Kriteria Guru dan Peserta Didik yang Sudah Melek Digital

teknologi 25 Jul 2023

Zaman terus berubah seiring berkembangnya teknologi. Saat ini, kita memasuki era perkembangan teknologi digital yang begitu pesat. Teknologi digital hampir digunakan dalam semua bidang kehidupan, termasuk pendidikan. Perkembangan teknologi digital ini mengharuskan kita semua untuk melek digital, termasuk untuk guru dan peserta didik. Tulisan ini selanjutnya akan membahas bagaimana kriteria guru dan peserta didik yang sudah melek digital.

Melek Digital

Sebelum kita membahas apa saja kriteria guru dan peserta didik yang sudah melek digital, kita bahas dahulu apa itu melek digital. Pengertian melek digital didefinisikan sebagai kemampuan dalam menggunakan teknologi digital. Melek digital disebut juga sebagai literasi digital.

Literasi digital merupakan bentuk kecakapan dan pengetahuan dalam memanfaatkan teknologi, terutama media digital, seperti gawai, media sosial, kanal digital, dan jaringan internet. Orang yang memiliki kemampuan literasi digital yang baik akan mampu memanfaatkan teknologi digital sebaik mungkin, memaknai dan memahami konten digital, serta melakukan penilaian kredibilitasnya, meneliti, hingga mengomunikasikan dengan baik.

Prinsip Melek Digital

Literasi digital ini memiliki empat prinsip, yaitu sebagai berikut.

1. Pemahaman

Seseorang yang telah melek digital berarti telah memiliki kemampuan untuk memahami informasi yang didapatkan secara digital, baik didapatkan secara eksplisit (nyata dan jelas) maupun implisit (makna di dalamnya).

2. Saling Ketergantungan

Media digital saling tergantung satu sama lain. Media digital ini harus bisa berdampingan dan saling melengkapi. Hal tersebut akan memberikan dampak tertentu kepada individu maupun masyarakat luas.

3. Faktor Sosial

Media digital ini memiliki faktor sosial. Semua informasi yang ada di media digital bisa diakses oleh seluruh lapisan masyarakat. Informasi tersebut dapat berdampak secara sosial juga.

4. Kurasi

Kurasi artinya kemampuan untuk bisa mengakses informasi, memilah, dan memilih mana yang dianggap penting dan bermanfaat.

Pentingnya Melek Digital

Melek digital itu sangat penting, apalagi di era digitalisasi seperti ini. Melek digital ini memiliki banyak manfaat bagi kehidupan sehari-hari, termasuk dalam proses pembelajaran. Berikut adalah manfaat melek digital dalam proses pembelajaran.

1) Menghemat Waktu

Dengan melek digital, kita bisa menghemat waktu dalam belajar. Misalnya, cepat mendapatkan referensi yang mendukung tugas. Tugas bisa selesai dengan lebih cepat dan efisien dibandingkan jika harus mencari referensi dari buku terlebih dahulu.

2) Belajar Lebih Efisien

Melek digital membuat belajar lebih efisien. Kita dapat mencari materi pembelajaran yang beragam, mulai dari infografis, artikel, ataupun video pembelajaran.

4) Hemat Biaya

Informasi yang kita dapatkan secara digital itu banyak dan gratis. Cukup bermodalkan kuota internet, kita bisa mendapat banyak informasi dari berbagai disiplin ilmu. Hal tersebut membuat hemat biaya daripada harus membeli banyak buku referensi, terutama buku referensi yang tidak ada di lingkungannya.

5) Cepat Memperoleh Informasi

Melek digital akan membuat kita selalu cepat mendapatkan informasi terbaru. Kita bisa mendapatkan informasi secara cepat dari berbagai tempat di dunia.

6) Tetap Terhubung tanpa Batasan Waktu

Teknologi digital yang bisa dimanfaatkan, membuat guru dan peserta didik tetap terhubung meskipun tidak di dalam kelas. Dengan media digital, guru dan peserta didik bisa tetap terhubung kapan saja dan di mana saja.

7) Mampu Mengambil Keputusan

Banyaknya referensi yang didapatkan secara digital, akan membuat kita mudah mengambil keputusan. Ada banyak referensi yang bisa menjadi dasar keputusan yang dibuat secara kritis dan logis.

8) Membantu Proses Belajar

Melek digital akan membantu proses belajar. Beragam referensi pembelajaran bisa kita dapatkan dengan mudah secara digital. Banyak juga buku digital yang bisa digunakan untuk membantu proses belajar, baik yang gratis maupun berbayar.

9) Sesuai Perkembangan Zaman

Melek digital ini merupakan kompetensi yang sesuai dengan perkembangan zaman. Saat ini di era digital, melek digital adalah kompetensi yang sangat dibutuhkan.

10) Bersifat Global

Melek digital membuat pergaulan lebih luas secara global. Interaksi kita menjadi lebih luas, tak hanya bisa saling terhubung dengan peserta didik satu sekolah saja, tetapi bisa satu Indonesia. Bahkan, tak jarang peserta didik bisa saling terhubung secara global. Berinteraksi dengan peserta didik lainnya dari berbagai macam negara dapat memberikan perspektif dan pengetahuan mengenai karakteristik masyarakat di tiap negara.

