Mengonfigurasi Ruang Kelas Digital

teknologi 4 Jul 2023

Tahun 2020 lalu, Indonesia dilanda pandemi COVID-19. Saat itu, terjadi perubahan dalam segala bidang kehidupan, tak terkecuali bidang pendidikan. Pada pandemi COVID-19, pendidikan diselenggarakan secara daring (dalam jaringan). Siswa tak lagi belajar di dalam kelas, melainkan beralih pada kelas daring atau digital.

Kelas digital dianggap sebagai salah satu solusi agar pelaksanaan pendidikan tetap berjalan, tanpa harus terkena risiko penularan virus COVID-19. Ruang kelas dgital menghubungkan siswa dan guru secara virtual. Keduanya tetap bisa saling berinteraksi meskipun dalam perantara teknologi digital.

Kini, status pandemi dinyatakan telah usai oleh pemerintah, dan pembelajaran kembali di ruang kelas. Keberadaan kelas digital masih tetap eksis. Masih banyak proses pembelajaran yang dilakukan dalam ruang kelas digital. Tulisan ini selanjutnya akan membahas bagaimana cara mengkonfigurasi ruang kelas digital.

Pengertian Ruang Kelas Digital

Sebelum kita membahas bagaimana mengonfigurasi ruang digital, mari kita bahas terlebih dahulu apa itu ruang kelas digital. Apa pengertian dari ruang kelas digital? Kelas digital adalah kelas yang menggabungkan perangkat elektronik dan perangkat lunak (software) ke dalam lingkungan belajar. Ruang kelas digital didefinisikan sebagai ruang kelas fisik yang meluas ke ruang digital.

Ruang kelas digital ini memberikan kesempatan untuk mengelaborasikan pembelajaran di kelas dan di luar kelas. Di luar kelas, pembelajaran dilakukan melalui bantuan alat teknologi digital, seperti akses internet dan gawai pintar (smartphone). Dalam ruang kelas digital ini, pembelajaran sangat bergantung dengan teknologi. Sumber belajar diakses melalui gawai dengan jaringan internet yang memadai. Ruang kelas digital ini mengandalkan aplikasi dan situs web pendidikan dalam proses pembelajarannya. Selain itu, beberapa teknologi lain yang digunakan dalam ruang kelas digital ini adalah perangkat keras, perangkat lunak, sistem operasi, hingga saluran media sosial.

Keberadaan ruang kelas digital ini tidak menghilangkan kelas konvensional. Sudah banyak sekolah yang menggabungkan kelas konvensional dengan ruang kelas digital ini. Misalnya, di kelas-kelas disediakan proyektor ataupun TV LED sebagai media penyampaian materi digital. Terkadang, siswa juga menyimak kelas daring melalui TV LED yang ada di kelas. Ada juga sekolah yang menggunakan aplikasi LMS (Learning Management System) dalam proses pembelajarannya. LMS adalah perangkat lunak yang dirancang untuk membuat, mendistribusikan, dan menyampaikan konten pembelajaran. LMS ini menjadi jembatan dalam mengombinasikan kelas konvensional dan ruang kelas digital.

Dalam ruang kelas digital ini, guru lebih banyak berperan sebagai fasilitator pembelajaran. Siswa bisa belajar secara mandiri melalui berbagai sumber belajar yang bisa diakses secara digital. Inilah yang membuat ruang kelas digital bisa mengasah kemandirian siswa dalam belajar.

Dengan ruang kelas digital ini, siswa bisa belajar dari mana saja dan kapan saja. Proses belajar menjadi lebih variatif, tidak membosankan, sehingga siswa bisa belajar dengan menyenangkan tanpa adanya gangguan.

Pentingnya Ruang Kelas Digital

Kendati saat ini pembelajaran sudah kembali berlangsung secara tatap muka, keberadaan ruang kelas digital ini masih tetap eksis. Apa yang membuat ruang kelas digital tetap bisa bertahan hingga kini? Ruang kelas digital tak hanya mampu bertahan, melainkan semakin berkembang pesat. Ruang kelas digital makin menjadi pilihan pembelajaran saat ini.

Semua itu karena keberadaan ruang kelas digital ini sangat penting. Berikut adalah alasan pentingnya ruang kelas digital untuk pendidikan saat ini.

