Contoh Latihan Soal dengan Salah Satu Platform KBM Online Terbaik

Jun 07, 2020

Membuat contoh latihan soal SD maupun jenjang lainnya saat ini bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu cara yang paling mudah dan efisien adalah dengan memanfaatkan layanan pembelajaran daring. Sebagai pendidik Bapak/Ibu tidak perlu lagi kesulitan untuk membuat soal maupun jawaban secara manual apabila menggunakan platform pembelajaran online.

Platform KBM online seperti kejarcita.id menyediakan ribuan konten bank soal dalam berbagai format yang bisa dipakai oleh Bapak/Ibu sebagai bahan latihan kuis dan ulangan anak-anak. Terdapat sistem penilaian (skoring) yang juga sudah otomatis, sehingga penghitungan nilai setiap siswa bisa langsung dilihat dan dibagikan.

Platform kejarcita, seperti layanan belajar online lainnya juga memiliki beragam fitur dan modul yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran dan kurikulum yang berlaku.

Saat ini kejarcita memiliki konten dan materi yang menyasar segmen SD – SMA dengan mata pelajaran utama adalah Matematika, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, dan Umum. Kedepannya tentu akan dikembangkan lebih banyak lagi mata pelajaran dan materi sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan pembelajaran.

Lantas, apa saja yang membuat kejarcita ideal digunakan oleh Bapak/Ibu sebagai layanan belajar online ?.

Memiliki Ribuan Jumlah Bank Soal

Sampai artikel ini ditulis, jumlah soal yang telah dibuat dari jenjang SD-SMA sudah berjumlah lebih dari 15.000 (Lima belas ribu) soal yang bisa dicoba secara gratis maupun berlangganan. Semua soal yang dibuat sudah menggunakan acuan kurikulum terbaru dan juga untuk soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) menggunakan acuan internasional. Semua bisa dicoba dengan mengakses laman kejarcita.id.

Bank Soal SD Terlengkap dan Terupdate di Indonesia
Bank soal SD merupakan media yang dibutuhkan oleh guru dan siswa SD, untuk melakukan evaluasi terhadap materi yang sudah dipelajari.

Tentu saja dengan jumlah bank soal yang banyak  dan sudah disesuaikan dengan kurikulum, maka Bapak/Ibu tidak perlu lagi kesulitan membuat contoh latihan soal  secara manual.

Sudah Diujicoba Dalam Proses Pembelajaran di Sekolah

Platform kejarcita sudah sering dilakukan ujicoba pada beberapa sekolah binaan dan kerjasama selama lebih dari dua (2) tahun. Contoh sekolah binaan kejarcita adalah SD Negeri 01 Tomang, MI Nurul Huda, dan SDN Percobaan 2 Yogyakarta. Adapun selama proses pemanfaatan layanan ini, baik guru maupun murid di sekolah tersebut tidak mengalami banyak kendala. Sebaliknya mereka merasa terbantu dan dimudahkan dengan adanya platform online learning kejarcita.

Misalnya seperti fitur bank soal, tanya tutor, fitur pengumuman, dan penilaian otomatis yang memudahkan para guru dalam membuat dan mengorganisasikan kelas online.

Pengalaman positif ini juga dibagikan oleh para guru yang pernah menggunakan platform kejarcita dalam pembelajaran. Salah satunya adalah Ibu Indah Mardatilla yang merupakan Guru SDN Percobaan 2 Yogyakarta. Beliau merasa terbantu dan dimudahkan dalam membuat kuis dan contoh latihan soal online kepada para muridnya.

“ Bank Soal di kejarcita mempermudah saya dalam menyiapkan kuis, khususnya pada soal HOTS”, (Indah Mardatilla, Guru SDN Percobaan 2 Yogyakarta).

Tentu saja dengan adanya masukkan maupun saran selama masa percobaan tersebut baik dari guru maupun pengguna lainnya akan segera diperbaiki dan dilengkapi oleh tim pengembang kejarcita. Sementara yang sudah baik dan mendapatkan respon positif akan ditingkatkan dan terus disesuaikan dengan kebutuhan kedepannya.

Materi yang Dapat Disesuaikan dengan Kebutuhan

Bapak/Ibu dapat memilih sendiri berbagai macam materi dan soal latihan yang sesuai dengan kurikulum dan kebutuhan pembelajaran di sekolah. Sehingga sebelum membuat kelas atau room latihan soal, pastikan memilah materi dan jenis soal yang sesuai.

Bapak/Ibu juga bisa membuat atau merubah soal yang terdapat pada bank soal dengan versi sendiri yang lebih sesuai. Sehingga tidak perlu khawatir kuis atau soal tersebut tidak relevan karena semua konten dengan mudah dapat diatur oleh Bapak/Ibu.

Soal HOTS SD Terlengkap di Indonesia
Soal HOTS SD menjadi salah satu soal yang paling sering dicari saat ini. Mengerjakan soal HOTS SD menjadi salah satu kewajiban bagi semua siswa SD saat ini.

