Panggung Kreativitas untuk Mendukung Pembelajaran

edukasi 17 Mei 2022

Kreativitas merupakan kemampuan untuk mengungkapkan potensi di dalam dirinya secara kreatif. Namun, tidak semua orang bisa memahami potensi ataupun bakat yang mereka miliki, sehingga mereka kesulitan dalam berkreativitas. Setiap siswa memiliki banyak kreativitas yang terpendam dan berbeda-beda. Ada sebagian siswa  yang memiliki kemampuan di bidang sastra, seni maupun olahraga. Bakat yang dimiliki siswa masih perlu dikembangkan dan dilatih supaya potensi yang dimilikinya bisa berkembang dengan baik. Salah satu cara yang dapat dilakukan guru untuk mengembangkan dan melatih potensi siswa yaitu dengan membuat panggung kreativitas untuk mendukung pembelajaran.

Apakah Anda dulu mengikuti kegiatan ekstrakurikuler? Dan apa yang dimaksud dari kegiatan ekstrakurikuler?

Kegiatan ekstrakurikuler adalah suatu kegiatan atau wadah untuk mengembangkan potensi yang dimiliki siswa. Kegiatan ekstrakurikuler diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam meningkatkan potensi dan menguatkan pendidikan karakter siswa. Selain bertujuan untuk mengembangkan potensi yang dimiliki siswa, kegiatan ekstrakurikuler juga memiliki beberapa tujuan lainnya, yaitu untuk mengajarkan arti gotong royong, meningkatkan kreativitas siswa, meningkatkan kemampuan bernalar dan berpikir kritis, serta melatih kemandirian siswa.

Bisa dikatakan bahwa kegiatan ekstrakurikuler yang ada di sekolah adalah panggung kreativitas mini yang dibuat guru untuk mendukung pembelajaran siswa. Adapun jenis dari kegiatan ekstrakurikuler yang bisa diikuti siswa, yaitu ekstrakurikuler wajib dan ekstrakurikuler pilihan. Ekstrakurikuler wajib adalah kegiatan ekstrakurikuler yang wajib diselenggarakan sekolah dan wajib diikuti oleh seluruh siswa. Sedangkan ekstrakurikuler pilihan adalah kegiatan ekstrakurikuler yang dikembangkan oleh satuan pendidikan yang dapat diikuti oleh siswa sesuai dengan bakat dan minatnya masing-masing. Contoh dari ekstrakurikuler pilihan yaitu seperti kegiatan ekstrakurikuler seni, olahraga, sastra, dan lain sebagainya.

Tujuan Panggung Kreativitas

Adapun tujuan dari kegiatan panggung kreativitas yaitu untuk mengembangkan potensi siswa dalam rangka pengembangan pendidikan. Oleh karena itu, kegiatan panggung kreativitas diselenggarakan untuk mengembangkan:

- Bakat Siswa

- Keterampilan Siswa

- Prestasi Siswa

- Kreativitas Siswa

- Mencegah Terjadinya Bullying

Melalui kegiatan panggung kreativitas yang dibuat sekolah, diharapkan potensi siswa dapat berkembang dan bertumbuh dengan baik. Tidak hanya potensi siswa saja yang ikut berkembang, siswa juga dapat termotivasi untuk belajar lebih giat, siswa dapat belajar bertanggung jawab, belajar untuk lebih disiplin dan mampu menjalani kompetisi yang sehat.

Kegiatan Panggung Kreativitas

Kegiatan panggung kreativitas dilakukan dalam bentuk panggung kreativitas seni yang akan menampilkan hasil kreasi gerak dan tari kreasi siswa. Berikut adalah beberapa bagian dari kegiatan panggung kreativitas, antara lain:

- Waktu

Dalam penerapannya, panggung kreativitas akan dilaksanakan pada waktu tengah Semester Ganjil atau dilaksanakan dengan menyesuaikan masing-masing lembaga dengan memperhatikan situasi dan kondisi acara yang akan dilaksanakan.

- Hasil Kegiatan

Dalam kegiatan ini, siswa akan tampil di dalam satu kelompok untuk menampilkan kreasi dan kreativitas yang sangat variatif di atas pentas nanti. Panggung kreativitas ini bisa dikatakan sebagai batu loncatan bagi siswa untuk menampilkan potensi dirinya di depan umum. Adapun manfaat yang akan didapatkan siswa dari mengikuti panggung kreativitas ini, yaitu antara lain:

1. Menumbuhkan rasa percaya diri siswa. Awalnya mungkin siswa akan merasa takut dan gugup ketika tampil di depan umum. Mereka takut gagal dan memberikan yang terbaik. Panggung kreativitas akan melatih mental siswa untuk mampu tampil percaya diri.

Meningkatkan Kecakapan Literasi dan Minat Baca Anak Sejak Dini
Meningkatkan kecakapan literasi anak sejak dini sangat penting dilakukan sebagai modal bagi anak untuk menghadapi masa depan lebih baik.

