidak sama dengan bocoran, melainkan sebagai arahan bagi siswa untuk mempelajari materi penting yang akan diujikan nanti. Jadi, siswa juga bisa merasakan manfaat dari kisi-kisi soal, di mana mereka bisa belajar dengan efektif dan efisien sesuai dengan materi yang dibutuhkan.

Namun perlu diingat juga bagi guru dalam memberikan kisi-kisi soal, jangan memberikan kisi-kisi yang spesifik/langsung mengarah ke soal, karena hal tersebut bisa membuat siswa menyepelekan soal dan mereka menganggap materi yang lainnya tidak penting.

Tips Membuat Kisi-kisi yang Baik

sumber: https://www.pexels.com/

Nyatanya, kisi-kisi soal bukan hanya bermanfaat untuk siswa tetapi juga bermanfaat untuk guru. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk membuat kisi-kisi yang baik. Kisi-kisi soal harus memenuhi persyaratan berikut ini:

1. Mewakili Isi Silabus/Kurikulum atau Materi

Tujuan dibuatnya soal ujian yaitu untuk mengukur kemampuan siswa dalam menangkap, mengingat dan memahami materi pelajaran yang sudah diajarkan sebelumnya. Oleh sebab itu, soal yang dibuat juga harus sesuai dengan materi yang diajarkan, agar siswa bisa mengerjakannya dengan baik. Anda bisa membuat kerangka atau kisi-kisi soal yang sesuai dengan isi silabus/kurikulum atau materi yang sudah diajarkan dengan tepat dan proporsional

Kelebihan dan Kekurangan Soal Pilihan Ganda
Penggunaan soal pilihan ganda biasanya untuk mengatasi kelemahan tes yang berbentuk uraian. Tes uraian terbatas jumlah soalnya

2. Komponennya Diuraikan dengan Jelas

Setelah mengumpulkan bahan materi yang sudah diajarkan sebelumnya dan membuat poin-poin soal yang akan diujikan, maka guru harus mampu menguraikan komponennya dengan jelas dan mudah dipahami siswa. Tujuannya agar siswa bisa memahami pertanyaan dalam soal tersebut dan menjawabnya dengan tepat sesuai yang diharapkan.

3. Kesesuaian Kisi-kisi Soal dan Soalnya

Anda bisa mulai membuat soal yang berkaitan dengan materi yang hendak ditanyakan ke siswa. Periksa kembali soal-soal yang sudah anda buat dan sesuaikan dengan kisi-kisi soal. Sehingga soal memenuhi SK, KD, materi pelajaran dan indikator siswa.

Alasan Pentingnya Guru Menyusun Kisi-Kisi Soal

sumber: https://www.pexels.com/

Berikut ini merupakan beberapa alasan pentingnya guru menyusun kisi-kisi soal, di antaranya yaitu:

1. Pedoman Guru dalam Membuat Soal

Menyusun kisi-kisi bagi guru adalah supaya guru punya pedoman atau pendoman dalam membuat soal yang hendak disusun. Ini adalah aspek yang penting untuk guru sebelum memberikan soal kepada siswa.

Kisi-kisi soal sebagai pedoman akan menjadi acuan bagi guru dan memudahkan dalam pembuatan soal. Dalam kisi-kisi, akan ada ketentuan ruang lingkup untuk guru menulis soal. Dan juga sebagai petunjuk guru dalam menulis soal.

Dengan adanya kisi-kisi penulisan soal, guru tidak akan membuat soal yang menyimpang dari tujuan dan sasaran awalnya. Ini akan membuat guru lebih mudah dan tidak kesulitan dalam membuat soal ujian.

2. Menghasilkan Soal-soal Sesuai dengan Tujuan Ujian

Guru sebagai penulis soal akan menghasilkan soal-soal ujian yang sesuai dengan tujuan ujian itu sendiri. Peserta didik mendapatkan ujian fungsinya untuk melihat kemampuan mereka sudah sejauh mana, sekaligus juga untuk menjadi evaluasi guru terhadap keberhasilan guru menyampaikan pembelajaran kepada peserta didik.

