7 Jurusan Kuliah Paling Diminati Anak Indonesia

edukasi 26 Jun 2022

Setiap orang pasti bermimpi agar bisa menempuh pendidikan setinggi mungkin hingga ke bangku kuliah. Bahkan, para guru dan orang tua pun turut mendukung anak-anaknya untuk bisa mendapatkan pendidikan yang baik. Melalui pendidikan, seseorang bisa meraih masa depan yang lebih baik dan merealisasikan cita-citanya.

Kuliah merupakan proses pembelajaran tingkat lanjut kala seseorang sudah menentukan pilihan jurusan sesuai dengan minat dan bakatnya. Kuliah menjadi penunjang bagi seseorang yang ingin berkarier di bidang tertentu dengan mempelajari ilmu yang sesuai dengan bidangnya.

Di Indonesia sendiri ada banyak jurusan kuliah yang bisa diambil oleh calon mahasiswa, mulai dari ekonomi, akuntansi, bisnis, sastra, hukum, dan lain-lain. Setiap jurusan tersebut pasti memiliki keunggulannya masing-masing. Guru dan orangtua bisa memberikan arahan untuk anaknya mengambil jurusan yang tepat sesuai minat dan bakat mereka. Peran guru dan orang tua sebaiknya hanya mendukung. Mereka sebaiknya tidak mengekang atau memaksa anak untuk mengambil jurusan tertentu yang tidak diminatinya.

Pentingnya Tes Kepribadian untuk Murid SMP/SMA
Tes kepribadian adalah jenis tes yang bertujuan untuk mengetahui kepribadian atau karakteristik seseorang.

Pasalnya, untuk memulai kuliah sendiri dibutuhkan pengorbanan yang tidak sedikit, mulai dari mengorbankan banyak waktu, biaya, tenaga, dan lainnya. Oleh sebab itu, siswa atau calon mahasiswa membutuhkan dukungan penuh dari guru dan orang tua mereka agar bisa melewati tantangan tersebut.

7 Jurusan Kuliah Paling Diminati Anak Indonesia

Kuliah bukan sekadar rutinitas belajar saja, tetapi proses untuk membentuk diri menjadi seseorang yang lebih baik dan bermanfaat di masa mendatang. Di sisi lain, mahasiswa juga akan dihadapkan dengan pilihan antara idealis dan ketatnya saingan dunia kerja sehingga banyak dari mereka yang bingung menentukan jurusan kuliah. Berikut ini merupakan 7 jurusan kuliah paling diminati anak Indonesia.

Administrasi Bisnis

Jurusan pertama adalah jurusan administrasi bisnis. Jurusan ini pastinya ada di hampir semua universitas. Di tengah perkembangan bisnis era digital ini, jurusan ini jadi semakin banyak diminati di Indonesia. Prospek untuk pekerjaan setelah lulusnya pun sangat luas.

Cakupan yang dikerjakan dari lulusan administrasi bisnis mencakup aspek keuangan, penjualan, pemasaran, sampai manajemen. Bukan hanya itu, lulusan jurusan lulusan ini juga belajar tentang sumber daya manusia, kepemimpinan, hubungan masyarakat, dan juga hukum bisnis.

Tanggung jawab lulusan ini di lingkungan kantor adalah menggunakan fakta dan angka dalam membuat sebuah keputusan. Gaji juga akan semakin meningkat sesuai dengan pengalaman dan peningkatan dari tiap individunya.

Akuntansi

Lulusan dari jurusan akuntansi punya karier yang besar dan seorang akuntan sangatlah dibutuhkan oleh setiap perusahaan entah apapun jenis perusahaannya. Karier sebagai lulusan akuntansi pun sudah pasti menjanjikan dan besar prospeknya.

Seorang akuntan bertanggung jawab untuk melacak pendapatan dan pengeluaran dari sebuh perusahaan, menyiapkan laporan, dan tetap di atas kewajiban pajak. Selain itu, ada juga akuntan yang berurusan dengan penggajian karyawan.

7 Alasan Mengapa Kejarcita.id Menjadi Pilihan yang Tepat untuk Guru
Kejarcita.id memiliki banyak kelebihan yang bisa membantu guru untuk melaksanakan PJJ. Materi yang ada di Kejarcita didesain oleh tim yang berpengalaman di bidang pendidikan dengan memperhatikan standar nasional dan internasional.

Di Indonesia sendiri, rata-rata gaji lulusan baru (fresh graduate) akuntansi digaji mulai dari 4—8 juta rupiah per bulannya. Gaji ini akan semakin bertambah tergantung dari pengalaman dan lulusan terakhir yang ditempuh, apalagi kalau sudah memiliki sertifikasi publik (CPA).

