Manfaat Blog dan Langkah Mudah Membuatnya

edukasi Agt 11, 2020

Langkah Mudah dan Cepat Memulai Blog Pribadi - Saat ini perkembangan teknologi komunikasi dan informasi semakin masif. Sejak ditemukannya internet, kehidupan sehari-hari tidak tidak bisa dilepaskan dari teknologi komunikasi dan informasi. Banyak orang lebih suka mencari informasi dari internet. Salah satu sumber informasi dari internet adalah blog.

Apa itu Blog ?

Blog, mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan istilah ini. Namun tahukah anda, apa sih sebenarnya pengertian dari blog?

Blog adalah kependekan dari weblog. Weblog atau blog adalah website atau jurnal online yang memuat beragam informasi.

Konten atau postingan blog diperbarui secara berkala. Blog bisa dikelola secara pribadi maupun kelompok. Meski dikelola secara berkelompok, pikiran dan opini yang dituliskan tetap berfokus pada satu topik. Misalnya blog khusus pendidikan, kecantikan, fashion atau yang lainnya.

Blogging

Berbicara tentang blog, pasti tidak bisa dilepaskan dari aktivitas blogging. Blogging adalah aktivitas menulis dan mengelola blog dengan memanfaatkan tool digital yang ada di internet agar sang blogger bisa menulis, membagikan, serta menautkan konten dengan mudah.

Aktivitas blogging dimulai pada awal tahun 2000-an di mana sejumlah blog berbau muatan politik bermunculan. Beberapa saat setelahnya muncul blog bertemakan how-to dan tutorial.

Why Blogging

Sejak kemunculannya hingga saat ini, blogging sangat populer. Banyak alasan mengapa banyak orang yang melakukan aktivitas blogging ini. Pertama, hobi. Bagi orang yang memiliki hobi menulis, blogging adalah sarana untuk menyalurkan hobi. Ya, kini menulis tidak terbatas pada buku saja. Blog bisa menjadi media menyalurkan hobi menulis.

Kedua, tempat curhat. Banyak juga orang yang menjadikan blogging sebagai ajang mencurahkan isi hati. Bila dulu orang biasa curhat di buku harian, kini orang curhat dengan menulis blog. Meskipun berupa curahan hati, terkadang tulisan ini juga bermanfaat bagi banyak orang. Misalnya, saat ada yang curhat tentang suka duka pembelajaran jarak jauh, bisa menjadi inspirasi bagi yang lainnya. Bagaimana menerapkan pembelajaran jarak jauh yang ideal.

Ketiga, orang menulis blog untuk mengasah skill. Skill menulis sangat dibutuhkan, maka sayang bisa tidak diasah dengan baik. Blogging bisa menjadi sarana yang tepat dalam mengasah skill menulis. Raditya Dika misalnya, sebelum menjadi penulis buku terkenal, dulunya rajin menulis di blog. Tulisan-tulisan dalam blog ini yang kemudian dibukukan.

Keempat, blogging bisa menjadi sarana untuk eksistensi diri. Blogging bisa membuat anda bisa berkarya. Bahkan saat ini profesi sebagai blogger, sebutan bagi penulis blog sedang naik daun.

Manfaat Blogging

Beberapa manfaat blogging antara lain :

1. Memperluas Silaturahmi

Aktivitas blogging bisa memperluas silatirahmi. Saat ini banyak komunitas blogging. Melalui blogging, anda bisa memperluas silaturahmi. Memiliki banyak teman dari mana saja. Tak hanya dari seluruh Indonesia, anda bahkan bisa mendapat teman dari mancanegara.

2. Menambah Skill

Blogging tidak hanya membutuhkan skill menulis saja. Tetapi juga butuh skill lain yang mendukung. Mulai dari fotografi, videografi sampai desain. Dimana semua skill tambahan tadi bisa memperkuat konten yang dibuat di blog.

3. Menambah Networking

Blogging bisa menambah networking anda. Tak hanya bertemu dengan sesama blogger, tetapi juga berbagai pihak terkait. Misalnya saat menghadiri gathering sebuah produk, anda juga bisa bertemu klien yang membutuhkan jasa blogging.

4. Mendatangkan Penghasilan

Aktivitas blogging bisa mendatangkan penghasilan. Dengan menulis review produk atau content placement pada blog, amda akan mendapatkan penghasilan.

Langkah Mudah dan Cepat Membuat Blog

Setelah mengetahui seluk beluk seputar blog, anda pasti tertarik untuk membuat blog pribadi. Membuat blog tidaklah rumit. Ini dia langkah mudah dan cepat membuat blog.

