Mengenal Literasi Digital dan Manfaatnya Bagi Masa Depan Siswa

edukasi 26 Mar 2021

Di tengah perkembangan zaman yang semakin canggih, sudah dapat dipastikan bahwa ponsel dan jaringan internet sudah seperti kebutuhan pokok di dalam kehidupan manusia. Jika 15 tahun yang lalu setiap orang masih mencari informasi lewat koran dan majalah, untuk saat ini bisa dikatakan bahwa media sosial dan internet adalah sasaran utama setiap orang dalam memperoleh informasi. Hal ini bisa Anda rasakan sendiri dari banyaknya notification atau pop up berita terbaru yang kerap kali masuk ke dalam ponsel Anda ketika menyalakan data internet.

Selain itu, apabila Anda lapar atau ingin pergi ke suatu tempat, Anda tinggal membuka aplikasi Grab atau Gojek yang dapat membantu Anda. Sama hal nya dengan membaca buku, Anda tinggal mengunduh beberapa aplikasi membaca buku atau perpustakaan online yang tersedia di PlayStore. Karena pada saat ini setiap orang sangat mudah dalam mendapatkan informasi, maka sudah saatnya sebagai seorang guru Anda mulai mengenalkan literasi digital beserta manfaatnya kepada seluruh siswa Anda.

Apa sih yang dimaksud dengan literasi digital? Literasi digital merupakan pengetahuan dan kecakapan seseorang dalam menggunakan media digital, alat komunikasi serta jaringan internet dalam menemukan suatu informasi kemudian mengevaluasinya, atau menggunakan dan membuat informasi yang bisa dimanfaatkan secara sehat, bijak, cermat, cerdas, tepat oleh semua orang, tetapi tetap patuh terhadap hukum.

Selain itu, literasi digital juga bisa dikatakan sebagai kemampuan dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang bertujuan untuk mengkomunikasikan informasi dengan kecakapan kognitif dan teknikal.

Apabila Anda melihat penjelasan mengenai definisi dari literasi digital di atas, dapat diketahui bahwa literasi digital ini lebih cenderung membahas tentang keterampilan teknis dan berfokus pada aspek-aspek kognitif dan sosial emosional yang terdapat di dalam lingkungan dunia digital. Selain itum literasi digital juga memberikan repons terhadap perkembangan teknologi dalam menggunakan media sosial yang mana bertujuan untuk mendukung masyarakat dalam memiliki kemampuan membaca serta juga dapat meningkatkan keinginan masyarakat untuk membaca, salah satunya yaitu membaca berita dari beberapa website dan sumber-sumber yang terpercaya.

Adapun elemen-elemen esensial yang dapat mengembangkan literasi digital yaitu sebagai berikut.

Elemen yang Dapat Membangun Literasi Digital

- Kultural           : suatu pemahaman ragam koteks pengguna dunia digital

- Kognitif          :  kemampuan atau daya pikir seseorang dalam menilai sebuah konten

- Konstruktif     : reka cipta dalam membuat konten

- Komunikatif    : paham dengan kinerja dan komunikasi dalam dunia digital

- Percaya diri dan bertanggung jawab

- Kreatif

- Kritis dalam membuat konten

Adapun kelemahan serta kelebihan yang terdapat di dalam literasi digital ini. Berikut penjelasannya.

Kelemahan Literasi Digital

1.      Bebas dalam berekspresi. Sebenarnya kebebasan dalam berekspresi ini bagus, tetapi sayangnya tidak semua orang memberikan serta mengetahui batas dari kebebasan yang mereka miliki. Sehingga tidak jarang terdapat sebagian orang dirundung masalah karena terlalu bebas berekspresi di dunia digital.

2.      Tidak bisa mengontrol konten. Setiap orang memiliki hak masing-masing dalam membuat konten apapun yang disukainya. Namun, akan sangat bagus apabila konten yang dibuat mengandung unsur positif dan membangun motivasi setiap orang. Namun, bagaimana dengan konten yang menimbulkan provokasi? Oleh karena itu, ada baiknya sedari dini anak-anak harus diajari literasi digital supaya tidak terjerumus ke dalam permasalahan yang sangat rumit di kemudian hari.

3.      Keamanannya terancam. Lewat dunia digital seseorang bisa terkenal, tetapi lewat dunia digital pula seseorang terancam keamanannya. Hal ini biasanya dirasakan atau dialami oleh para selebritas, seseorang yang membuat konflik dan salah satu target penipuan, penculikan dan berbagai macam kejahatan yang lainnya. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mengenalkan literasi digital dan manfaatnya beserta efek samping dari literasi digital tersebut kepada seluruh siswa Anda untuk lebih berhati-hati dan tidak mengumbar setiap informasi pribadinya ke media sosial, supaya dapat terhindar dari berbagai macam jenis tindak kejahatan.