Kedokteran (Pendidikan Dokter)

Dari tahun ke tahun, jurusan ini selalu menjadi yang diserbu dan jadi impian anak-anak yang ingin masuk kuliah. Banyak calon mahasiswa berlomba-lomba ke berbagai universitas negeri untuk memasuki jurusan ini. Ada pula sejumlah calon yang pergi ke universitas swasta terkemuka agar dapat memasuki jurusan ini.

Jurusan kedokteran tidak akan pernah mati. Dokter sangatlah dibutuhkan di dunia ini untuk menolong dan menyembuhkan orang lain yang membutuhkan pertolongan.

Setelah lulus, lulusan kedokteran dapat berkarier sebagai dokter di RS, membuka praktik sendiri, menjadi tenaga pengajar, dan lain-lain. Setelah menjadi dokter umum, mereka juga bisa melanjutkan pendidikan untuk menjadi dokter spesialis.

Psikologi

Jurusan psikologi banyak diminati di dunia modern sekarang. Hal yang akan dipelajari dalam jurusan ini adalah tentang pikiran dan perilaku manusia. Pengetahuan ini aplikasinya sangat berguna dalam berbagai bidang. Di sebuah perusahaan, pekerjaan yang paling banyak membutuhkan lulusan psikologi adalah di bagian human resource yang berguna untuk merekrut karyawan.

Ditambah lagi dengan semakin bertambahnya kesadaran masyarakat terhadap kesehatan mental. Keadaan ini membuat banyak orang semakin menyadari bahwa mereka membutuhkan bantuan psikolog. Karena inilah prospek pekerjaan untuk lulusan psikologi terbuka sangat lebar. Untuk menjadi psikolog, seseorang perlu menempuh S-1 Psikologi terlebih dahulu. Kemudian, mengambil S-2 lanjutan dan profesi psikologi.

Teknik Informatika

Jurusan ini juga sering disebut dengan jurusan Information Technology atau lebih mudahnya jurusan IT. Prospek dan pekerjaan yang nantinya dimiliki oleh lulusan IT sangatlah luas. Lulusan ini semakin digemari seiring majunya teknologi di dunia dan di era digital seperti sekarang.

Pelajaran yang dipelajari di jurusan ini adalah programming, coding, membuat UI dan UX, membuat aplikasi, dan sebagainya. Semua perusahaan juga pastinya membutuhkan lulusan dari jurusan ini.  Dengan pengalaman tinggi, di Indonesia, lulusan IT bisa mendapat gaji hingga puluhan juta rupiah.

Hukum

Jurusan yang satu ini merupakan salah satu jurusan yang menerima banyak permintaan lulusan baru. Dalam jurusan ini, yang dipelajari akan berkutat dengan keilmuan tentang tata aturan resmi negara yang wajib dipatuhi masyarakat. Dalam jurusan hukum, mahasiswa harus memiliki pemahaman dan kemampuan dalam menganalisis tulisan, argumen, pernyataan, dan opini.

Lulusan hukum juga harus mempunyai keterampilan membaca, menulis, dan membuat argumen berlandaskan hukum dalam praktiknya. Untuk peluang kerjanya, ada jenis pekerjaan cukup luas mulai dari menjadi pengacara, advokat, jaksa, serta hakim. Selain itu, karier juga terbuka lebar pada korporasi negeri atau swasta untuk menjadi konsultan hukum atau HRD.

Manajemen

Dalam jurusan ini, mahasiswa perlu mempelajari tentang pengorganisasian aktivitas pada perusahaan atau korporasi, instansi, lembaga, dan lain-lain. Lulusan manajemen akan bertugas untuk mencapai tujuan, merancang, dan memastikan roda perusahaan berjalan dengan lancar.

Manajemen perusahaan harus memperhatikan berbagai faktor dalam menetapkan suatu kebijakan. Faktor yang diperhatikan mulai dari ketenagakerjaan, produksi, strategi usaha, marketing, dan sebagainya yang diperlukan oleh sebuah perusahaan.

Jurusan manajemen memiliki hubungan erat dengan bidang ekonomi dan bisnis. prospek kerja yang cukup luas dan peminat yang banyak menjadi alasan tingginya peminat jurusan ini. Peluang pekerjaan yang terbuka untuk lulusan manajemen adalah dalam bagian operasional perusahaan, staf HRD, konsultan bisnis, atau konsultan keuangan.

Itulah  7 jurusan yang paling banyak diminati oleh anak Indonesia. Tentunya ini bukan menjadi patokan Anda harus mengambil jurusan ini. Anda harus sesuaikan kembali pilihan jurusan sesuai dengan minat.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.