7 Alasan Mengapa Guru Harus Memiliki Banyak Keterampilan

edukasi 20 Mar 2021

Menjadi seorang guru bukan hanya harus menguasai materi pelajaran yang akan disampaikan saja, tetapi lebih dari itu. Guru harus memiliki keterampilan yang cukup banyak untuk menciptakan proses pembelajaran yang lebih efektif dan berkualitas.

Seorang pengajar harus menguasai metode yang digunakan dalam proses pembelajaran nantinya. Hal ini sama seperti koki profesional, dimana ia harus bisa meracik menu dengan baik, dibandingkan hanya menghafal bumbu.

Jika guru hanya memiliki keterampilan mengajar atau mentransfer ilmu, lalu apa bedanya dengan buku, media atau referensi pembelajaran? Tentu saja guru memiliki peran penting dalam dunia pendidikan yang tidak bisa digantikan oleh kecanggihan teknologi apapun. Guru bisa mencetak generasi unggul, berprestasi dan berkarakter.

Keterampilan Dasar yang Harus Dimiliki Guru

Pasalnya ada beberapa keterampilan dasar dalam mengajar (Generic Teaching Skill) yang harus dimiliki guru untuk memperoleh keberhasilan dalam belajar. Adapun beberapa keterampilan dasar yang harus dimiliki guru, mulai dari:

  • Keterampilan Bertanya. Guru dapat memberikan pertanyaan yang berbobot kepada siswa untuk menumbuhkan rasa keingintahuan siswa, merangsang fungsi berpikir, memfokuskan perhatian siswa serta bentuk interaksi dengan siswa.
  • Keterampilan Menciptakan Variasi. Variasi yang dimaksud yaitu memberikan metode belajar yang kreatif, inovatif serta tidak membuat siswa merasa bosan pembelajaran berlangsung.
  • Keterampilan Memberi Penguatan. Artinya guru memberi respon kepada siswa yang bisa meningkatkan semangat mereka, misalnya dengan mengapresiasi siswa atau memberi nilai pada siswa.
  • Menjelaskan Materi Materi. Dalam memberikan materi pelajaran pastikan terjadi interaksi yang baik antara siswa dan guru. Jangan sekadar memberikan materi, tetapi siswa tidak paham apa yang Anda jelaskan.
  • Keterampilan Membuka dan Menutup Kegiatan Belajar. Hal ini mungkin terdengar mudah, namun Anda harus benar-benar bisa membuka pelajaran dengan baik dan menutupnya dengan baik pula.
  • Keterampilan Membimbing Diskusi Belajar. Dalam proses belajar pasti diperlukan diskusi atau interaksi. Hal ini Anda harus bisa mengarahkan siswa agar dapat berdiskusi dengan tepat.
  • Keterampilan Mengelola Kelas. Pastikan bahwa lingkungan kelas terlihat kondusif dan nyaman untuk dipakai selama proses pembelajaran.

7 Alasan Guru Harus Memiliki Banyak Keterampilan

Setelah mengetahui banyaknya keterampilan dasar yang harus dimiliki oleh guru, mungkin Anda bertanya apa alasannya. Keterampilan tersebut membuat proses pembelajaran lebih baik dan efektif. Keterampilan tersebut bukanlah hal yang mudah, namun juga tidak sulit, Anda bisa mengenali siswa lebih dalam dan memastikan mereka mengerti penjelasan materi yang Anda berikan. Adapun berikut ini merupakan 7 alasan guru harus memiliki banyak keterampilan, di antaranya yaitu:

1. Agar dapat Mempersiapkan dan Menyimpulkan Pembelajaran Siswa dengan Baik

Pada saat membuka dan menutup pelajaran seorang guru harus terampil, karena hal ini bertujuan untuk mempersiapkan siswa sebelum memulai pembelajaran dengan baik dan mereka diharapkan dapat menyimpulkan semua hal yang dipelajari saat pembelajaran berlangsung.

Seorang guru diharuskan bisa mendesain situasi yang sesuai dan membuat kondisi kelas dinamis. Dia harus memberika penguatan diawal pembelajaran, karena kalimat yang diucapkannya diawal dapat menjdi sebuah penetu jalannya keberhasilan dalam suatu kegiatan pembelajaran.

Jadi penting sekali seorang guru mengarahkan dan membuat motivasi-motivasi diawal agar anak-anak tertarik dengan pelajaran yanga akan mereka pelajari. Mereka juga diarahkan guru untuk bisa memahami semua pembelajaran hari itu dengan menyimpulkan materi yang mereka pelajari.

2. Untuk Membimbing dan Melatih Siswa untuk Berpikir

Keterampilan guru yang kedua ialah keterampilan dalam menjelaskan. Alasan guru harus terampil dalam hal tersebut agar dapat membimbing siswa dapat memahami konsep pembelajarannya, melatih kemandirian siswa dan supaya mereka dapat berfikir logis serta ada banyak hal lainnya.