7 Tips Efektif Penerapan Pembelajaran Berbasis Game Digital
Model pembelajaran berbasis game merupakan metode pembelajaran yang menggunakan dan melibatkan aplikasi permainan yang sudah dirancang khusus untuk membantu proses pembelajaran siswa.

Kelebihan Literasi Digital

1.      Dengan literasi digital, saat ini informasi lebaiha mudah didapatkan. Sama halnya dalam berkomunikasi dengan keluarga atau kerabat jauh.

2.      Dapat membantu proses kegiatan belajar. Seperti saat ini, di tengah pandemi Covid-19 literasi digital sangat membantu proses belajar, sehingga siswa tidak mengalami ketertinggalan pelajaran dan tetap bisa mengikuti perkembangan materi belajar.

3.      Selain itu, literasi digital juga mengandung konten-konten yang berisi hiburan. Sehingga bisa dikatakan bahwa konten tersebut sangat berguna untuk mengurangi kejenuhan pada setiap orang.

4.      Mempermudah seseorang dalam menjalankan aktivitasnya sehari-haru, seperti berdagang.

5.      Literasi digital juga dapat membantu pemerintah dalam menyampaikan kebijakan program yang telah berlaku dan memberikan keterbukaan kepada seluruh masyarakat untuk memberikan pendapat.

Adapun manfaat dari literasi digital bagi masa depan siswa yaitu sebagai berikut.

Manfaat Literasi Digital

1. Meningkatkan Produktivitas

Pada saat ini, perkembangan teknologi dan industri berkembang dengan pesat. Oleh karena itu, penting bagi siswa untuk mengenal segala jenis teknologi supaya bisa mengikuti perkembangan zaman. Oleh karena itulah diperlukannya literasi digital, supaya siswa bisa fokus dan tidak terjebak ke dalam suatu permasalahan yang bisa mengganggu produktivitas kerjanya.

2. Meningkatkan Motivasi

Selain itu, literasi digital juga dapat meningkatkan motivasi siswa untuk bisa berkembang lebih baik lagi. Hal ini tentunya bisa dirasakan oleh setiap orang yang mengikuti perkembangan role model yang digemarinya. Semangat dan prestasi yang dimiliki seseorang dapat meningkatkan motivasi setiap anak bangsa.

3. Mempermudah Komunikasi

Hal lain yang dapat dirasakan yaitu semakin mudahnya seseorang dalam memperoleh informasi dan berkomunikasi dengan setiap orang dalam rentang jarak yang jauh. Tentu saja ini sangat berguna bagi masa depan dan oleh setiap keluarga yang harus terpisah karena mengejar mimpinya masing-masing.

4. Memahami Segala Macam Jenis Cybercrime

Selain itu dengan adanya literasi digital, sebagai guru Anda dapat memberikan pengetahuan kepada siswa untuk selalu melakukan self-filtering yang sangat berguna untuk terhindar dari berbagai macam jenis kejahatan.

Apabila kita melihat perkembangan dunia saat ini, memang semakin maju dan canggih, tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa kejahatan pun semakin marak dan semakin kejam. Saat ini, kejahatan tidak memandang umur dan siapa orang itu. Oleh karena itu, ada baiknya guru dan orang tua mengambil peran dalam melindungi dan memberikan pengertian kepada siswa untuk selalu menjaga privasi dan informasi pribadinya.

5 Strategi untuk Melatih Anak Mengenali Hoaks dan Misinformasi di Internet
Kata hoax adalah berasal dari Bahasa Inggris dan kini kerap muncul di berbagai media. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), hoaks atau hoax adalah berita bohong atau berita tidak bersumber.

5. Mengenal Ciri-Ciri dari Konten Palsu

Seperti yang Anda ketahui bahwa saat ini banyak sekali konten-konten palsu yang bertebaran di dunia digital. Oleh karena itu, dengan adanya literasi digital siswa akan lebih memahami bagaimana ciri-ciri dari konten palsu tersebut. Sehingga siswa menjadi lebih paham dalam memilah dan memilih informasi apa yang bisa dibagikan dan digunakan di dalam kegiatan sehari-hari. Konten palsu tidak hanya berfokus pada berita atau skandal saja, tetapi juga mengenai review produk suatu barang. Maka dari itu, dengan adanya literasi digital, setiap siswa juga bisa terhindar dari status korban penipuan suatu produk.

Itulah penjelasan mengenai literasi digital beserta manfaatnya yang bisa Anda ketahui dan jelaskan kepada siswa Anda nantinya. Ada hal yang harus selalu Anda ingat dan beritahukan kepada siswa yaitu untuk tetap berhati-hati dengan media sosial yang kita miliki.

Agnes Meilina

Gemar membaca buku dan menulis di malam hari.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.