Dengan memberikan ujian, guru akan bisa mengevalusi peserta didik. Nah, dalam ujian, soal-soal yang diberikan kepada peserta didik harus sesuai dengan tujuan tersebut. Maka dari itu, guru menyususn kisi-kisi soal ujian akan sangat membantu.

Kisi-kisi soal akan menghasilkan soal-soal yang sesuai dengan tujuan ujian. Karena itulah kisi-kisi soal sangat penting untuk disusun oleh guru.

3. Membantu dan Memudahkan Peserta Didik Sebelum Ujian

Dengan memberi kisi-kisi soal untuk ujian kepada peserta didik, guru bisa membantu dan memudahkan peserta didik dalam belajar untuk ujian. Dengan kisi-kisi, peserta didik akan lebih bersemangat belajar. Mereka tidak perlu menghapalkan semua hal dalam satu bab.

Mereka sudah mendapat poin-poin di kisi-kisi mana yang paling penting untuk dikuasai. Kalau tidak ada kisi-kisi, peserta didik biasanya akan sedikit kesulitan mau mulai belajar dari mana.

Dengan adanya kisi-kisi, bukan hanya guru yang dimudahkan dalam membuat soal, tetapi juga peserta didik dimudahkan dalam belajar. Belajar juga menjadi lebih semangat dan hasil ujian peserta didik menjadi lebih memuaskan.

4. Menguraikan Komponen Materi dengan Jelas

Di dalam kisi-kisi soal yang dibuat guru untuk diberikan kepada peserta didik sebelum ujian, komponen-komponen materi akan diuraikan. Dengan materi-materi ujian yang sudah diuraikan dan dijelaskan, maka akan lebih mudah dipahami.

Dengan diuraikan maka materi yang tidak atau kurang dipahami peserta didik akan bisa langsung mereka tanyakan. Dari situ juga bisa dibuat soal untuk menguji apakah pertanyaan mereka yang telah dijelaskan sudah sepenuhnya dimengerti atau tidak.

5. Fungsi untuk Kelas:

Kisi-kisi soal dari guru akan memudahkan mendiagnosis terhadap kesulitan belajar peserta didik, mengevaluasi celah antra bakat dengan pencapaian peserta didik, dan meningkatkan tingkat prestasi peserta didik.

Selain itu, hal ini juga bisa mengelompokan siswa pada waktu metode kelompok, merencanakan kegiatan proses belajar mengajar untuk siswa secara perseorangan, dan juga mana siswa yang perlu mendapat bimbingan khusus. Ini akan membantu meningkatkan pencapaian untuk setiap peserta didik.

6. Fungsi untuk Bimbingan:

Hal ini juga punya fungsi untuk bimbingan, seperti menentukan arah pembicaraan orang tua tentang anak-anak dan dapat membantu siswa dalam menentukan pilihan dalam pendidikan lanjutan seperti jurusan karena prestasinya sudah bagus.

Kalau prestasi peserta didik belum terlalu baik, maka akan bisa dibimbing lebih lagi. Ini juga akan memberi kesempatan untuk guru dan orang tua sebagai pembimbing dalam memahami kesulitan anak.

Melatih Anak untuk Berdiskusi, ini Manfaat Diskusi dalam Kehidupan
diskusi merupakan pertukaran pikiran, gagasan atau pendapat yang melibatkan dua orang atau lebih untuk mendapatkan kesepakatan bersama

7. Bahan Evaluasi

Penyusunan kisi-kisi soal ini nantinya juga bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi bagi guru apabila ternyata kisi-kisi yang dibuat tidak sesuai dengan harapan dan justru memberikan hasil yang kurang baik. Guru wajib merevisi kisi-kisi soal menjadi lebih baik kedepannya.

Dengan demikian, kisi-kisi juga bisa dijadikan sebagai bahan intropeksi atas kinerja guru. Diharapkan kedepannya pengukuran pada kemampuan peserta didik berjalan dengan baik.

Itulah beberapa hal mengenai pentingnya penyusunan kisi-kisi soal bagi guru. Jadi anda tidak perlu merasa terbebani akan hal ini, karena justru ini memudahkan pekerjaan Anda dan bermanfaat untuk kedua belah pihak, baik guru maupun siswa.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.