Ini Penilaian Portofolio dalam Pembelajaran Matematika

teaching 16 Nov 2021

Pendidikan tidak pernah terlepas dari penilaian pada siswa. Penilaian adalah salah satu tahap penting dalam proses pembelajaran matematika, karena melalui penilaian tersebut guru dapat mengetahui perkembangan kemampuan yang dimiliki siswa serta sejauh mana tujuan pembelajaran telah tercapai. Adapun penilaian portofolio dalam pembelajaran matematika berperan penting untuk guru dalam mengetahui gambaran hasil belajar yang diperoleh siswa sepanjang proses pembelajaran telah dilaksanakan.

Dalam hal ini, guru tidak hanya harus menguasai kemampuan dalam membuat proses pembelajaran dan menerapkan kurikulum dalam kegiatan belajar, tetapi guru juga harus memiliki kemampuan yang profesional dalam membuat sistem penilaian. Hasil penilaian yang diperoleh guru bermanfaat sebagai gambaran dari hasil belajar yang diperoleh siswa selama kegiatan belajar mengajar.

Selain itu, proses penilaian yang dilakukan guru tidak seharusnya terfokus pada kemampuan kognitif siswa saja, tetapi juga menilai perkembangan keterampilan siswa dan kemampuan mereka dalam memanfaatkan sumber belajar selama proses pembelajaran berlangsung.

Apabila proses kegiatan belajar hanya menekankan pada aspek kognitif siswa saja, situasi ini akan mendorong siswa untuk lebih memilih menghafal materi pembelajaran yang dijelaskan guru supaya dapat memberikan hasil belajar yang maksimal (tes harian atau tes hasil belajar siswa). Dengan begitu, guru hanya dapat melihat pengetahuan yang dimiliki siswa terhadap materi pembelajaran yang baru saja dipelajari, tetapi Anda tidak bisa mengetahui bagaimana ilmu pengetahuan tersebut diproses sendiri dengan pemahaman yang siswa miliki. Selain itu, kondisi ini juga akan menghambat keterampilan siswa dalam berpikir dan memecahkan masalah.

Sistem penilaian yang dibuat guru tentu saja harus selaras dengan tujuan dan proses pembelajaran yang akan diterapkan  di dalam kelas. Sistem penilaian yang akan dibuat harus valid dan autentik (harus terkait dengan dunia nyata atau kondisi saat ini).

Portofolio dalam Pembelajaran Matematika

Dalam pembelajaran Matematika, portofolio adalah sekumpulan pekerjaan yang dilakukan siswa untuk menunjukkan hasil belajar, proses belajar, kemajuan dan kemahiran siswa dalam pembelajaran Matematika. Manfaat portofolio dalam pembelajaran Matematika berguna untuk mengetahui perkembangan siswa dengan melihat perkembangan tersebut dari tugas-tugas Matematika yang telah dikerjakan siswa. Dalam hal ini, tidak semua tugas yang akan dimasukkan ke dalam portofolio, tetapi guru akan memilih tugas apa yang akan dimasukkan ke dalam portofolio.

Koleksi portofolio hendaknya terdiri dari dua bagian, yaitu bagian proses yang berarti kegiatan mendokumentasikan tahap belajar siswa dalam proses perkembangan kemampuan serta bagian produk yang berarti kegiatan dalam memberikan pemahaman siswa dengan mengandalkan materi belajar dan tugas yang berguna sebagai alat untuk mencapai tujuan belajar siswa.

Salah satu keuntungan yang akan Anda dapatkan dari menggunakan portofolio dalam pembelajaran Matematika yaitu dapat melatih dan meningkatkan tanggung jawab siswa dalam proses pembelajaran. Adapun tiga langkah yang bisa dilakukan guru dalam melakukan penilaian portofolio, yaitu sebagai berikut.

1. Guru dan siswa mengidentifikasi isi portofolio, refleksi, observasi yang dilakukan guru dan mencatat hasil belajar.

2. Guru mengembangkan prosedur evaluasi yang bertujuan untuk melacak isi portofolio.

3. Guru membutuhkan rencana untuk mengadakan konferensi portofolio, yang formal dan informal di mana siswa akan meninjau pekerjaan yang telah dilakukan dan melakukan diskusi mengenai kemajuan atau perkembangan proses belajar mereka.

8 Cara Mencetak Siswa Yang Adaptif, Kreatif, dan Inovatif
Strategi pembelajaran kreatif dan menarik harus dimiliki oleh guru untuk mencapai tujuan pembelajaran dan membuat perubahan baik pada diri siswa.

Setelah membahas tentang penilaian portofolio dalam pembelajaran matematika, adapun tiga poin penting dalam suatu portofolio menurut Tierney, dkk (1991) yaitu:

- Portofolio merupakan koleksi yang sistematis baik dari siswa maupun guru yang dapat berfungsi sebagai dasar pengujian karya, perbaikan, proses, dan prestasi, dan juga bermanfaat untuk memenuhi permintaan akuntabilitas yang biasanya dapat dicapai melalui prosedur-prosedur tes yang formal.

