7 Tips Efektif Penerapan Pembelajaran Berbasis Game Digital

teknologi 25 Feb 2021

Saat ini, perkembangan peradaban manusia mengalami kemajuan di setiap tahunnya. Hal ini juga berlaku pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang setiap tahunnya juga semakin bertumbuh pesat, sehingga tidak dapat dipungkiri bahwa manusia dituntut untuk terus bergerak dan mengikuti perkembangan zaman untuk bisa bertahan. Hal ini juga berlaku dalam dunia pendidikan, di mana terdapat banyak sekali model pembelajaran yang berguna untuk melatih dan meningkatkan kemampuan akademik siswa.

Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan akademik dan motivasi siswa dalam belajar yaitu model pembelajaran berbasis game digital. Lantas, bagaimana penerapan pembelajaran berbasis game digital ini dalam kegiatan belajar mengajar? Yuk, simak penjelasan di bawah ini.

Nah, sebelumnya apakah kamu mengerti apa yang dimaksud dengan model pembelajaran? Model pembelajaran merupakan rangkaian penyajian materi ajar yang meliputi aspek-aspek yang akan dilakukan sebelum, sedang dan sesudah pembelajaran serta berisi segala fasilitas dan media pembelajaran yang akan digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Sementara itu, model pembelajaran berbasis game ini adalah salah satu jenis dari model pembelajaran yang sering dipakai dan diterapkan di kelas oleh guru. Game based learning ini pertama kali dikembangkan oleh David de Vries dan Keith Edward.

Model pembelajaran berbasis game merupakan metode pembelajaran yang menggunakan dan melibatkan aplikasi permainan yang sudah dirancang khusus untuk membantu proses pembelajaran siswa.

Pada umumnya, model pembelajaran ini didesain untuk menyeimbangkan materi pembelajaran yang diajarkan guru dengan bermain dan kemampuan siswa terkait penerapan-penerapan pembelajaran tersebut ke dalam dunia nyata. Permainan atau aplikasi yang terdapat dalam model pembelajaran berbasis game ini sangat bagus untuk meningkatkan kemampuan imajinasi siswa dalam berpikir.

Proses dalam pembelajaran berbasis game ini memanfaatkan permainan atau aplikasi yang terdapat pada komputer, laptop, ataupun ponsel sebagai media untuk menyampaikan materi pembelajaran, serta meningkatkan kemampuan pemahaman dan pengetahuan siswa, dan juga sebagai evaluasi mengenai materi pembelajaran yang telah diajarkan. Pembelajaran berbasis game digital ini menghadirkan lingkungan belajar yang menyenangkan, memotivasi dan meningkatkan kreativitas siswa. Sementara itu, pendekatan yang terdapat di dalam pembelajaran ini mampu menstimulus emosional siswa, serta intelektual dan psikomotorik yang mereka miliki. Dengan adanya model pembelajaran ini. siswa juga dapat melatih kefokusan mereka dalam menyelesaikan masalah. Oleh karena itu, bisa dikatakan bahwa pembelajaran berbasis game digital ini bisa menarik minat siswa untuk belajar.

Selain itu, model pembelajaran berbasis game digital ini bisa diterapkan secara fleksibel, tergantung jenis permainan yang akan dimainkan. Ada baiknya game yang akan dimainkan siswa digunakan sebagai bagian dari proses pembelajaran mereka, bukan hanya sekadar untuk mengisi waktu luang. Permainan yang diberikan sebaiknya dirancang untuk menciptakan suatu aksi yang akan dialami oleh siswa, yang kemudian akan ditarik dalam prose refleksi mereka ke dalam kehidupan sehari-hari.

Terdapat enam langkah yang dilakukan dalam melaksanakan model pembelajaran berbasis games digital ini, yaitu:

Langkah-Langkah Model Pembelajaran Berbasis Game Digital

1. Memilih Game Sesuai Topik

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan yaitu memilih topik yang akan disampaikan kemudian memilih game digital yang sesuai topik.

2. Menjelaskan Konsep

Langkah selanjutnya yaitu menjelaskan konsep dari topik pembelajaran yang akan Anda sampaikan. Dengan menjelaskan konsep terlebih dahulu, siswa Anda akan menjadi lebih terarah dalam bermain game tersebut.

3. Menjelaskan Aturan Permainan

Kemudian Anda menjelaskan peraturan yang terdapat dalam permainan atau Anda bisa membuat peraturan itu bersama-sama dengan siswa Anda di kelas. Dengan adanya peraturan, siswa Anda akan belajar untuk lebih disiplin dalam bertindak dan bisa bertanggung jawab dengan apa yang akan dikerjakannya.

4. Bermain Game

Selanjutnya siswa Anda bisa bermain game dengan menggunakan aplikasi yang sudah Anda rekomendasikan sebelumnya. Pastikan bahwa kegiatan ini sesuai dan tepat waktu, serta mereka serius dalam melakukannya, bukan sekadar mengisi waktu senggang saja. Dengan begitu, siswa Anda bisa mendapatkan pembelajarannya menjadi lebih maksimal.

