Orang tua Wajib Tahu, Ini Alasan Pentingnya Ilmu Parenting

parenting 5 Apr 2024

Saat belum menjadi orang tua, mungkin Anda mengira bahwa mengasuh anak merupakan skill yang dapat tumbuh sendiri dan alamiah. Namun nyatanya menjadi orang tua bukanlah hal yang mudah dan dibutuhkan skill khusus atau biasa disebut dengan parenting.

Ilmu Parenting ini wajib dimiliki, dipelajari dan dikuasai oleh para orang tua agar bisa mendidik, membina dan mengasuh anak dengan baik, sehingga menjaga tumbuh kembang anak.

Apalagi seperti yang kita ketahui bahwa keluarga merupakan sekolah dan orang tua merupakan guru pertama bagi anak-anak. Orang tua akan banyak mengajari anak mulai dari cara anak berbicara, berperilaku, mengambil sikap, membuat keputusan, bersosialisasi dan lainnya.

Dengan ilmu parenting, orang tua bisa menjalankan perannya dengan baik. Ketika orang tua mengerti cara mengasuh, mendidik dan membimbing anak, maka anak akan tumbuh dengan baik, memilih mindset yang baik, perilaku terjaga, dan berkarakter.

6 Alasan Pentingnya Ilmu Parenting untuk Orang tua

sumber: https://www.pexels.com/

Setiap orang tua pasti ingin yang terbaik untuk anaknya dan terus berupaya untuk memenuhi kebutuhannya. Namun, kesalahan dalam parenting atau mendidik dan mengasuh anak membuat tumbuh kembang mereka terhambat. Oleh sebab itu, sebagai orang tua, Anda tidak boleh berhenti belajar ilmu parenting.

Berikut ini merupakan 7 alasan pentingnya ilmu parenting untuk orang tua, di antaranya yaitu:

1. Untuk Mempersiapkan Diri

Menjadi ayah dan ibu bukanlah hal yang mudah dijalani. Banyak hal yang berubah dalam hubungan selama menikah, apalagi setelah datangnya si kecil ke tengah keluarga kecil Anda.

Banyak aspek dalam kehidupan yang akan berubah, seperti jadwal kegiatan, pekerjaan, dan lainnya. Dengan memiliki ilmu parenting, maka akan membantu Anda dan pasangan dalam mempersiapkan diri ketika nanti telah memiliki anak.

Tips Menghadapi Anak yang Suka Memukul atau Bersikap Kasar
Perilaku yang kasar atau agresif dapat dipengaruhi oleh lingkungan tempat anak tinggal atau lingkungan pergaulan, seperti melihat atau mengalami kekerasan di rumah

Belajar ilmu parenting berarti akan belajar tentang apa saja yang harus dilakukan saat ada di masa-masa kehamilan sampai melahirkan. Anda akan belajar untuk mengatasi emosi dan perasaan dengan benar dan mengatasi masalah-masalah orang tua baru.

2. Tidak Menjadi Orang Tua yang Asal-asalan

Hal ini adalah dasar teori parenting yang harus orang tua ketahui dan harus pahami. Menjadi orang tua bukanlah hal yang bisa dilakukan dengan asal. Anak harus diajarkan banyak hal, khususnya pada masa perkembangan atau pertumbuhan.

Diskusi parenting akan memberikan penjelasan tentang masa perkembangan dan pertumbuhan manusia sejak masa pembuahan hingga masa dewasa. Nantinya akan dikupas tuntas hal apa yang harus dilakukan orang tua dalam menghadapi perkembangan dan pertumbuhan anak. Bukan hanya dalam fisik ataupun psikisnya, tetapi dalam berbagai hal lain.

3. Menjadi Pendidik Pertama Anak

sumber: https://www.pexels.com/

Orang tua adalah figur pertama bagi anak yang menjadi sekolah pertamanya pada usia emas anak. Bahkan sampai anak beranjak dewasa dan bisa dilepas, orang tua punya peran yang sangat penting.

Ilmu parenting penting untuk cara dan pola mengasuh anak dengan baik dan benar. Dalam mengajarkan anak, orang tua harus tahu cara memilih kata-kata yang tepat untuk anak apalagi saat mereka belum mengerti banyak hal.

Pada usia dini, anak biasanya akan mengalami tantrum. Kata-kata dan tindakan yang benar harus dimiliki orang tua dalam mengatasi kondisi tersebut. Komunikasi yang tepat akan berdampak bagi anak sampai besar.

4. Menjadi Orang tua yang Cerdas

Di sini, cerdas berarti orang tua tahu alasan logis dan ilmiah dari hal-hal yang ada. Bukan hanya menelan mentah-mentah apapun informasi yang diterima. Apakah informasi-informasi tersebut bisa diterima dengan nalar atau tidak?

Misalnya dalam menentukan waktu memasukkan anak sekolah. Memasukkan anak sekolah pada usia 3 tahun bukanlah hal yang salah, ini cukup bagus untuk kehidupan sosial anak. Tetapi apakah hal ini baik atau buruk untuk anak?

Apakah di sekolah yang akan dipilih memaksakan anak PAUD untuk belajar Calistung (Baca, Tulis, dan Hitung) pada usia dini atau belajar bahasa asing di luar Bahasa Inggris untuk anak Anda? Kalau ya, memaksakan anak belajar hal-hal seperti itu akan membuat anak mengalami mental hectic dan tidak senang saat sekolah. Maka dari itu ilmu parenting yang cukup adalah penting.

5. Memahami Adanya Perubahan Nantinya

Setelah menikah dan punya anak pastinya dalam hubungan suami dan istri akan ada perubahan. Saat sudah lahir si kecil, maka waktu akan lebih banyak dihabiskan untuk untuk mengurus rumah dan anak. Maka dari itu, ilmu parenting penting untuk pasangan. Akan lebih baik lagi bila dilakukan sebelum menikah.

6. Mengatur Keuangan

Ilmu parenting bukan hanya ilmu dalam mengasuh anak dan antar-hubungan pasangan saja. Ilmu parenting juga akan mengajarkan bagaimana cara mengatur keuangan yang baik dan tepat, apalagi kalau sudah ada anak artinya tanggung jawab semakin besar. Kondisi keuangan harus stabil dan punya dana darurat keluarga.

7 Cara Praktis Menstimulasi Anak yang Terlambat Bicara
Terlambatnya kemampuan berbicara anak juga dapat menyebabkan anak kesulitan dalam menyesuaikan diri dan bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya

7. Membuat Hubungan Keluarga Tetap Harmonis

Setiap orang pasti menginginkan keluarga yang bahagia dan tetap harmonis. Hal ini bisa dilakukan dengan berbagai cara salah satunya menerapkan ilmu parenting. Orang tua menjadi pemimpin dalam sebuah keluarga, jika orang tua bisa mendidik atau mengasuh anak dengan baik, maka hubungan keluarga berjalan baik. Tentunya orang tua dan anak harus saling melengkapi.

Itulah 7 alasan pentingnya ilmu parenting bagi orang tua yang bisa Anda ketahui. Jadi, sebagai orang tua Anda harus melakukan ilmu parenting yang benar dan tepat agar anak bisa tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik.



Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.