- Portofolio bukan suatu benda, tetapi sarana penilaian siswa yang akan digunakan secara terus menerus yang berfungsi sebagai petunjuk atau bukti dari aktivitas dan proses yang dilakukan siswa (evaluasi diri, penyeleksian, membandingkan, sharing, dan goal setting)

- Nilai-nilai yang digunakan dalam portofolio bertujuan sebagai perencanaan proses pembelajaran di kelas yang mana bertujuan untuk menggambarkan pekerjaan siswa selama proses pembelajaran berlangsung.

Manfaat Portofolio

Portofolio terdiri dari berbagai macam catatan mengenai perkembangan siswa yang dinilai dari berbagai aspek baik dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Berdasarkan pernyataan tersebut dapat disimpulkan bahwa penilaian portofolio dalam pembelajaran Matematika memiliki berbagai macam manfaat. Adapun beberapa manfaat portofolio yang harus Anda ketahui yaitu sebagai berikut:

Bagi Siswa

Manfaat portofolio bagi siswa yaitu sebagai berikut:

1. Dapat mendokumentasikan proses belajar dan kemajuan siswa dalam waktu kurun waktu tertentu.

2. Dapat mengetahui bagian-bagian yang belum diketahui siswa dengan baik.

3. Dapat membangkitkan kepercayaan diri dan motivasi belajar siswa.

4. Dapat mendorong tanggung jawab siswa untuk belajar.

5. Dapat memperbaiki perilaku siswa yang salah atau kurang baik dalam proses pembelajaran Matematika.

Bagi Guru

Manfaat portofolio bagi guru yaitu sebagai berikut:

1. Dapat menjadi bahan refleksi guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran.

2. Dapat memperbaiki perilaku mengajar yang masih kurang tepat.

3. Dapat membantu guru dalam mengenali karakteristik siswa yang berkaitan dengan pembelajaran Matematika.

4. Dapat mengetahui bagian-bagian yang perlu diperbaiki dan dilakukan remedial.

5. Dapat memudahkan guru dalam mengidentifikasi siswa yang berpotensi dalam pelajaran Matematika supaya bisa mengikuti program akselerasi atau pengayaan.

6. Dapat memudahkan guru dalam memilih siswa yang berpotensi untuk mengikuti kegiatan cerdas cermat Matematika atau lomba Matematika yang diadakan dalam tingkat antar sekolah bahkan sampai tingkat nasional.

Asesmen Portofolio

Sebagai bagian dari instrumen penilaian, portofolio difokuskan pada dokumen tentang produktivitas siswa dalam bekerja atau bisa diartikan sebagai “bukti” tentang apa yang dapat dilakukan siswa, bukan apa yang tidak dapat dikerjakan siswa. Dengan demikian, apa yang dimasukkan siswa dalam portofolionya harus benar-benar mereka pahami dan kuasai, tidak hanya sekadar tahu.

Oleh karena itu, portofolio dibuat tidak hanya sekadar sekumpulan dari hasil kerja siswa dalam proses pembelajaran, melainkan sekumpulan hasil kerja siswa yang dibuat untuk menunjukkan bukti dari kompetensi, pemahaman, dan pencapaian siswa dalam pembelajaran Matematika.

Adapun beberapa bentuk asesmen portofolio yaitu sebagai berikut:

1. Catatan anekdotal, merupakan lembaran khusus yang mencatat segala bentuk dari kejadian mengenai perilaku siswa, terutama selama proses pembelajaran sedang berlangsung.

2. Ceklis atau daftar cek, merupakan daftar yang telah disusun berdasarkan tujuan dari perkembangan yang hendak dicapai siswa dalam proses belajar.

3. Skala penilaian yang akan mencatat isyarat kemajuan perkembangan kemampuan siswa.

4. Respon-respon siswa terhadap pertanyaan yang diberikan guru selama proses pembelajaran.

7 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Melakukan Evaluasi Pembelajaran
Evaluasi pembelajaran dilakukan guru setelah proses belajar atau transfer knowledge melalui tugas dan materi yang diajar telah selesai dilakukan.

5. Tes skrining yang bermanfaat untuk mengidentifikasi keterampilan siswa setelah kegiatan pembelajaran telah dilakukan, misalnya seperti tes hasil belajar, pekerjaan rumah (PR), LKS (Lembar Kerja Siswa), Laporan Kegiatan Lapangan.

Berdasarkan penjelasan-penjelasan di atas dapat diketahui bahwa penting bagi guru untuk benar-benar memahami bentuk penilaian portofolio dalam pembelajaran Matematika. Dengan begitu, Anda dan siswa bisa mengetahui kapasitas (kemampuan) yang dimiliki siswa dalam pembelajaran Matematika.

Agnes Meilina

content writer - content creator - reviewer books

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.