Macam Metode Belajar Menurut Para Ahli, Lengkap Beserta Pembahasannya

edukasi 13 Feb 2021

Sebagai seorang guru, Anda pasti akan merasa senang dan bangga jika siswa yang Anda ajarkan bisa memahami materi pelajaran dengan baik dan mencapai prestasi yang bagus di mata pelajaran Anda. Pasalnya, hasil pencapaian siswa tidak terlepas dari usaha Anda dalam mendidik mereka dengan metode belajar tepat. Ya, jika Anda mengajar siswa dengan metode belajar yang tepat dan sesuai kebutuhan mereka, maka mereka akan lebih mudah menyerap materi yang Anda sampaikan.

Pengertian metode belajar adalah proses sistematis dan teratur yang dilakukan oleh guru untuk menyampaikan materi kepada siswanya. Dengan adanya metode belajar, diharapkan proses belajar dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Pengertian Metode Belajar Menurut Para Ahli

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai metode belajar, ada baiknya jika Anda mengetahui pengertian metode pembelajaran menurut ahlinya. Adapun berikut ini merupakan beberapa pengertian metode belajar dari ahlinya yang ditulis ulang dengan kata berbeda tanpa menghilangkan maksud dan maknanya, di antaranya yaitu:

  • Wina Sanjaya

Pengertian metode belajar menurut Wina Sanjayal (Sanjaya, 2016, hlm. 147), yaitu cara untuk mengimplementasikan rencana yang telah disusun kegiatan nyata supaya bisa mencapai tujuan yang optimal.

  • Abdurrahman Ginting

Pengertian metode belajar menurut Abdurrahman Ginting (2014, hlm. 42), yaitu pola atau cara yang khas untuk memanfaatkan prinsip dasar pendidikan, berbagai teknik dan sumber daya yang terkait pada proses pembelajaran peserta didik.

  • Abu Ahmadi & Joko Tri Prasetya

Pengertian metode pembelajaran menurut Abu Ahmadi dan Joko Tri Prasetya (2015, hlm. 52), yaitu metode yang dikuasai oleh guru untuk menyajikan materi pembelajaran kepada siswa di kelas baik secara individu atau kelompok dapat diserap dengan baik dan dimanfaatkan oleh peserta didik.

  • Sofan Amri

Pengertian metode pembelajaran menurut Sofan Amri (2013, hlm. 113), merupakan cara yang dilakukan untuk menyampaikan pengetahuan kepada peserta didik melalui kegiatan belajar mengajar di kampus, rumah, sekolah, pondok dan lainnya.

  • Nur Hamiyah & Muhammad Jauhar

Pengertian metode pembelajaran menurut Nur Hamiyah & Jauhar (2014, hlm. 49) yaitu cara untuk mengimplementasikan rencana yang telah disusun dalam bentuk nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran.

  • Komalasari

Metode pembelajaran menurut Komalasari (2010, hlm. 56) yaitu cara yang dilakukan seseorang dalam mengimplementasikan metode dengan spesifik.

  • Ridwan Abdullah Sani

Pengertian metode pembelajaran menurut Ridwan Abdullah Sani yaitu langkah operasional Dalam strategi pembelajaran yang dipilih guna mencapai tujuan pembelajaran.

7 Tip Mengajarkan Pentingnya Pendidikan untuk Masa Depan Anak
Mungkin anak-anak pernah bertanya, “ Kenapa sih, semua anak harus sekolah?”, “Untuk apa PR itu, bukankah kita sudah belajar di sekolah?”

Macam-macam Metode Pembelajaran Lengkap

Jika Anda belum tahu metode pembelajaran yang tepat untuk diajarkan kepada murid, ada baiknya Anda mengetahui macam-macam metode pembelajaran dengan lengkap lalu pilih yang paling cocok untuk diajarkan. Adapun berikut ini merupakan macam-macam metode pembelajaran lengkap, di antaranya yaitu:

1. Metode Konvensional

Metode konvensional atau metode ceramah merupakan metode pengajaran dengan cara menyampaikan informasi secara lisan kepada siswa. Metode belajar ini dinilai paling praktis serta ekonomis karena tidak membutuhkan banyak alat bantu.

2. Metode Diskusi

Metode diskusi adalah metode belajar yang berhubungan erat dengan pemecahan masalah. Metode ini dilakukan dengan membuat kelompok pada siswa untuk memberikan pemahaman serta menyelesaikan permasalahan secara bersama. Metode ini mendorong siswa berpikir kritis, menyampaikan pendapat, pemecahan masalah kerjasama dan saling menghargai.