  1. Ruang kelas digital membuat interaksi pembelajaran jadi lebih luas dan komunikatif, ini membuat siswa lebih giat dalam belajar.
  2. Ruang kelas digital bisa membuka ruang pengetahuan lebih luas dan transparan.
  3. Ruang kelas digital ini membuat proses belajar menjadi lebih fleksibel.
  4. Materi pelajaran yang disajikan dalam ruang kelas digital ini lebih variatif, sehingga siswa tidak akan mudah bosan.
  5. Ruang kelas digital ini membuat pembelajaran lebih menyenangkan dan bermakna.
  6. Ruang kelas digital bisa menjembatani komunikasi antara siswa, guru, hingga orang tua siswa.
  7. Ruang kelas digital membuat pembelajaran menjadi lebih efisien.
  8. Ruang kelas digital ini bisa menghemat biaya pendidikan.
  9. Ruang kelas digital ini membantu siswa beradaptasi di era digital seperti ini.
  10. Pembelajaran melalui ruang kelas digital ini mengikuti perkembangan zaman dan sesuai karakteristik siswa saat ini, yang merupakan generasi Alfa. Apa sih yang dimaksud dengan generasi Alfa? Generasi Alfa merupakan generasi yang lahir dan hidup di mana teknologi sedang berkembang dengan pesat. Sehingga bisa dikatakan bahwa siswa yang lahir pada generasi Alfa adalah siswa yang sudah sangat akrab dengan teknologi di mana keuntungan tersebut akan sangat bermanfaat jika diterapkan di dalam kegiatan pembelajaran mereka di sekolah, yang mana siswa akan belajar dengan bantuan teknologi pendidikan.
  11. Melancarkan komunikasi, siswa bisa melatih kemampuan komunikasinya saat belajar menggunakan ruang kelas digital. Contohnya, saat ada kelas online menggunakan aplikasi video konferensi semacam Zoom, tentu siswa harus lancar berkomunikasi secara daring dengan sesama peserta. Ini mampu melatih kelancaran komunikasi siswa.
  12. Melatih siswa berpikir kritis dan logis, ketika belajar melalui ruang kelas digital, misalnya mencari sumber belajar lewat internet, siswa akan terlatih berpikir kritis dan logis. Pada kesempatan ini, siswa dilatih untuk bisa memilih dan memilah sumber belajar apa saja yang benar-benar mereka butuhkan. Hal ini dikarenakan tidak semua sumber belajar yang berasal dari internet bisa digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini tentunya untuk menghindari informasi yang bersifat hoaks.

Mengonfigurasi Ruang Kelas Digital

Setelah mengetahui apa itu ruang kelas digital dan pentingnya ruang digital, tentu Anda ingin mencoba membuat ruang kelas digital untuk siswa-siswa Anda. Bagaimana cara membuat ruang kelas digital yang tepat?

Berikut adalah cara mengonfigurasi ruang kelas digital.

1. Siapkan lingkungan kerja yang mendukung

Saat akan mengajar dalam ruang kelas digital, pastikan Anda berada dalam lingkungan kerja yang mendukung. Misalnya, berada di tempat yang tenang saat akan mengajar melalui aplikasi video konferensi. Hindari lingkungan kerja yang terlalu ramai seperti mal maupun kafe.

2. Siapkan sumber daya

Siapkan sumber daya yang dibutuhkan dalam membuat ruang kelas digital. Mulai dari gawai (smatrphone), akses internet yang memadai, hingga beberapa aplikasi yang mendukung pelaksanaan ruang kelas digital. Misalnya, bila menggunakan LMS, maka buatlah terlebih dahulu LMS nya. Atau bisa menggunakan aplikasi Google Classroom untuk membuat ruang kelas digital.

Learning Management System yang Sering digunakan di Pembelajaran
Learning Management System merupakan sistem manajemen pembelajaran yang terintegrasi berbasis online. Learning Management System lebih dikenal dengan istilah e-learning

3. Keterampilan menggunakan teknologi digital

Jika ingin mengajar di ruang kelas digital, pastikan untuk memiliki keterampilan mumpuni dalam mengoperasikan teknologi digital ini. Keterampilan ini bisa membantu Anda dalam mengonfigurasikan ruang kelas digital dengan baik.

4. Ciptakan kelas yang interaktif

Meskipun pembelajaran dilakukan dalam ruang kelas digital, jangan lupa untuk menciptakan ruang kelas yang interaktif. Anda bisa memanfaatkan beberapa aplikasi yang mendukung terciptanya kelas yang interaktif. Suasana interaktif dalam ruang kelas digital ini sangat penting. Sebab, akan membuat siswa merasa terlibat langsung dalam pembelajaran. Siswa menjadi senang saat belajar. Pembelajaran yang berlangsung juga akan lebih menyenangkan dan bermakna dalam mencapai tujuan pembelajaran siswa.

Di era digitalisasi seperti saat ini, keberadaan ruang kelas digital adalah suatu keniscayaan. Ruang kelas digital bisa membantu proses pembelajaran untuk lebih efisien dan optimal. Bahkan, ruang kelas digital bisa menjadi alternatif pendidikan saat ini.

Model Penguatan Literasi Digital Melalui Pemanfaatan E-learning
Literasi digital sangat penting dalam kurikulum merdeka, karena siswa bebas mencari sumber belajarnya. Jika siswa tidak memiliki kemampuan literasi digital yang baik, maka siswa bisa salah memilih sumber belajar.

Demikian artikel tentang mengoonfigurasi ruang kelas digital. Semoga artikel ini bisa membantu Anda dalam mengonfigurasi ruang kelas digital untuk meningkatkan kompetensi siswa.

Dian Kusumawardani

"Pengajar di BKB Nurul Fikri dan Konselor Menyusui"

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.