Kuis dan Materi dengan Beragam Format dan Bisa Dibagikan

Bapak/Ibu selain dapat membuat dan mengunggah file dalam berbagai format seperti PDF, .PPT, DOC, MP4, dan JPG/PNG, juga bisa membagikannya dengan mudah ke berbagai platform dan media sosial lain menggunakan link tautan. Bapak/Ibu dapat membagikan link tautan ke berbagai grup atau platform seperti Whatsapp, Google Classroom, Zoom, dan platform lainnya. File materi dan contoh latihan soal langsung bisa dapat diakses oleh para murid atau peserta dengan mengakses link yang sudah dibagikan tersebut. Bagi murid yang sudah memiliki akun juga dapat membagikan tugas dan latihan kuisnya untuk diperiksa dan dikoreksi oleh guru dengan memanfaatkan fitur ini.

Kuis Terjadwal, Pengumuman dan Presensi Online

Kuis dan materi pelajaran yang sudah dibuat atau yang telah dimasukkan ke dalam kelas (room) bisa dijadwalkan waktunya untuk dapat dilihat oleh para murid. Selain itu Bapak/Ibu juga dapat membuat pengumuman tertentu kepada para murid yang berada pada kelas (room) tersebut. Para murid nantinya akan mendapatkan notifikasi terkait pengumuman dan jadwal latihan kuis atau ulangan. Para guru juga bisa memonitor kehadiran siswa/i pada setiap pembelajaran. Para murid yang mengikuti kelas pada saat itu akan tercatat sebagai hadir dan begitupun sebaliknya.

Sistem Skoring yang Sesuai dengan Taksonomi Bloom

Kita tahu bahwa sistem penilaian pada kurikulum saat ini didasarkan atas beberapa aspek tingkatan. Umumnya saat ini menggunakan acuan taksonomi Bloom. Skema penilaian dimulai dari aspek sederhana ke arah kompleks, yaitu dari mengingat, memahami, mengaplikasi, menganalisis, menilai, dan mencipta. Semua tahapan penilaian ini sudah diadaptasi pada platform kejarcita, seperti pada setiap soal yang dibuat sudah menggunakan konsep HOTS (Higher Order Thinking Skills).

Penilaian Kuis dan Statistika Performa yang Diproses Otomatis

Bapak/Ibu tidak perlu lagi kesulitan dalam menghitung dan mencatat perkembangan pembelajaran para murid secara manual. Ketika menggunakan kejarcita, semua riwayat aktivitas seperti latihan dan ulangan siswa sudah tercatat dan tersimpan secara otomatis di dalam database akun masing-masing dan dapat dilihat oleh guru dan murid yang berada pada kelas tersebut. Hasil nilai dan skor setiap murid akan tampak dan terakumulasi sehingga bisa menjadi bahan evaluasi dan refleksi bersama.

Ada Fitur Tanya Jawab Bagi Murid yang Kesulitan

Bagi para murid yang memiliki pertanyaan mengenai materi atau kuis, bisa langsung dapat mengajukan pertanyaan kepada guru atau fasilitatornya dengan menggunaan fitur ‘Kejar Tanya’. Selain dapat bertanya para murid dan guru juga dapat melakukan diskusi terkait materi dan membahas kuis atau contoh latihan soal yang sudah dikerjakan. Dengan adanya fitur ini para murid akan banyak terbantu dalam memecahkan masalah atau kesulitan yang dihadapi ketika menjawab soal kuis, atau berkaitan dengan materi tertentu yang belum dipahami sepenuhnya.

Ada Panduan Penggunaan dan Tim Support

Tim kejarcita ingin selalu memastikan bahwa Bapak/Ibu dan para murid dapat dengan mudah dan lancar dalam menggunakan platform ini. Sehingga untuk menjamin semua itu, kejarcita menyediakan tim pendukung untuk membantu segala kesulitan dan kendala teknis yang dihadapi Bapak/Ibu dan para murid ketika menggunakan layanan pembelajaran ini. Alternatif lain apabila mengalami kesulitan tim kejarcita juga sudah menyiapkan panduan penggunaan dalam bentuk PDF dan video.

Saat ini berbeda dengan 15-20 tahun yang lalu, dahulu ketika hendak mengerjakan tugas atau latihan soal kita harus mencari berbagai referensi di toko buku dan perpustakaan. Saat ini, materi dan bank soal sudah banyak tersedia secara daring. Salah satunya bisa ditemukan pada platform pembelajaran online seperti kejarcita.

Dengan berbagai kemudahan dan kepraktisan ini diharapkan anak-anak bisa lebih giat dan semangat dalam mengerjakan berbagai soal latihan dan belajar materi pelajaran secara mandiri dengan media yang lebih fleksibel dan interaktif.

Jadi, sudah saatnya Bapak/Ibu mulai memadukan KBM secara offline dan online. Mulailah mempertimbangkan penggunaan berbagi alternatif media dan platform pembelajaran online yang lebih praktis dan variatif. Sudah saatnya Bapak/Ibu memposisikan dan membiasakan anak murid sebagai individu yang aktif dan mandiri. Biarkan anak-anak tersebut mengeksplorasi sendiri berbagai macam materi dan soal latihan yang sesuai dengan gaya belajarnya.

Afandi Madjid

Educational Technology & Content Developer

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.