5. Merangkum Pengetahuan

Setelah selesai bermain, Anda memberikan waktu kepada seluruh siswa Anda untuk merangkum pengetahuan yang mereka dapatkan saat bermain game digital tersebut. Pastikan Anda memeriksanya, karena dengan begitu mereka tidak akan merasa santai dan tidak menganggap permainan tersebut hanya sekadar permainan biasa.

6. Melakukan Refleksi

Langkah terakhir yaitu siswa melakukan refleksi dari hasil pembelajaran yang telah mereka dapatkan.

Dengan adanya model pembelajaran berbasis game digital ini, Anda dapat meminimalisir rasa bosan yang kerap kali mereka rasakan ketika kegiatan belajar mengajar (KBM) sedang berlangsung. Selain itu, Anda juga harus memiliki tips untuk membuat kegiatan pembelajaran menjadi lebih efektif. Berikut penjelasannya.

7 Tips Efektif Penerapan Pembelajaran Berbasis Game Digital

1. Mengidentifikasi Kebutuhan Sumber Belajar Siswa

Sebelumnya Anda terlebih dahulu harus meneliti dan menemukan apa saja yang dibutuhkan siswa. Dengan Anda menemukan sumber belajar yang cocok dan bisa digunakan oleh siswa, Anda dapat menerapkannya ketika kegiatan belajar mengajar (KBM) sedang berlanjut.

2. Mengidentifikasi Game Digital Pembelajaran yang Dapat Digunakan Siswa

Selanjutnya Anda dapat mengidentifikasi jenis-jenis games yang dapat digunakan oleh siswa. Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa game digital yang Anda rekomendasikan sesuai dengan topik pembelajaran yang akan Anda ajari di kelas. Dengan begitu, kegiatan belajar akan menjadi lebih maksimal.

3. Menyiapkan Lembar Kerja Siswa untuk Materi yang Akan Dipelajari

Lembar kerja siswa sangat berguna untuk melatih kemampuan akademik siswa. Anda dapat memberikan lembar kerja siswa (LKS) ini kepada siswa-siswa Anda ketika mereka telah selesai bermain atau Anda bisa memberikannya untuk PR di rumah. Selain itu, LKS ini sangat berguna untuk melihat peningkatan kemampuan siswa Anda, apakah mengalami peningkatan atau tidak.

4. Membentuk Beberapa Kelompok

Kegiatan belajar akan menjadi lebih efektif ketika dibuat dalam berkelompok. Dengan adanya kelompok, Anda dapat memancing mereka untuk menjadi lebih aktif dan dapat belajar untuk bekerja sama. Dengan adanya kerja sama, mereka bisa belajar untuk bertanggung jawab terhadap tugas yang sudah mereka dapatkan.

5. Menjelaskan Konsep Awal Pembelajaran

Selain itu, sebelum Anda ingin memulai permainan, terlebih dahulu Anda harus menjelaskan konsep awal dari materi pembelajaran yang akan Anda ajari di kelas. Dengan begitu kegiatan mereka akan menjadi lebih terarah dan sesuai dengan tujuan awal.

Apa Itu Gratifikasi Tertunda dan 5 Alasannya Menjadi Kunci Kesuksesan Belajar Anak
Funder dan Block menemukan hasil bahwa impulsif atau kurangnya pengontrolan ego dapat meningkatkan kemampuan seseorang dalam menahan diri dalam mendapatkan sesuatu yang diinginkannya.

6. Membuat Rangkuman

Setelah permainan selesai, Anda dapat memberikan waktu kepada siswa Anda untuk merangkum seluruh pembelajaran yang mereka dapatkan ketika bermain game. Oleh karena itu, Anda harus bisa mengontrol mereka ketika sedang bermain game, supaya tidak terlalu lama dan bisa berjalan dengan efektif serta tepat waktu. Setelah selesai merangkum, Anda dapat memeriksanya. Dengan begitu mereka bisa serius ketika sedang belajar.

Cita-cita Anak Menjadi Guru? Kenapa Tidak? Berikut 8 Alasannya
Sebelum membahas mengenai bagus atau tidaknya menjadi seorang guru, mari kita membahas tentang seberapa pentingnya seorang anak untuk memiliki cita-cita.

7. Refleksi

Setelah selesai bermain dan merangkum pembelajaran, siswa Anda dapat melakukan refleksi dari hasil pembelajaran yang telah mereka dapatkan.

Dengan adanya penerapan pembelajaran berbasis game digital ini, Anda dapat memberikan motivasi baru bagi siswa Anda dalam belajar. Karena tidak dapat dipungkiri bahwa kerap kali seluruh siswa akan merasa jenuh dan bosan terhadap kegiatan belajar yang mereka lakukan di setiap harinya.

Agnes Meilina

content writer - content creator - reviewer books

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.