Melatih Anak untuk Berdiskusi, ini Manfaat Diskusi dalam Kehidupan

parenting 3 Apr 2024

Orang-orang pasti pernah melakukan komunikasi, dan tanpa sadar komunikasi tersebut berbentuk diskusi yang menghasilkan suatu ide, gagasan atau pemahaman bersama. Secara umum, diskusi merupakan pertukaran pikiran, gagasan atau pendapat yang melibatkan dua orang atau lebih untuk mendapatkan kesepakatan bersama.

Tidak semua komunikasi bisa dikatakan diskusi, karena diskusi ini sifatnya terarah dan memiliki tujuan. Dalam berdiskusi biasanya ada tema atau topik yang dibahas oleh orang-orang yang terlibat di dalamnya.

Manfaat Diskusi dalam Kehidupan

Proses diskusi bisa dilakukan sejak dini, bahkan sebelum si kecil dapat berbicara dengan lancar. Guru dan orang tua memiliki peran penting untuk mengajarkan anak berdiskusi sejak dini karena keterampilan ini sangat dibutuhkan dalam kehidupan bermasyarakat.

Bahkan tak sedikit penelitian yang menunjukkan jika proses diskusi atau bertukar pikiran ini berpengaruh positif terhadap perkembangan otaknya. Adapun berikut ini merupakan beberapa manfaat diskusi dalam kehidupan, yaitu:

1. Membiasakan Sikap Saling Menghargai

sumber: https://www.pexels.com/

Salah satu manfaat diskusi adalah membiasakan sikap saling menghargai, karena adanya diskusi untuk melatih diri untuk belajar menghargai orang lain. Dengan melatih anak untuk memahami manfaat diskusi, Anda akan mendapatkan banyak manfaat.

Jika anak sudah memahami manfaat berdiskusi, anak akan terdidik memiliki sikap saling menghargai. Anak akan pandai menghargai orang lain, agar anak juga terdidik menjadi seorang yang mampu menghargai orang lain.

2. Tertanam Sikap Demokratis

Nah, setelah manfaat pertama yang dapat membiasakan anak memiliki sikap saling menghargai. Manfaat diskusi selanjutnya adalah menanamkan pada anak sikap demokratis, sebagai generasi muda saat ini.

Sudah saatnya menanamkan sifat dan sikap demokratis dalam kehidupan sehari-hari. Karena sikap demokratis sangatlah penting untuk kemajuan negara, membuat semua generasi muda wajib memiliki sikap demokratis. Agar tidak mudah ada kesalahpahaman antara anak dan teman-temannya.

Mengenal Tipe Kepribadian Ekstrovert, Introvert, dan Ambivert pada Siswa
Kepribadian bisa dikenali dari temperamen yang ditunjukkan. Temperamen artinya sifat bawaan. Guru bisa melihat temperamen sebagai bagian dari ciri-ciri jenis kepribadian

Dengan adanya sikap demokratis pada diri anak, akan membantu anak untuk mampu bersaing di bidang apapun. Selain itu, anak juga mampu menempatkan diri pada masalah apapun, dengan begitu anak akan menjadi anak yang mampu diandalkan pada keadaan apapun.

3. Menumbuhkan Daya Pikir

Dengan berdiskusi akan menumbuhkan kemampuan berpikir kritis, bertemu banyak orang dan menambah ilmu. Hal ini akan membuat orang semakin berpikir kritis, karena ada beberapa hal yang bisa dibahas saat berdiskusi. Maka dari itu ada banyak sekali manfaat diskusi dalam kehidupan.

Dalam menumbuhkan daya pikir kritis pada seorang anak membutuhkan banyak usaha, salah satunya dengan mengajarkannya berdiskusi. Atau memberi pemahaman pada anak tentang manfaat diskusi, agar anak mampu menjadi seseorang yang mampu berpikir kritis dalam kehidupan sehari-hari.

Manfaat ini akan sangat bermanfaat untuk anak dalam kehidupannya sehari-hari. Karena berdiskusi bukan hanya di rumah, akan tetapi di sekolah, di tempat ia bekerja, dan dalam kehidupan sehari-hari.

4. Mengembangkan Pengalaman dan Pengetahuan

sumber: https://www.pexels.com/

Manfaat utama diskusi adalah mengembangkan pengalaman dan pengetahuan, bertemu banyak orang dan berdiskusi akan menambah pengalaman dan pengetahuan anak. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk masa depan anak, maka dari itu mengajak anak berdiskusi tentang banyak hal.