2. Menunjukkan prestasi siswa. Apabila biasanya siswa cenderung tertutup dan malu menunjukkan potensi yang dimilikinya dalam kegiatan pembelajaran, maka pada kesempatan ini siswa dapat menunjukkan potensi yang selama ini disimpannya dengan baik. Bisa dikatakan bahwa panggung kreativitas untuk mendukung pembelajaran sangat bagus untuk diterapkan di sekolah. Selain dapat dijadikan wadah untuk menunjukkan bakat siswa, panggung kreativitas juga dapat menjadi suatu kesempatan bagi siswa untuk berani tampil percaya diri di depan umum.

3. Mencegah Terjadinya Bullying. Dengan adanya kegiatan ini, siswa akan diajarkan untuk bisa saling menghargai, menghormati, dan belajar untuk mengeksplor potensi yang dimilikinya dengan teman-temannya di sekolah. Siswa akan berbaur dan saling berkerja sama untuk menampilkan hasil terbaik di atas panggung. Dikarenakan siswa telah terbiasa bersama dan bekerja sama, rasa persaudaraan akan tumbuh dan meminimalisir terjadinya kasus bullying di sekolah.

- Penutup

Kegiatan panggung kreativitas adalah bagian dari penyelenggaraan pendidikan melalui kegiatan tengah semester yang dilaksanakan dalam bentuk panggung seni yang sudah direncanakan dengan baik. Kegiatan ini akan membangkitkan semangat, motivasi, dan gairah pendidikan di sekolah. Adapun satu hal yang tidak boleh diabaikan dalam melaksanakan kegiatan panggung kreativitas yaitu semua siswa memiliki potensi dan bakat, sehingga seluruh siswa, baik siswa berkebutuhan khusus, dapat melaksanakan kegiatan panggung kreativitas ini.

Contoh Panggung Kreativitas

Kegiatan panggung kreativitas sudah mulai diterapkan di Indonesia. Berikut adalah beberapa contoh panggung kreativitas yang didirikan oleh pegiat pendidikan di Indonesia, yaitu antara lain:

- Panggung Sajak

Anak-anak membutuhkan ruang untuk tumbuh kembangnya. Seperti yang kita ketahui bahwa di masa pertumbuhannya anak-anak begitu aktif dalam beraktivitas. Oleh karena itu, penting bagi para guru untuk menyediakan wadah bagi anak-anak untuk menyalurkan keaktifannya tersebut. Panggung sajak didirikan dengan tujuan untuk mewadahi dan memberikan fasilitas bagi anak muda untuk menyalurkan kreativitasnya. Panggung sajak ini ada di Kota Banjar. Panggung sajak dijadikan para anak muda untuk berkreasi, saling berbagi dan saling menyemangati setiap teman-temannya dalam berkreasi, seperti melakukan seni-budaya dan literasi.

- Gebyar Seni di Labuhan Deli

Para pendidik melaksanakan gebyar seni di SMAN 1 Labuhan Deli. Pada kesempatan ini, siswa akan menampilkan berbagai jenis seni, seperti seni rupa, seni musik, seni tari dan jenis seni lainnya. Dengan adanya kegiatan ini, siswa akan menampilkan potensi dan bakat terbaiknya untuk tampil di depan umum. Berdasarkan penjelasan Guru Pendidikan Seni dan Budaya di SMAN 1 Labuhan Deli, Dra. P. S. Liliny Tobing di laman analisadaily.com dikatakan bahwa untuk kelas XII, kegiatan panggung kreativitas ini akan menjadi tugas akhir siswa tersebut dalam pelajaran seni budaya sesuai dengan K13. Dalam penerapan seni rumah, setiap siswa akan menyiapkan karya lukis yang sudah mereka kerjakan di beberapa bulan sebelumnya.

Tips Menerapkan Brainstorming saat Pembelajaran
Brainstorming merupakan metode untuk menyelesaikan masalah serta menghasilkan beragam ide baru sebanyak mungkin dengan waktu yang cepat.

Seperti yang kita ketahui dengan pasti, setiap siswa memiliki banyak kreativitas dan ide yang terpendam. Sehingga dengan memberikan panggung, kreativitas siswa akan muncul dan potensi yang dimilikinya dapat diarahkan dengan baik. Berdasarkan penjelasan tersebut dapat dilihat bahwa panggung kreativitas untuk mendukung pembelajaran adalah solusi yang bagus untuk mengembangkan bakat dan potensi yang dimiliki siswa.

Ada banyak sekali manfaat yang akan didapatkan siswa dari kegiatan ini. Siswa akan termotivasi dalam memberikan hasil yang terbaik, mereka akan gigih dan bersemangat dalam bekerja sama, lebih kritis dan kreatif dalam memecahkan masalah yang akan mereka temukan dalam membuat projek kreativitas tersebut. Selain dapat meningkatkan potensi dan bakat yang dimiliki siswa, kegiatan panggung kreativitas juga dapat dijadikan kegiatan pembelajaran dan acara yang dilakukan sekolah untuk mempererat hubungan setiap guru dan siswa.

Agnes Meilina

content writer - content creator - reviewer books

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.