3. Metode Demonstrasi

Metode demonstrasi merupakan metode belajar yang menggunakan benda atau bahan ajar ketika kegiatan belajar mengajar. Bahan ajar tersebut dapat memberikan pandangan mengenai apa yang dipelajari dan bisa melalui praktikum. Metode ini membuat siswa lebih tertarik dengan apa yang diajarkan, fokus terhadap materi serta memberikan pengalaman yang menyenangkan.

4. Metode Latihan Keterampilan

Metode latihan keterampilan merupakan metode belajar yang bertujuan untuk melatih keterampilan siswa atau soft skill dengan membuat atau merancang sesuatu. Metode ini membutuhkan kreativitas siswa dengan memanfaatkan barang menjadi lebih berguna.

5. Metode Resitasi

Metode resitasi merupakan metode belajar yang mengharuskan siswa meresume materi yang disampaikan guru dengan menuliskannya di kertas menggunakan bahasa sendiri. Metode ini membuat siswa lebih ingat dengan materi yang anda ajarkan

6. Metode Percobaan

Metode percobaan merupakan metode belajar yang menggunakan action seperti percobaan lab. Dengan adanya metode ini, siswa akan mengembangkan percobaan lainnya dan mengeksplor lebih jauh.

7. Metode Ceramah Plus

Metode ceramah plus artinya pengajaran dengan metode ceramah ditambah beberapa lainnya, seperti metode ceramah plus tanya jawab, metode ceramah plus diskusi dan metode ceramah plus demonstrasikan.

8. Metode Karya Wisata

Metode karyawisata merupakan metode mengajar yang memanfaatkan lokasi, lingkungan atau tempat-tempat yang menjadi sumber pengetahuan bagi siswa. Metode ini membutuhkan pendamping seperti guru atau orang tua jika usia anak masih kecil. Metode ini dilakukan dengan mengunjungi tempat sejarah, alam terbuka dan lainnya.

9. Metode Pemecahan Masalah

Metode pemecahan masalah ini hampir sama dengan diskusi kelompok, dimana siswa akan mengutarakan hasil pencarian materi, lalu diskusikan dalam kelompok. Metode ini membuat siswa berpikir kritis untuk memecahkan masalah.

10. Mind Mapping

Mind mapping merupakan metode pembelajaran yang menerapkan cara berpikir runtut terhadap suatu permasalahan, biasanya disajikan dalam bentuk skema yang menghubungkan sebab akibat. Metode belajar ini meningkatkan kemampuan analisis siswa dan berpikir kritis.

11. Metode Perancangan

Metode perancangan merupakan metode belajar yang mengharuskan siswa merancang proyek yang akan diteliti atau dipraktekkan. Metode ini dapat mengintegrasikan pengetahuan, keterampilan dan sikap secara terpadu.

12. Metode Discovery

Metode discovery merupakan metode belajar modern yang membuat siswa lebih aktif dan mandiri. Dalam metode ini siswa akan mencari jawaban atas pertanyaannya yang Ia buat sendiri.

13. Metode Inquiry

Pada inquiry merupakan metode yang menggunakan desain pengalaman belajar. Metode ini melibatkan intelektual serta menuntut siswa memahami apa yang mereka pelajari adalah hal yang berharga.

Panduan Guru Menggunakan Kejarcita.id untuk PJJ
Dalam pelaksanaan sistem pembelajaran jarak jauh, guru dan siswa melakukan kegiatan belajar mengajar di rumah masing-masing tanpa tatap muka secara langsung. Untuk melancarkan kegiatan pembelajaran, Kejarcita memiliki beberapa fitur yang dapat membantu guru dalam mengajar.

14. Cooperative Script

Cooperative Script merupakan metode belajar dengan menuntut siswa untuk mengutarakan intisari materi pelajaran yang disampaikan. Anda bisa mengelompokkan siswa, lalu bagi siapa saja yang akan menjadi pembicara dan pendengar.  Pembicara akan menyampaikan ringkasannya sebaik mungkin dan mengutarakan ide pokok materi, kemudian bertukar peran dengan pendengar. Setelah itu, guru akan memberikan kesimpulan di akhir sesi pembelajaran.

15. Role Playing

Role playing merupakan metode belajar memainkan peran atau drama dimana siswa akan berakting untuk menunjukkan respon yang berkaitan dengan materi.  metode ini melatih interaksi serta mengekspresikan diri secara nyata.

Itulah beberapa hal mengenai pengertian metode pembelajaran menurut ahlinya dan 15 macam metode belajar yang bisa Anda ketahui. Metode belajar yang tepat bisa membuat siswa lebih semangat mengikuti kegiatan belajar, tanpa merasa jenuh atau bosan dalam kelas. Metode pembelajaran juga tidak hanya memberi manfaat bagi siswa, tetapi juga untuk guru, di mana Anda lebih mudah memberikan pemahaman kepada siswa tanpa harus mengulangi materi belajar.

Epin Supini

Penulis yang memiliki banyak mimpi

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.