Mampu mengarahkannya untuk menjadi seseorang yang bermanfaat di masa depan. Mengembangkan pengalaman dan pengetahuan tidak hanya disekolah, akan tetapi juga dapat ditemukan di kehidupan di luar sekolah.

Maka dari itu salah satu cara mengembangkan pengalaman dan pengetahuan adalah dengan cara berdiskusi. Saat ini sudah banyak cara jika ingin berdiskusi, bisa secara langsung.

Bisa juga dengan cara online seperti menggunakan zoom meeting dan lain-lain. Tidak hanya itu, tetapi juga bisa menggunakan aplikasi bertukar pesan lainnya.

5. Mewujudkan Sifat Kreatif

Percayakah Anda, jika mengajarkan manfaat berdiskusi akan membuat anak memiliki sifat kreatif? Jawabannya adalah benar, karena dengan berdiskusi pasti akan banyak muncul pertanyaan pada otak anak. Dengan begitu akan membuat anak berani berpikir kritis dan kreatif.

Sifat kreatif akan muncul saat seorang anak sering mengikuti diskusi atau diajak berdiskusi. Mengapa demikian? Karena saat berdiskusi anak akan mempunyai banyak pertanyaan, yang mungkin akan menjadi ilmu tambahan untuknya.

Hal ini akan membuat anak memiliki sifat kreatif yang berguna untuk kehidupannya sehari-hari.

6. Melatih Kemampuan Bicara di Depan Umum

Banyak anak yang tidak berani mengutarakan argumennya di depan umum, maka dari itu dengan mengajarkan anak untuk berdiskusi akan menumbuhkan karakter anak yang mampu berbicara di depan umum dan lebih percaya diri.

Dengan berdiskusi, anak akan mendapat kesempatan untuk berbicara, dengan begitu anak akan terlatih untuk berani berbicara di depan umum.

Kemampuan komunikasi dan public speaking yang bagus sangat dibutuhkan masa depan anak. Orang tua bisa melatih anak untuk mendiskusikan hal-hal sederhana.

7. Melatih Mengambil Keputusan

Dalam mengambil keputusan akan sangat mudah jika diselesaikan dengan cara berdiskusi, jika anak diajarkan manfaat berdiskusi. Anak akan terlatih dalam hal pengambilan keputusan di depan umum, dengan dasar yang sudah di diskusikan.

Hasil dari keputusan akan bermanfaat untuk orang lain dan kehidupan sehari-hari. Manfaat ini akan sangat berguna untuk anak saat sudah beranjak dewasa.

Di saat anak sudah dihadapkan keputusan-keputusan berat maupun ringan. Anak akan terlatih untuk mendiskusikan hal-hal yang mungkin akan menimbulkan beberapa resiko, dengan berdiskusi apapun masalah akan terselesaikan dengan mudah.

Maka dari itu sangat penting berdiskusi untuk melatih mengambil keputusan.

8. Melatih Mengutarakan Pendapat

Berdiskusi merupakan suatu proses mengemukakan pendapat untuk mendapatkan hasil, berdiskusi bisa di sekolah, di rumah, dan di kehidupan sehari-hari. Dengan berdiskusi seorang anak akan dilatih mengutarakan pendapat, dengan adanya pro dan kontra. Hingga menemukan hasil yang anak mau.

Penting Diajarkan, Inilah Macam-macam Sesat Pikir (Logical Fallacy) yang Perlu Dihindari
Logical Fallacy menyebabkan kita berada dalam relasi yang tidak sehat sampai-sampai kita merasa tidak layak dan tidak berharga

Maka dari itu sangat penting mengajarkan atau mengajak berdiskusi anak sejak dini. Agar anak akan mampu memahami manfaat diskusi sebenarnya.

Itulah 8 manfaat diskusi dalam kehidupan sehari-hari. Sangat banyak bukan? Oleh sebab itu, orang tua harus membiasakan anak untuk berdiskusi dan memancing anak-anak agar berani mengutarakan pendapatnya.

Hal ini dapat membentuk karakter anak menjadi lebih berani, bertanggung jawab, saling menghargai perbedaan pendapat dan berpikir kritis.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.