Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran Perlu Dimiliki Guru

teaching 25 Mar 2021

Bagi seorang guru, keterampilan membuka dan menutup pelajaran menjadi keterampilan dasar yang sangat penting dimiliki untuk mencapai pembelajaran yang efektif, efisien, menarik dan menyenangkan. Meski terlihat sepele, namun tak semua guru dapat membawa proses pembelajaran dengan baik. Padahal hal ini memiliki pengaruh besar terhadap keberhasilan dan semangat atau minat siswa dalam belajar.

Pada saat kegiatan belajar mengajar akan dimulai, tidak semua siswa memiliki kesiapan mental dan ketertarikan dalam mengikuti proses pembelajaran. Guru memiliki peran penting untuk memberi semangat pada siswa agar proses pembelajaran berjalan dengan baik dan lancar. Jangan biarkan konsentrasi siswa terpecah-belah yang mengakibatkan hasil belajar siswa tidak maksimal.

Pembukaan KBM yang menarik berpengaruh terhadap semangat siswa dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Jika Anda bersemangat mengajar, maka siswa juga akan ikut semangat belajar, namun sebaliknya, jika Anda terlihat lesu, tidak semangat belajar dan malas-malasan, maka proses pembelajaran akan berjalan membosankan dan tidak efektif.

Cara Membuka Pelajaran yang Baik

Prinsip pembukaan pembelajaran yang baik yaitu bermakna, berkesinambungan, antusiasme, fleksibel, menggunakan komunikasi yang hangat, memakai prinsip teknis membuka pelajaran, tidak berbelit-belit, singkat, padat dan jelas serta dapat meningkatkan perhatian siswa.

Cara membuka pelajaran yang baik dan menarik, tidak sekadar salam, perkenalan diri dan memberitahu materi yang akan diajarkan saja, tetapi lebih dari itu. Anda perlu tahu gesture yang tepat untuk menyampaikan pembukaan dan kata-kata untuk menyuntikkan semangat pada siswa. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini merupakan cara membuka pelajaran yang bisa Anda lakukan, di antaranya yaitu

1. Menyapa Siswa dengan Semangat

Saat memulai pelajaran, guru harus menyapa siswa dengan bersemangat supaya siswa juga bisa merasakan semangat yang sama. Kalau guru memulai pelajaran dengan tidak semangat, maka siswa akan merasakan energi tersebut sehingga mereka juga ikut tidak bersemangat.

Siswa akan lebih mudah mengikuti pelajaran juga kalau sudah merasa semangat dan suasana juga mendukung. Makanya, memulai pelajaran dengan sapaan yang semangat dari guru sangatlah penting.

2. Menarik Perhatian Siswa

Dalam mengajar, model dan metode mengajar guru adalah hal penting bagi para siswa. Selain itu, variasi pola interaksi antara guru dan siswa dan penggunaan berbagai media belajar juga termasuk.

Apabila guru menyampaikan pembelajaran dengan menarik, maka siswa akan antusias dan mendengarkan dengan baik. Kondisi KBM akan menjadi optimal dan maksimal. Kekreativitasan guru dalam mengajar memegang peranan penting dalam KBM.

7 Alasan Mengapa Guru Harus Memiliki Banyak Keterampilan
Guru harus memiliki keterampilan yang cukup banyak untuk menciptakan proses pembelajaran yang lebih efektif dan berkualitas.Seorang pengajar harus menguasai metode yang digunakan dalam proses pembelajaran nantinya.

3. Memberi Motivasi Kepada Siswa

Kata-kata yang diberikan oleh guru kepada siswa harus dapat memberi motivasi dan membangun bagi siswa. Para siswa akan menjadi lebih rajin dan lebih antusias kalau guru juga memberi dukungan kepada mereka. Ini sangat bagus dilakuakn guru saat membuka pelajaran.

Hal ini juga dapat meningkatkan rasa ingin tahu siswa dalam belajar. Pada akhirnya siswa pun bisa ikut andil dalam pembelajaran dan mengeluarkan ide-ide yang dimiliki.

4. Menerangkan Materi dan Hal-hal yang Terkait Sebelumnya

Guru dapat memulai pelajaran dengan menjelaskan tentang keterkaitan materi yang akan dibahas pada pertemuan itu dengan materi sebelumnya. Dengan begitu, siswa akan tahu dan lebih mudah mengerti tentang materi yang akan dibahas. Dan juga bahwa materi ini merupakan materi yang berlanjut dari materi pertemuan sebelumnya.

Guru juga dapat menjelaskan tujuan dari pemberian materi tersebut. Siswa akan lebih paham tentang alur pelajaran mereka pada pertemuan tersebut. Pemberian informasi seperti ini sangat diperlukan untuk kelancaran siswa dalam memahami isi materi.