Guru dalam hal ini dituntut untuk merefleksikan segala informasi sesuai dengan keseharian siswanya. Mereka harus memberikan pemjelasan yang relevan dengan tujuan, materi, dan menyesuaikan keadaan para siswanya.

3. Untuk Memotivasi Siswa, Mengurangi Kejenuhan dan Kebosanan

Biasanya dengan pembelajaran yang monoton dapat membuat siswa jenuh dan gampang bosan, oleh karena itu perlu adanya keterampilan guru untuk mengadakan variasi stimulus. Variasi guru dalam pengajaran bisa dalam hal gaya mengajar, penggunaan bahan atau alat dan media pengajaran, serta pola interaksi dan kegiatan siswa.

Tujuan keterampilan guru untuk memvariasi kegiatan pembelajaran yaitu dapat mengatasi kebiasaan, yang akan menghasilkan ketekunan, partisipasif dan antusias para siswanya. Jadi, penting sekali guru membuat variasi pembelajaran agar siswa termotivasi dan dapat mengurangi segala macam kejenuhan serta kebosanannya dalam proses pembelajaran.

4. Untuk Membangkitkan Minat dan Rasa Ingin Tahu Siswa

Pembelajaran dikatakan menyenangkan yaitu pembelajaran yang terjadi suatu interaksi antara guru dan para siswanya. Perlu sekali adanya keterampilan guru untuk membangkitkan minat atau rasa keingin tahuan siswa dalam materi yang disampaikan oleh gurunya.

Penting sekali adanya kegiatan tanya jawab yang dilakukan guru. Melalui tanya jawab antara guru dan siswa atau antara siswa dan siswa dapat menunjukkan adanya interaksi yang dinamis dan multi arah di dalam kelas.

6 Tips Membuat Rangkuman Materi yang Menarik dan Interaktif
Selain memangkas waktu belajar, rangkuman materi juga membuat peserta didik tidak perlu membawa buku cetak pelajaran yang cukup berat ketika belajar di luar rumah. Belajar pun menjadi praktis karena bisa dilakukan dimana saja tanpa perlu mengkhawatirkan cara membawa buku cetak pelajaran.

Apabila ingin kegiatan tanya jawab lebih efektif, maka pertanyaan yang diajukan harus berbobot dan mudah dimengerti atau sesuai dengan topik yang dibahas saat pembelajaran berlangsung. Selain itu juga perlu penguasaan yang mendalam mengenai materi yang dibahas. Tujuannya supaya ketika siswa menjawab dengan jawaban yang kurang tepat, guru bisa mengarahkan dengan jawaban yang lebih tepat dan mudah dipahami mereka.

5. Untuk Dapat Meningkatkan Perhatian Siswa

Guru harus terampil untuk memberi penguatan kepada siswa, alasannya untuk membangkitkan, memelihara motivasi siswa, meningkatkan perhatian mereka, dan menumbuhkan rasa percaya diri serta memudahkannya dalam beraktivitas. Keterampilan penguatan merupakan suatu respon terdapa perilaku tertentu supaya dapat meningkatkan kemungkinan kembali berulangnya perilaku tersebut.

Terdapat dua macam penguatan yang dapat diberikan oleh guru. Yang pertama penguatan secara verbal misalnya denga memuji, memberi penghargaan dan persetujuan kepada para siswa. Sedangkan yang kedua dengan nonverbal berupa cara mendekati, gerakan badan, penguatan dengan sentuhan atau kegiatan-kegiatan yang menyenangkan dan masih banyak lagi.

6. Untuk Menciptakan Lingkungan Belajar yang Efektif

Tanpa Keterampilan dasar mengelola kelas yang baik, Anda belum tentu bisa membuat lingkungan belajar yang efektif. Pasalnya lingkungan belajar yang efektif yaitu yang nyaman, menyenangkan serta memudahkan siswa menyerap materi pelajaran.

Alasan Penggunaan Laptop Penting Bagi Guru
Laptop mempunyai peran penting dalam proses pembelajaran yaitu untuk memberi dukungan proses komunikasi interaktif antara siswa dan guru serta menyiapkan bahan pembelajaran. Menurut Robert Taylor, setidaknya terdapat tiga peran laptop dalam pendidikan yaitu tutor, tutee dan tool.

7. Untuk Mencapai Tujuan Pembelajaran

Kegiatan belajar mengajar memiliki tujuan untuk menyampaikan atau mentransfer ilmu kepada peserta didik. Jika Anda memiliki keterampilan dasar mengajar yang baik, Anda bisa mencapai tujuan pembelajaran, dimana siswa mengerti tentang materi yang Anda dan mereka dapat mencapai batas kompetensi minimum.

Itulah beberapa hal mengenai kemampuan dasar mengajar yang harus dimiliki guru beserta 7 alasan mengapa guru harus memiliki keterampilan yang banyak. Sebagai guru, Anda tidak boleh berhenti belajar untuk bisa memberikan yang terbaik bagi siswa ketika proses pembelajaran.

Epin Supini

Penulis yang memiliki banyak mimpi

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.