Kriteria Guru yang Melek Digital

Di era digital seperti ini, tentu sangat penting bagi guru untuk bisa melek digital. Berikut adalah beberapa kriteria guru melek digital.

1) Memiliki Akses terhadap Teknologi Digital

Kriteria guru melek digital yang pertama adalah memiliki akses terhadap teknologi digital. Akses teknologi digital ini adalah memiliki gawai dan jaringan internet yang bisa digunakan untuk berselancar secara digital.

2) Mampu Mengoperasikan Teknologi Digital

Tak hanya punya teknologi digital saja, guru yang melek digital juga harus bisa mengoperasikan gawainya dengan lancar.

3) Mampu Mencari Informasi Digital

Guru yang melek digital harus bisa mencari informasi secara digital. Guru juga harus memastikan untuk mengakses sumber yang terpercaya dalam mencari informasi atau referensi secara digital.

4) Melakukan Pembelajaran Secara Digital

Guru yang melek digital mampu melakukan pembelajaran secara digital. Sebagai contoh, memberikan tambahan pelajaran lewat aplikasi video konferensi atau menggunakan Google Form untuk memberi tugas pada peserta didiknya.

Learning Management System yang Sering digunakan di Pembelajaran
Learning Management System merupakan sistem manajemen pembelajaran yang terintegrasi berbasis online. Learning Management System lebih dikenal dengan istilah e-learning

5) Memiliki Kemampuan Deteksi Hoaks

Melek digital harus mampu mengenali kredibilitas informasi yang didapatkan. Dalam hal ini, kita dituntut untuk tidak mudah percaya dengan informasi yang belum jelas sumbernya. Dengan begitu, kita bisa terhindar dari namanya penipuan atau kabar berita bohong yang dapat memecah belah banyak pihak.

6) Dahulukan Saring Sebelum Sharing

Saat mendapatkan informasi baru, guru yang melek digital tidak akan langsung buru-buru membagikannya. Guru harus memastikan informasi yang didapatkan dipilah dan dipilih dahulu, sebelum dibagikan.

Kriteria Peserta Didik yang Melek Digital

Lalu, bagaimana kriteria peserta didik yang melek digital? Berikut adalah kriteria peserta didik yang melek digital.

1) Mampu Mengoperasikan Teknologi Digital

Peserta didik yang melek digital pastinya harus mampu mengoperasikan teknologi digital. Mereka tidak gaptek (gagap teknologi) menghadapi digitalisasi.

2) Mampu Mencari Informasi secara Digital

Peserta didik yang melek digital akan mampu mencari informasi secara digital. Menelusuri informasi digital apa saja yang dibutuhkannya.

3) Menggunakan Sumber Belajar Digital

Peserta didik yang melek digital banyak menggunakan sumber belajar digital. Mereka lebih sering belajar dengan video pembelajaran yang didapatkan di kanal pendidikan, buku digital, siniar (podcast), hingga siaran langsung di media sosial. Mereka juga banyak mengerjakan tugasnya secara digital. Misalnya, memanfaatkan aplikasi Google Classroom. Melakukan belajar kelompok dengan menggunakan aplikasi chatting ataupun video konferensi.

4) Mampu Berpikir Kritis

Melek digital membuat peserta didik mampu berpikir kritis. Mereka tidak mudah percaya pada informasi yang belum jelas kebenarannya. Peserta didik dapat memanfaatkan teknologi untuk mencari dan mengolah informasi sebelum menyimpulkannya.

5) Kreatif

Melek digital membuat peserta didik kreatif. Mereka memiliki banyak ide-ide segar dan bisa mengerjakan tugas secara kreatif. Kreativitas yang mereka miliki dapat membantu menyelesaikan permasalahan di sekitarnya.

6) Komunikatif

Peserta didik yang melek digital akan pandai berkomunikasi. Komunikasi tersebut dapat dilakukan secara langsung atau berkomunikasi secara daring. Hal tersebut harus didukung dengan kepercayaan diri yang baik dalam menyampaikan informasi.

7) Memiliki Kemampuan Problem Solving

Dengan kemudahan mendapatkan informasi, peserta didik yang melek digital memiliki banyak referensi yang bisa digunakan untuk menyelesaikan msalahnya. Peserta didik yang melek digital memiliki kemampuan problem solving yang baik. Mudah menyelesaikan semua permasalahan yang dihadapinya dan cepat mencari solusi atas masalah yang ada.

Pentingnya Peningkatan Pembelajaran Literasi dan Numerasi dengan Pendidikan Digital
Kemampuan literasi dimaknai bila seseorang mampu mengolah dan memahami suatu informasi saat membaca maupun menulis. Kemampuan numerasi dimaknai dengan memahami aplikasi operasi hitung maupun pola bilangan dalam kehidupan sehari-hari.

Melek digital menjadi syarat mutlak agar bisa beradaptasi di era digitalisasi seperti ini. Melek digital bisa membuat pembelajaran berlangsung dengan lebih efektif. Guru dan peserta didik wajib memiliki kriteria melek digital.

Demikian artikel tentang kriteria guru dan peserta didik yang sudah melek digital. Semoga artikel ini bisa membantu Anda dalam memahami kriteria guru dan peserta didik yang sudah melek digital sehingga dapat mendukung proses pembelajaran di kelas dengan efektif.

Dian Kusumawardani

"Pengajar di BKB Nurul Fikri dan Konselor Menyusui"

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.