Ini Dia Contoh Soal UTBK Saintek, Fisika

edukasi 13 Des 2022

Contoh soal UTBK kini menjadi salah satu hal yang dibutuhkan oleh siswa kelas 12 untuk persiapan menuju universitas.  Pasalnya saat ini banyak jalur ujian perguruan tinggi negeri di Indonesia seperti SNMPTN dan UTBK. Agar bisa bersaing dengan siswa lainnya, siswa memerlukan persiapan yang matang untuk mengikuti seleksi tersebut.

UTBK adalah ujian tulis berbasis komputer dan biasanya jalur ini Selalu ramai peminat untuk masuk ke perguruan tinggi negeri. Lokasi dan waktu pelaksanaan ujian biasanya fleksibel, yakni calon mahasiswa dapat memilih lokasi pelaksanaan UTBK di wilayahnya masing-masing.

Pasalnya calon mahasiswa meyakini masuk ke perguruan tinggi negeri merupakan pencapaian yang bagus dan bisa mendapatkan prospek kerja menjanjikan dan lebih diperhitungkan oleh banyak perusahaan swasta atau pemerintahan. Hal inilah yang membuat banyak calon mahasiswa berupaya keras untuk bisa masuk ke perguruan tinggi negeri.

Tips Ikut UTBK SBMPTN

Jalur utbk SBMPTN sering kali menjadi topik perbincangan yang hangat dan menyita perhatian besar para pelajar Indonesia, khususnya mereka yang ingin melanjutkan pendidikan lebih tinggi. Banyak siswa yang membuat strategi sedemikian rupa agar berhasil mengikuti UTBK SBMPTN.

Untuk mencapai keberhasilan dalam mengikuti tes UTBK SBMPTN, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan.

1. Memilih Jurusan yang Tepat

Memilih jurusan merupakan salah satu hal yang tricky karena siswa harus mengenali kemampuan dan minat diri sendiri. Untuk bisa lulus SBMPTN, siswa juga harus bisa memilih jurusan yang tepat. Siswa harus bisa membedakan mana jurusan yang memiliki banyak peminat dan yang sepi peminat. Agar saingan semakin sedikit, siswa bisa memilih jurusan yang sedikit peminatnya. Namun, jangan lupa juga untuk memperhitungkan peringkat universitas tujuan.

7 Jurusan Kuliah Paling Diminati Anak Indonesia
Kuliah menjadi penunjang bagi seseorang yang ingin berkarir di bidang tertentu dengan mempelajari ilmu yang sesuai dengan bidangnya.

Pastikan jurusan yang dipilih sesuai minat dan bakat siswa tersebut. Pasalnya, tak sedikit mahasiswa yang merasa bahwa dirinya salah jurusan. Tips memilih jurusan, yaitu dengan melihat kemampuan diri sendiri dan memandang prospek kerja serta gaji yang didapatkan di masa depan.

2. Memilih Jurusan yang Sama di 3 PTN

Pada SBMPTN siswa diberikan kesempatan untuk memilih 3 universitas negeri pilihannya. Dalam hal ini, siswa sebaiknya menuliskan jurusan yang sama di ketiga pilihan universitas tersebut untuk membuka peluang keberhasilan yang lebih besar. Secara logika, ini menunjukkan keseriusan dan kompetensi siswa dalam memperhitungkan pemilihan jurusannya.

3. Persiapan Diri dengan Matang

Untuk memperbesar peluang kelulusan tes SBMPTN, Anda harus mempersiapkan diri dengan matang dengan cara sering melakukan latihan soal UTBK. Salah satu tes yang diujikan di UTBK yaitu saintek fisika. Topik yang diujikan beragam seperti getaran, magnet, gelombang, mekanika, bunyi, zat kalor, dan lain-lain.

Contoh Soal UTBK Saintek, Fisika

Berikut ini merupakan beberapa contoh soal UTBK saintek fisika yang membantu Anda dalam mengerjakan ujian UTBK agar lancar.

Topik: Listrik dan Magnet || Sub topik: Listrik Statis

  1. Dua kapasitor identik dirangkai paralel dengan energi yang tersimpan pada rangkaian sebesar W. Bila medan listrik E bergerak ke arah plat negatif dan jarak antar plat adalah a, besar kapasitas masing-masing kapasitor adalah ....
fisika 2a

Kunci: D

Pembahasan:

Diketahui

Energi kapasitor = W

Medan listrik       = E

Jarak antar-plat   = a

Ditanya

C?

Penyelesaian:

fisika 2b


Contoh Soal 2

pembahasan soal listrik dan magnet

Jawaban dan pembahasan:

pembahasan soal listrik dan magnet


Topik: Listrik dan Magnet || Sub topik: Listrik Arus searah

3. Jika amperemeter A1 menunjukan nilai 6A, hasil pengukuran amperemeter A2 adalah ….

fisika 4a
  1. 0,25 A
  2. 0,75 A
  3. 1,50 A
  4. 3,00 A
  5. 6,00 A

Kunci: D

Pembahasan:

A1 menunjukkan arus rangkaian sehingga menghitung hambatan total lebih dulu.

Rtotal = V/i

= 18/6

= 3 Ω

A2 menunjukkan arus pada resistor R, sehingga nilai R dihitung terlebih dahulu. Resistor R dirangkai paralel dengan resistor 6 Ω.

fisika 4b

maka arus pada A2 atau resistor R (rangkaian paralel memiliki voltase yang sama) adalah

fisika 4c

Contoh Latihan Soal dengan Salah Satu Platform KBM Online Terbaik
Membuat contoh latihan soal SD maupun jenjang lainnya saat ini bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu cara yang paling mudah dan efisien adalah dengan memanfaatkan layanan pembelajaran daring.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda ketahui mengenai contoh soal UTBK saintek fisika. Semoga bermanfaat.


Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.