Hal ini juga membuat siswa jadi lebih ingat dengan materi pelajaran yang telah diajarkan. Mereka juga memiliki gambaran materi pelajaran yang akan diajarkan selanjutnya. Sehingga Anda jadi lebih mudah menjelaskannya, dan siswa dapat mengerti atau memahami materi dengan cepat.

Cara Menutup Pelajaran yang Baik

Penutupan pembelajaran merupakan langkah terakhir dalam proses pembelajaran di kelas, dengan mengemukakan kembali apakah pelajaran yang telah dijelaskan. Keterampilan penutupan yang menarik harus dimiliki guru, mengingat kemajuan hasil belajar siswa dapat meningkat pada akhir pelajaran ketika dijabarkan kembali pokok-pokok materi yang telah dijelaskan.

Selain pembukaan, kemampuan menutup pelajaran juga hal penting yang harus diperhatikan. Pasalnya tidak semua siswa dapat memahami dan menyerap materi pelajaran dengan baik sampai akhir. Berikut cara menutup pelajaran yang bisa dilakukan, di antaranya yaitu:

1. Meninjau Kembali Materi Pertemuan Tersebut

Guru memberikan kesimpulan dan konklusi mengenai apa yang telah dipelajari siswa selama pembelajaran berlangsung. Guru bisa memberikan rangkuman poin-poin penting mengenai materi yang dipelajari pada pertemuan tersebut.

Siswa juga akan jadi lebih mudah untuk mengerti mengenai materi pertemuan tersebut. Siswa jadi tahu inti sari pembelajaran. Setelah pertemuan selesai, guru sudah memberikan materi dengan utuh dan siswa juga sudah mengerti secara penuh.

2. Evaluasi Pembelajaran

Setelah selesai mengajar, guru bisa menutup dengan menanyakan kepada para siswa mengenai materi yang sudah dibahas pada pertemuan tersebut. Hal ini untuk melihat sejauh mana siswa mengerti. Kalau masih ada yang siswa belum mengerti maka guru bisa menjelaskan sedikit lagi supaya siswa mengerti.

Evaluasi dalam mengajar dilakukan guru bersama-sama dengan seluruh siswa. Dengan melakukan evaluasi, guru juga tahu sampai mana keberhasilan dari pembelajarannya.

3. Memberi Dorongan Sosial

Untuk menutup pelajaran dengan baik, guru dapat memberi dorongan secara sosial kepada siswa lagi. Interkasi antar siswa dan guru ini dapat menunjang tercapainya tujuan pengajaran. Guru dapat memberi kata–kata pujian kepada siswa.

Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan memuji hasil karya siswa, memberi kata-kata positif, dan meyakinkan siswa akan kemampuan dan bakat mereka. Dengan melakukan hal-hal tersebut, siswa bisa menjadi lebih percaya diri.

7 Strategi Menghadapi Anak yang Lambat dalam Mencerna Materi Pelajaran
Tak semua anak mudah mencerna materi pelajaran yang disampaikan secara klasikal (pola pembelajaran dimana dalam waktu yang sama, kegiatan dilakukan oleh seluruh anak sama dalam satu kelas). Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui cara mendidik anak yang susah menangkap pelajaran

Tujuan Memiliki Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran dengan Baik

Ada beberapa tujuan keterampilan membuka dan menutup pelajaran. Berikut tujuan membuka pelajaran dengan baik, di antaranya sebagai berikut:

  • Membantu diri untuk mempersiapkan proses pembelajaran dengan baik dan maksimal
  • Menumbuhkan perhatian, minat dan semangat siswa untuk mengikuti KBM yang akan dilakukan
  • Untuk membantu siswa dalam mengetahui batasan tugas yang akan dikerjakan selama proses pembelajaran
  • Membantu mengingatkan siswa akan materi pelajaran yang telah disampaikan sebelumnya, sehingga memudahkan mereka menerima pelajaran yang masih berkaitan dengan sebelumnya

Berikut tujuan menutup pelajaran dengan baik, di antaranya sebagai berikut:

  • Untuk mengetahui tingkat keberhasilan siswa dalam memahami dan mempelajari materi yang telah diajarkan
  • Mengetahui tingkat keberhasilan diri Anda dalam memberikan penjelasan materi pelajaran

Itulah beberapa hal mengenai keterampilan membuka dan menutup pelajaran. Meski terdengar mudah, nyatanya hal ini tidak bisa disepelekan, Anda harus melakukannya dengan baik dan optimal.

‌‌‌‌‌‌‌‌‌‌‌‌

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.