Tren Membuat Vlog Bagi Guru

edukasi Jul 07, 2020

Membuat video dengan topik tertentu dan kemudian di unggah di media sosial saat ini telah menjadi tren dan bagian dari gaya hidup modern. Salah satu jenis konten video yang begitu populer saat ini adalah Vlog.

Vlog sendiri secara umum merupakan Video Blog (log), yaitu aktivitas blog yang menggunakan media video sebagai pengganti konten artikel. Membuat video mengenai aktivitas keseharian di kanal YouTube juga merupakan salah satu contoh Vlog.

Selain YouTube saat ini banyak saluran lain yang bisa dipakai sebagai platform berbagi video. Sebut saja ada Instagram, Facebook, Vimeo, dan lain-lain.

Terdapat berbagai macam bidang yang bisa dicoba. Bidang yang saat ini paling banyak diminati adalah Hiburan, Hobi, Musik, Makanan, dan tentu saja edukasi atau Pendidikan.

Sebagai Guru atau Orangtua juga bisa mencoba untuk membuat Vlog yang mengedukasi untuk dibagikan ke khalayak umum. Misalnya Anda memiliki aktivitas harian yang menarik atau sekadar ingin berbagi pengalaman ketika mengajar di sekolah pedalaman atau 3T, tentu itu sebuah hal yang unik dan berkesan untuk dibagikan kepada orang lain. Apapun yang menarik, unik, menghibur dan bermanfaat dalam kehidupan Anda bisa dijadikan konten Vlog.

Saat mengajar anak-anak di sekolah tentu saja Anda memiliki banyak hal yang menarik yang bisa dibagikan, sehingga membuat Vlog saat mengajar merupakan salah satu pilihan menyenangkan yang bisa dicoba oleh Anda sebagai pendidik. Selain menghibur tentu saja apa yang Anda bagikan bisa menginspirasi orang lain, apalagi jika konten video yang dibuat memiliki unsur edukasi dan membelajarkan.

Jenis-Jenis Vlog

Secara umum terdapat tiga (3) jenis Vlog yang bisa dicoba oleh Anda ketika ingin membuat konten Vlog, diantaranya :

1.Reality

Jenis Vlog ini menggambarkan aktivitas keseharian Anda. Anda bisa merekam aktivitas ketika di rumah sampai di sekolah saat mengajar. Selain itu Reality Vlog juga bisa menyangkut hobi Anda, misalnya Anda memiliki hobi traveling atau menulis, tentu saja Anda bisa menjadikan aktivitas hobi Anda tersebut menjadi sebuah konten yang menarik untuk dibagikan.

Anda hanya membutuhkan modal tripod dan smartphone saja untuk membuat konten seperti ini dan tidak membutuhkan alat yang mahal. Terpenting suara dan videonya harus jelas dan tidak blur atau getar, agar penonton menjadi nyaman ketika menonton Vlog Anda.

2.How-To

Jenis Vlog ini berhubungan dengan konten tutorial dan tips. Apabila Anda memiliki keahlian tertentu dan ingin membagikannya ke orang lain, Anda bisa mencoba jenis Vlog ini.

Misalnya Anda memiliki keahlian dalam menulis artikel, maka Anda bisa membagikan kiat dan tips menulis yang efektif, bagaimana mendapatkan ide yang menarik dan relevan, serta kiat-kiat agar tulisan yang dibuat bisa lolos surat kabar. Anda juga bisa membagikan tips cara menyiapkan bahan ajar dan cara mengajar yang efektif dan menyenangkan menurut versi Anda sendiri, serta bisa juga mencoba topik lain yang relevan dengan diri Anda.

3.Talking Head

Vlog ini berisi opini dan berbagi pengalaman dalam bentuk percakapan. Biasanya berisi satu orang yang berbicara di depan kamera kemudian membahas suatu topik dan tema. Anda sebagai pendidik tentu saja memiliki banyak pengalaman dan hal menarik yang bisa dibagikan kepada orang lain.

Misalnya Anda memiliki pendapat mengenai konsep pembelajaran ‘Merdeka Belajar dan Guru Penggerak’, maka bapak Ibu bisa membahas terkait topi tersebut dari perspektif guru atau pribadi. Apabila Anda memiliki pengalaman mengajar di daerah yang unik, misalnya di sekolah 3T, tentu saja merupakan hal menarik yang bisa dibuat konten agar bisa memberikan wawasan dan inspirasi bagi orang lain.

Ketika ingin memulai membuat sebuah Vlog untuk dipublikasi di platform seperti YouTube sebenarnya tidak ada aturan khusus. Terpenting sudah memenuhi format resolusi video standar. Selain itu usahakan kualitas audio dan video jelas dan tidak blur.

Anda juga sebaiknya fokus pada satu topik saja sehingga akan menjadi ciri khas konten Anda. Misalnya karena Anda sebagai guru, maka topik yang relevan adalah berkaitan dengan pendidikan dan edukasi. Tidak ada salahnya sesekali keluar dari topik, asalkan tetap membawa pesan positif dan bermanfaat untuk orang yang menonton.

Berkaitan dengan manfaat, berikut beberapa manfaat positif dari membuat konten Vlog.

1.Sarana Mengekspresikan Diri

Bagi bapak/Ibu guru, kemampuan komunikasi merupakan elemen penting yang perlu dimiliki. Berbicara dan beropini di depan kamera merupakan salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan kemampuan verbal dan komunikasi. Terutama bagi Anda yang senang mengobrol dan berbicara, Vlog bisa menjadi tempat bagi Anda untuk mengekspresikan diri dan mengeluarkan pendapat melalui konten video yang Anda buat.