1. Menentukan Niche Blog

Langkah awal dalam membuat blog pribadi adalah menentukan niche blog. Niche blog adalah tema atau topik khusus untuk blog. Dengan memilih satu niche blog, Anda hanya perlu membuat konten-konten dalam satu topik yang sama. Misalnya, bila anda memilih niche blog pendidikan, maka anda cukup menulis konten seputar pendidikan saja.

2. Memilih Platform Blog

Langkah kedua yang harus anda lakukan untuk membuat blog pribadi adalah memilih platform blog. Platform blog adalah tempat atau situs yang menyediakan akun blog. Sampai saat ini banyak platform blog gratis yang menjadi pilihan alternatif bagi blogger untuk membuat blog, platform Blog yang terkenal dan paling diminati adalah Blogspot dan Wordpress.

Dalam menentukan platform blogging mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda tidak dengan asal memilih, tetapi lakukan riset terlebih dahulu. Riset dalam memilih platform blog dilakukan dengan memperhatikan beberapa faktor seperti biaya, fitur, support, kemudahan penggunaan, integrasi, desain, dan masih banyak lagi.

3. Memilih Hosting

Hosting adalah layanan untuk menyimpan semua data, file, dan gambar  pada website. Layanan ini pula yang memastikan sebuah website dapat diakses via internet. Hosting pada blog adalah bagian yang penting.

Hosting ibarat kartu memori, hosting bisa anda gunakan sebagai tempat penyimpanan data yang anda miliki di blog. Tentunya, anda ingin sistem penyimpanan memori yang aman, ‘kan? Selain keamanan, kemampuan untuk memastikan kecepatan loading halaman blog juga merupakan hal penting, karena Google akan mendeteksi faktor-faktor ini ketika menentukan peringkat di Google SERP.

4. Membuat Blog dengan Blogspot dan Wordpress

Blogspot

1. Buka aplikasi peramban atau browser dan kunjungi situs web Blogger di alamat www.blogger.com

2. Di landing page, pilih menu CREATE YOUR BLOG

3. Berikutnya, login menggunakan akun Google yang dimiliki.

4. Tulis Nama Tampilan di kolom yang disediakan, jika sudah tap Lanjutkan ke Blogger

5. Di laman berikutnya, pilih menu BUAT BLOG BARU

6. Akan muncul pop-up yang meminta mengisi judul atau nama blog, alamat blog, dan memilih template blog. Jika semua sudah dilakukan, pilih menu Buat Blog!

7. Berikutnya, akan muncul laman Dashboard untuk aktivitas blogging di Blogger

8. Jika ingin mulai posting, pilih menu Entri Baru

9. Selesai

Saatnya Go Digital untuk Proses Belajar Mengajar
Banyak yang berpendapat bahwa go digital dalam dunia pendidikan dilakukan akibat hadirnya pandemi COVID-19. Padahal, jauh sebelum pandemi COVID-19 datang, sesungguhnya kita sudah perlahan memanfaatkan konsep digitalisasi yang ada.

Wordpress

1. Buka aplikasi peramban dan kunjungi situs web Wordpress di alamat www.wordpress.com

2. Di landing page, pilih menu MULAI

3. Berikutnya, login menggunakan akun Wordpress. Jika tak memilikinya, silakan mendaftar dahulu

4. Di laman berikutnya pilih jenis layanan Blog kemudian pilih topik blog yang akan dibuat, misalnya Pendidikan, lalu tap Lanjutkan

5. Berikutnya, isi nama atau judul blog di kotak yang tersedia kemudian pilih Lanjutkan

6. Isi alamat blog yang dikehendaki, misalnya "pendidikan anak usia dini". Di bagian alamat, pilih domain (gratis) "pendidikananakusiadini.wordpress.com"

7. Berikutnya, Wordpress akan menawarkan paket, dan pilih Start with a free site lantaran ini layanan yang ditawarkan gratis

8. Lalu, akan muncul laman Dashboard untuk aktivitas blogging di Wordpress

9. Jika ingin mulai posting, pilih menu Tulis yang letaknya di pojok kanan atas Dashboard

10. Selesai

Bagaimana mudah bukan? Oh ya bila sudah memiliki blog pribadi, jangan lupa untuk rutin mengisi kontennya.

Tren Membuat Vlog Bagi Guru
Saat mengajar anak-anak di sekolah tentu saja Anda memiliki banyak hal yang menarik yang bisa dibagikan, sehingga membuat Vlog saat mengajar merupakan salah satu pilihan menyenangkan yang bisa dicoba oleh Anda sebagai pendidik.

Selain kualitas konten, seperti dikutip dari The Write Life, salah satu kunci sukses blogging, termasuk di blog pribadi, adalah konsisten. Sebab, kotinuitas dalam menulis (posting) akan mencegah aktivitas blogging berhenti di tengah jalan.

Dian Kusumawardani

"Ibu rumah tangga yang suka menulis dan juga seorang konselor menyusui"

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.