Bank Soal Ujian Sekolah SD Terlengkap di Indonesia

Jun 21, 2020

Bank soal ujian sekolah sd merupakan media yang dibutuhkan oleh guru dan siswa, untuk melakukan evaluasi terhadap materi yang sudah dipelajari. Umumnya kita mengetahui bahwa bank soal terdiri dari butiran-butiran soal, dan para siswa berlatih mengerjakan soal-soal tersebut. Guru pun menggunakan bank soal sebagai media untuk menilai tingkat keberhasilan kegiatan belajar mengajar.

Mayoritas masyarakat beranggapan bahwa bank soal adalah kumpulan-kumpulan soal, yang bisa digunakan siswa sebagai bahan latihan menjelang ujian. Setiap menjelang ujian semester atau ujian kenaikan kelas, para siswa mulai berburu bank soal ujian sekolah sd. Dahulu bank soal tersedia dalam versi cetak. Para siswa bisa mendapatkannya di toko buku-toko buku. Setidaknya ini adalah anggapan orang tua secara umum. Ternyata, anggapan ini tidak sepenuhnya benar, karena bank soal tidak hanya berisikan kumpulan soal saja. Melainkan lebih dari itu, karena soal-soal yang terdata dalam bank soal harus memenuhi persyaratan tertentu.

Apa yang Dimaksud dengan Bank Soal?

Bank soal adalah kumpulan butir soal yang telah teruji, baik secara teori dan empiris, serta memuat informasi penting. Diharapkan bank soal ujian sekolah sd dapat digunakan untuk penyusunan sebuah instrumen penilaian atau tes.

Soal HOTS SD Terlengkap di Indonesia
Soal HOTS SD menjadi salah satu soal yang paling sering dicari saat ini. Mengerjakan soal HOTS SD menjadi salah satu kewajiban bagi semua siswa SD saat ini.

Sumardyono Wiworo (2011), mengatakan bahwa bank soal meliputi proses perencanaan pembuatan soal, proses pengumpulan butir soal, dan pengembangan bank soal. Sedangkan Thorndike (1982), mengatakan bahwa bank soal meliputi proses pengumpulan soal, pemantauan, dan penyimpanan informasi terkait.

Fungsi Bank Soal

Bank soal sebagai kumpulan soal berfungsi sebagai alat yang digunakan untuk mengetahui pencapaian hasil belajar siswa. Setiap akan mengadakan tes penilaian, guru tinggal mengambil butir soal yang ada di bank soal ujian sekolah sd. Selain memudahkan penyusunan instrumen tes, bank soal ujian sekolah sd juga menjamin kualitas instrumen yang dipakai. Guru dapat memantau tingkat keberhasilan yang telah dicapai, dan bisa meningkatkan kualitas soal. Salah satunya adalah dengan memperbaiki sistem, sehingga dapat menjadi ujung tombak dalam meningkatkan kualitas tes, yang merupakan parameter keberhasilan pelaksanaan pendidikan.

Langkah-langkah Penyusunan Bank Soal

Sebelum menyusun bank soal, guru harus terlebih dahulu menetapkan tujuan tes. Apakah tes untuk seleksi, tes penalaran, atau tes prestasi. Tujuan pengembangan tes juga perlu diperhatikan, karena sifat masing-masing tes tersebut berbeda-beda. Lingkup materi pelajaran juga harus diperhatikan. Materi yang dijadikan soal tes, tidak terlalu mudah, dan tidak terlalu sulit. Ini dimaksudkan agar bisa membedakan kemampuan peserta tes.

Sebelum kita memasuki dunia komputerisasi, bank soal menggunakan penyimpanan dengan sistem manual. Caranya bank soal berupa kertas-kertas yang kemudian dijilid atau dikumpulkan menjadi buku. Walaupun demikian, butiran soal tersebut sudah teruji dan terkalibrasi. Ini yang dipakai siswa-siswi tahun 1990-an ke bawah.

Berbeda dengan siswa-siswa yang sekolah di zaman komputerisasi. Bank soal sudah menggunakan sistem digital, dan menggunakan software khusus untuk menyimpannya. Beberapa institusi menggunakan aplikasi atau website. Sejak tahun 2015, Indonesia mengadakan ujian nasional dengan menggunakan jaringan komputer atau UNBK (Ujian Nasional Berbasisi Komputer). Saat itu UNBK yang dilaksanakan masih merupakan ujian rintisan dengan mengikutsertakan sebanyak 556 sekolah, terdiri dari 42 SMP/MTs, 135 SMA/MA, dan 379 SMK di 29 provinsi dan sekolah Indonesia di luar negeri. Jumlah ini meningkat di tahun-tahun berikutnya, dan menjangkau semua provinsi di seluruh Indonesia.

Dengan adanya ujian berbasis komputer ini, pemerintah dan berbagai pihak membangun aplikasi bank soal yang dapat dimanfaatkan oleh guru dan siswa. Salah satunya adalah aplikasi bank soal ujian sekolah sd yang dikembangkan oleh kejarcita. Sebagai lembaga bimbingan belajar berbasis online, kejarcita memiliki 20.689 soal yang dapat dimanfaatkan oleh guru dan siswa. Soal-soal ini terus di update setiap beberapa waktu, sehingga siswa tidak akan ketinggalan materi pembelajaran. Ini membuat kejarcita menjadi bank soal SD terlengkap dan ter-update di Indonesia.