2.Sarana Berbagi Ilmu, Pengetahuan, dan Pengalaman

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa konten Vlog tidak hanya berkaitan dengan aktivitas sehari-hari yang direkam menggunakan kamera digital atau smartphone. Jenis Vlog ada juga yang berkaitan dengan berbagi tips, tutorial, dan pengalaman.

Sehingga apabila Anda memiliki banyak pengetahuan, pengalaman, dan skill yang bisa bermanfaat bagi orang lain, maka tidak ada salahnya membagikan ilmu dan pengalaman Anda melalui konten Vlog.

3.Bisa Menghasilkan Pendapatan

Saat ini tidak dapat dipungkiri banyak pembuat konten yang mulai merambah dunia YouTube dan Vlog. Banyaknya bermunculan para pembuat konten video di kanal YouTube dan pada platform video lainnya bukan tanpa alasan. Mereka semakin fokus dan giat membuat konten karena konten video yang diunggah mereka di YouTube bisa menghasilkan pundi-pundi uang yang cukup menjanjikan.

Adapun penghasilan yang mereka peroleh adalah melalui penayangan iklan yang sudah melakukan kerjasama dengan pihak YouTube, maka sebagai partner dengan memenuhi syarat yang sudah dibuat, YouTube akan menawarkan penyematan iklan pada setiap konten yang Anda buat. Sebagai balasannya Anda akan mendapatkan bayaran dengan kisaran tertentu dari penayangan iklan tersebut.

Dengan Anda rajin membuat konten vlog secara konsisten dan memiliki topik yang disukai penonton, maka bukan tidak mungkin konten yang sudah Anda Unggah bisa memenuhi syarat penayangan iklan dan bisa menghasilkan uang.

4.Membangun Ciri khas dan Kepercayaan

Ketika Anda berbagi ilmu, pengalaman, dan pengetahuan yang bisa bermanfaat dan menghibur orang lain sesuai dengan kualifikasi dan kompetensi yang Anda miliki, maka secara konstruktif akan memberikan citra yang positif di mata orang lain. Anda akan dikenal dan dipercaya oleh para penonton karena yang Anda bangun adalah suatu hal yang baik dan berdampak positif untuk orang lain.

Ketika Anda fokus pada satu bidang dan secara konsisten membagikan informasi dan pengetahuan yang positif kepada penonton tentu Anda akan dikenal dengan ciri khas tersebut dan berdampak juga terhadap karir dan citra Anda.

Ini Caranya Menggunakan Teknologi Pendidikan dengan Tepat
Penerapan teknologi untuk pendidikan terdiri dari rangkaian proses panjang yang hulu-nya berasal dari pemerintah dan guru lalu bermuara ke siswa. Tetapi dalam perjalanannya, apakah penggunaannya sudah tepat? Penggunaan secara tepat dapat semakin memaksimalkan peran dari teknologi itu sendiri.

5.Membangun Jaringan

Ketika Anda memutuskan untuk membuat konten Vlog, berarti Anda sudah sepakat untuk menjadi miliki publik dan akan dikenal banyak orang. Oleh karena itu ketika Anda mulai banyak dikenal orang dengan konten positif yang Anda buat, segeralah mulai membangun relasi dan jaringan.

Cobalah lebih dekat dengan para penonton Anda, berkomunikasi dengan sekadar berkomentar, mengadakan sesi tanya jawab, dan bahkan membuat program-program semacam workshop dan pelatihan bagi khalayak umum maupun webinar secara online. Dengan banyak melakukan komunikasi dan Kerjasama dengan orang lain tentu akan membuka dan membangun relasi dan jaringan pertemanan Anda. Semakin luas Anda dikenal tentu akan baik juga terhadap karir dan masa depan Anda.

Tantangan Menjadi Pengajar dalam Mendidik Siswa di Era Digital
Mendidik siswa di era digital harus mengikuti perkembangan zaman. Kemajuan teknologi digital sangat memudahkan hidup manusia. Namun ada juga perubahan yang harus diikuti termasuk di bidang pendidikan dan menjadi tantangan menjadi pengajar. Untuk menjadi semakin go digital, semakin melek teknologi.

Era digital saat ini memang bagai dua sisi mata pisau. Apabila kita bisa manfaatkan dan optimalkan fungsi teknologi, informasi dan internet dengan positif tentu saja hasil yang kita peroleh juga akan baik dan bermanfaat. Sebaliknya jika kita gunakan untuk hal negatif tentu saja akan membawa dampak buruk bagi diri kita maupun orang lain. Sehingga sebagai orang yang terdidik maka kita harus bisa mengoptimalkan segala macam sumber digital dan informasi yang ada saat ini untuk tujuan yang bermanfaat dan positif.

Membuat konten Vlog merupakan salah satu cara positif yang bisa dilakukan oleh Bapak/Ibu. Selain sebagai sarana mengekspresikan diri dan berbagi pengetahuan serta pengalaman. Membuat vlog juga bisa memberikan Anda pemasukan dan membangun citra positif, ciri khas, dan kepercayaan dari orang lain atas manfaat yang sudah Anda bagikan. Jadi jangan sampai berhenti untuk selalu menebarkan manfaat dan hal positif dari apa yang Anda miliki, karena sekecil apapun ilmu dan pengetahuan yang dibagikan tentu akan memiliki manfaat dan dampak yang besar bagi orang lain.

Afandi Madjid

Educational Technology & Content Developer

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.