Mengenal kejarcita

Sebagai salah satu platform pembelajaran online, kejarcita.id adalah solusi teknologi pendidikan yang dikembangkan oleh PT Nota Kejar Cita. Sebagai sebuah badan usaha nasional yang didirikan pada tahun 2017, kejarcita.id memiliki visi memberikan kesempatan pendidikan yang merata untuk semua anak Indonesia.

Latihan Soal SD dengan Salah Satu Platform KBM Online Terbaik
Latihan soal SD maupun jenjang lainnya saat ini bisa dilakukan dengan berbagai cara dan medium. Salah satu cara yang paling mudah dan menyenangkan adalah dengan memanfaatkan layanan pembelajaran daring.

Platform kejarcita.id mengemban misi untuk memperluas akses pendidikan berkualitas bagi anak-anak Indonesia. Salah satu langkahnya adalah dengan memberikan kumpulan materi berkualitas baik dengan standar tinggi. Seperti fitur bank soal ujian sekolah sd terlengkap dan terupdated di Indonesia.

Adanya fitur bank soal ini sudah dirasakan manfaatnya oleh guru dan siswa. Bahkan orang tua pun sangat terbantu dengan adanya fitur bank soal ujian sekolah sd terlengkap dan terupdate di Indonesia. Mengapa Memilih kejarcita?

1. Tampilan website menarik

Hal pertama yang diperhatikan dalam sebuah website adalah tampilan luarnya atau desainnya. Desain yang terlalu rumit sering mengalami kendala saat mau diakses. Oleh karena itu, masyarakat menyukai desain sederhana, dengan kombinasi warna yang teduh, dan mudah diakses menjadi pilihan utama.

2. Jumlah soal yang selalu updated

Bank soal di kejarcita selalu di updated setiap beberapa waktu. Updated terakhir, jumlah soal mencapai 20.689 butir soal yang bisa digunakan oleh guru dan siswa.

3. Mudah digunakan

Fitur bank soal di kejarcita sangat mudah digunakan. Setelah membuat akun, Anda bisa langsung memilih mata pelajaran yang diinginkan. Anda juga bisa menggunakan fitur bank soal sebagai guru atau siswa, sesuai dengan kebutuhan.

4. Karakteristik Soal

Butiran soal yang layak di masukkan ke dalam bank soal kejarcita adalah yang memenuhi tiga kriteria berikut, yaitu:

-  Memiliki tingkat kesukaran dengan indek 0,40 sampai 0,70.

-  Memiliki daya beda dengan indeks minimal 0,3

-  Memiliki keberfungsian distraktor atau pengecoh yang dipilih minimal 5% dari peserta tes.

Setiap tipe soal membutuhkan analisis yang berbeda. Misalnya untuk soal tipe pilihan ganda, yang perlu dianalisis adalah keterbacaan soal, validitas teoritis, validitas empiris, tingkat kesukaran, daya beda, dan analisis pengecoh. Sedangkan untuk soal dengan tipe uraian, tidak ada keberfungsian pengecohnya.

5. Memiliki Tingkat Kesukaran yang Beragam

Dengan puluhan ribu butir soal yang tersedia, kejarcita menyusun instrumen tes yang berkualitas, dengan tingkat kesukaran yang beragam.

6. Pencarian yang Mudah

Bank soal ujian sekolah sd kejarcita bisa dicari dengan mudah. Anda tinggal memasukkan kata pencarian yang sesuai dengan keinginan Anda. Misalnya, berdasarkan topik, berdasarkan kompetensi (SK atu KD), atau berdasarkan dengan tingkat kesulitan soal.

7. Kualitas Pengembangan

Sebagai sebuah platform pembelajaran online, kejarcita memenuhi kualitas produk pengembangan, yaitu:

- Kualitas Isi dan Tujuan, di mana kejarcita memperhatikan ketepatan, kepentingan, kesesuaian dengan kondisi siswa, keseimbangan, minat, dan kelengkapan.

Bank soal kejarcita

- Kualitas Instruksional, ketika kejarcita peduli terhadap kesempatan pengguna untuk belajar, memberikan bantuan pada pengguna, memberi motivasi pada pengguna, instruksional yang fleksibel, kualitas interaksi instruksional, kualitas evaluasi pengguna, serta dampak bagi pengguna (guru dan siswa).

Hemat waktumu tanpa mencari-cari di buku dan internet adalah tagline yang diusung oleh kejarcita.id. Guru dan siswa tidak perlu mencari-cari materi soal sebagai instrumen  untuk melaksanakan tes, karena bank soal ujian sekolah sd terlengkap dan ter-update di Indonesia, ada di kejarcita. Jika kualitas butiran soal dalam bank soal sudah baik, maka fokus guru bukan pada soalnya lagi. Akan tetapi, guru akan lebih fokus ke pemilihan butir soalnya. Apakah guru akan memilih butiran soal dengan tingkat kesulitan sedang? Semua merupakan wewenang guru sebagai pemberi materi, yang ingin mengetahui tingkat keberhasilan materi tersebut pada siswa.


Enni Kurniasih

"Penulis, blogger, pemerhati pendidikan dan parenting"

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.